Tuesday, 26 September 2017

Archive for: September 6th, 2017

Anggota Dewan Sukoharjo Jawa Tengah Kunjungi Minahasa Utara

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-60-an anggota dewan Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah mengadakan studi banding di Kabupaten Minahasa Utara, Rabu 6 September 2017.

Kedatangan Wakil Ketua dewan dan anggota dewan Sukoharjo ini diterima Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan di kantor Bappelitang.

Pada kesempatan itu bupati menyampaikan selamat datang kepada para anggota dewan Sukoharjo, dan menyatakan kiranya kunjungan di Minahasa Utara ini bisa bermanfaat dan ada dampak positifnya terhadap perkembangan pembangunan di wilayah Sukoharjo. Terlebih khusus kata bupati di sektor pariwisata, perkebunan, perikanan dan perindustrian. Bupati juga menjelaskan profil dan potensi-potensi Minut di hadapan para rombongan serta berdiskusi seputar pelaksanaan roda pemerintahan di Minut.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara saya ucapkan terima kasih atas kunjungan di daerah ini. Saya juga ingin studi banding di Kabupaten Sukoharjo.agat bisa melihat keberhasilan-keberhasilan yang ada di sana,” kata Bupati yang didampingi Asisten 2 Allan Mingkid.

Usai mendengarkan penyampaian Bupati Vonnie A Panambunan Eko Sapto Purnomo pemimpin rombongan yang juga Wakil Ketua DPRD Sukoharjo menerima cendramata yang diserahkan oleh Bupati Vonnie A Panambunan.(sem)

Share Button

Dampingi JWS, JRK Dianggap Pantas dan Punya Track Record Yang Bagus

Minahasa, KLABATNEWSOK.com – Suhu politik yang terjadi di Minahasa kian memanas. Pasalnya, pertarungan untuk memperebutkan posisi orang nomor satu dan dua di tanah malesung pada tahun 2018 nanti ini, telah memunculkan beberapa Calon yang dipastikan akan bertarung habis habisan.

Diketahui Sulawesi Utara (Sulut) sendiri akan melaksanakan pesta demokrasi di enam (6) kabupaten kota. Antara lain Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara, Kota-Kotamobagu, Talaud dan Sitaro. Namun, dari enam kabupaten/kota yang akan melangsungkan perhelatan lima tahun sekali ini, Minahasa merupakan barometer yang akan menjadi perhatian seluruh Masyarakat Sulut.

Menurut pengamat Politik Pemerintahan Jolly Sualang SH MH, Minahasa sebagai barometer pilkada di Sulut. baginya siapapun yang akan bertarung pada Pilkada berpeluang memenangkan kursi nomor satu dan dua di Minahasa ini.

Menurut Sualang, khusus papan satu, Minahasa memiliki dua calon incumbent yakni JWS dan Ivansa, yang merupakan pasangan yang paripurna untuk memimpin Minahasa kedepan. Namun untuk mendampingi petahana tersebut, tentunya para calon papan dua harus mempunyai elektabilitas yang mumpuni.

“Untuk mendampingi kedua petahana tersebut, harus memiliki nama besar dan elektabilitas serta track record di atas rata-rata,” ujar Jebolan master hukum Unsrat tersebut.

Dikatakannya, untuk pasangan muda Ivansa-CNR yang sudah ditetapkan sebagai calon dari Golkar baru-baru ini, merupakan kandidat kuat. Sedangkan JWS kata sualang, yang paling ideal berpasangan dengan dirinya adalah Jeffry Robby Korengkeng (JRK). Menurutnya, JRK adalah pasangan yang paripurna untuk mendampingi JWS. Karena beliau adalah sosok birokrat handal yang suda dikenal oleh semua kalangan lebih khusus warga Minahasa.

