Saturday, 23 June 2018

Archive for: February 2018

JWS Undang Masyarakat Minahasa dan Tawarkan Rumah Tanpa Uang Muka

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) melaksanakan Kunjungan di Kecamatan Mandolang dan Kecamatan Pineleng, pada rabu 28 Februari 2018 bertempat di Aula Grand Alsin Warembungan.

Selain Bupati JWS, hadir pada kesempatan ini anggota DPRD Kabupaten Minahasa Rommy Leke SE MSi, Jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, Tripika, Masyarakat Kecamatan Pineleng dan Kecamatan Mandolang.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengajak semua untuk bersyukur kepada Tuhan, karena hari ini adalah hari pertama Kunjungan Kerja dilaksanakan, Diapun memaparkan program-program pembangunan di Minahasa selama 5 tahun terakhir ini, dan semua itu untuk kemajuan Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa.

” Menjadi pemimpin kuncinya Memiliki komitmen untuk membangun Minahasa, di Desa Koka sedang dipersiapkan 10.000 rumah, masyarakat dapat membeli tanpa uang muka, karena uang muka di tanggung oleh saya,” kata Bupati, sebagai salah satu bukti membangun yang dilakukannya.

” Semua itu untuk menyenangkan masyarakat. Saya juga mengundang masyarakat Minahasa untuk datang ke Lapangan God Bless Minahasa (Lapangan Sam Ratulangi) pada tanggal 16 maret 2018 karena ada peresmian proyek sekaligus ibadah akhir masa jabatan,” pintanya.

Diakhir sambutannya JWS berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung serta membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Minahasa, dan meminta masyarakat untuk mempertahankan dan melanjutkan pembangunan di tanah Minahasa.

Yovi

Share Button

Wilayah Kodim 1302 Minahasa Akan Jadi Tempat Latihan dan Pangkalan Pertahanan

Tondano, Klabatnewsok.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1302 Minahasa, menerima kunjungan dari Tim Staf Ahli Kasad dalam rangka melihat wilayah Pertahanan pada rabu 28 februari 2018 bertempat ruang kerja Dandim Minahasa.

Hadir dalam kunjungan ini, Brigjen TNI Wisnoe P N, Danrem Santiago 131 Brigjen TNI Robert Giri, Kolonel Inf achmad Riad SIP, Kol Inf Made, Sedangkan Forkopimda Minahasa dihadiri oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Kajari Minahasa Saptana Setyabudi SH MH, Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung SIK, dan Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh selaku tuan rumah.

Menurut Danrem 131 Santiago bahwa kunjungan ini adalah untuk Melihat Koramil model (Kodim 1302 Minahasa), bersama Tim Mabes melihat sejauh mana, tempat tempat yang akan digunakan untuk mungkin pelaksanaan latihan, ataupun pangkalan perlawanan dan sebagainya.

” Disini setelah dilihat banyak tempat yang bisa di pergunakan, dan ini dapat diperbandingkan dengan mana saja, dan dimana mana diseluruh indonesia yang juga memiliki tempat yang seperti ini (Wilayah Kodim 1302 Minahasa), untuk kedepannya kami berharap di wilayah ini dapat digunakan baik untuk latihan maupun dalam rangka pertahanan wilayah,” jelasnya.

Sementara itu, Menurut Brigjen TNI Brigjen TNI Wisnoe P N, bahwa kedatangan mereka di Kodim 1302 Minahasa ini adalah dalam rangkaian program,” Kami ditugaskan dan kami sudah mengunjungi wilayah wilayah lainnya, ke-Kalimantan, Manado, Kodam II sriwijaya dan Kodam III, yang semuanya dalam rangka melihat pemberdayaan wilayah pertahanan,” katanya.

Yovi

Share Button

Festival Danau Tondano (Fesdaton) Masuk CoE Sulut 2018

Manado, Klabatnewsok.com – Festival Danau Tondano (Fesdaton) 2018 sebagai even tahunan Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata diluncurkan secara resmi penyelenggaraannya oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw dalam kegiatan Launching alender of Event (CoE) North Sulawesi 2018 pada Selasa 27 Februari 2018 pagi bertempat di Hotel Sintesa Peninsula.

Kegiatan yang diawali dengan laporan Kadis Pariwisata Provinsi Sulut Daniel Mewengkang SE MSi ini, turut dihadiri oleh Staf Khusus Deputi Destinasi Kementerian Pariwisata RI Wiwin Djola, para Bupati, Walikota, Kadis Pariwisata se-Sulut dan semua stakeholder Pariwisata di daerah ini.

Sementara Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi diwakili oleh Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng MSi, yang didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Wagub Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa Pariwisata Sulut selang tahun 2016, 2017 hingga 2018 berjalan sensasional, karena mengalami kenaikan hampir 700 persen kunjungan turis asing yang masuk daerah Sulut.

