Saturday, 25 November 2017

Archive for: September 13th, 2017

Adakan Sosialisasi Jurnalistik, Pemerintah Minahasa Berharap ASN Juga Mampu Membuat Berita

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Bagian Humas dan Protokoler melaksanakan sosialisasi Jurnalistik Guna membantu tugas pokok kehumasan untuk mensosialisasikan semua kegiatan maupun program di pemerintahan, digelar rabu 13 september 2017 bertempat diruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Kegiatan inipun dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, dan menghadirkan narasumber Voucke Lontaan sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut.

Tujuan utama Kegiatan adalah untuk memberikan bimbingan dan pelatihan jurnalistik bagi para ASN dan bertanggung jawab di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Juga di Kecamatan.

Bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para ASN OPD tentang jurnalistik dan cara menulis berita yang benar dan dapat di pertanggungjawabkan. Serta membentuk kepribadian seorang jurnalis yang bertanggungjawab di setiap OPD Kabupaten Minahasa.

Rumagit dalam sambutannya mewaki Bupati Minahasa menyampaikan sosialisasi jurnalistik ini sangat penting diadakan guna mengembangkan potensi ASN untuk menjadi jurnalis/penulis yang bisa bertanggung jawab dengan isi tulisannya.

“Ini pun diadakan untuk mengatasi berita hoax, dengan maksud dapat memberikan pemahaman, pengertian tentang jurnalistik hebat dan anti hoax. Sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers yang menyatakan bahwa dalam melakukan perannya perlu kebebasan pers dalam menyampaikan informasi publik secara jujur dan berimbang,” ujarnya.

Ia menyampaikan dalam rangka reformasi birokrasi menyadari bahwa dengan mengenal dan mengetahui cara menjadi jurnalis yang bertanggung jawab akan menghasilkan berita yang hebat dan menjadi salah satu prasyarat menuju tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance), transparan dan akuntabel sehingga sosialisasi jurnalistik tahun 2017 di lingkup pemerintah Kabupaten Minahasa perlu dilaksanakan.

Rumagit berharap melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan menyamakan persepsi dalam bidang jurnalistik, juga dapat menjadi sarana guna meningkatkan kualitas aparatur dalam menyediakan, memberikan atau menerbitkan berita yang mampu dipertanggungjawabkan, lengkap, valid, mudah dimengerti dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berada di bawah kewenangannya selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan.

Kegiatan turut dihadiri peserta kegiatan sosialisasi jurnalistik perwakilan OPD, pegawai kecamatan se-Minahasa, serta perwakilan pers Biro Minahasa.

Yovi

Share Button

Bupati JWS Resmikan Kegiatan Fisik ADD/DD Kecamatan Mandolang

Mandolang, KLABATNEWSOK.com – Kegiatan Fisik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa dan Dana Desa tahun anggaran 2016 di Kecamatan Mandolang diresmikan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) Pada Selasa (12/09) di Kantor Kecamatan Mandolang Desa Tateli tiga.

Hasil kegiatan fisik yang diresmikan JWS ini terletak di 12 Desa se-Kecamatan Mandolang yang berjumlah 6.7 Miliar ini dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Kecamatan Mandolang Ke 5 dan peresmian Kantor Kecamatan.

” Saya berterima kasih karena para Kumtua sudah melaksanakan proyek fisik ADD/DD ini dengan baik, meski memang masih ada hal hal yang masih perlu lagi diperbaiki,” ujar JWS saat menyampaikan sambutannya.

Lanjut dikatakannya, bahwa dalam pengelolaan ADD maupun DD para Kumtua kembali diingatkan agar selalu transparan, serta menggunakannya sesuai ketentuan, dikarenakan pengawasan penggunaan ADD/DD saat ini sudah semakin ketat.

