Thursday, 14 December 2017

Archive for: October 2017

PESERTA PWWM IKUT TABLE MANNER DAN TALENT SHOW

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Di hari kedua pelaksanaan Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa (PWWM) 2017 yang secara resmi dibuka oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi pada Senin 30/1 kemarin di HOB Koka, dilaksanakan dalam bentuk pembekalan kerohanian oleh Ev Pauline Tindas-Iskandar STh MA, yang dilanjutkan dengan Table Manner bertempat di Restoran Pemandangan Danau Tondano (PDT) pada siang hari serta Talent Show pada malam harinya di Panggung Minahas Expo 2017, kompleks Stadion Maesa Tondano.

Saat Table Manner berlangsung, peserta memperagakan bagaimana posisi makan yang benar, cara makan dan etika pada saat makan, yang dinilai langsung oleh Juri Table Manner yaitu Asisen II Sekdakab Minahasa Dr Wilford Siagian MA, Staf Khusus Bupati bidang Pariwisata Meksi Sahensolar SPi dan Waraney Minahasa 2013 yang juga Nyong Sulut 2014 Brian Mailangkay SE.

Kegiatan yang turut disaksikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kabid Pemasaran Wisata Disbudpar Jimi Pinangkaan SE MSi selaku Ketua Panitia, Kabid Kasenian Dra Letty Purukan, Ketua IWWM Megumi Kusen SE ME, Waraney Minahasa 2016 Sandy Lumanauw, Wulan Minahasa 2016 Ribka Mandagi SP dan Owner Restoran PDT Yona Korengkeng serta Ghea Motulo.

Kadis Budpar Agustivo Tumundo memberikan apresiasi atas peragaan semua peserta PWWM ini dan berterima kasih atas dukungan owner Restoran PDT yang turut mensponsori kegiatan ini.

Tumundo mengharapkan agar kegiatan Table Manner ini akan menjadi bekal bagi semua peserta dalam memasuki dunia kerja dan aktivitas lain di lingkungan masyarakat umum.

Agenda selanjutnya berupa Talent Show peserta PWWM 2017 bertempat di Panggung Minahasa Expo, Stadion Maesa Tondano.

Dalam Talent Show ini semua peserta memperagakan berbagai talenta dan kreativitas yang dimiliki sebagai generasi muda Minahasa yang cinta seni dan budaya Minahasa.

Share Button

Bupati JWS Buka Ajang Pemilihan Waraney Wulan 2017

Tombulu, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi membuka dengan resmi rangkaian kegiatan Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa (PWWM) 2017 pada Senin, 30 Oktober 2017 siang di House of Blessing (HOB) Koka, Kecamatan Tombulu.

Kegiatan yang diawali dengan laporan Kepala Bidang Pemasaran Wiaata Disbudpar Jimi Pinangkaan SE MSi selaku Ketua Panitia ini, diikuti oleh 59 peserta utusan Dinas, Badan, Satuan, Perusahaan Daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa, yang digelar dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke-587 dan mensukseskan Pesona Minahasa dan Pesona Indonesia.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengharapkan agar semua finalis untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki dalam ajang PWWM ini, bukan hanya dari segi penampilan fisik saja tetapi harus lengkap dengan aspek intelegensia, spiritual dan karakter agar bisa menjadi Waraney dan Wulan Minahasa 2017 tetapi juga pada akhirnya bisa membawah pulang gelar Nyong dan Noni Sulut pada tahun 2018 nanti.

Dikatakan Bupati bahwa dengan ditetapkannya juri-juri yang punya kualitas, kapasitas dan kapabilitas maka pasti akan menghasilkan Waraney dan Wulan Minahasa yang sangat berkualitas.

“Selama ini saya tidak pernah dan tidak akan pernah mengintervensi penilaian dari dewan juri supaya hasilnya murni” kata JWS.

Ditambahkan Bupati, kalau dirinya melakukan ini berarti membuat dirinya yang berdosa, bukan peserta yang mendapat keberuntungan itu.

