Thursday, 14 November 2019

Category: Tomohon

Wawali SAS Hadiri HUT Ke-8 Jemaat GMIM Gloria Taratara, Semua Untuk KemuliaanNya

Taratara, Wakil Walikota Syerly Adelin Sompotan (SAS) menghadiri Hari Ulang Tahun ke-8 Jemaat GMIM Gloria Taratara Wilayah Tomohon Dua dan Pentahbisan/Peresmian Pastori Dua, di Halaman Pastori Dua Jemaat GMIM Gloria Taratara, Minggu 20/10/19.

Selaku Khadim Pdt. Samson Daud Kaunang, STh. Turut hadir Ketua BPMW Tomohon Dua Pdt. Grace Rumengan – Ngantung, MTh, Ketua Jemaat Pdt Thomas Ompi, MTh, Jemaat Kolom 1-13, Kapolsek Tomohon Tengah Kompol Chilion Diar dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Dalam sambutan Wakil Walikota Syerly A Sompotan
Atas nama pemerintah Kota Tomohon mengucapkan selamat atas diresmikannya Pastori Dua Jemaat GMIM Gloria Taratara.

“ini merupakan kekayaan gereja, terlebih ini semua untuk kemuliaan nama Tuhan.” Katanya.

Menurutnya, Hari ulang tahun Jemaat merupakan saat yang tepat untuk merefleksi apa-apa saja yang telah di capai oleh jemaat, karna semua menginginkan suatu perubahan ke arah kemajuan untuk pelayanan gereja agar berkenan pada-Nya.

“Jemaat yang dikasihi Tuhan, dalam moment penuh berkat ini seiring pelantikan Presiden dan Wakil Presiden mari kita jaga kesatuan dan persatuan, jangan terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memecah belah, kita jaga kondusifitas di kota tercinta kita ini agar tetap aman, tentram dan penuh sukacita.” Pungkasnya.

Yvi

Share

Walikota Eman Berharap Penghuni Lapas Tidak Banyak

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK CA menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Dinas dan Gedung Kantor Lembaga Permasyarakatan Perempuan Kelas IIB Manado, pada jumat 20 september 2019, di Lapas Khusus Anak Kelas IIB Manado di Tomohon.

Walikota Eman Selaku pemerintah Kota Tomohon, menyambut baik serta mendukung segala peran serta semua untuk menunjang pembangunan ini.

“Nantinya setelah selesai pembangunan lembaga pemasyarakatan perempuan kelas IIb Manado di Tomohon ini, pemerintah berharap biarlah gedungnya yang kokoh tapi warga binaan yang berada didalam tidaklah banyak, karena tujuan integritas hukum di Indonesia semakin mencapai angka yang positif karena kita semua berharap angka kriminal pun berkurang.” Katanya.

Walikota Eman berharap proses pembangunan rumah dinas dan kantor lapas ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti. Sehingga, segera dapat dioperasionalkan, sehingga pembangunan ini memberikan dampak positif untuk pembangunan Sulut khususnya Kota Tomohon.

Hadir Kakanwil Kemenkumham Sulut Efendy Peranginangin SH, Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Manado di Tomohon Tjahja Rediantana BCIP SH MH, Kepala Ombudsman Sulut Hilda Tirajoh SH MH, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait SIK SH MSi, mewakili Dandim 1302 Minahasa Kapten Infanteri Maksen Mentang, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan.

Yvi

Share

Pemkot Tomohon Gelar Pelatihan Keamanan Produk Pabrikan dan Rumah Tangga

Tomohon, Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon menggelar Kegiatan Pelatihan Keamanan Produk Pabrikan dan Rumah Tangga, pada kamis 19 September 2019, bertempat di Dinas Pangan Kota Tomohon

Kepala Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Ir Nova Rompas, mengatakan, Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang keamanan pangan, serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pelaku usaha akan pentingnya keamanan pangan.

Sasaran kegiatan ini adalah pelaku usaha rumah makan, restoran, industri rumah tangga dan perhotelan.

