Sunday, 27 May 2018

Archive for: February 6th, 2018

Calon PPK Pemilu 2019 Ikut Tes Tertulis, Ngantung Pastikan Tidak Ada Soal Bocor

Minahasa, Klabatnewsok.com – Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden tahun 2019, Sebanyak 194 orang melaksanakan seleksi tes tertulis, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano, pada Selasa 6/2/18.

Menurut Komisioner KPU Minahasa bidang SDM dan Sosialisasi, Kristoforus Ngantung SFils, mengatakan, proses penjaringan PPK yang nantinya akan bertugas pada pemilihan legislatif hingga pemilihan presiden 2019 sangat ketat sesuai mekanisme. Sebab, mulai dari proses verifikasi berkas, tes tertulis hingga wawancara,

” Mulai dari seleksi berkas, hingga saat ini tes tertulis dilakukan, kami pastikan tidak ada kebocoran soal, saya mengawasi langsung pembuatan dan pengadaan materi, hingga soal diberikan dipastikan tidak ada yang bocor,” katanya.

Lanjut dia, penjaringan tes tertulis ini akan diambil enam calon untuk masuk ke tahap wawancara,” Kita akan mencari tiga orang PPK yang mampu bertugas di Kecamatan untuk bisa dipercaya, mempunyai tanggung jawab, cerdas dan berwibawa serta mempunyai integritas dalam bekerja,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Ngantung, nantinya yang terpilih, benar-benar memenuhi syarat sebagai anggota PPK. “Nantinya merekalah yang akan membantu tugas KPU sebagai penyelenggara pesta Demokrasi nanti,” kata Ngantung yang didampingi Komisioner Wiesje Wilar dan Sekretaris KPU Meidy Malonda, serta anggota Panwaslu Minahasa, Erwin Sumampouw.

Lanjutnya, proses pemeriksaan hasil ujian tulis, dilakukan secara terbuka, disaksikan oleh calon PPK, dan bahkan hasilnya bisa langsung diketahui oleh para peserta.

“Pemeriksaannya dilakukan oleh tim pokja dan disaksikan oleh Panwas serta para calon PPK, ini adalah bukti bahwa kami benar-benar objektif dalam penerimaan ini, sehingga diharapkan para PPK yang masuk nanti benar benar punya pengetahuan undang undang KPU serta menguasai wilayah tugasnya,” pungkasnya.

Yovi

Share Button

KPU Minahasa Verifikasi Perbaikan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Tondano, Klabatnewsok.com – Setelah memberikan waktu perbaikan, usai Verifikasi Faktual Partai Politik (Parpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa kembali melaksanakan Verifikasi Perbaikan enam Parpol yang dinyatakan Belum Memenuhi syarat pada selasa 6/2/18

Salah satunya bertempat di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dimana ditempat ini Komisioner KPU, Lord Ch Malonda SPd, memverifikasi langsung kepengurusan dan syarat lainnya sesuai dengan ketentuan.

Dalam Verifikasi Parpol inipun, Lord Malonda menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan KPU Minahasa berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), guna memverifikasi Partai Politik, dimana dilihat apakah Kepengurusan memenuhi syarat, memiliki unsur perwakilan perempuan dan lainnya.

” Untuk dinyatakan memenuhi syarat, harus ada dukungan minimal 17 orang Kepengurusan, dan 13 orang pengurus perwakilan dari 13 kecamatan di Minahasa, atau 50 persen dari jumlah keseluruhan Kecamatan di Minahasa,” jelasnya.

Diapun menjelaskan, bahwa persyaratan ini adalah mutlak adanya, dan harus terpenuhi untuk dapat ikut pada Pemilu 2019, selanjutnya memenuhi syarat maupun tidak akan diserahkan pada besok 7/2 lewat rapat pleno.

Sementara itu, Anggota Panwaslu Minahasa, Erwien Sumampouw, mengapresiasi proses Verifikasi Perbaikan yang telah dilakukan oleh pihak KPU Minahasa, juga mengapresiasi semua Partai yang telah berusaha memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketua DPC PPP, Rusdianto Zees, bersyukur mendapat kesempatan Verifikasi Perbaikan,” lewat lanjutan ini Verifikasi ini kami memang masih kurang 3 perwakilan namun itu karna kendala transportasi, namun kami yakin akan memenuhi ketentuan KPU,” jelasnya.

KPU Minahasa, dalam hal Verifikasi Perbaikan Partai Politik akan menunggu hingga pukul 24.00 wita, atau hari ini adalah final, dan apabila sesuai waktu yang diberikan tidak juga memenuhi persyaratan, maka dapat dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Yovi

Share Button