Friday, 17 August 2018

Archive for: January 2018

KPU Minahasa Verifikasi Faktual Partai Peserta Pemilu 2019

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan verifikasi faktual bagi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Minahasa. Dari jumlah 14 parpol yang terdata, 7 diantaranya yaitu PDIP, Demokrat, Gerindra, Nasdem, PKP Indonesia, PPP dan PBB dilakukan verifikasi faktual Rabu (31/1) kemarin.

Sementara 7 parpol lain sesuai jadwal akan di verifikasi Kamis (1/2) hari ini, yaitu Partai Golkar, Hanura, Berkarya, Garuda, PKS, PKB dan PAN.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi mengatakan, verifikasi parpol ini sebagaimana amanat aturan perundang-undangan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara untuk teknis dan tahapan verifikasi diatur melalui Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2018 tentang verifikasi dan penetapan parpol dan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Verifikasi faktual ini sesuai jadwal akan berlangsung selama dua hari, di mulai pada hari ini (kemarin, red) yang meliputi 7 parpol dan besok (hari ini, red) 7 parpol,” urai Tinangon.

Pada tahap verifikasi faktual ini, KPU akan mengecek sejumlah aspek, seperti kesesuaian lokasi kantor sekretariat parpol apakah sesuai dengan alamat yang diserahkan kepada KPU saat pemberkasan, pencocokkan kondisi fisik anggota parpol dengan dokumen identitas yang diberikan kepada KPU, serta pengecekan identitas kepengurusan yang meliputi KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Ada juga aspek memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan parpol di tingkat kabupaten dan kota,” imbuh Tinangon.

Untuk kepengurusan hanya memverifikasi
Tahapan verifikasi ini, lanjut dia, merupakan kelanjutan dari verifikasi faktual tingkat pusat yang telah dilakukan KPU RI. Namun untuk penetapan parpol menurut Tinangon, sifatnya terpusat.

“Artinya yang akan menetapkan parpol peserta Pemilu 2019 nanti bukan KPU di tingkat kabupaten kota atau provinsi, melainkan oleh KPU RI,” tandasnya.

Sementara disentil soal hasil pelaksanaan verifikasi faktual, Tinangon menyebut bahwa masih akan dibahas dalam rapat pleno bersama seluruh Komisioner KPU Minahasa. “Besok masih ada 7 parpol yang akan di verifikasi. Jadi soal memenuhi syarat atau tidak akan kita bahas dalam rapat pleno,” pungkasnya.

Terpantau, proses verifikasi parpol ini diawasi langsung pelaksanaannya oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa.

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Serahkan Sertifikat Tanah kepada Warga Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan didampingi Kakanwil BPN Sulut Fredy Kolintama ST, Kepala Kantor BPN Minut Sammy Dondokambey, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH dan Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi Agus Mahendra SH MH menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada warga Minahasa Utara di pendopo Pemkab, Rabu 31 Januari 2018. Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada warga Minahasa Utara ini yang telah diproses pada tahun 2017 lalu.

Pada kesempatan itu Kakanwil BPN Sulut Fredy Kolintama ST menyatakan bahwa target tahun 2017 untuk Minut yaitu sebanyak 2.500 sertifikat tanah. “Untuk tahun 2018 jatah Minut yaitu 5.000 bidang tanah yang diukur. Sedangkan sertifikat tahun 2018 yaitu sebanyak 3.800 bidang tanah,” ungkap Kolintama, seraya menambahkan untuk 2019 akan diusahakan 10 ribu bidang tanah diukur.

Menurutnya namun itu semua butuh keterlibatan dan peran serta masyarakat. “Kita targetkan tahun ini satu desa terukur. Makanya mulai saat ini harus segera menyiapkan dokumen,” ungkapnya.

Kakanwil juga meminta agar masyarakat memelihara dan menjaga batas tanahnya. “Kalau sudah ada sertifikat, batas tanah harus dipelihara, jangan dipindah-pindah. Kasus tanah di Minut paling banyak. Jika masih ada tanah belum sertifikat kami rindu Minut jadi kabupaten lengkap. Kalau urus tanah tolong urus sendiri supaya tahu berapa besar biaya, lama dan lain-lain,” pungkasnya.