” Informasikan seluruh pekerjaaan ADD/DD kepada masyarakat serta libatkan masyarakat dalam bersama membangun Desanya,” ungkap JWS, sembari berjanji kedepan, Kecamatan Mandolang akan dijadikan sebagai kawasan pariwisata.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Rommy Leke, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Fraksi PDI P Joan Retor, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Minahasa, Asisten I Denny Mangala, Kadis Petanian Suban Torar, Kabag TUP Dolfie Kuron, Kabag Humas dan Protokol Moudy Pangerapan, Kabag Trantibum Linmas Engelbert Raintung, Jajaran Muspika Kecamatan Mandolang, Camat Mandolang Arthur Palilingan, serta para Hukum Tua Se Kecamatan Mandolang.

Yovi

Share Button

Pembangunan RSUD Maria Walanda Maramis Sebesar Rp 21 Miliar

dr. Rina Widayati

Airmadidi, KLABATNEWSOK.com-Saat ini RSUD Maria Walanda Maramis (MWM) terus melakukan pembangunan sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Minahasa Utara. Salah satunya dengan penambahan bangunan tiga lantai yang bakal menambah kapasitas tampung bagi pasien rawat inap.
“Saat ini tengah dibangun bangunan tiga lantai. Nantinya setelah jadi akan dibagi menjadi kelas VIP, kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Namun yang akan lebih kelas 3 karena diperuntukkan bagi pasien Jamkesda dan BPJS,” kata direktur RSUD MWM dr. Rina Widayati, Rabu (13/09).

Penambahan bangunan tersebut, sambung Widayati, dibiayai oleh bantuan dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp 21 miliar. “Sebenarnya kami usulkan 35 miliar rupiah tapi yang disetujui pusat hanya 21 miliar yang diperuntukkan semuanya bagi pembangunan fisik. Sedangkan untuk bantuan penambahan peralatan baru akan diusul ke pusat tahun depan,” tutur direktur.

Di lain sisi, Widayati menambahkan saat ini poliklinik RSUD Maria Walanda Maramis telah memiliki dua dokter spesialis jantung yang membuka pelayanan penyakit jantung setiap Selasa, Kamis dan Jumat.(sem)

Share Button

Bupati Minut Ikuti Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat 1 Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

Airmadidi, KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan mengikuti rapat paripurna Pembicaraan Tingkat pertama tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan tahun 2017 yang dipimpin Ketua DPRD Berty Kapojos SSos didampingi Wakil Ketua DPRD Drs Denny Wowiling MSi, Rabu 13 September 2017 di kantor dewan Minut.

Bupati memaparkan bahwa Pemkab Minahasa Utara mengusulkan dalam APBD Perubahan 2017, baik pendapatan maupun belanja akan ketambahan sekitar Rp 50 miliar dari APBD induk.

“Seiring dengan perjalanan waktu pelaksanaan APBD 2017, ada mata anggaran mengalami pergeseran dan penambahan. Pertimbangannya karena pengaruh ekonomi makro, penyesuaian anggaran dari alokasi dana transfer pusat, serta penambahan pendapatan asli daerah,” jelas bupati.

Lanjutnya, kegiatan program yang tertuang dalam perubahan APBD 2017 diprioritaskan pada program untuk perbaikan tingkat hidup masyarakat, juga berdasarkan agenda pemerintah yang bersifat rutin dan insidentil.
“Pendapatan daerah tahun 2017 ditargetkan sebesar Rp. 867.163.207.251,00 akan tetapi dalam perubahan APBD 2017 diperkirakan masih dapat dioptimalkan lagi sehingga bertambah sebesar Rp. 58.867.248.088,00 dan setelah perubahan menjadi Rp. 926.030.455.339,00,” papar Panambunan.

Lanjutnya belanja daerah dalam APBD 2017 sebesar Rp. 876.913.207.251,00 bertambah sebesar Rp. 50.020.724.968,00 dalam APBD Perubahan. Sehingga setelah perubahan menjadi Rp. 926.933.932.219,00.

