Thursday, 14 November 2019

Category: Bitung

Walikota Bitung Max Lomban Buka Sekolah Hutan

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Dalam rangka mengedukasi, mensosialisasikan dan mengadvokasi tentang pentingnya menjaga lingkungan sebagai warisan untuk anak cucu yang dimulai sejak dini, Sabtu (2/2) bertempat di Botanica Nature resort Walikota Max J Lomban membuka secara resmi kegiatan Sekolah Hutan yang merupakan salah satu bidang dari sekolah lingkungan Kota Bitung yang diprakarsai oleh Dra. Khouni Lomban Rawung sebagai kepala sekolah lingkungan.

Sekolah Lingkungan Kota Bitung (SLKB) sendiri memiliki 5 bidang yaitu: Sekolah Hutan (SH), Sekolah Sungai (SS), Sekolah Laut (SL), Sekolah Gunung (SG), Sekolah 5 Bersih (S5B). Setelah diinisiasi pada awal tahun 2017, kegiatan perdana ini bisa terwujud melalui kerja sama Sekolah Lingkungan Kota Bitung dengan Yayasan LORA Peduli dan Yayasan Selamatkan Yaki Indonesia dalam EPASS (Enhancing the Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation) Project.

Dalam sambutannya, Walikota Max J Lomban berharap agar Sekolah Lingkungan menghasilkan anak-anak Bitung yang mencintai lingkungan serta memiliki rasa tanggung jawab atas kelestarian lingkungan yang ada di sekitar mereka dan hal ini perlu ditanamkan sejak usia dini. “Sehingga hal ini harus menjadi perhatian dan tangung jawab kita bersama dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik dan benar kepada anak-anak ini,” kata Lomban.

Peserta angkatan pertama ini dengan total 20 orang melibatkan siswa-siswi dari 16 Sekolah Dasar di sekitar zona penyangga hutan Tangkoko, Bitung yang merupakan habitat penting bagi Yaki dan satwa endemik lainnya di Sulawesi Utara. Materi-materi yang diajarkan dalam Sekolah Hutan ini bertujuan menarik minat siswa untuk belajar tentang hutan, mengerti pentingnya hutan bagi manusia dan makhluk hidup lain serta ancaman-ancaman terhadap hutan sehingga anak-anak dapat diajak untuk mengambil bagian dalam berinisiatif melestarikan hutan.

Pada kesempatan ini pun bunda Khouni sapaan akrab Kepala Sekolah Lingkungan membagikan botol air minum (tumbler) untuk peserta dan mengingatkan untuk selalu menjaga lingkungan, Sekalian dengan Program peduli lingkungan pemerintah Kota Bitung
yaitu BITUNG GO GREEN, LESS PLASTIC CITY
dengan cara membawa tumbler dan mengurangi sampah plastik. Prisilia Morley Loijens, Koordinator Edukasi Selamatkan Yaki berharap sekolah Hutan dapat diikuti oleh lebih banyak siswa-siswi di Kota Bitung dan ke depannya dapat diadopsi oleh kurikulum pendidikan di Sulawesi Utara.

Visi Sekolah Hutan :
“Terwujudnya individu yang menghargai dan mencintai alam, serta bangga berperan aktif dalam melindungi hutan.”

Misi
– Menumbuhkan rasa cinta, empati dan bangga akan keanekaragaman hayati;
– Membina kemandirian, kepercayaan diri, dan kerjasama siswa melalui kegiatan belajar di luar ruangan;
– Mendorong perubahan perilaku pro-lingkungan dengan menginspirasi siswa untuk mengambil tindakan dalam melindungi hutan.(*)

Share

Walikota Bitung Max Lomban Bersama Forkopimda Kunjungi USNS Brunswick

Foto: Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bitung

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Untuk melihat dari dekat keberadaan kapal logistik milik Amerika, Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, Sekda DR Audy Pangemanan dan Asisten 2 Jefry Wowiling, dan unsur Forkopimda, mengunjungi USNS Brunswick, Kamis (17/1) di dermaga Terminal Petikemas Bitung.

Kedatangan Walikota bersama rombongan, disambut Captain Adam Streeper. Dalam kesempatan ini, Walikota bersama rombongan diperlihatkan berbagai fasilitas kapal tersebut sejak dari geladak sampai anjungan.

Captain Adam Streeper mengaku bangga dengan pemandangan alam. “Kota Bitung sangat indah dengan laut yang bersih, hutan yang indah, dan masyarakat yang ramah serta lokasi penyelaman yang sangat luar biasa, sungguh pemandangan di sini berkelas dunia. Saya sangat kagum karena pertama kali masuk Indonesia merapat di pelabuhan Kota Bitung dengan pemandangan alam yang luar biasa,” kata Streeper.