Sementara itu bupati VAP dalam sambutannya mengungkapkan 2.500 sertifikat tanah tersebut berasal dari 18 desa di Minut. “Jadi sekarang tiap desa harus tuntas menggunakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sehingga mudah dipetakan, kalau dulu menggunakan sistem Prona hanya serampangan,” jelasnya.

2.500 sertifikat tanah itu terdiri dari Desa Kinabuhutan 111 bidang, Desa Tambun 307, Desa Talise 49, Desa Gangga Satu 56, Desa Gangga Dua 57, Desa Ponto 94, Desa Laikit 220, Desa Dimembe 209, Desa Wawunian 50, Desa Airbanua 136, Desa Sukur 168, Desa Paniki Atas 45, Desa Sawangan 300, Desa Kema Satu 104, Desa Batu 75, Desa Pinenek 150, Desa Kalinaun 300, dan Desa Werot 69 bidang.(adv/sem) 

Share Button

JWS: Tidak Ada Lagi Air Mata, yang ada Sukacita Bersama Yesus

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow (JWS) dan Ketua Tim Penggerak PKK DR. Olga Sajow-Singkoh menggelar ibadah syukur dalam HUT pernikahan Ke-32 secara sederhana di Rumah Kediaman Koka Kecamatan Tombulu, Selasa malam 30/01/18.

Dalam ungkapannya Bupati JWS menyampaikan, bahwa malam ini no more tears be glad and rejoise in Christ, saatnya sekarang bersukacita bersama dengan Tuhan. “Malam ini tidak ada lagi air mata, yang ada malam ini yaitu sukacita bersama dengan Tuhan Yesus, “ungkap JWS.

Mantan anggota Dekab Minahasa ini pun berharap, di usia pernikahan yang ke-31 ini kiranya dapat terus diberkati dan diberikan kesehatan dan kekuatan dan yang terutama bisa di beri kesempatan untuk melayani Tuhan.

“Walaupun nanti sudah tidak menjabat Bupati, Komitmen saya melayani Tuhan tidak akan pernah berhenti karena itu sudah ada sejak dulu dan sampai sekarang masih di beri kepercayaan menjadi Penatua dan ini adalah periode yang ke delapan, “ungkapnya.

Dalam kesaksiaannya, diusia Ke-32 Perkawinan Keluarga Sajow – Singkoh yang diungkapkan oleh Ibu DR Olga Singkoh membacakan ayat Firman Tuhan yang terambil dalam kitab Roma 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

“Kehidupan keluarga 32 tahun menghasilkan dari dua menjadi 11 orang, ada Nicky dan Sarah, Timothy dan Juri, Piere dan Gaby, dan cucu Elnatan, Kaira dan Josh, “ungkapnya.

Ibu Olga menambahkan bahwa dalam kehidupan yang dijalani keluarga kadang naik, rata, turun, tetapi sebagai orang percaya haruslah tetap bersyukur karena Allah yang kami sembah adalah Allah yang hidup di dalam Yesus Kristus.

“Ketika Kehidupan naik, rata, ataupun turun Tuhan Yesus ada disana, menjalani kehidupan sendiri atau dengan kekuatan keluarga sendiripun kami tidak akan mampu tetapi hanya didalam Tuhan Yesus Kristus kami dapat melewatinya, God is in control,”ungkapnya.

Sementara Sekda Jeffry Korengkeng mengatasnamakan Pemerintah dan masyarakat menyampaikan selamat berbahagia di HUT Perkawinan yang ke 32 Keluarga Sajow – Singkoh.

“Hampir lima tahun bersama-sama dengan Keluarga Bupati, saya bisa katakan bahwa kelurga ini sangat diberkati oleh Tuhan karena dari apa yang sudah dilakukan selama ini adalah yang terbaik bagi masyarakat maupun kepada ASN yang ada di pemerintahan Pemkab Minahasa,”ungkapnya.

