Thursday, 14 December 2017

Archive for: November 15th, 2017

ACARA PUNCAK FESDATON 2017 SPEKTAKULER

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pariwisata dan Budaya kembali menggelar kegiatan spektakuler pada Rabu 14 November 2017 bertempat di Kawasan Wisata Budaya Benteng Moraya Tondano.

Kegiatan yang bertajuk Acara Puncak Festival Danau Tondano dengan rangkaian kegiatan Pentas Paduan Suara dengan menampilkan Minahasa Regency Choir (MRC), SMAN 3 Tondano Choir, Pemuda GMIM Betlehem Tataaran Choir, Pentas Seni dan Budaya berupa Tarian Maengket Remix Kampung Jawa Tondano, peragaan Barongsai, Orkestra Manado String Enaemble (MSE) serta penampilan Kolintang Pemkab Minahasa yang dipimpin langsung oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi ini, telah memukau ribuan penonton yang memenuhi Amphitheater Benteng Moraya Tondano.

Sebelumnya, pada siang hingga sore hari telah digelar Festival Kuliner Minahasa, yang diikuti oleh para Restoran dan Rumah Makan ternama di Kabupaten Minahasa dengan memarkan berbagai macam masakan Minahasa, baik makanan dengan menu halal, non halal bahkan menu ekstrem.

Kegiatan yang dibuka pelaksanaannya oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi ini, diawali dengan laporan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi dan turut dihadiri oleh Kementerian Pariwisata RI yang diwakili Kepala Bidang Bisnis dan Pemerintahan, Deputi bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Hendrie Karnoza dan Nyong Purukan, jajaran Forkopimda diantaranya Kajari Minahasa Saptana Setiabudi SH MH, Ketua Pengadilan Agama Tondano, yang mewakili Dandim 1302 Minahasa dan Kapolres Minahasa, Asisten II Sekda Dr Wilford Siagian MA, Asisten IIII Hetty Rumagit SH, segenap pejabat Pemkab Minahasa, Kepala Cabang BRI Tondano, Kepala Cabang BNI Tomohon dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengucap syukur atas pembangunan Benteng Moraya dan segala fasilitas yang ada didalamnya ini, seperti tempat berjualan kuliner daerah dan Amphiteater serta fasilitas penunjang lain hampir rampung.

“Tempat ini tentu akan menjadi pusat pariwisata, kuliner dan budaya Minahasa, dimana nantinya juga semua jenis makanan dari halal sampe non halal dan makanan ekstreme akan ada disini,” kata Bupati.

Dikatakan Bupati, untuk memaksimalkan pengelolaan Monumen Benteng Moraya dan segala fasilitas yang ada di dalamnya, agar kedepan bisa menfhasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Minahasa ke depan akan membentuk Badan Pengelola tempat tersebut.

“Kita akan bentuk Badan Pengelola yang nantinya akan mengelola tempat ini, sehingga nantinya sudah bisa menghasilakan PAD untuk menunjang pembangunan daerah. Kita berharap, dengan adanya tempat ini, kita memiliki tempat kuliner yang baru dan konser-konser musik dan budaya akan ada di tempat ini. Benteng Moraya ini menunjukkan kesatuan Minahasa, dimana semua marga orang Minahasa juga ada tercatat disini, menandakan kita orang Minahasa adalah satu,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, Acara Puncak Festival Danau Tondano tahun 2017 yang dilaksanakan di tempat ini, telah menjadi momentum bagi Minahasa dalam mengembangkan sektor pariwisata, seni, budaya dan kuliner daerah.

Sementara pihak Kementerian Pariwisata RI melalui Kepala Bidang Bisnis dan Pemerintahan, Deputi bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara, Hendrie Karnoza mengatakan bahwa Kemenpar RI sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang menunjang pariwisata yang dilakukan Penerintah Daerah.

