Tuesday, 26 September 2017

Archive for: August 2017

Bupati JWS Menghadiri HUT Desa Mokupa ke – 56 dan Syukur HUT Republik Indonesia Ke -72

Tombariri, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) menghadiri Hut Desa Mokupa ke – 56, yang dirangkaikan dengan syukur Hut Republik Indonesia (RI) ke -72 pada kamis 31 Agustus bertempat di Desa Mokupa, Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi mengucapkan selamat ulang tahun ke-56 desa mokupa sekaligus syukur hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia,” saya merasa senang karena desa mokupa dapat merayakan ulang tahun, karna tidak semua desa dapat merayakan hut desa dengan berbagai alasan, termasuk tidak diketahui tanggal dan umur desa, tapi desa mokupa tiap tahun merayakan,” ujarnya.

Untuk membina hubungan antar masyarakat dan terciptanya hubungan baik antar umat beragama, Bupati JWS mengajak untuk jaga kebersamaan antara sesama, antar desa, terlebih masyarakat dan Pemerintah.

“Mari sama-sama kita bangun desa mokupa ini karena potensi desa mokupa ini sangat baik. Terima Kasih kepada hukum tua mokupa Rivani Virgin Runtu atas apresiasi dan integritas untuk desa mokupa. Terima Kasih kepada seluruh masyarakat desa mokupa yang turut mendoakan pemerintah kabupaten minahasa yang kita cintai,” katanya lagi.

“Mari kita sama-sama bangun minahasa. Minahasa lebih maju dan lebih baik itu karena kesadaran masyarakat yang selalu mendukung pemerintah dengan dukungan yang bersih, intinya apa yang rakyat mau itu yang dilakukan, saya berharap acara ini menjadi momentum membangun keakraban antar umat beragama di desa mokupa ini,” pungkasnya.

Diakhir acara bupati JWS menyerahkan secara simbolis Piala bergilir bupati minahasa kepada juara umum Lomba antar desa dan jaga di desa mokupa.

Turut hadir pada kesempatan ini Anggota Dewan Imelda Nofita Rewah SPd, Kepala Dinas Pencatatan Sipil Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, Camat Tombariri Drs Jhon Kapoh, Kapolsek dan Danramil Tombariri, Pimpinan denominasi Agama Desa Mokupa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, serta seluruh Masyarakat Desa Mokupa.

Yovi

Share Button

Bupati JWS Menghadiri Rapat Paripurna Penetapan Terhadap Rancangan Perda Hak Keuangan dan Administratif Dewan Minahasa

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka persetujuan penetapan terhadap rancangan Perda Kabupaten Minahasa tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Minahasa untuk ditetapkan menjadi perda, digelar pada kamis 31 Agustus 2017 bertempat ruang sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

Rapat paripurna ini dihadiri oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, hadir Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Forkopimda Kabupaten Minahasa, Sekretaris daerah Jeffry Korengkeng SH MSi, para Asisten dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), menyampaikan bahwa peraturan pemerintah no. 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD merupakan turunan dari UU No. 23 tahun 2014 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU no. 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemda yang harus ditindaklanjuti dengan perda.

” ini merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap lembaga yang terhormat ini agar kedepannya akan lebih baik lagi dalam bersinergi dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Bupati JWS juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD yang dengan penuh ketekunan telah mewujudkan komitmen untuk mengaktualisasikan semangat pengabdian yang tulus sehingga boleh menuntaskan pembahasan RANPERDA dan selanjutnya akan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Untuk itu dengan berlakunya peraturan daerah ini saya berharap akan semakin mengarahkan kepada kita semua untuk lebih progresif dan fokus pada kepentingan masyarakat. Kiranya TUHAN Yang Maha Kuasa akan senantiasa menuntun semangat pengabdian kita semua untuk menciptakan komitmen-komitmen baru dalam mengoptimalkan kerja dan karya kita bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di tanah minahasa tercinta ini,” pungkasnya.