“Belanja sebagaimana dimaksud terdiri dari Belanja tidak langsung dalam perubahan APBD semula dianggarkan sebesar Rp. 506.943.501.166,90, berkurang sebesar Rp 14.078.881.078,00. Sehingga setelah perubahan menjadi Rp. 492.864.620.088,90. Belanja Langsung dalam perubahan APBD 2017 semula dianggarkan sebesar Rp. 369.969.706.084,10, bertambah sebesar Rp. 64.099.606.046,00. Sehingga setelah perubahan menjadi Rp. 434.069.312.130,10,” papar Bupati VAP.

Untuk pembiayaan menurut Panambunan, dalam perubahan APBD 2017 ini terdapat selisih antara pendapatan daerah dengan belanja daerah. “Di mana pendapatan daerah berjumlah Rp. 926.030.455.339,00. Sedangkan belanja sebesar Rp 926.933.932.219,00. Sehingga terjadi defisit sebesar Rp. 903.476.880,00,” jelas bupati.

Dalam kesempatan itu menggarisbawahi beberapa hal di antaranya soal komitmen jajaran Pemkab Minut untuk terus menata diri sebagai birokrat profesional terutama dalam menjalankan fungsi serta sebagai pelayan masyarakat.

Dalam pandangan fraksi kelimanya setuju APBD Perubahan itu dibahas untuk ditetapkan sebagai perda.(sem)

Share Button

Badan Keuangan Gelar Bimtek Penyusunan APBD 2018

Airmadidi, KLABATNEWSOK.com-Badan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara mengadakan bimbingan teknik (bimtek) penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2018 bertempat di Hotel Sutanraja, Rabu (13/09) hingga Jumat (15/08).
Acara yang dibuka langsung Bupati Vonnie Anneke Panambunan ini menghadirkan narasumber kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulut Kwinhatmaka SE MM.

Bupati dalam sambutannya mengatakan penyusunan APBD perlu ada sinkronisasi antara kebijakan pemerintah daerah dengan pemerintah, prinsip penyusunan APBD, kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD dan hal-hal khususnya lainnya. “Sehingga dalam audit pengelolaan keuangan pemkab Minut di tahun depan tetap bisa mempertahankan opini WTP,” ujar Panambunan.

Hal ini, lanjut bupati, memerlukan dukungan serta kerjasama dari berbagai pihak. Ia juga meminta para peserta bimtek untuk memperhatikan secara serius. “Saya berpesan agar para peserta mengikuti bimtek dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Jika ada yang belum jelas atau belum dimengerti, jangan ragu bertanya kepada narasumber,” kata Bupati didampingi Sekda Ir. Jemmy Kuhu MA dan Kepala Badan Keuangan Robby Parengkuan SH.

Sementara Kepala BPKP perwakilan Sulut Kwinhatmaka SE MM saat membawakan materi “Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam Mempertahankan WTP” menjelaskan SPIP merupakan amanat pemerintah yang dituangkan dalam PP nomor 60 tahun 2008. “Di situ disampaikan bahwa menteri, pimpinan lembaga, gubernur, bupati, walikota wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan,” katanya.

Lanjut Kwinhatmaka, dengan pengendalian intern maksimal dan optimal serta peran pengawas intern pemerintah, maka kepala daerah dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang optimal. “Sehingga bisa memberi peringatan dini kepada kepala daerah. Itu bisa menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Baik dari sisi akuntabilitas kinerja dan akuntabilitas keuangan,” tuturnya.(sem)

Share Button

Bupati Minut Ikut Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan mengikuti apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan Provinsi Sulawesi Utara tahun 2017, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Edwin Silangen menjadi inspektur pada apel siaga tersebut yang dilaksanakan di lapangan upacara Pemkab Minut, Selasa 12 September 2017. Peserta apel siaga yakni dari TNI, Polri, Basarnas, dan Polisi Kehutanan. Dalam apel tersebut Edwin Silangen menyerahkan bibit kayu kepada peserta upacara.

Sekprov Edwin Silangen dalam sambutannya mengatakan kegiatan apel siaga ini merupakan langkah tepat dan strategi sebagai bentuk kesiap-siagaan dalam upaya menghadapi potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan di Sulut.