Hadir juga dalam kunjungan ini, Kapolres Bitung AKBP Stefanus Tamuntuan SIK MSi, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Kepala Pengadilan Negeri Bitung, GM TPB dan Kasie Pidum Kejari.(humproBitung)

Share

Walikota Bitung Max Lomban Terima Penghargaan Adipura ke-13 Kategori Kota Sedang

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Walikota Bitung Max J Lomban menerima penghargaan Adipura yang ke-13 kategori Kota Sedang, Senin (14/ 01/2019) di Gedung Manggala Wana Bhakti Kementerian Lingkungan Hidup RI. Penerimaan ini sendiri sempat mengalami penundaan dikarenakan menunggu kepastian jadwal pelaksanaan dari Kementerian LH.

Bitung di bawah pemerintahan MaMa menunjukkan konsistensinya dalam meraih Adipura, hal ini dibuktikan dengan telah dua belas kali secara berturut-turut meraih penghargaan tersebut.

“Adipura merupakan hasil kerja sama semua pihak. Terutama masyarakat Kota Bitung yang ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan, tentunya ke depan hal ini juga harus tetap dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan apalagi saat ini Bitung telah memiliki peraturan walikota Nomor 70 Tahun 2018 tentang pengurangan sampah plastik,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bitung Albert Sergius.

Sergius menambahkan kiranya dengan Adipura yang ke-13 ini, masyarakat akan lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. “Dan diharapkan terus mematuhi peraturan waktu membuang sampah, agar lingkungan kita benar benar menjadi bersih dan sehat,” harap Sergius.(*)

Share

Walikota Lomban Terima Direktur IV Polnes Samarinda

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Walikota Bitung Max J Lomban menerima Wakil Direktur IV Polnes Samarinda Surahman PhD. Pertemuan ini dalam rangka membicarakan kelanjutan proses kemandirian dari Bitung Logistic Comunity Colage (BLCC) Akademi Komunitas Logistik Negeri Bitung, Jumat 11 Januari 2019.

“Di mana saat ini BLCC telah menghasilkan lulusan yang siap terjun di dunia industri dan hal ini dibuktikan adanya kerja sama BLCC dengan berbagai industri baik di daerah maupun di luar daerah, untuk diketahui bahwa di tahun sebelumnya sudah ada PT Toyota (TMMIN) dan di tahun 2019 ini ketambahan PT Yamaha Indonesia di Jakarta,” kata Walikota Bitung Max J Lomban melalui Kabag Humas dan Protokol Pemkot Bitung Albert Sergius.

Lanjutnya Sergius SDM lulusan BLCC sendiri sudah sangat baik dan persiapan untuk tenaga-tenaga pengajarpun sudah sesuai dengan persyaratan dalam pendidikan Vokasi di BLCC. Saat ini BLCC juga akan segera meresmikan pembangunan kampus baru yang rencananya pada awal bulan Februari.

“Oleh sebab itu segala persyaratan sejak tahun 2018 sudah disiapkan dan akan dilengkapi tahun ini untuk nantinya diusulkan agar BLCC dapat berdiri sendiri atau menjadi Satker sehingga kedepan Akademi Komunitas Logistik Negeri Bitung-BLCC siap menjadi Politeknik Negeri Bitung,” jelas Kabag Humas dan Protokol Pemkot Bitung Albert Sergius.

Turut mendampingi Walikota antara lain Sekda Kota Bitung Sebagai Koordinator BLCC, H.Bawuoh Sebagai Penasihat BLCC serta Patrics Bawuoh sebagai Wakil Koordinator BLCC.

(Sumber BLCC)

 

Share

Walikota Bitung Max Lomban Terima Wartawan KBS

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Jumat (11/1/2019) Walikota Max J Lomban menerima Mr Mark wartawan dari Korean Broadcasting System (KBS) yang merupakan channel broadcast terbesar di korea.

Adapun maksud dan tujuan KBS adalah untuk meliput dan melihat secara langsung tentang keberadaan Kota Bitung khususnya tentang program “Pengurangan Sampah Plastik” berdasarkan Peraturan Walikota Bitung Nomor 70 Tahun 2018.

“Materi yang dibahas dalam wawancara tersebut adalah tentang program dan aturan yang ada, dalam rangka mengurangi sampah plastik, termasuk juga langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah Kota Bitung,” kata Walikota Bitung Max J Lomban.

Lanjut Lomban saat ini semua ASN wajib bawa tumblr, tidak lagi menyediakan minuman dalam kemasan botol dan gelas plastik serta melakukan kerjasama dengan pelabuhan perikanan dengan memberi manifestasi barang logistik di setiap perahu atau kapal nelayan yang harus dibawa kembali ke darat. Sehingga tidak ada sampah yang dibuang di laut.