“Apakah hal ini sudah memuaskan kita semua atau sudah cukup. Kenaikan 1000 persen dari tahun 2015 sampai saat ini secara nominal mungkin tahun ini kita bisa capai 125 ribuan. Dari segi prosentase tingkat nasional kita yang paling tinggi, tapi dari segi nominal dari 16 juta turis yang datang ke Indonesia dengan capaian 120 ribu itu belum sampai satu persen,” kata Wagub.

Diharapkannya, mengatasnamakan Gubernur Olly Dondokambey meminta kepada pemerintah Kabupaten dan Kota agar rajin-rajinlah mempromosikan daerahnya untuk kemajuan pariwisata Sulut.

“Semoga dengan diluncurkan Calender of Event 2018 Pariwisata Sulut ini, akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang datang berkunjung ke daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara” urainya.

Terpisah, Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo menyampaikan ungkapan syukur-nya, karena salah satu even yang masuk dalam Calendar of Event Kabupaten Minahasa yaitu Festival Danau Tondano 2018 telah masuk dalam Calendar of Event Provinsi Sulut, sehingga dalam pelaksanaannya pada bulan Oktober 2018 nanti diharapkan akan mendapat dukungan penuh dari pihak Kementerian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi Sulut.

“Dalam Fesdaton 2017 lalu, kami mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, semoga Fesdaton 2018 ini akan mendapat dukungan penuh pula” harap Tumundo.

Ditambahkan Tumundo, disamping Fesdaton 2018 ini pihaknya telah dan akan menggelar beberapa kegiatan yang masuk dalam Calendar of Event Kabupaten Minahasa 2018, yang secara resmi sudah diluncurkan oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi pada 9 Februari 2018 lalu di Benteng Moraya Tondano.

“Disamping Festival Benteng Moraya yang sudah digelar pada 9 Februari lalu, kegiatan CoE lainnya meliputi Festival Kebudayaan berupa Seminar Kebudayaan dan Lomba Busana Adat Daerah pada akhir Maret, kemudian Festival Bukit Kasih pada bulan Juni, selanjutnya Festival Danau Tondano pada bulan Oktober dan November, ditutup dengan Wonderful Christmas pada bulan Desember nanti” urai mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini.

Dalam Festival Danau Tondano, lanjut Tumundo akan digelar Lomba Memasak Ikan Danau Tondano, Lomba Memancing, Lomba Perahu Hias, Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa dan Minahasa Expo 2018

Share Button

Tokoh Adat se-Nusantara Akan Bertemu di Minahasa

Ketua Panitia / Wakil Ketua Dewan AMAN Nasional : Nedine Helena Sulu

Minahasa, Klabatnewsok.com – Ratusan pimpinan dan tetua adat se-Indonesia akan duduk bersama di tanah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Mereka akan membahas berbagai persoalan masyarakat adat dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN),14-17 Maret 2018.

“Rencananya acara ini akan dihadiri oleh presiden Joko Widodo bersama para menteri, kedutaan – kedutaan, pemerintah daerah dan jaringan lembaga AMAN serta seluruh peserta Rakernas,” jelas Ketua Organizing Commite Rakernas AMAN V, Nedine Helena Sulu, Selasa (27/2).

“Untuk pesertanya terdiri dari, PB (Pengurus Besar) AMAN, yaitu Sekjen (Sekretaris Jenderal) AMAN bersama para stafnya dan Dewan AMAN Nasional,” sambungnya.

Selain itu, para Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah AMAN se-Indonesia juga akan hadir.

“Ada 21 Pengurus Wilayah, BPH dan Dewan AMAN Wilayah serta 116 Pengurus Daerah, BPH dan Dewan AMAN Daerah juga yang akan hadir. Selain itu ada Ketua Umum BPAN (Barisan Pemuda Adat Nusantara), Ketua Umum Persekutuan Perempuan Adat AMAN, Ketua Umum PPMAN (Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara) dan pimpinan badan otonom AMAN,” papar Sulu yang juga Wakil Ketua II Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (DAMANNAS).

Sesuai rencana, Rakernas AMAN V tersebut akan dilaksanakan di Desa Koha Kecamatan Mandolang. Sementara, pada tanggal 17 Maret, dalam rangkaian Rakernas ada perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun AMAN ke-19 yang rencananya akan digelar di Tondano Kabupaten Minahasa.

Diketahui, AMAN merupakan organisasi kemasyarakatan independen dengan visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua masyarakat adat di Indonesia. AMAN bekerja di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mewakili dan melakukan advokasi untuk isu-isu masyarakat adat. Organisasi masyarakat adat terbesar di dunia ini beranggotakan 2.342 komunitas adat di seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 17 juta anggota individu.

Share Button

KPU Minahasa Bersama Tim Pemenangan Geser Pelaksanaan Debat, Dirangkaikan Penyerahan APK

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan Rapat Koordinasi serta penyerahan APK dan bahan Kampanye, kepada Tim Pemenangan pada selasa 27/2/18 bertempat ruang rapat KPU Minahasa.