Diharapkan JWS agar kegiatan ini bisa berlangsung sukses seperti kegiatan nasional, internasional dan kegiatan lain yang barusan sukses terselenggara di Kabupaten Minahasa ini.

Sementara Kadis Budpar Agustivo Tumundo mengatakan bahwa selama PWWM 2017 berlangsung akan digelar pula Talent Show, Penyerahan dari para Kepala SKPD dan Camat, Pembekalan materi, Psikotest, Wawancara, Kunjungan Lapangan Table Maner dan Sesi Pemotretan.

“Untuk Grand Final PWWM 2017 ini akan dilaksanakan pada Kamis, 2 November 2017 pukul 19.00 Wita bertempat di Gedung Wale Ne Tou Sasaran Tondano” ungkap Tumundo.

Diharapkan Tumundo kiranya semua pihak dapat memberikan dukungan dan doa supaya semua rangkaian PWWM 2017 ini akan berlangsung dengan baik dan terselenggara dengan sukses.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Staf Khusus Bupati Bidang Pariwisata Meksi Sahensolar, Kabid Kebudayaan Mellisa Rondonuwu SP, Kabid Kesenian Dra Letty Purukan, Sekretaris Panitia Apriliane Tiauw SS, Waraney Minahasa 2016 Sandy Lumanauw, Wulan Minahasa 2016 Ribka Mandagi SP dan undangan lainnya.

Share Button

Pemilihan Waraney Wulan Minahasa 2017 Sudah Dimulai

Tondano,KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar even tahunan Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa (PWWM), yang dimulai pada Senin 30 Oktober 2017 dan berlangsung hingga Kamis 2 November nanti.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke-589 dan mensukseskan Pesona Minahasa dan Pesona Indonesia ini, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Wisata Jimi Pinangkaan SE MSi selaku Ketua Panitia akan diikuti oleh 59 peserta per utusan dari Dinas, Badan, Satuan, Perusahaan Daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa.

Dikatakan Tumundo bahwa ajang PWWM ini merupakan salah satu upaya pembinaaan dan pengembangan generasi muda Minahasa khususnya dalam bidang kebudayaan dan pariwisata, disamping untuk memilih Putera dan Puteri terbaik yang akan menjadi Duta Minahasa yang akan bertugas sebagai Waraney dan Wulan Minahasa selama setahun nanti, menggantikan Sandy Lumanauw dan Ribka Mandagi sebagai Waraney dan Wulan Minahasa 2016 ini.

“Sedangkan rangkaian kegiatan selama PWWM berlangsung diantaranya Penyerahan dari para Kepala SKPD dan Camat, Pembekalan materi, Psikotest, Wawancara, Talent Show, Kunjungan Lapangan Table Manner dan Sesi Pemotretan” urai Tumundo.

Untuk Grand Final PWWM 2017 ini, lanjut Tumundo akan dilaksanakan pada Kamis, 2 November 2017 pukul 19.00 Wita bertempat di Gedung Wale Ne Tou Sasaran Tondano.

“Kami mohon dukungan doa dari semua pihak, kiranya rangkaian PWWM 2017 ini akan berlangsung dengan baik dan terselenggara dengan sukses” tutup Tumundo

Share Button

Gelar Upacara Peringati Sumpah Pemuda dan Apel KORPRI di Minahasa, ini Hal Penting Yang Disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 dirangkaikan dengan Apel KORPRI pada Senin 30 Oktober 2017 bertempat Lapangan kantor bupati Minahasa.

Dihadiri Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang selaku Pembina Upacara, Forkopimda, Sekretaris daerah kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi, Asisten Pemerintahan & Kesra Dr. Denny Mangala, MSi, asisten perekonomian & pembangunan Dr. S. W Siagian MA, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, SH, jajaran pemerintah kabupaten Minahasa, seluruh ASN serta siswa-siswi.

Dalam Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang disampaikan oleh Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, mengatakan, bahwa kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda.” Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya.” Katanya.