“Sampah plastik yang berakhir di lautan sangat berpotensi mencemari dan memberikan dampak yang serius bagi keseimbangan ekosistem di laut. Pengurangan (reduksi) adalah kuncinya. Dan untuk itu semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkannya,” harap Walikota Lomba.(*)

Share

Cegah DBD, Lomban Imbau Masyarakat Lakukan Hal Ini

Walikota Bitung Maxmilian Jonas Lomban

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Wali Kota Bitung Maxmilian Jonas Lomban mengimbau masyarakat Kota Bitung untuk menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari penyebaran penyakit demam berdarah (DBD).

“Kemenkes mengeluarkan surat edaran untuk mengimbau dan mendorong masyarakat, yang dimulai dari seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan upaya pencegahan dan Pengendalian penyakit DBD dan penyakit Virus Zika,” kata Lomban di Bitung, Rabu (09/01/2019).

Dia mengatakan sejak Januari 2016 telah terjadi kecenderungan peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan kejadian Luar Biasa (KLB) DBD di berbagai provinsi di Indonesia. Untuk itu Wali Kota menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung mulai dari perangkat daerah terkait seperti Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup, perangkat kecamatan dan kelurahan untuk bersinergi dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Masyarakat agar memahami pencegahan DBD yang dapat dimulai dari lingkungan sekitar. Upaya pencegahan terhadap penularan DBD dan penyakit Virus Zika dilakukan dengan pemutusan rantai penularan DBD berupa pencegahan terhadap gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopicus,” tuturnya.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam pencegahan DBD tambah Lomban, antara lain melakukan pemantauan jentik nyamuk dan PSN 3M Plus disetiap rumah secara rutin untuk memberantas sarang nyamuk yaitu dengan: – Menguras tempat-tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat pemampungan air minum, penampungan air di lemari es, dan dispenser;
– Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum/gentong air, kendi air dan lainnya;

“Juga, Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air seperti botol plastik, kaleng, ban bekas karena berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes,” ungkapnya

Lomban juga mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali Gerakan satu Rumah Satu Jumantik. “Jumantik adalah orang yang melakukan pemerikasaan, pemantauan dan pemberantasan jentik nyamuk khususnya Aedes aegypti dan Aedes Albopictus,” jelas walikota Bitung.(*)

Share

Sekot Bitung Audy Pangemanan Pimpin Rapat Kerja Dinas Pendidikan Kota Bitung

Sumber foto: Humas dan Protokol Setda Kota Bitung

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan buka acara Rapat kerja Dinas Pendidikan Kota Bitung dalam rangka pemantapan program Dinas Pendidikan di Tahun pelajaran 2018-2019 . Selasa (8/01/19) di BPU Kantor Wali Kota Bitung.

Dalam arahannya Pangemanan mengatakan bahwa Pendidikan mempunyai peranan besar dalam pembangunan suatu bangsa. “Berdasarkan keyakinan itu kita melaksanakan percepatan dan perluasan pendidikan melalui aneka program yang kiranya dapat mencapai target dan sasaran yang tepat sebagaimana harapan negara ini yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya

Lanjutnya, di Tahun 2019 ini, kita sadari bersama bahwa ada tanggung jawab untuk kita sukseskan bersama diantaranya pelaksanaan ujian sekolah berstandar Nasional (USBN) dan ujian Nasional berbasis komputer (UNBK), mari kita kawal bersama pelaksanaan USBN dan UNBK di Kota Bitung sebagai upaya mencetak para calon generasi emas bangsa. “Selain itu sebagai Bitung Kota Layak anak maka saya juga berharap lembaga pendidikan dapat bekerjasama untuk berperan mewujudkan sekolah ramah anak bagi seluruh siswa di Kota Bitung,” tambahnya

Pangemanan juga mengingatkan bahwa dalam rapat kerja ini , kita juga bertemu dalam rangka percepatan Kartu Identitas Anak (KIA ) di Kota Bitung . Penerbitan kartu ini dilaksanakan berdasarkan pemendragi nomor 2 Tahun 2016 tentang kartu identitas anak yang terdiri dari 2 jenis yaitu untuk anak berusia 0-5 Tahun dan untuk anak 5 sampai 17 Tahun . Kartu ini di terbitkan untuk pendataan perlindungan dan pemenuhan Hak Konstitusional anak.

“Selaku pemerintah Kota Bitung saya memyambut baik dengan penuh sukacita diterapkannya KIA di Kota Bitung dengan harapan bahwa kartu identitas anak dapat di manfaatkan sebagai entry point dalam pendataan anak dan pemberian perlindungan kepada anak, “pungkasnya

Turut hadir asisten I Pemerintahan dan Kesra ,kepala Dinas Capil .Kepala Dinas Pendidikan , kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan anak , serta pengawas dan Kepala Sekolah Se- Kota Bitung

Share