Kegiatan yang diawali dengan doa oleh Komisioner Lord Ch A Malonda SPd, juga dihadiri Ketua KPU Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, Komisioner Dra Wiesje Wilar MSi, Kristoforus Ngantung SFils, dan Tim Pemenangan Calon no urut 1 (Ivansa-CNR) yang yang diwakili Erik Mingkid, Victor Rompas dan dari Pasangan Calon no urut 2 (RR-RD), diwakili Rommy Leke.

Dalam ucapan selamat datang dan prakatanya oleh Ketua Divisi SDM dan Permas Kristiforus Ngantung SFils, mengatakan, Haruslah bersyukur karna Tuhan, sehingga bisa berkumpul ditempat ini sesuai dengan undangan,” kami sengaja memanggil, karna merasa dan perlu untuk mengadakan evaluasi terhadap kampanye yang telah dilalui hampir sepekan ini,” katanya.

Dijelaskan Ngantung bahwa Pokok pembicaraan bersama adalah menyesuaikan komitmen bersama, berdasarkan, sekaligus merespon terhadap surat peninjauan kembali oleh pasangan Tim nomor urut 2, terkait peninjauan jadwal dan lokasi yang telah disepakati sebelumnya.

Lewat rapat ini juga, disepakati Pelaksanaan debat pertama yang awalnya debat pertama pada 3 maret 2018, ditunda dan bergeser, sehingga 3 kali debat yang direncanakan semuanya bergeser dan akan digelar pada Jumat 23 maret, jumat 27 april, dan 25 mei 2018, masing-masing pada pukul 14.00 wita, yang semuanya digelar di Hotel Mercure Tateli Beach Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa.

Pada akhir kegiatan diserahkan secara simbolis Alat Peraga Kampanye kepada Tim Kampanye Kedua Paslon dengan jumlah APK nya sama, yaitu Brosur sebanyak 2.735, Pamflet 13.500, Poster 1.307 lembar, Leaflet 2.765 lembar, dan spanduk 45 buah.

Yovi

Share Button

Segera Akhiri Masa Jabatan, JWS Akan Rolling Pejabat Eselon III dan IV

Tondano, Klabatnewsok.com – Menjelang Akhir Masa Jabatan Selaku Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), memastikan akan melaksanakan rolling untuk yang terakhir kalinya.

Hal ini disampaikan Bupati JWS saat membuka kegiatan pengendalian Menejemen Kebijakan Kepala Daerah pada selasa 27 februari 2018 bertempat di Lapangan Tenis Indoor Sasaran Tondano.

Menurutnya, hal ini adalah lumrah untuk melakukan penyegaran untuk jalannya birokrasi, atau akan menempatkan Pejabat yang dirasa mampu dan berkompeten dibidangnya sesuai penilaian dari Baperjakat.

” Menjelang akhir jabatan saya, akan ada pelantikan Eselon III, Eselon IV, serta pelantikan Staf Ahli,” katanya.

” Kita harus loyal, konsisten dan berkomitmen, karena jabatan akan kita dapatkan jika kita berusaha dan bekerja dengan baik,” katanya lagi

” Namun jangan kita mencari jabatan dengan cara yang tidak baik, terlebih menjatuhkan orang lain,” Pungkasnya

Yovi

Share Button

JWS Ingatkan Teliti Administrasi Dalam Kegiatan Pengendalian Manajemen

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) ingatkan untuk bekerja dengan teliti administrasi saat Pemerintah Minahasa menggelar kegiatan pengendalian Manajemen Kebijakan Kepala Daerah, pada selasa 27 Februari 2018. Bertempat lapangan Tenis Indoor sasaran Tondano.

Dalam sambutannya JWS mengajak semua untuk bersyukur kepada Tuhan karena dapat berkumpul dan berterima kasih kepada Bagian TUP yang menjadi penggagas acara ini.

” Di Minahasa peran TUP sudah sangat baik, yang menjadi hambatan terkadang adalah penyaluran undangan ke desa-desa,” katanya.

” Saya minta mari kita bekerja dengan baik, telitilah dalam administrasi, jangan sampai karena tidak teliti dapat menjadi temuan dari BPK,” jelasnya.

JWS juga mewarning bagi ASN untuk taat aturan dalam ketentuan yang berlaku, terutama pada saat ini memasuki Pilkada yang rentan terhadap pelanggaran.

Di akhir sambutannya JWS berterima kasih kepada semua Jajaran Pejabat dan ASN karena sudah bekerjasama dengan baik selama 5 tahun ini, dan berterima kasih pula karena sudah di berikan kesempatan untuk membangun minahasa yang akan dikahiri dengam ibadah syukur akhir masa Jabatan pada 16 Maret 2018 mendatang.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari para Asisten Setdakab Minahasa.

Pemateri pada kegiatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr S W Siagian MA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. Denny Mangala, M.Si, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, juga hadir Kepala Bagian TUP dan Keuangan Setda Drs. Dolfie Kuron, MBA, Kepala Dinas dan Perwakilan dari SKPD, Camat se Kabupaten Minahasa, serta seluruh peserta kegiatan lainnya.

Share Button