Saturday, 25 November 2017

Archive for: September 5th, 2017

Gelar Rapat Pleno KPU Minahasa tetapkan 4 Pedtek

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Setelah melalui beberapa tahap dalam penyusunan pedoman teknis (PedTek), akhirnya KPU Kabupaten Minahasa pada Selasa (5/9) menetapkan empat pedoman teknis yang akan digunakan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2018.

Penetapan tersebut dilaksanakan melalui Rapat Pleno yang dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meidy Yafeth Tinangon dan dihadiri empat komisioner lainnya, yaitu Kristoforus Ngantung, Dicky Paseki, Wiesje Wilar dan Lord Malonda.

Pelaksanaan Rapat Pleno sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi tersebut, berlangsung di Ruang “Baku Beking Pande” Rumah Pintar Pemilu (RPP)¬†Wale Pawowasan Pemilu¬†Kantor KPU Kabupaten Minahasa.

Empat pedoman teknis yang ditetapkan adalah: Pedoman Teknis Pencalonan, Pedoman Teknis Tata Kerja PPK, PPS dan KPPS, Pedoman Teknis Pemantau dan Tata cara Pemantauan serta Pedoman Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Badan penyelenggara Ad Hoc.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meidy Yafeth Tinangon yang didampingi Ketua Divisi Hukum, Dicky Paseki, SH, MH penyusunan pedoman teknis merupakan bagian dari tahapan penyusunan peraturan yang tenggang waktunya akan berakhir pada tanggal 27 September 2017.

“Kita menargetkan, sebelum tanggal 27 September 2017 semua pedoman teknis telah ditetapkan dan siap digunakan oleh KPU Minahasa maupun stakeholder Pemilihan,” ungkap Tinangon.

Tinangon menjelaskan bahwa sebelum ditetapkan, pedoman teknis ini telah melalui tahap-tahap meliputi: penyusunan draft oleh Tim Penyusun Draft, Reviu oleh KPU Provinsi, Studi Komparasi ke daerah yang telah menyelenggarakan, mendapatkan pembobotan dan masukan dari stakeholder melalui Raker Penyusunan Pedoman Teknis dan terakhir sebelum diplenokan telah melalui pembahasan lanjut dan sinkronisasi dalam Raker Finalisasi Pedomaman Teknis.

“Kita menginginkan adanya aturan teknis yang terpercaya dan akurat dan dapat diterapkan untuk kelancaran tahapan pemilihan di Kabupaten Minahasa,” pungkas Tinangon.

Dengan ditetapkannnya peraturan ini, maka tinggal tersisa lima pedoman teknis yang akan dibahas lanjut, kemudian ditetapkan. Sementara itu, sebelumnya KPU Minahasa telah menetapkan 3 pedoman teknis yaitu, Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal dan Pedoman Teknis Pemutakhiran Data Pemilih.

Yovi

Share Button

Bupati JWS Utus Wulan Waraney ikut Ajang Nyong Noni Sulut 2017

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi mengutus dengan resmi Waraney Minahasa Sandy Lumanauw dan Wulan Minahasa Ribka Mielly Mandagi untuk mengikuti Pemilihan Nyong dan Noni Sulut (PNNS) 2017 pada Senin, 4 September 2017 sore di Ruang Kerja Bupati Minahasa, Tondano.

Didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kabid Kebudayaan Disbudpar Mellisa Rondonuwu SP, Ketua Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa (IWWM) Megumi Kusen SE ME dan jajaran IWWM lainnya, Bupati JWS memberikan dukungan penuh bagi utusan Kabupaten Minahasa ini untuk berlomba dalam ajang PNNS 2017 yang direncanakan akan digelar pada tanggal 10 s/d 17 September 2017 nanti bertempat di Hotel Novotel Manado.

Dalam arahannya, Bupati JWS mengharapkan Waraney dan Wulan Minahasa ini dapat mempersiapkan diri dengan baik, sehingga upaya untuk merebut gelar Nyong dan Noni Sulut Tahun 2017 ini bisa terwujud.

Kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa sebagai official dan para pengurus Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa ( IWWM), Bupati JWS mengingatkan untuk memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan oleh utusan Pemkab Minahasa ini.

Sementara Kadis Budpar Agustivo Tumundo mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Pemilihan Nyong dan Noni Sulut 2017 ini terdiri dari Pembukaan, Beauty Class, tes kesehatan, Psikotest, Table Manner, Etika Kepribadian, Road Show, Talent Show, Kunjungan Sosial, Materi Kepemimpinan, Wawancara, Outbond dan Malam Final PNNS 2017.

Share Button

Hari ini, Empat Rantus Pedoman Teknis Pilbup Bakal Diplenokan

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Jelang deadline tahapan penyusunan peraturan yaitu tanggal 27 September 2017, KPU Minahasa selasa (05/09) hari ini bakal membahas dan menetapkan empat Rancangan Keputusan (Rantus) tentang Pedoman Teknis menjadi Keputusan KPU minahasa.

Keempat pedoman teknis tersebut adalah Pedoman Teknis Pemantau dan Tata Cara Pemantauan, Pedoman Teknis tata Kerja PPK-PPS, Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Ad Hoc, dan Pedoman Teknis Pencalonan.