Bandingkan dengan era sekarang. Sarana transportasi umum sangat mudah. Untuk menjangkau ujung timur dan barat hanya butuh waktu beberapa jam saja. Untuk dapat berkomunikasi dengan pemuda di pelosok-pelosok negeri ini, cukup dengan menggunakan alat komunikasi, interaksi sosial dapat dilakukanb 24 jam kapanpun dan dimanapun.

Namun, justru dengan berbagai macam kemudahan yang kita miliki hari ini, kita justru lebih sering berselisih paham. Mudah sekali menvonis orang, menebar fitnah dan kebencian. Seolah-olah kita ini dipisahkan oleh jarak yang tak terjangkau.

Sebetulnya tidak ada ruang untuk salah paham apalagi membenci, karena semua hal dapat kita konfirmasi dan kita klarifikasi habya dalam hitungan detik.kita harus berani mengatakan bahwa persatuan indonesia adalah segala-galanya. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden RI yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan indonesia. Bulan juli 2017 lalu, bapak presiden telah menanda-tangani perpres no. 66 tahun 2017 tentang koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan.

Ini merupakan peta jalan kebangkitan pemuda indonesia terus kita gelorakan. Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, kita bergandengan tangan bergotong royong melanjutkan api semangat sumpah pemuda.

Demikianlah Pokok penyampaian menteri dalam rangka hari sumpah pemuda.

Yovi

Share Button

Pemkab Minut Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah-Putih dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-89 Tahun 2017 di Halaman Utama Kantor Pemkab Minut, Airmadidi, Senin (30/10) pagi. Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan didaulat menjadi pembina upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai pemimpin upacara Ketua KNPI Minut Audy Kalumata.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya mengatakan bahwa delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.

“Sumpah Pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia. Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah,” kata bupati.

Dari belahan barat Indonesia, terdapat nama Mohammad Yamin, seorang pemuda kelahiran Sawah Lunto Sumatera Barat yang mewakili organisasi pemuda Sumatera, Jong Sumatera Bond. Dari belahan Timur Indonesia, kita menemukan pemuda bernama Johannes Leimena, kelahiran Kota Ambon Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon. Ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornelis Lefrand Senduk, mewakili organisasi pemuda Sulawesi, Jong Celebes.

“Kita tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Bandingkan dengan era sekarang. Hari ini, sarana transportasi umum sangat mudah. Untuk menjangkau ujung Timur dan barat Indonesia hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja,” terangnya.

Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan: “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ibi bukan tujuan akhir.

“Pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita,” jelas Bupati saat membacakan sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi.

Upacara ini diikuti Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu, kepala-kepala SKPD, para ASN, utusan KNPI Minut dan pelajar.(sem)

 

 

 

Share Button

Sukseskan Pemilukada 2018, KPU Minahasa Gelar Gerakan Sadar Pilkada Serentak Dengan Jalan Sehat

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Menunjang sekaligus berkomitmen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa dalam rangka mensukseskan Pilkada 2018 menggelar Gerakan Sadar Pilkada Serentak, yang diawali dengan jalan sehat dengan start di Kompleks Taman Kota God Bless Minahasa dan finish Kantor KPU Minahasa minggu 29/10/17.

Jalan sehat inipun dilepas oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) dimana jalan sejat ini merupakan Salah satu upaya KPU Minahasa menggenjot tingkat partisipasi pemilih lewat Gerakan Sadar Pilkada Serentak.

Untuk menambah semarak, acara dikemas dengan panggung hiburan dan door prize yang disiapkan pihak KPU Minahasa. Kemudian digelar pula deklarasi Gerakan Sadar Pilkada serta pembentukan Forum Komunikasi Pilkada Yang Aman dan Kredibel (Forkom Payangka) yang ditandai dengan penandatanganan oleh KPU Minahasa, pemerintah, unsur Forkopimda, pengurus partai politik (parpol), LSM, Ormas serta Pers.