Korengkeng menambahkan, bahwa dalam Kepemimpinan Bupati JWS, wajah Minahasa boleh berubah menjadi Kabupaten yang maju. Demikian juga dari yang disebut Tondano kota mati sampai Tondano menjadi kota yang nyaman dan aman.

“Ini bukti kepedulian sang mener sajow yang bisa saya katakan adalah pemimpin yang paripurna, dari seorang guru, bisa menjadi politisi hingga bisa menhantar masuk ke gedung manguni sebagai anggota DPRD, menjadi Kepala Dinas, hingga dipercayakan rakyat memimpin Minahasa sebagai Bupati, inilah pemimpin yang Paripurna, ” jelas Korengkeng.

Sebelumnya Ibadah syukur ini dipimpin oleh Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt. HWB Sumakul ini, dihadiri Forkopimda Kapolres AKBP Chris Pusung, Dandim 1302 Letkol Nixon Purnama, Kejari Saptana Setyabudi, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Tokoh Agama dan sejumlah keluarga serta relasi dan masyarakat setempat.

Share Button

JWS Figur Yang Masih Diinginkan

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), adalah figur pemimpin yang masih diinginkan masyarakat Minahasa, hal ini dibuktikan sampai saat ini banyak yang masih menyayangkan tidak majunya beliau pada pertarungan Pilkada pada tahun 2018 ini.

Pilihan DPP DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menuai kontra masyarakat, karna Bupati JWS dari segi prestasi maupun pembangunan dianggap berhasil membawa perubahan ditanah Minahasa.

Banyak pertanyaan mengambang ditengah masyarakat, apalagi masyarakat yang tidak terlibat dalam perpolitikan, karna bagi mereka, apa yang telah dilakukan oleh pemimpin saat ini sudah sangat baik.

“Kiapa kang (kenapa yah) torang (kita) cuma rakyat biasa, yang nda mangarti (tidak mengerti) tentang perpolitikan, torang so (sudah) rasakan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah saat ini, tapi sayang, Dia (red JWS) so nda dicalonkan lagi,” kutipan kata dari warga yang ditemui media ini.

Memang dalam dunia politik hal ini adalah lumrah, dan masyarakat tidak bisa berbuat apa apa, apalagi jika sudah menjadi pilihan dari elite politik, karna ini adalah domain mereka.

Y

Share Button

Propam Polres Minahasa Gelar Operasi Gaktibplin di Polsek

Minahasa, Klabatnewsok.com – Dalam upaya meningkatkan disiplin anggota yang bertugas di lapangan, Propam Polres Minahasa, menggelar Operasi Gaktibplin di Polsek jajaran Polres Minahasa, pada Selasa (30/1/2018).

Giat ini dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Minahasa Ipda I Putu Kusuma yang didampingi oleh anggota Si Propam lainnya.

Kepada anggota Polsek , Ipda Putu mengatakan tujuan dari Operasi Gaktibplin ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan anggota saat bertugas.

Kasi propam juga berpesan, agar selalu menjaga kekompakan. Secara khusus Kasi Propam menekankan
Sikap netralitas Polri bersikap wajib untuk seluruh anggota Polri.

Anggota Polri dilarang terlibat langsung dalam politik praktis. Siapa pun yang melanggar, akan diberi sanksi.
“Sanksinya adalah disiplin atau kode etik,” jelasnya. Ia pun menambahkan juga agar anggota menghindari pelanggaran-pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri dimata masyarakat.

Selain memberikan arahan, tim dari Propam Polres Minahasa juga melaksanakan pemeriksaan yang meliputi sikap tampang anggota, kelengkapan surat-surat identitas dan kendaraan, serta kebersihan senjata api yang dibawa anggota.

Share Button

Bulog Salurkan Beras Gratis Kepada KPM

Usai memberikan Secara Simbolis, Sekda Melepas Kendaraan Pengantar Beras Oleh Bulog Ke Seluruh Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa diwakili Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi menghadiri Peluncuran (Launching) Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Minahasa tahun 2018, pada selasa 30/01 di Balai Kelurahan Tuutu, Tondano Barat.

