Monday, 19 February 2018

Category: Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Baik buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Manfaat dan kandungan buah naga sangat baik untuk berbagai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada sekitar 10 manfaat buah naga ini yang akan kita pelajari lebih lanjut, manfaat buah ini sangat banyak jika dikonsumsi secara rutin maka akan membawa efek positif bagi tubuh.

Sebelum membahas manfaat buah naga ini, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah naga, gizi yang terdapat pada buah naga sangat luar biasa dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh kita.

Setidaknya dalam sebutir buah naga terdapat lebih dari 20 gizi penting yang di butuhkan oleh tubuh

Gizi Jumlah/100 gram % AKG harian keterangan
Air 87 g NA Sangat kaya akan air
Protein 1.1 g 2.1 %
Lemak 0.4 g Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat 11.0 g 3.4 %
Serat 0.04 mg 12 % Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine) 0.04 g 2.7 %
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.05 mg 2.9 %
Vitamin B3 (Niacin) 0.16 mg 0.8 %
Vitamin C (Ascorbic Acid) 20.5 mg NA Sangat kaya akan air
Kalsium (Ca)  8.5 mg 0.9 % Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Besi (Fe) 0.16 mg 0.8 %

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah ini untuk tubuh kita.

1. Menurunkan Berat Badan & Diet

Bagi anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

Manfaat buah/makanan untuk diet ? Coba ini

2. Sumber Besar Antioksidan & Bagus Untuk Detoks

Manfaat Antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). Lalu bagaimana mendapatkan sumber antioksidan tersebut? jawaban terbesarnya adalah buah naga.

Baca Juga : Penting sebagai sumber antioksidan

3. Mencegah Kanker

buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Penting untuk kanker ?

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga yang paling penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penting untuk sistem kekebalan tubuh :

5. Mencegah diabetes melitus

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

Penting untuk diabetes

6. Meningkatkan nafsu makan

Buah Naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak anak.

7. Menunda penuaan dini

Jika anda sering menghirup udara yang terpolusi maka anda terpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Anti oksidan yang ada di buah naga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini ini.

8. Batuk dan Asma

Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.

Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

9. Tekanan darah tinggi & Serangan Jantung

Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) :

  • Stress
  • Penyumbatan arteri

Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

Selain itu, makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

10. Baik Untuk Tulang dan Darah

Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.

Manfaat Buah Naga Untuk Konsumsi Sehari Hari

Buah naga sangat bermanfaat jika dikonsumsi sehari hari, buah ini memiliki kandungan air dan vitamin serta serat yang sangat tinggi. Selain itu, manfaat buah naga lainnya secara tidak langsung yang penting adalah untuk menurunkan kadar kolestrol, memperkuat tulang dan gigi, merawat kesehatan mata, dan merawat kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk dikonsumsi sehari hari

11. Memperkuat tulang dan gigi
12. Baik untuk membersihkan usus
13. Mencegah peradangan
14. Menjaga ion tubuh
15. Buah untuk meningkatkan stamina
16. Agar tidak mudah kram
17. Mencegah kelumpuhan otot
18. Baik untuk menjaga kelembaban kulit
19. Baik untuk manula
20. Menjaga kesehatan syaraf
21. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
22. dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah)
23. dapat digunakan untuk membasmi jerawat
24. Mencegah kerapuhan tulang
25. Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun
26. Menjaga kelancaran sistem peradaran darah
27. Baik untuk meningkatkan ASI
28. Baik untuk mengobati panas dalam
29. Baik untuk mengobati sariawan
30. Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering
31. Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang

Mengingat manfaat kesehatan sangat banyak sekali, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah naga agar kesehatan anda selalu terjaga sepanjang hari. Buah ini juga dapat membantu sistem pencernaan tubuh manusia. Buah naga juga memiliki khasiat dalam mencegah lebih dari 10 penyakit berbahaya seperti kanker dan 5 penyakit usus yang dapat mematikan.

Efek samping buah naga

Sampai saat ini masih belum ditemukan efek samping konsumsi buah naga, buah ini dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, penderita diabetes, penyakit jantung, hingga penderita asma. Namun perlu diketahui bahwa satu satu nya efek yang akan anda terima adalah air seni dan feses yang agak berubah kemerah-merahan.

Bayi berumur 1 tahun juga telah dapat diberikan konsumsi buah naga.

https://www.google.co.id/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-buah-naga/amp

Share Button

Manfaat Buah Pir Hijau Mencegah Berbagai Penyakit

Apa Saja Manfaat Buah Pir  ? – Hai para pecinta buah pir hijau, ya jika Anda menyukai buah pir hijau, maka Anda merupakan orang yang beruntung. Mengapa demikian? Karena buah pir hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang Anda perlukan.