Yovi

Share Button

Jalin Kerjasama, KPU dan Insan Pers Siap Sukseskan Pilkada Minahasa 2018

Tondano, KLABATNEWSOK.com –┬áKomisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa dan insan pers di Kabupaten Minahasa baik dari media cetak, elektronik maupun online sepakat bekerjasama mensukseskan hajatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2018 khususnya untuk kegiatan sosialisasi melalui pemberitaan dan iklan serta dalam rangka pengembangan media center KPU Minahasa.

Demikian simpulan Rapat Kerja KPU Minahasa dengan Stakeholder Media Massa, yang digelar Rabu (30/8) di Aula Kantor KPU Minahasa. Rapat yang dipimpin Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon dan dihadiri komisioner, sekretaris serta insan pers dari berbaga media massa cetak, elektronik dan online tersebut berlangsung penuh keakraban.

Tinangon dalam pengantarnya menyebut bahwa pers diharapkan akan menjadi ujung tombak sosialisasi tahapan pilkada untuk menstimulus tingkat partisipasi masyarakat. Karena itu pihaknya berharap kerjasama yang baik antara KPU Minahasa dan insan pers di Minahasa dapat terus terjaga dan dikembangkan.

“Selama ini kami sangat merasakan peran dari insan pers dalam menyampaikan informasi tahapan atau sosialisasi tahapan Pemilu atau Pilkada. Karena itu, kami berusaha memfasilitasi kegiatan peliputan, pemberitaan dan berbagai bentuk penyampaian informasi lainnya melalui media massa,” ungkap Tinangon.

Menurut Tinangon, pihaknya akan memfasilitasi adanya media center dengan fasilitas yang memadai seperti jaringan internet dan perlengkapan lainnya, serta berharap pers bisa bekerjasama dengan KPU Minahasa dalam meningkatkan partisipasi pemilih di setiap tahapan Pilkada.

Usai menyampaikan pengantar, Tinangon mempersilahkan para awak media yang berjumlah sekitar empat puluh lima orang tersebut menyampaikan masukan bagi pengembangan media center serta bentuk kerjasama antara pers dan KPU Minahasa.

Berbagai masukan disampaikan oleh peserta yang hadir, baik terkait hal-hal prinsipil untuk kerjasama maupun teknis operasional media center. Atasnya pihak KPU Minahasa merespon positif berbagai masukan dari peserta dan berjanji menindaklanjuti lewat pembahasan dalam rapat pleno.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Minahasa, Kristoforus Ngantung menyampaiakan terimakasih kepada peserta yang hadir atas apresiasi dalam merespon undangan Raker oleh pihak KPU Minahasa.

“Terimakasih kawan-kawan pers atas atensinya, semoga kita bersama-sama akan bekerjasama dan menjadi bagian dari suksesnya tahapan Pilkada Minahasa,” ungkap Ngantung.

Share Button

Bupati JWS Meresmikan Hasil Kegiatan ADD/DD, di Kecamatan Eris, Kombi dan Lembean Timur

Eris, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) meresmikan hasil kegiatan fisik Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD/DD) tahun anggaran 2016 di Kecamatan Eris, Kombi dan Lembean Timur pada 31 Agustus 2017 bertempat di Pendopo GMIM Baitel Eris Kecamatan Eris.

Kegiatan diawali dengan Ucapan selamat datang oleh Camat Eris Deidy Tumarar SE, dilanjutkan dengan laporan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH.

Dalam laporannya Kadis PMD Djefri Sajow mengatakan pengerjaan pelaksanaan yang telah dilaksanakan di desa yang ada di Kecamatan Eris, Kombi dan Lembean Timur adalah sebesar 11 milyar 782 juta rupiah.

Pelaksanaannya pun Meliputi Betonisasi jalan, drainase, talud, penerangan jalan, jalan lapis sirtu, penerangan jalan tenaga surya, galian timbunan tanah, tugu batas desa, bak air, pipa air bersih, pembuatan MCK, jembatan, pagar jalan, bor air, dan gorong gorong.