“Minahasa sungguh luar biasa karena memiliki potensi pariwisata yang sangat baik. Kedepan kami berharal atraksi-atraksi seperti ini dapat dibesarkan lagi, sehingga bersifat nasional bahkan international, kedepan diharapkan juga libatkan daerah-daerah lain, minimal se-Sulawesi dan Kemenpar akan membantu dalam upaya promosi,” tukasnya.

“Kita patut berbangga karena pak Bupati perduli dan konsern dengan potensi pariwisata di daerah dan mau mengembangkannya, seperti contoh dengan adanya Monumen Benteng Moraya ini, karena itulah yang seharusnya terjadi di daerah. Saya berharap ini menjadi sukses awal untuk iven-iven selanjutnya,” pungkasnya.

Adapun dalam puncak kegiatan yang turut melibatkan EO BT Production ini berupa pelepasan 1.000 Lampion Terbang yang bersinar dan Pemasangan 500 Obor Kasih, serta Doa Bersama untuk Bangsa dan Negara.

Tampak Bupati JWS dan semua hadirin tampil ke depan panggung untuk melepaskan Lampion dengan nyala api yang terang, diterbangkan ke atas udara dan menjadikan suasana meriah dan mempesona.

Akhir dari acara tersebut berupa pemberian Piagam Bupati Minahasa kepada para pengisi acara, serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Festival Kuliner dan para pemenang Lomba Memasak Mujair Woku Belanga yang berhasil mencetak Rekor MURI pada Acara Pembukaan Festival Danau Tondano waktu lalu.

Share Button

DPRD Majalengka Kunjungan Kerja di Minahasa Utara

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com Asisten II Bidang Pembangunan, Allan Mingkid bersama beberapa kepala SKPD dan staf ahli mewakili Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat, yang berjumlah 18 anggota DPRD bersama rombongan yang dipimpin Wakil DPRD Majalengka Rabu 15 November 2017, di aula Bappelitbang.

Wakil Ketua DPRD Majalengka mengatakan bahwa mereka para anggota DPRD merasa bangga bisa berkunjung ke Minahasa Utara karena kunjungan ke Minut sudah direncanakan jauh-jauh hari. “Memang kami dari anggota DPRD Majalengka telah merencanakan kunjungan kerja ke daerah Minahasa Utara sudah sejak lama, akhirnya bisa terwujud,” katanya.

Ia melanjutkan, pihaknya memang memilih Kabupaten Minahasa Utara yang merupakan daerah otonom baru, namun memiliki banyak pesona, potensi dan yang banyak dikunjungi. Apa yang dipelajari di Minahasa Utara, tentunya akan dibawa ke Majalengka untuk kemajuan daerah. “Minahasa Utara daerah yang punya potensi, sehingga perlu dipelajari kemajuannya,” tambah Wakil Ketua DPRD.

Sementara itu Allan Mingkid mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kunjungan dari DPRD Kabupaten Majalengka. Semoga dalam kunjungan ini, kemitraan dan tukar informasi dan strategi demi kemajuan pembangunan daerah masing-masing. “Minahasa Utara daerah baru namun punya potensi untuk berkembang maju,” ujar Mingkid.

Pada kesempatan itu Allan Mingkid selaku Asisten II Bidang Pembangunan, memaparkan tentang potensi-potensi Minahasa utara, secara geografi, wisata alam, pariwisata, wisata kuliner, kondisi Poleksosbudhankam, Kawasan Ekonomi Khusus, capaian dan proyeksi indikator makro pembangunan, serta pendapatan-pendapatan asli daerah serta CSR.

Yang paling menarik dari pemaparan Allan Mngkid mengenai program CSR, sehingga banyak para anggota DPRD Majalengka terus menanyakan tentang bagaimana menjalin kerja sama dengan pihak swasta sehingga memperoleh CSR.(sem)

Share Button

Sekda Minut Jemmy Kuhu Buka Pemilihan ASN Teladan Tahun 2017

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Sekretaris Daerah Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu MA membuka pemilihan Aparatur Sipil Negara teladan tahun 2017 di aula Bappelitbang, Selasa (14/11). Kegiatan yang diadakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Minut ini diikuti 31 ASN perwakilan perangkat daerah di lingkup Pemkab.