Dalam Sambutan KA Bulog Divisi Regional Sulut dan Gorontalo Eko Pranoto, mengajak, semua untuk bersyukur karena di tahun 2018 penerima beras sejahtera sudah tidak lagi mengeluarkan biaya, karena beras di dapatkan secara gratis, mengingat tahun yang lalu penerima harus membayar Rp. 1.600/kg beras. Dan ditahun 2018 Kabupaten Minahasa mendapatkan 194.000 kg/ Bulan untuk 19.400 KK.

Sementara itu dalam Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Sekda Jeffry Korengkeng, SH MSi, beliau menyambut gembira dan sangat mengapresiasi dengan adanya bantuan sosial beras sejahtera bagi masyarakat berpendapatan rendah di kabupaten minahasa, yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin

“Sasaran dari penerima bantuan ini adalah keluarga miskin dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah diwilayah tempat tinggal,” katanya.

Tambahnya, Bantuan beras sejahtera merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini lewat kementerian sosial republik indonesia yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat (KPM) melalui pemeberian beras berkualitas medium (derajat sosoh 95%,kadar air maksimal 14% dan butir patah maksimal 25%) sebanyak 10kg per KPM tanpa biaya tebus.

“Untuk kabupaten minahasa,kita mendapatkan alokasi kuota 19.490 keluarga penerima manfaat dengan total jumlah beras 194.900 kg perbulan dan diharapkan dalam pelaksanaan penyaluran beras sejahtera tersebut dilaksanakan, Tepat sasaran, Tepat jumlah, Tepat kualitas, Tepat waktu dan tepat administrasi,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan tetap berpegang teguh pada mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku. Melalui pemberian bantuan sosial beras sejahtera ini,diharapkan adanya peningkatan kesejahteraan dan kemampuan ekonomi penerima manfaat.

Hadir pula pada launching ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan DR. S. W. Siagian MA, Kepala Dinas Sosial Minahasa Royke Kaloh SH, Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy Pangerapan, KA Bulog Divisi Regional Sulut dan Gorontalo Eko Pranoto, Camat Tondano Barat Maya Kainde SH MAP, dan jajaran pemerintah Minahasa, serta masyarakat penerima bantuan sosial beras sejahtera.

Yovi

Share Button

Gara-Gara ini, KPU Minahasa Usul Ganti Oknum PPDP

Tondano, Klabatnewsok.com – KPU minahasa akan menggelar pleno membahas usulan pergantian petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang dinilai tidak menjalankan tugas dengan baik, pada Coklit, hasil temuan oleh Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL)

Hal ini dilakukan berdasarkan rekomendasi Panwascam Tompaso terhadap adanya temuan dimana terdapat warga yang bukan PPDP yang melakukan coklit di Desa Tember Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa

Maka Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tompaso langsung menindaklanjuti rekomendasi Panwascam dengan memanggil PPS dan PPDP di Desa Tember serta Risal Suoth warga yang menerima delegasi dari PPDP terlapor (Andre Tulangow) untuk dimintai keterangan.

Namun demikian PPDP yang menjadi terlapor a.n. Andre Tulangow, tidak hadir, tetapi telah mengirimkan surat pengunduran diri. Klarifikasi dan pleno PPK Tompaso digelar senin 29/1 di sekretariat PPK Tompaso

Berdasarkan klarifikasi yang dilaksanakan, PPK tompaso memutuskan pertama memberikan teguran tertulis dan perintah memperbaiki prosedur monitoring coklit kepada PPS desa Tember. Keputusan kedua adalah mengusulkan pemberhentian anggota PPDP desa Tember a.n. Andre Tulangow kepada KPU kabupaten Minahasa sesuai kewenangannya.

Ketua PPK Tompaso Jurico Paendong telah menyampaikan langsung surat pemberitahuan dan berita acara klarifikasi serta berita acara pleno kepada KPU minahasa.

Dan dijadwalkan malam ini akan menggelar pleno membahas usulan pergantian petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) tersebut.

Yovi

Share Button