Sunday, 27 May 2018

Archive for: February 7th, 2018

Bank Indonesia Berikan Bantuan Kembangkan Komoditi Cabai di Kabupaten Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi (JWS), menghadiri Peresmian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) screen house dan pompa air, dalam rangka sinergi penerapan pola tanam pada klaster cabai di Minahasa, pada rabu 7/2/18 bertempat ruang sidang Bupati tondano.

Dalam sambutannya, Deputi Direktur Mha Ridhwan, Ph.D, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, yang merupakan kerjasama Bank Indonesia (BI) dan pemerintah Kabupaten Minahasa, dalam hal ini adalah Dinas Pertanian.

“BI sangat konsen dalam ketahanan pangan dalam hal ini Cabai (Rica), karna peduli dengan inflasi, menurut kami inflasi sangatlah penting,” contohnya di zimbabwe beli telur 3 telur saja harus membayar milyaran rupiah, jadi inflasi adalah nilai uang dengan nilai barang dipasaran,” ujarnya.

Tambahnya, dampak inflasi, inflasi rendah dan stabil mensejahterakan masyarakat,” untuk itu perlu menyempurnakan instrumen agar dapat mengendalikan inflasi, seperti mengembangkan komoditi tertentu untuk menekan inflasi,” katanya lagi

Dalam program ini tambahnya, BI menyediakan komoditi dan pupuk hingga pemasaran, yang diharapkan mampu memenuhi pasokan kluster, dalam hal ini kluster pengembangan cabai rawit yang telah ditandatangani MOU bersama Pemkab Minahasa pada waktu yang lalu.

Lewat program ini juga jelasnya, Agar dapat menghasilkan produksi berkesinambungan, maka pihaknya memberikan bantuan Screen House dan Pompa air.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan, oleh pihak BI dan kelompok tani maesa, sebagai kelompok tani penerima bantuan oleh pihak BI, yang disaksikan oleh Bupati JWS, Sekda Korengkeng , Kadis Pertanian Suhban Torar.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), mengatakan, kegiatan ini sangat baik, guna menekan inflasi daerah, kenapa Minahasa karna banyak petani yang ada di Minahasa.

“Sekitar 60 sampai 70 persen orang Minahasa adalah masyarakat Petani, perhitungan inflasi di Manado adalah sumbangsih dari masyarakat petani Minahasa,” kata Bupati.

Bupati JWS juga menjelaskan bahwa inflasi di Sulawesi Utara juga dipengaruhi oleh komoditi lainnya seperti bawang, tomat, rempah rempah dan tanaman pangan lainnya, namun, cabai yang menjadi andalan masyarakat Minahasa.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Screen House dan Pompa air bertempat di Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa.

Share Button