Pada pembukaan tersebut, Sekda yang mewakili Bupati Vonnie Panambunan berkesempatan membuka naskah soal ujian didampingi Asisten II Setdakab Drs Allan Mingkid dan Sekretaris BKPP Tommy Dolongseda SSos.

Kepada wartawan, Kuhu mengatakan seleksi ASN teladan tingkat pemkab ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-14 Kabupaten Minahasa Utara. “Mudah-mudahan dari seleksi ini didapat ASN terbaik. ASN yang terbaik akan dipersiapkan untuk mengikuti pemilihan ASN terbaik tingkat propinsi tahun depan,” kata Sekda.

Lewat pemilihan ini, lanjut Sekda, juga akan menjadi cerminan bagi setiap perangkat daerah supaya mampu memberi contoh dan disiplin. Bukan hanya kepada ASN tapi juga kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala BKPP Styvi Watupongoh melalui melalui Kabid Perencanaan dan Pembinaan aparatur Donal Tintingon SSTP mengatakan proses pemilihan ini berlangsung selama dua hari. Di mana hari pertama berupa ujian tertulis dan ujian hari kedua pada Kamis besok dalam bentuk presentasi karya ilmiah dan wawancara.

“Tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan ASN Minut yang profesional, bersih dari unsur KKN, disiplin dan trampil. Sehingga bisa menjadi teladan bagi sesama ASN dan masyarakat,” tuturnya.(sem)

Share Button

Festival Kuliner dan Pagelaran Seni Tari Warnai Peringatan Hut Minahasa Ke-589

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Dalam rangkaian HUT Minahasa Ke 589, Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow, MSi (JWS) didampingi Kadis Pariwisata, Agustivo Tumundo, Selasa 14 November menghadiri kegiatan acara festival kuliner dirangkaikan dengan Pagelaran seni dan tari tarian di wilayah benteng moraya, Tondano.

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan Kementerian Pariwisata RI Hendrie Karnoza, Asisten II, Wilford Siagian, Asisten III Hetty Rumagit, Kepala SKPD, Kabag, Camat, dan peserta yang ikut dalam kegiatan ini.

“Festival Kuliner di Kabupaten Minahasa kedepan akan rutin dilakukan setiap tahun. Dan mudah-mudahan lokasi dilaksanakannya lomba kuliner yang berada di sekitaran benteng Moraya Tondano bisa diminati dan ramai akan pengunjung,” ungkap JWS.

Sementara itu, Venny Syandy Paruntu salah satu pemilik rumah makan hoho Boulevard mengatakan, selaku peserta kuliner, pihaknya tentu menampilkan makanan khas Minahasa yang mengutamakan citarasa.

“ Kami tentunya lebih mengutakaman bumbu minahasa dalam festival kuliner. Karena kualitas rasa tergantung dari bumbu yang diberikan. Intinya kami ingin memberikan yang terbaik bagi pengunjung dan penikmat makanan minahasa,” kuncinya.

Pada kegiatan ini Bupati JWS dan rombongan juga langsung meninjau masakan yang ditampilkan oleh para peserta.

Kemudian kegiatan dilanjutkan di Ampi Theater lokasi benteng moraya, dimana ditempat ini dusuguhkan dengan penampilan musical, tarian maengket versi kampung jawa, Choir dan tak kalah menarik penampilan Bupati JWS dengan Tim Kolintang Minahasa, dimana Bupati begitu piawainya memainkan alat musik khas Sulut itu.

Pada puncak acara dilakukan pemasangan ribuan obor dan ribuan lampion yang menghiasi langit Kota Tondano.

Yovi

Share Button