Friday, 17 August 2018

Archive for: February 2nd, 2018

Tidak Hadir Karna Halangan, PKB Lakukan Verifikasi Lewat Video Call

Minahasa, Klabatnewsok.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pertama kali melakukan verifikasi faktual kepengurusan lewat Media Sosial (Medsos) via Video Call (VC) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, pada Kamis (1/2) sekitar pukul 23.00 Wita.

Verifikasi faktual kepengurusan dilakukan KPU melalui Video Call lewat Whats’up, dikarenakan salah satu pengurus Partai PKB tidak berada di tempat dikarenakan tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

“Verifikasi melalui video call ini dilakukan karena salah satu pengurus kami tidak ada ditempat karena ada urusan yang tidak bisa di tinggalkan,” jelas sekretaris DPC PKB Minahasa, Sjerly Lumi usai video call dengan salah satu pengurus.

Dijelaskannya, verifikasi parpol melalui VC, sangat membantu dan mempermudah jika salah satu pengurus tidak berada di tempat.” Jelas ini sangat mempermudah bagi pengurus di saat genting atau pun darurat ketika kita berada di luar daerah atau tidak ada ditempat,” sebut Lumi.

Dia juga mengapresiasi kepada KPU Minahasa yang telah melayani dengan baik atas verifikasi faktual lewat VC mengenai kepengurusan parpol mereka.

Komisioner KPU Minahasa ketua devisi bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Kristoforus Ngantung Sfil mengatakan, Verifikasi mengenai kepengurusan parpol melalui video call adalah sah, jika disaksikan oleh panwas dan tim verifikasi serta beberapa saksi lainnya.

“Itu sah jika saat VC pengurus tersebut bisa menunjukan KTA, KTP serta pendukung lainnya,” jelas Ngantung.

Dijelaskannya, verifikasi faktual kepengurusan parpol melalui medsos antara lain, WhatsApp, Messengger, dan jejaring lainnya yang boleh, tapi di fasilitasi oleh partai.

“Layan Video Call diberikan hanya dan untuk anggota partai saja, baik itu Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Itu pun harus mengantongi KTA dan KTP,” pungkasnya.

Share Button