Disisi lain kata Dosen Ukit ini, dari semua calon yang santer terdengar akan mendampingi JWS, sebut saja Imelda Nofita Rewah (INR) sebagai anggota DPRD kabupaten Minahasa dari partai Golkar, merupakan figur perempuan dari dapil IV yang di gadang-gadang akan mendampingi JWS. Begitu juga Robby Longkutoy (RL) mantan Wakil Bupati kabupaten Yahokimo Papua, juga sebagai kader PDIP yang mempunyai basis massa di dapil lV yang menjadi salah satu kandididat kuat, dan Jeane Marho Mumek (JMM) yang adalah anggota DPRD Provinsi Sulut dari PDIP, merupakan kandidat dari Internal Partai.

“Pada dasarnya semua calon yang akan mendampingi JWS sangat berpeluang. Tapi ingat, yang akan mendampingi JWS di Pilkada Minahasa harus mempunyai track record yang mumpuni dan sudah berpengelaman di pemerintahan,” ujar mantan Sekretaris Yayasan Pendidikan AZR Wenas.

Lanjut dikatakan Sualang, Minahasa sendiri dalam pembangunan infrastruktur sudah terlihat kemajuannya berkat kepemimpinan JWS-Ivansa. Namun keberhasilan dalam pembangunan di Minahasa, itu tak luput dari campur tangan dari JRK sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

“JRK mempunyai andil besar untuk pembangunan di Minahasa. Jadi, ketika JWS-JRK berpasangan di Pilkada Minahasa mendatang, pasangan ini bisa menjadi lawan tangguh bagi pasangan lain, tapi kesemuanya itu diserahkan kepada partai pengusung dalam hal ini PDIP,” kunci Sualang.

Sementara itu tanggapan datang dari Ketua Pemimpin Anak Cabang (PAC) PDIP kecamatan Eris Jeferson Kapoh. Dia mengatakan bahwa semua calon yang muncul sekarang ini untuk mendampingi Ketua DPC Minahasa Jantje Wowiling Sajow, itu di serahkan kepada DPD dan DPP untuk memutuskan siapa pendamping petahana nanti.

“Kita serahkan saja kepada DPD dan DPP untuk pendamping JWS. Kita tinggal mengikuti apa yang sudah di putuskan pimpinan,” terang Kapoh.

Ketika di tanya siapa yang paling berpeluang mendampingi JWS ?. Dia mejelaskan bahwa semua calon yang akan mendamping JWS berpeluang. Namun dia menjelaskan dari semua calon yang muncul di kalangan masyarakat, hanya JRK namanya santer terdengar.

“JRK mempunyai basis massa yang banyak di Minahasa. Namun semuanya di serahkan kepada DPD dan DPP siapa yang akan menjadi pendamping JWS,” pungkasnya sambil berharap dari dapil lll yang menjadi pendamping JWS.

Dukungan terhadap JRK juga datang dari pengurus Ka’ Ampit Ni JWS. Mereka juga sangat mendukung apabila JRK bisa perpasangan dengan JWS.

“Ka’ Ampit Ni JWS sebenarnya berbasis di dapil lll, notabenya wilayah JRK. Otomatis kita harus mendukung, walaupun nantinya partai pengusung yang menentukan nantinya siapa pendamping JWS. Intinya kita Ka’Ampit Ni JWS siap memenangkan JWS-JRK di Pilkada mendatang,” ungkap Ketua Ka’Ampit Ni JWS Robert Tengkel.

Diketahui juga, bahwa dukungan terhadap JRK bukan hanya dari berbagai kalangan, namun dukungan juga sudah disampaikan oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw yang juga sebagai wakil ketua bidang organisasi DPD PDIP.
Dukungan dari orang nomor dua di Sulut ini terhadap JRK, disampaikannya pada beberapa waktu lalu saat kegiatan di Desa Parentek kecamatan Lembean Timur.

Ini kutipan dari dukungan Steven Kandouw terhadap JRK ” Saya pribadi mendukung JRK mendampingi JWS di Pilkada 2018,” ujar Kandouw kala itu.

Sementara itu juga, dari kalangan masyarakat, mengatakan, bahwa perpolitikkan terkadang seperti permainan bola kaki, jika kita salah pasang back, striker, kiper ataupun posisi lainnya, dapat menyebabkan kekalahan. Namun, itu semua tergantung Manager yang mengeluarkan keputusan.

Yovi

Share Button