Thursday, 14 December 2017

Archive for: November 2nd, 2017

MALAM INI, FINAL PWWM 2017 DIGELAR

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa (PWWM) 2017 akan memasuki tahap akhir berupa Malam Grand Final yang akan berlangsung pada Kamis 2 November 2017 pukul 19.30 Wita bertempat di gedung Wale Ne Tou Sasaran Tondano.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Kabid Pemasaran Wisata Jimi Pinangkaan SE MSi selaku Ketua Panita menyampaikan hal tersebut di ruang kerja-nya siang tadi.

Dikatakan Tumundo dalam Grand Final ini ke-59 peserta utusan Dinas, Badan, Satuan, Perusahan Daerah dan Kecamatan se-Minahasa akan tampil dengan parade 2 kostum yaitu Pakaian Kreasi Batik da Gaun Malam kemudian tampil dengan Pakaian Adat Minahasa.

“Tim Juri kegiatan ini adalah mereka yang berkualitas yang direkrut dari perwakilan Pemkab Minahasa, Akademisi UNSRAT Manado, Akademisi UNIMA Tondano dan dari Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa atau IWWM” urai Tumundo.

Ditambahkan Tumundo para pemenang PWWM ini untuk Waraney dan Wulan akan memperoleh Trophy Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Ketua TP PKK Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Uang Tunai Rp 5.000.000,- dan Tiket Pesawat Manado-Singapura PP dan hadiah dari sponsor lainnya.

Untuk Wakil I Waraney dan Wulan, lanjut Tumundo akan memperoleh Trophy Wakil Bupati Ivan Sarundajang dan Wakil Ketua TP PKK Ny Jashinta Sarundajang-Paat, uang tunai Rp 4.000.000,- dan hadiah dari sponsor. Sedangkan Wakil II Waraney dan Wulan akan memperoleh Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi dan Ketua DWP Ny Seeve Korengkeng-Warouw, uang tunai Rp 3.000.000,- dan hadiah dari sponsor.

Sementara Harapan I dan Harapan II Waraney dan Wulan akan memperoleh Trophy Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi dan Ketua DWP Disbudpar Ny Daisy Tumundo-Tampi SP MSi, uang tunai dan hadiah dari sponsor.

Disamping gelar-gelar di atas menurut Ketua Panitia Jimi Pinangkaan, dalam PWWM 2017 ini juga akan memperebutkan gelar lain yaitu Waraney dan Wulan Intelegensia, Persahabatan, Berbakat, Kreasi Batik Tou Minahasa dan Favorit, yang semuanya akan memperoleh Trophy tetap dan uang tunai.

“Khusus untuk gelar Waraney dan Wulan Favorit yang dipilih dengan mengumpulkan hasil polling dari masyarakat umum, akan ditambahkan dengan hadiah Tiket Pesawat Manado-Singapura PP” tutup Pinangkaan sambil mengharapkan para pendukung semua calon Waraney dan Wulan Minahasa 2017 ini untuk memberikan dukungan sepenuhnya.

Share Button

Peserta Kirab Pemuda se-Indonesia temui Bupati Minahasa JWS, Ada Apa Yah??

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) menerima langsung kunjungan 37 peserta Kirab Pemuda Se- Indonesia pada kamis 2 November 2017 di Kantor Bupati Minahasa Tondano

Ketua rombongan Chairil Adha mengatakan, tujuan kunjungan mereka ke Kabupaten Minahasa termasuk di sejumlah daerah lainnya di Sulut, salah satunya untuk mempererat tali persatuan dengan para pemuda yang ada di Kabupaten Minahasa.

” Jalinan persahabatan dikalangan pemuda se- Indonesia saat ini sudah mulai luntur, untuk itulah kita rekrut para pemuda se- Indonesia untuk melakukan kirab di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Minahasa ini,” ujarnya.

Kepala Bidang Kreatifitas pada Kementrian Pemuda dan Olahraga ini menambahkan bahwa, tujuan lain dilaksanakannya kirab ini yakni untuk memberikan wawasan kebangsaan, kepemimpin dan kepeloporan pemuda.

” Sehingga kedepan, mereka diharapkan bisa menjadi pemimpin yang cinta tanah air dan kebangsaan,” pungkasnya.

Sementara itu, JWS mengaku senang serta bangga atas kunjungan para pemuda peserta kirab ini, diapun mempersilahkan seluruh peserta kirab untuk jalan-jalan keliling Kabupaten Minahasa.

Diapun berpesan agar sebagai pemuda, harus berani menyatakan sikap dan pendapat sejak masih berstatus pemuda. ” Karena jika sudah tua baru melakukan, maka itu percuma,” pungkasnya.

Kirab Pemuda yang diikuti oleh peserta yang didominasi para mahasiswa ini, rencananya akan mengelilingi seluruh daerah di Indonesia Timur. Mereka start dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dan akan finish nanti pada tanggal 6 Desember 2017 di Blitar.

Share Button

Sudah Tidak Ada Eceng Gondok, Das Tondano Jadi Lokasi Lomba Dayung Perahu

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bukti bahwa Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano kini bebas eceng gondok terlihat saat dilaksanakannya lomba dayung perahu tradisional manguni yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa, Kamis 2 November 2017 di lokasi DAS belakang taman kota God Bless Minahasa.

Para peserta yang seluruhnya berprofesi sebagai nelayan ini terlihat antusias mengikuti lomba. Mereka berpacu untuk merebut juara, dimana baik juara 1,2 dan 3 mendapat hadiah uang tunai dari pihak panitia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Siby Sengke mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya lomba ini yakni untuk melestarikan penggunaan perahu tradisional dikalangan masyarakat pesisir Das

” Selain mau menunjukkkan bahwa di sungai Tondano sudah tidak ada eceng gondok, juga lomba ini dimaksudkan untuk melestarikan perahu perahu tradisonal,” ujar Sengke.

Terpantau Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) juga ikut menyaksikan lomba, didampingi Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng serta Asisten I Denny Mangala. JWS juga turut menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba.

Share Button

Peringati HUT Minahasa Ke – 589, Bupati JWS Ziarah Ke Makam Mantan Bupati

Minahasa, KLABATNEWSOK.com – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa Ke- 589, Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan ziarah ke makam para mantan pemimpin (Bupati) ditanah Minahasa oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) pada kamis 2 November 2017.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) melakukan ziarah ke Makam Bupati Minahasa periode 1993-1998 Drs Karel Lasut Senduk, dan Makam Bupati Minahasa periode 1998-2003 Drs Dolfie Tanor di Tomohon didampingi sejumlah pejabat Kabupaten Minahasa.

Demikian pula para Pejabat lainnya di Kabupaten Minahasa yang melakukan Ziarah ke Mantan Bupati lainnya yang semuanya berjumlah 13 Mantan Bupati Minahasa.

 

Share Button