Tuesday, 26 September 2017

Archive for: September 12th, 2017

Ketua KPU minahasa Paparkan Kesiapan Pilbup Saat Tatap Muka dengan Komisi II DPR RI

Manado, KLABATNEWSOK.com – Bertempat di Ruang Rapat Wagub Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, dilaksanakan tatap muka antara Tim Komisi II DPR RI yang dipimpin oleh EE Mangindaan selaku ketua tim dengan jajaran kpu-bawaslu Provinsi Sulut serta KPU dan Panwas Kabupaten / Kota penyelenggara Pilkada 2018.

KPU kabupaten Minahasa sebagai salah satu penyelenggara Pilkada turut hadir dalam pertemuan tersebut, yang dihadiri langsung Ketua KPU minahasa, Meidy Yafeth Tinangon.

Dalam pertemuan tersebut, dipaparkan kesiapan KPU minahasa mulai dari kesiapan anggaran, personil, dan pelaksanaan tahapan.

Dipaparkan dalam pertemuan yang dipandu Assisten I Pemprov Sulut J Palandung, bahwa KPU minahasa adalah daerah pertama yang menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemkab, dari antara 6 daerah yang menyelenggarakan pilkada di Sulut.

NPHD ditandatangani tanggal 9 Mei 2017, dan telah melalui pembahasan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan review badan Pengawas Keuangan dan Pemangunan (BPKP).

terkait pendataan pemikih dan e-KTP, dijelaskan bahwa berdasarkan data dari Pemkab Minahasa, presentase perekaman E-KTP di Kabupaten Minahasa telah mencapai 94%.

Pemerintah dan DPR-RI menurut Mangindaan, telah sepakat tahun 2018 perekeman E-KTP harus mencapai 100%.

KPU minahasa turut mensuport upaya tersebut, mengingat E-KTP menjadi syarat pemutakhiran data pemilih dan digunakan dalam verifikasi dukungan calon perseorangan serta di hari pencoblosan nanti.

Tinangon juga menyampaikan terkait keterkaitan antara UU Pilkada dan UU pemilu No 7 Tahun 2017, terkait rekrutmen penyelenggara yang berpotensi mengganggu kinerja.

Mangindaan dan tim yang terdiri dari diantaranya Rambe Kamarulzaman (FPG) dan Dwi Ria Latifa (FPDIP) merespon baik penyampaian dari KPU minahasa. Mereka berjanji akan merumuskan masukan dan laporan hasil pertemuan dan membawanya dalam pembahasan di Jakarta.

Share Button

Bupati JWS Terima Kunjungan Ketua Kawanua California USA

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi menerima kunjungan Ketua Masyarakat Kawanua Southern California USA Denny Sondakh dan jajaran pengurusnya pada Selasa 12 September 2017 siang bertempat di Restoran Pemandangan Danau Tondano, Kecamatan Tondano Selatan.

Bupati JWS yang didampingi Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, Asisten I Dr Denny Mangala MSi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi, Staf Khusus Bupati bidang Pariwisata Meksi Sahensolar SPi, Kabid Pemasaran Wisata Disbudpar Jimmy Pinangkaan SE MSi, Kabid Kesenian Disbudpar Dra Letty Purukan dan jajaran Pemkab lainnya ini, menyambut kehadiran Ketua Masyarakat Kawanua California ini yang tiba di Tondano didampingi oleh Sekretaris Joice Langie, Jay Sakul, Jooce Lengkong, Meistha Paila dan Nona Sumual.

Dalam sambutannya, Bupati JWS mengucapkan selamat datang dan menyampaikan terima kasih atas penyambutan masyarakat Kawanua California kepada Tim Kesenian Pemkab Minahasa yang melakukan kunjungan di California USA pada bulan Mei yang lalu.

“Selamat datang di Minahasa, selamat bersua kembali dengan sanak saudara yang pasti telah lama tidak bertemu” ungkap Bupati.

Diharapkan Bupati, kiranya hubungan yang terjalin antar organisasi ini dengan Pemkab Minahasa akan terus terpelihara dengan baik dan dikembangkan di masa yang akan datang, dalam rangka upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya Minahasa.

Sementara Ketua Masyarakat Kawanua California Denny Sondakh menyampaikan terima kasih atas sambutan Bupati JWS dan Sekdakab Jeffry Korengkeng serta jajaran Pemkab baginya dan rekan-rekan pengurus organisasi yang dipimpinnya.

Dikatakan Sondakh bahwa tujuan utama mereka “pulang kampung” ini yaitu melakukan misi pelayanan bersama delegasi gereja mereka dari California USA.

Sondakh berharap di tahun-tahun mendatang akan digelar lagi kegiatan “Minahasa Culture Night” dengan menampilkan Tim Kesenian Pemkab Minahasa bersama Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa (IWWM) seperti pada gelaran bulan Mei yang lalu, yang terlaksana dengan sukses di California dan Las Vegas.

Share Button

KPU Minahasa Sosialisasikan Perekrutan PPK, ini Persyaratannya

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Menjelang pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa rencananya akan melaksanakan tahapan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 25 kecamatan di kabupaten minahasa, dimulai 11 september sampai 11 oktober 2017.

Kristofirus Ngantung S.Fils Komisioner KPU Minahasa yang juga merangkap Ketua kelompok kerja perekrutan PPK saat di temui sejumlah Wartawan mengatakan saat ini pihak KPU Minahasa terhitung sejak 11 september sampai 11 oktober akan melaksanakan tahapan sosialisasi perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan.

“Selama sebulan akan dilaksanakan sosialisasi perekrutan PPK, dan setelah itu akan dibuka pendaftaran calon PPK pada 12 oktober sampai 14 oktober 2017,” katanya.

Ngantung juga menjelaskan persyaratan penting bagi yang akan mendaftarkan diri untuk masuk menjadi PPK

“Persyaratan PPK yakni Untuk usia pendaftar mengikuti PKPU 3 tahun 2017, yaitu usia minimal 25 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan apabila ada Surat Edaran dari KPU RI maka akan ada perubahan mengikuti UU Pemilu No 17 tahun 2017 yaitu minimal usia 17 tahun,” ujarnya.

Tambahnya, persyaratan lainnya adalah memiliki ijasah minimal SMA dan sederajat, tidak terlibat partai politik, melampirkan surat pernyataan tidak pernah menjadi anggota PPK selama 2 periode.

Yovi

Share Button