Sementara itu, Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc, mengatakan bahwa Kegiatan ini sangatlah penting berkaitan dengan peningkatan pemahaman bagi para pelaku usaha tentang keamanan pangan.

“Keamanan pangan menjadi issue penting karena terkait erat dengan kesehatan dan sektor ekonomi, dimana keamanan pangan merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia.” Katanya.

Lanjutnya, Dari sisi kesehatan mengkomsumsi pangan yang tidak aman menyebabkan penyakit bahkan sampai meninggal dunia.

“Salah satu upaya dalam pengembangan keamanan pangan adalah melalui optimalisasi pengawasan keamanan pangan, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, dan didukung oleh kelembagaan pangan yakni OKKP (Otoritas Kompentensi Keamanan Pangan) Daerah.” Katanya lagi.

Harapanya melalui kegiatan ini para pelaku usaha memperoleh tambahan pengetahuan dan mampu menerapkan penanganan keamanan pangan.

Kegiatan ini diikuti pelaku usaha rumah makan, pemilik dan pengelola restoran, industri rumah tangga dan perhotelan.

Yvi

Share

Kegiatan International Training Program di Tomohon

Tomohon, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., CA menghadiri kegiatan International Training Program yang dilaksanakan di Hotel Villa Emitta Tomohon, pada selasa 17 September 2019.

Kegiatan ini mengambil tema “The Strengthening of Child Health Handbook Implementation in Collaboration with Professional Organization”

Dalam Laporan Panitia Penyelenggara International Training Program dr. Ni Made Niah, MKM, mengatakan, bahwa International training program on MCH Handbook diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2008, hingga tahun ini telah 11 kali menjadi tuan rumah dengan peserta dari 15 negara.

ITP diselenggarakan atas dukungan JICA kepada Pemerintah Indonesia, yang ditunjuk menjadi tuan rumah karena telah berhasil mengintegrasikan Buku KIA ke dalam program nasional.

Sementara itu dalam sambutannya Walikota Jimmy Eman mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang telah memilih Kota Tomohon sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini sekaligus tempat lokasi kunjungan lapangan bagi peserta untuk melihat dan belajar bagaimana implementasi penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), di fasilitasi kesehatan yaitu di puskesmas dan rumah sakit serta di posyandu.

Tujuan kegiatan ini yaitu para Peserta mendapatkan pembelajaran tentang penerapan Buku KIA di Indonesia, penerapan di tingkat masyarakat, fasilitas kesehatan dasar dan rujukan. Peserta mendapatkan pembelajaran menjalin kolaborasi dengan organisasi profesi atau stakeholder terkait Buku KIA.

Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan metode pembelajaran bersama sebagaimana untuk memperkuat pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pemanfaatan buku KIA.

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc. Perwakilan Kementerian Kesehatan RI Ibu dr. Ni Made Diah, MKM., Perwakilan Kementerian Sekretariat Negara RI Bapak Egi Dilianda, Perwakilan JICA Headquarter Japan Ms. Keiko Osaki, JICA MHC Project Indonesia Ms. Aya Hasegawa, Perwakilan negara Afghanistan, Kamboja, Laos dan Tajikistan, Perwakilan Provinsi Banten, Jawa Tengah dan Sulawesi Utara.

Yvi

Share

Family Gathering dan Wisuda KPM Kota Tomohon

Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Family Gathering dan Wisuda Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2019, pada selasa 17 september, bertempat di GOR Babe Palar Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., CA., Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua Dharma Wanita Sulawesi Utara Ibu Ivone Silangen-Lombok, Kadis Sosial Sulawesi Utara Rinny Tamuntuan, Kadis Sosial Daerah Kota Tomohon dr. John Lumopa, M.Kes., General Manager Telkom Wilayah Sulut Malut Bapak Lonely Baringin dan Para Peserta Gathering dari Keluarga Penerima Manfaat.