Manfaat buah pir hijau merupakan buah yang masih berkeluarga dekat dengan buah apel, hanya saja bentuk dan warnanya yang berbeda. walaupun keluarga dekat namun kandungan nutrisi pada buah pir hijau masih lebih banyak lho dibandingkan dengan buah apel.

Dan yang perlu Anda ketahui juga nih, buah pir hijau terbebas dari kandungan kolesterol, lemak, sodium dan berbagai macam kandungan yang dapat merugikan tubuh. Apa saja sih manfaat dari buah pir hijau,

Buah pir hijau dapat melawan radikal bebas

Secara alami buah pir hijau memiliki kandungan vitamin C dan K, juga nutrisi yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah pir hijau dapat mengurangi kadar kolesterol

Buah pir hijau termasuk sumber serat makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat garam empedu yang terbuat dari kolesterol dan membawa mereka untuk keluar dari tubuh.

Buah pir hijau juga memiliki kandungan pektin yang tinggi. Itulah yang membuatnya ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Pektin dapat menyerap lemak di usus sebelum diserap melalui aliran darah.

Buah pir hijau dapat mencegah kanker

Buah pir hijau dipercaya juga dapat melindungi kita dari berbagai jenis kanker. Selain mengikat kolesterol, serat dalam kandungan buah pir hijau juga dapat mengikat dan membantu menghilangkan bahan kimia penyebab kanker di usus besar, sehingga mengurangi risiko kita mengidap kanker usus besar. Dalam buah pir hijau juga mengandung asam hydroxycinnamic yang dipercaya dapat mencegah kanker perut dan paru-paru.

Buah pir hijau dapat mengontrol diabetes

Dengan kandungan serat yang tinggi dalam buah pir hijau dan juga memiliki indeks glikemik yang rendah, buah pir hijau menjadi buah yang tepat bagi penderita diabetes. Aliran darah secara perlahan menyerap karbohidrat yang terkandung dalam buah pir hijau hanya sekitar 26 gram per buah. Ini dapat mencegah lonjakan gula darah dan membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Buah pir hijau dapat melancarkan sistem pencernaan

Pektin dan serat dalam buah pir hijau dapat membantu menghentikan diare dan tanin sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan. Nah bagi Anda yang tidak suka buah pepaya dengan khasiat serupa Anda dapat mengonsumsi buah ini menjadi alternatif.

Buah pir hijau dapat membuat Anda tetap terhidrasi

Buah pir hijau adalah memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memenuhi asupan cairan di dalam tubuh. Jika tubuh terhidrasi dengan baik maka akan terlihat kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.

Buah pir hijau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan kandungan vitamin seperti A, K, C, B2, kalsium B3, B6, mineral, magnesium, kalium, dan tembaga buah pir hijau sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Buah pir hijau dapat melawan Alzheimer

Manfaat Buah Pir

Ilustrasi penyakit Alzheimer

Menurut studi dari Cornell University, kulit buah pir hijau mengandung antioksidan quercetin yang dapat melawan penyakit Alzheimer. Nah, sebaiknya Anda mengonsumsi bauh pir hijau dengan kulitnya ya.

Buah pir hijau dapat mencegah osteoporosis

Buah pir hijau mengandung boron yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kalsium pencegah osteoporosis sehingga tulang Anda lebih kuat dan sehat.

(Baca Juga : Manfaat Buah Pisang )

Nah sudah tahu kan apa saja manfaat dari buah pir hijau? Tunggu apa lagi konsumsilah buah pir hijau untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Tag : manfaat buah pir hijau, manfaat buah pir, manfaat pir hijau, buah pir hijau, pir hijau, buah pir, pear hijau, manfaat buah pear hijau, khasiat buah pir hijau, khasiat buah pir,

 