Sebelumnya tiga pedoman teknis yang telah ditetapkan yaitu: tahapan program dan jadwal, pemutakhiran data pemilih dan Sosialisasi – Partisipasi Masyarakat.

Pedoman teknis tersebut telah mendapatkan pembobotan dari stakeholder dalam 3 tahap Raker Penyusunan Pedoman Teknis dan telah melalui proses sinkronisasi dalam Raker Finalisasi Penyusunan Pedoman Teknis akhir pekan lalu di Four Points Hotel Manado.

Yovi

Share Button

KPU Minahasa Gelar Rapat Pleno Mantapkan Tahapan Pilbup

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa memantapkan langkah dalam Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018, melalui rapat pleno yang digelar pada senin 4 september 2017 bertempat di Rumah Pintar Pemilu Kantor KPU Minahasa.

Dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon diputuskan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan September ini, diantaranya, sosialisasi tahapan sekaligus launching tahapan pada tanggal 15 September 2017 nanti di Wale Ne Tou Minahasa. Juga kegiatan penyusunan peraturan dalam bentuk pedoman teknis yang akan dirampungkan hingga 26 september 2017 mendatang.

Selain itu KPU Minahasa juga akan melaksanakan pelatihan agen sosialisasi berbasis komunitas, penyelenggaraan media center serta kegiatan lainnya.

KPU Minahasa yakin dan berharap Program-program ini akan semakin memantapkan kesiapan KPU Minahasa memasuki tahapan penting penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Minahasa

Yovi

Share Button

Pimpin Rapat Kerja Bupati JWS Sampaikan Beberapa Hal Penting ini

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), memimpin Rapat Dinas Pemerintah Kabupaten Minahasa pada Senin 4 September 2017 bertempat diruang sidang kantor bupati minahasa, dan menyampaikan beberapa hal terkait kinerja, penggunaan anggaran dan event dalam rangka Hut Minahasa.

Hadir pula dalam rapat ini Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Asisten Pemerintahan dan kesra Dr Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. S W siagian MA dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Dalam rapat ini Bupati JWS, mengatakan, bahwa dalam APBD perubahan setiap SKPD akan mendapatkan tambahan dana. Bupati menghimbau bahwa dana tersebut harus digunakan sebaik-baiknya.

Bupati JWS juga mengatakan bahwa mulai sekarang setiap kantor harus ada piket yang bertugas guna menjaga kantor tetap aman.
Dalam rapat ini bupati juga membahas tentang persiapan dalam menyambut HUT minahasa yang sudah dekat,

“kita harus menampilkan yang terbaik bagi masyarakat, rangkaian acara harus dikemas dengan baik. Dalam rangka Hut minahasa akan diadakan beberapa event diantaranya yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2017 yaitu funbike, jalan santai serta pacuan kuda.” Ujarnya.

Yovi

Share Button

Rapat Koordinasi Pekan Olahraga Provinsi Ke IX, ini Yang Akan Dipertandingkan

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), menghadiri rapat Koordinasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke IX di Sulawesi Utara (Sulut) pada senin 4 september 2017 bertempat diruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Selain Bupati JWS selaku ketua umum Panitia Porprov, turut hadir
Ketua Panwasra KONI Sulut Prof Dr Henky Rogi, Kadispora Minahasa selaku Ketua Harian Panitia Siby Sengke SSos MAP, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi selaku Sekretaris Panitia, Sekretaris KONI Sulut Ruddy Wongkar, Sekretaris Dispora Minahasa Dra Novarita Supit MSi dan diikuti perutusan KONI dan Dispora Kabupaten/Kota se sulut.

Dalam rapat ini dibahas tentang pelaksanaan Porprov IX ini, yang akan digelar pada tanggal 9 sampai 16 Oktober 2017 nanti di Kabupaten Minahasa.

Adapun dasar Pelaksanaan melalui SK Gubernur No. 132 tahun 2017 tentang Penunjukan tuan rumah pelaksanaan porprov IX tahun 2017. Dengan Peserta berasal dari utusan Kontingen Kabupaten/Kota se-Sulut.

Sedangkan Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah 21 cabang olahraga yaitu Anggar, atletik, billiar, bola basket, bola voli, bridge, bulutangkis, catur, karate, kempo, menembak, panjat tebing, pencak silat, sepak bola, futsal, selam, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju dan wushu. Namun setiap cabang olahraga akan dipertandingkan jika diikuti oleh minimal 5 Kabupaten/kota.

Dalam rapat ini juga disimpulkan bahwa pendaftaran peserta yang akan mengikuti pertandingan di perpanjang sampai tanggal 9 september 2017.

Dalam arahannya Bupati mengatakan bahwa besar harapannya dengan diadakan Porprov ini akan nampak atlit-atlit yang memiliki potensi sesuai cabang Olahraga yang diikuti. Dan semoga dengan adanya Porprov IX tahun 2017 ini menjadi tahun dimana olahragawan di Sulut bangkit kembali.

Yovi

Share Button