Komisioner KPU Minahasa, Kristoforus Ngantung S.Fils dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan sebagai sarana edukasi agar masyarakat turut serta dalam semua tahapan Pilkada. Pesertanya menurut Ngantung berjumlah sekitar 500 orang yang terdiri dari komisioner dan staf KPU Minahasa, para calon PPK di 25 kecamatan, Panwas, Pimpinan Parpol, Ormas, LSM dan Pers.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilu merupakan perwujudan demokrasi di tingkat lokal dan ruang kontestasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya
“Dengan harapan akan terpilih pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, intregritas dan aksetabilitas. Sebab era otonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreatifitas dan inovasi dalam membangun daerah, tapi juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyat,” papar Tinangon.

Dikatakannya, Pilkada serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ketiga setelah dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2015. “Terdapat 171 daerah yang mengikuti pemilihan serentak tahun 2018 terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, diantaranya Kabupaten Minahasa,” katanya.

Tinangon pun berharap, penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintregritas. Pemilih yang sudah mempunyai e-KTP harus dalam DPS dan DPT.

“Jadikan gerakan sadar Pilkada serentak ini sebagai momentum untuk mewujudkan Pilkada Minahasa yang kredibel dan aman sehingga tujuan demokrasi bisa terlaksana dengan baik dan secara bergandengan tangan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang mengatakan bahwa dengan terselenggaranya kegiatan ini berarti satu lagi tahapan Pilkada di Minahasa sudah dilakukan. “Salut kepada KPU Minahasa yang sudah melakukan agenda ini,” pujinya.

Politik lanjut dia, adalah salah satu cara mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sementara demokrasi adalah sarana untuk mewujudkan hal itu. “Masyarakat harus membantu KPU dan Panwas untuk mensukseskan Pilkada nanti sehingga tingkat partisipasi minimal mencapai 90 persen,” ujarnya.

Yovi

Share Button

Masuk Divisi Utama, JWS Minahasa Putri Jawara Pada PGN Livoli Divisi Satu 2017

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Selain menorehkan sejarah masuk dalam Livoli Divisi Utama setelah masuk final Livoli Divisi Satu, Tim Bola Voli Putri JWS Minahasa menjadi yang terbaik atau menjadi juara 1 pada kejuaraan Nasional yang bergengsi ini pada minggu 29 oktober bertempat di Wale Ne Tou Minahasa Tondano.

Pada pertarungan final ini mempertemukan JWS Minahasa Putri Versus Badak LNG Bontang yang dijagokan menjadi juara karna LNG Bontang adalah Tim yang digredasi dari Divisi Utama karna tidak ikut serta pada tahun yang lalu.

Namun ternyata, berkat latihan dan kekompakan Tim JWS Minahasa, maka dapat menang telak dengan score 3:0, set I :25 – 22, set II poin 25 – 13, dan set III dengan poin 25 -18, yang dimana Tim Bontang diperkuat Amasya Manganang yang adalah asal Sulawesi Utara.

Demikian pula dengan Tim Voli Putra pada final yang menpertemukan DPU PR Grobogan VS BC Kab. Bogor, dengan score 3 : 1 untuk kemenagan DPU PR Grobogan dengan poin Set I = 25:18, Set II =23:25, Set III =25:21, Set IV =25:18

Dengan demikian para Tim yang berhasil meraih juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 20 juta rupiah, sedangkan juara 2 sebesar 12 juta 500 ribu rupiah, juara 3 sebesar 10 juta rupiah dan juara 4 sebesar 7 juta 500 ribu rupiah.

Sedangkan untuk semua Tim yang berlaga pada PGN Livoli Divisi Satu ini yang terdiri dari 23 Tim Putra dan 13 Tim Putri, mendapatkan masing- masing uang pembinaan sebesar 25 juta rupiah.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan penutupan PGN Livoli Divisi Satu tahun 2017 di Sulawesi Utara, Minahasa, Tondano, dan penyerahan hadiah dan piala oleh Bupati Minahasa sekaligus Ketua Harian PBVSI Sulut juga Forkopimda kepada para pemenang.

Yovi

 

Share Button