Selanjutnya, Bupati JWS Pun melakukan penandatangan prasasti meresmikan kegiatan yang bersumber dari ADD dan DD Tersebut.

Dalam sambutannya Bupati JWS memberikan Apresiasi kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten, termasuk Pemerintah Kecamatan sampai ke Desa yang telah bekerja secara maksimal sehingga sudah banyak pembangunan di Kabupaten Minahasa yang telah dimulai dan dilakukan didesa,

” Dengan adanya pembangunan yang dimulai didesa, gunakanlah dana desa dengan sebaik baiknya, mari berinovasi dengan baik, namun hati hati karna semuanya diperiksa jangan sampai bermasalah, namun berikanlah yang terbaik sehingga bisa dikenang,” ujarnya.

Bupati JWS pun mengisahkan ketika ayahnya menjadi Hukum Tua Desa Koka, yang dulunya membuka jalan dari desa Koka ke Kota Manado yang telah dinikmati oleh masyarakat saat ini,” sektor ekonomi berkembang ditentukan pembangunan infrastruktur terlebih infrastruktur jalan,” katanya

“Telah banyak yang telah dibangun, Jalan ke Wisata Pantai telah dibuat, sehingga masyarakat dapat menikmati. Untuk itu marilah saat ini ketika membuka semua potensi desa untuk diangkat, hasil pertanian dan sebagainya untuk dijadikan income bagi masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir Anggota Dewan Kabupaten Minahasa Oklen Waleleng SH MH, Imelda Nofita Rewah SPd, Max Lomban, Asisten 1 Dr Denny Mangala, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasq, Para Camat, Kapolsek, Danramil dan Hukum Tua di Eris, Kombi dan Lembean Timur serta tamu undangan lainnya.

Yovi

Share Button

Canangkan Gerakan PHM, Kata Lanjutkan!!! Kembali Berkumandang

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) mencanangkan gerakan Petani Hebat Menanam (PHM) di wilayah Tondano Raya, pada selasa 29 Agustus 2017 bertempat lokasi perkebunan Desa Tonsea lama Kecamatan Tondano Utara.

Selain Pencanangan Petani Hebat menanam yang ditandai dengan menanam beberapa produk pertanian, seperti jagung, kedele dan cabe dan lainnya oleh Bupati JWS, juga pemberian obat kesuburan bagi sapi betina yang juga disaksikan langsung oleh Bupati JWS.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pelantikan pengurus PHM Wilayah Tondano Raya, oleh Ketua PHM Kabupaten Minahasa John Sumanti.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengatakan, dengan adanya Pengurus PHM diharapkan dapat menggiatkan pertanian yang ada di Kabupaten Minahasa,” untuk dapat menghasilkan hasil pertanian yang baik kita harus manfaatkan segala alat pertanian bagi seluruh petani, jangan hanya digunakan oleh kelompok tertentu saja, kalau bisa diberikan alat alsintan untuk membajak lahan pertanian di Minahasa,” ujarnya.

Tambahnya untuk dapat Menikmati hasil pertanian yang melimpah alangkah baiknya jangan ada lahan yang tidur,” kita ketahui bersama dengan adanya hasil pertanian dapat menekan inflasi, terlebih tanaman cabe, untuk itu mari kita menanam. Tidak punya lahan kalau bisa pinjam lahan agar bisa ditanami,” kata Bupati yang juga siap meminjamkan lahan miliknya di Koka kalau ada yang mau.

Bupati JWS juga berharap jika nantinya hasil pertanian meningkat maka akan digelar pawai dengan memamerkan hasil pertanian pada setiap peringatan 17 Agustus hari kemerdekaan RI.” tapi tahun depan sudah ada Bupati baru,” kata JWS yang langsung disambut kata lanjutkan!!! oleh para yang hadir. Karna diketahui JWS akan maju kembali mencalonkan diri.