Pada Kesempatan ini diserahkan bantuan kursi roda dan alat bantu berjalan kepada yang layak menerima

Dalam sambutannya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, mengatakan, Program Keluarga Harapan adalah program pemberian uang non tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat berdasarkan ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan.

“Tujuan Program Keluarga Harapan adalah untuk mengurangi angka dan memutuskan rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yg kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.” Ujarnya.

Sementara itu dalam Sambutan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa Kegiatan Family Gathering yang terselenggara saat ini, merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menyelaraskan dan menyamakan arah, serta menyamakan persepsi dalam mencapai sasaran program keluarga harapan dalam mendukung mencapai pembangunan di daerah.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berharap kegiatan ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan cerdas, kreatif dan inovatif, terkait pelaksanaan program keluarga harapan ke depan.

Yvi

Share

Tim Verifikasi Kota Sehat Kunjungi Tomohon

Tomohon, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat, pada selasa 17 september 2019 bertempat diruang rapat Kantor Walikota Tomohon.

Turut Hadir Anggota DPRD Tomohon Erens Kereh, AMKL, perwakilan dari Biro Kesra Prov. Sulut dr. Voldha A. Welan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Prov. Sulut Jenne Mandu, SKM, perwakilan Bappeda Prov Sulut Dra. Yanny Palit, SE. Ketua Forum Kota Sehat Kota Tomohon Drs. Yohan Sambuaga, para Asisten Setda Kota Tomohon serta seluruh Kepada Perangkat Daerah Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman,SE.Ak, CA diwakili Sekretaris Daerah Ir. H.V. Lolowang, M.Sc dalam sambutannya memberikan dukungan sepenuhnya pada Program Kota Sehat, karena program ini memberikan manfaat langsung dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan melalui upaya pemberdayaan masyarakat, dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga serta di lingkungan masing masing.

“Program ini menjadi harapan pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Kota Tomohon menuju Kota Sehat dan terus berupaya lebih banyak lagi mensosialisasikan bentuk hidup bersih dan sehat di tengah-tengah masyarakat.” Katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Ibu Dewi Marlina mengapresiasi upaya keseriusan pemerintah Kota Tomohon dalam menghadapi verifikasi kota sehat saat ini.

Harapan Konsep kota sehat ini tidak hanya memfokuskan pada pelayanan kesehatan yang lebih ditekankan pada suatu pendekatan kondisi sehat dan problem sakit saja, tetapi juga kepada aspek menyeluruh yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, baik jasmani dan rohani.

Yvi

Share

Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan di Kota Tomohon

Tomohon, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kota Tomohon, Gelar Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan, pada senin 16 September 2019, bertempat di SMA Kristen I Tomohon

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc. Yang diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Arthur Rumengan, M.Theol, M.Pdk yang merupakan Sekretaris Yayasan Pendidikan GMIM DR. A.Z.R Wenas

Dalam Sambutan Walikota Tomohon yang disampaikan Sekot Ir. Harold V. Lolowang, MSc, mengatakan Latar belakang pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) ini tidak lepas dari upaya pemerintah, dalam menyikapi akan datangnya era bonus demografi di indonesia pada tahun 2020-2025 mendatang.

“Pada era itu, jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) proporsinya lebih dari 50% dibandingkan dengan kelompok usia non produktif (0-14 tahun dan > 65 tahun) pada era itu harus disiapkan generasi yang berkualitas, agar tenaga kerja yang melimpah pada saat ini mampu membawa berkat bukan malah menjadi bencana.” Ujarnya.

Diketahui Sekolah Siaga Kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran.

Setelah pencanangan SSK di sekolah ini, akan dilanjutkan pembentukkan Sekolah Siaga Kependudukan di sekolah; SMP, SMA dan SMK se-Kota Tomohon.

Hadir Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Drs. Albert Baginda, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kota Tomohon Syerly Bororing, SP, MM.SIP, Kepala Sekolah SMA Kristen I Tomohon Ferly Rau, S.Pd, Para Siswa serta Undangan.

Yvi

Share