“Hutan harus dikelola, diurus, dilindungi dan dimanfaatkan sebaik mungkin melalui berbagai upaya, dengan mencegah dan membatasi kerusakan hutan yang disebabkan perbuatan manusia dan ternak, kebakaran, daya-daya alam, hama penyakit,” tutur Silangen saat membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Apel siaga ini dihadiri Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, Sekda Ir Jemmy Kuhu MSi, Ketua DPRD Minut Berty Kapojos SSos, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, Kepala PN Agus Tjahjo Mahendra SH MH, Kajari Rustiningsih SH MSi, Kadis Kehutanan Sulut Ir Herry Rotinsulu MSi, Kepala SAR Manado Budi Cahyadi SSos, serta kepala SKPD Pemkab Minut.(sem)

 

 

 

 

 

Share Button

45 Wartawan Sulut Bentuk Pengurus Wapena

MANADO – Setelah melewati pendidikan dan pelatihan kebencanaan dalam Forum Wartawan Bencana sejak Senin (11/9/2017), 45 wartawan yang bertugas di Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya membentuk Wartawan Peduli Bencana (Wapena) Sulut pada Rabu (13/9/2017).

Menurut Kepala Sub Bidang Media Elektronik BNPB Ario Akbar Lomban, Wapena Sulut akan jadi mitra Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut dalam mengedukasi masyarakat terkait kebencanaan.

“Kami juga berharap ada di antara wartawan yang nantinya bisa menjadi relawan penanggulangan bencana. Sehingga kami juga berharap BPBD provinsi dan kabupaten dan kota agar bisa men-support aktivitas Wapena,” ujar Ario.

Sementara itu, Wakil Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Manado Denny Mintianto menyatakan, IWO Manado sejak awal mendukung terbentuknya Wapena Sulut.

“Wapena Sulut bisa jadi pihak penyambung lidah BPBD dalam upaya pengurangan resiko bencana di Sulawesi Utara,” terangnya.

Senada dikatakan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Yoseph Ikanubun mengaku bersyukur dengan terbentuknya Wapena Sulut. Menurut dia, Wapena Sulut yang baru dibentuk perlu diberikan panduan tambahan.

“Sehingga wartawan juga bisa memahami secara tepat tentang posisinya saat terjadinya bencana. Bagaimana tepatnya teknik peliputannya dan lain-lain,” terangnya.

Sementara itu, sebagaiman pantauan KlikNews, pemilihan Ketua Wapena Sulut berlangsung alot. Ada empat nama calon yang muncul, yaitu Amanda Komaling, Asrar Yusuf, Simon Siagian, Feybe Lumanauw.

Dalam pemilihan itu, Amanda Komaling terpilih sebagai ketua setelah meraih 30 suara. Adapun Simon Siagian utusan Ikatan Wartawan Online-IWO yang mendapatkan 8 suara diangkat sebagai wakil ketua, Feybe dengan 7 suara sebagai bendahara, dan Asrar Yusuf diangkat menjadi sekretaris. Selain itu, Arthur Lowpatti diangkat sebagai humas.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulut Amanda Komaling mengaku bangga bisa terpilih secara demokrasi sebagai Ketua Wapena Sulut. Meski demikian, dia berharap, Wapena Sulut bukan hanya sekadar jalur koordinasi, tapi juga menjadi wadah untuk mengotokrisi BNPB maupun BPBD.

Di kesempatan yang sama, Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Sulut Edwin Monding merasa bersyukur atas kehadiran Wapena Sulut. Dia mengaku, BPBD Sulut akan mendukung penuh kegiatan dan aktivitas Wapena Sulut.

Bahkan dia mengajak Wapena Sulut untuk bisa berkoordinasi dengan Pusdalops BPBD Sulut. “Sehingga informasi kebencanaan bisa di-update bersama. Kami juga bersedia untuk dikritisi,” tandasnya.(***)

Share Button