Turut hadir Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir Wenny Talumewo, Camat Se Tondano Raya, Kepala Desa Tonsea Lama Stevanus Dimpudus, Para Pengurus PHM dan undangan lainnya.

Yovi

Share Button

Pemkab Minahasa Gelar Bimtek LKPJ 2017, Korengkeng : Walaupun Sudah Baik, Jangan Kita Terlena

Minahasa, KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kabupaten Minahasa tahun 2017, pada Selasa (29/8) bertempat ruang sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dalam sambutan Bupati minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, memberikan apresiasi kepada panitia dari bagian pemerintahan dan otda yang telah menyelenggarakan kegiatan yang strategis ini.

” Tujuan dilaksanakannya bimtek ini yaitu untuk mengkoordinasikan pemahaman kepada peserta bimtek untuk terciptanya aparatur-aparatur pemerintahan yang berkualitas mewujudkan visi dan misi kabupaten Minahasa dan tertib administrasi. Tanpa bimtek seperti ini kita tidak dapat menempati peringkat pertama pada laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah tingkat propinsi,” kata Korengkeng

” Kita tidak boleh terlena dengan peringkat pertama yang yang dicapai melainkan kita harus termotivasi agar boleh masuk dalam kriteria ditingkat Nasional. Nantinya saya berharap dalam penyusunan laporan harus dilakukan oleh peserta yang telah mengikuti bimtek agar semuanya sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi (sebagai narasumber), Kepala Bagian Pemerintahan dan Otda David A Mangundap SE, dan seluruh perangkat daerah dan perwakilan dari kecamatan sebagai peserta.

Yovi

Share Button

Bupati JWS Hadiri Pertemuan Pemimpin Agama dan Sosialisasi Kerukunan serta Pemberian Insentif Tahap II

Minahasa, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) menghadiri pertemuan Pemimpin Agama dan Sosialisasi Tentang Kerukunan Umat Beragama yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa, pada selasa 29 Agustus 2017 bertempat di Wale Ne Tou Minahasa Kelurahan Sasaran Tondano.

Hadir pada kesempatan ini Ketua FKUB Kabupaten Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdK, Kabag Kesra Setdakab Minahasa Drs A Z Warouw, Para Tokoh Agama diantaranya Hamba Tuhan, Pendeta, Pastor, Imam Mesjid dan lainnya

Dalam kegiatan pertemuan Pemimpin Agama dan Sosialisasi Tentang Kerukunan Umat Beragama ini juga dirangkaikan dengan pemberian Insentif tahap II bagi Tokoh Tokoh Agama yang ada di Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, mengatakan, lewat bantuan dana insentif kiranya dapat membantu para Tokoh Agama yang ada di Kabupaten Minahasa.

“Memang ini tidak seberapa namun kiranya dapat memberi nilai tambah bagi Pemuka Agama dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan kebutuhan lainnya, sebagai Pemerintah kami berharap dana insentif ini akan dapat ditingkatkan dikali yang akan datang, karna kami yakin Tokoh Agama punya peran penting dalam pembangunan Minahasa untuk lebih baik kedepan,” ujar Bupati.

“Yang terutama adalah pelayanan dan kebersamaan, karna kita semua bersaudara dan kita semua ciptaan Tuhan, bangunlah komunikasi yang baik antar Pemuka Agama dan jaga Kebhinekaan, NKRI dan Pancasila,” katanya lagi.

Bupati JWS juga meminta, Jangan sampai memasuki Pilkada Terjadi gesekan karna berbeda pilihan, melainkan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk kemajuan Minahasa kedepan.

” Terima Kasih kepada kita semua, terima kasih kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa yang telah memberikan pelayanan Prima sehingga berbagai prestasi dapat diraih, kita telah meraih tiga kali berturut Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang semuanya tidak lepas dari doa dan kerja keras bersama,” pungkasnya.

Yovi

Share Button