Sunday, 27 May 2018

Archive for: February 1st, 2018

KPU Minahasa Verifikasi Partai Berkarya, Errol Berharap Dapat Ikut Pemilu 2019

Minahasa, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa kembali memverifikasi 7 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019 pada kamis 01/02/18 bertempat di Kantornya masing-masing.

Para Komisioner KPU turun langsung memverifikasi Parpol ini, diantaranya, Partai Hanura, Golkar, PAN, PKB, Berkarya, Garuda, dan PKS.

Seperti Partai Berkarya, yang langsung diverifikasi oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, didampingi oleh Tim, yang juga dihadiri oleh Ketua Panwas Minahasa Donny Rumagit.

Dalam sambutannya Ketua Meidy Yafeth Tinangon, menyampaikan maksud kedatangannya bersama Tim dalam rangka Verifikasi Faktual, untuk melihat apakah Partai ini memenuhi syarat atau tidak.

“Lewat Verifikasi Faktual ini kami akan melihat apakah pengurus Partai sesuai dengan ketentuan, seperti adanya keterwakilan perempuan, domisili Partai, adanya Kartu Tanda Anggota (KTA), juga Kartu Tanda Penduduk (KTP),” jelasnya.

Iapun menambahkan, bahwa ketentuan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Sementara untuk teknis dan tahapan verifikasi diatur melalui Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018 tentang verifikasi dan penetapan parpol dan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019

“Ini sesuai dengan Undang undang tersebut, apabila ada yang masih kurang, maka Parpol diberikan kesempatan Perbaikan, kesempatannya pada tanggal 3 sampai 5 Februari 2018 mendatang,” ujarnya sembari mengatakan, selesai masa perbaikan, maka KPU akan laksanakan verifikasi perbaikan.

Sementara itu Ketua DPC Partai Berkarya, Errol Mingkid, merasa bersyukur mendapatkan kesempatan diverifikasi oleh pihak KPU Minahasa,” tentu saja kami bersyukur dalam tuntutan Tuhan. Sehingga punya sukacita, dan diverifikasi, mudah-mudahan kami dapat memenuhi ketentuan dan dapat mengikuti Pemilu di Minahasa pada tahun 2019 nanti,” katanya.

Tim inipun langsung memverifikasi Pengurus Partai Berkarya, dimana para Pengurus harus menunjukkan KTA maupun KTP. kemudian usai memverifikasi seluruh partai di Minahasa, KPU Minahasa akan menggelar rapat pleno, untuk menetapkan mana yang memenuhi syarat maupun yang tidak.

Yovi

Share Button

KPU Minahasa Perpanjang Penerimaan PPK

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa memperpanjang penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019, berhubung ada beberapa Kecamatan yang belum memenuhi ketentuan jumlah minimal pendaftar.

Kecamatan yang belum memenuhi ketentuan jumlah minimal pendaftar adalah, Pineleng, Tombariri, Tombariri Timur, Tombulu, Kakas, Kakas Barat dan Kawangkoan.

Hal tersebut dibenarkan Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, didampingi Komisioner Kristoforus Ngantung SFil, menurutnya minimal jumlah pendaftar harus 2 kali dari yang akan diterima.

“Sebelum dilakukan seleksi, pendaftar harus minimal 6 orang calon, berhubung yang akan diterima nanti sebanyak 3 orang PPK, atau 2×3 orang kuota atau kebutuhan,” jelasnya.

Perpanjangan inipun sudah dikeluarkan surat resmi KPU Minahasa yang ditandatangani oleh Ketua KPU Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, tertanggal 31 januari 2018. Perpanjangan inipun berlaku 1-3 februari 2018 dan untuk penerimaan berkas pendaftaran pada pukul 08.00 sampai 16.00 Wita.

Yovi

Share Button