Share Button

MANFAAT JERUK BALI BAGI KESEHATAN

MANFAAT JERUK BALI BAGI KESEHATAN

Buah jeruk bali memiliki isi yang mirip seperti jeruk pada umumnya, hanya ukurannya saja yang jauh lebih besar daripada jeruk biasa. Ukuran buah jeruk bali ini bisa sebesar buah melon ataupun semangka dengan bentuk yang bulat.
Apa saja manfaat dari buah jeruk bali?
Di Indonesia sendiri, buah jeruk bali agak jarang dan juga cukup sulit untuk ditemui, bahkan pada swalayan dan juga toko retail besar pun jarang ditemui. Meskipun cenderung sulit untuk diperoleh, namun jeruk bali memiliki banyak manfaat untuk kita. Apa saja manfaat jeruk bali ini? Berikut ini beberapa diantaranya :
  • Sebagai media kreatifitas
    • Manfaat yang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang dari jeruk bali adalah sebagai salah satu media kreativitas. Biasanya, kulit dari buah jeruk bali sering dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan dan juga mainan anak-anak, seperti mobil – mobilan ataupun dibuat sebagai miniature kapal layar yang sangat cantik.
  • Sebagai antioksidan
    • Dari segi kesehatan, jeruk bali merupakan satu dari berbagai macam jenis buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan yang ada pada buah jeruk bali ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh karena dapat mencegah masuknya radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri memilki banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.
  • Mengobati sariawan
    • Manfaat jeruk bali bagi kesehatan, sama seperti buah jeruk dan berbagai jenis buah-buahan pada umumnya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tingginya kandungan vitamin C ini membuat jeruk bali juga sering dimanfaatkan untuk mengobati sariawan, dan juga sangat pas sebagai salah satu jenis buah pencuci mulut.
  • Menyegarkan tubuh
    • Campuran rasa asam, manis dan juga kandungan air pada jeruk bali membuat jeruk bali sangat baik untuk menyegarkan tubuh, terutama di saat cuaca sedang panas dan anda membutuhkan sesuatu yang seifatnya menyegarkan.
  • Campuran bahan makanan
    • Jeruk bali, selain dapat dimakan begitu saja, juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan campuran makanan. Beberapa jenis makanan yang biasanya mengandung bahan utama jeruk bali adalah rujak buah.
  • Dapat mencegah kanker
    • Selain memiliki antioksidan tinggi yang mampu untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, jeruk bali juga memiliki kandungan kalium. Kalium juga dapat membantu tubuh untuk menangkal dan mencegah pertumbuhan sel kanker, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kanker dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh
    • Jeruk bali memiliki kandungan senyawa yang bernama pectin. Kandungan senyawa pectin ini diyakini mampu untuk menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh kita. Singkatnya, manfaat jeruk bali sangat baik untuk anda yang memiliki bakat kolesterol dan juga menderita kolesterol.
  • Mencegah penyakit jantung
    • Masih dari kandungnan pectin yang ada pada jeruk bali. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, pectin yang ada pada jeruk bali juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan terjaganya kesehatan jantung ini, maka dapat terhindar dari kemungkinan mengalami serangan jantung yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.
  • Membersihkan sel darah merah
    • Jeruk bali memiliki kandungan zat aktif yang sangat baik dan juga efektif untuk membersihkan sel darah merah anda. selain dapat membersihkan sel darah merah, zat aktif yang ada pada jeruk bali dapat meningkatkan kadar darah didalam tubuh, dan juga bermanfaat untuk mencegah munculnya gejala-gejala anemia di dalam tubuh anda.
  • Mencegah dan mengobati hipertensi
    • Bagi anda yang menderita hipertensi, jeruk bali merupakan salah satu buah yang juga baik untuk kesehatan anda. hal ini disebabkan karena jeruk bali mampu untuk mengontrol tekanan darah dan dapat menurunkan tekanan darah anda.
  •  Menjaga daya tahan tubuh
    • Berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada pada manfaat jeruk bali dapat membantu tubuh agar tetap terjaga imunitas dan kekebalannya. Dengan kekebalan tubuh yang terjaga, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti flu dan juga batuk.
  • Anti bakteri dan anti inflamasi
    • Jeruk bali juga memiliki manfaaqt yang baik sebagai salah satu buah yang dapat menjadi zat anti inflamasi dan anti bakteri. Dengan mengkonsumsi buah jeruk bali, maka anda dapat terhindar dari peradangan, dan juga terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, seperti penyakit typhus.
  • Memperbaiki sel tubuh yang rusak
    • Manfaat lainnya dari jeruk bali adalah, kandungan nutrisi pada jeruk bali mampu untk memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan organ dalam tubuh.
  • Baik untuk kesehatan organ pencernaan
    • Sama seperti jenis buah lainnya, jeruk bali memiliiki kandungan serat yang cukup tinggi. Tingginya serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dari organ pencernaan dan dapat menghindarkan anda dari gangguan organ pencernaan, seperti sembelit, diare dan juga wasir.
  • Menghaluskan kulit
    • Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada pada jeruk bali juga sangat efektif untuk menghaluskan dan juga menjaga kesehatan kulit anda. Sehingga kulit anda selain menjadi lebih halus, akan terlihat lebih cerah dan juga sehat.
  • Mencegah penuaan dini
    • Antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pada jeruk bali juga bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Terutama gejala penuaan dini, seperti elastisitas kulit yang menurun, serta munculnya kerutan-kerutan di wajah.
  • Sebagai masker wajah
    • Sifat anti bakteri yang dimiliki oleh jeruk bali, dapat juga anda manfaatkan untuk melakukan perawatan pada kulit wajah anda, dengan cara mengolahnya menjadi masker wajah.
  • http://tipspetani.blogspot.co.id/2016/05/manfaat-jeruk-bali-bagi-kesehatan.html?m=1
Share Button