Thursday, 14 November 2019

Category: Minahasa Utara

Perangkat Desa Minut Ikuti Pelatihan

Airmadidi,KLABATNEWS-Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Minahasa Utara Selasa (05/11) menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, yang digelar pendopo kantor bupati.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya bupati mengajak perangkat desa yang terdiri dari Sekdes, Kaur, Kasie, Kepala Wilayah (pala) untuk melaksanakan tugas dengan baik. “Bekerjalah dengan baik, jangan sekali-kali menyusahkan masyarakat. Berilah pelayanan yang baik bagi mereka, pasti desa tersebut akan maju,” tukas bupati Panambunan.

Sementara menurut Plt Kepala Dinsos-PMD Kadis Bobby Najoan SH, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas perangkat desa pasca restrukturisasi perangkat desa.

“Banyak perangkat desa baru yang terpilih dan diangkat saat restrukturisasi pada Juni lalu. Untuk itu diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia perangkat desa. Biasanya yang diundang hanya hukumtua, namun saat ini Pala juga diundang,” kata Najoan.

Sejumlah materi yang diberikan lanjut Najoan, bertujuan agar perangkat desa yang baru lebih memahami pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan terhadap masyarakat. “Diharapkan pemerintah desa termasuk perangkat desa dapat bersinergi dengan pemerintah kecamatan hingga kabupaten. Untuk itu pemerintah desa juga harus mendukung visi dan misi Pemkab Minut,” tandas Najoan.

Sebagai pembawa materi yakni Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu MA, Asisten II Allan Mingkid, serta Plt Kepala Dinsos-PMD Kadis Bobby Najoan SH. Diketahui perangkat desa dan hukumtua di Minut berjumlah 2056 orang. Jumlah tersebut terdiri dari hukumtua 125 orang, Sekdes 125 orang, Kaur 323, Kasie 375, dan Kepala Jaga 830 orang. (*)

Share

Bupati VAP Tandatangani Perjanjian dengan BPK RI Sulut

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, melakukan penandatanganan perjanjian komitmen dan rencana aksi tindak lanjut atau temuan BPK RI perwakilan Sulut. Penandatanganan dilakukan di kantor BPK RI Perwakilan Sulut, Manado, Jumat 1 November 2019.

Pada kesempatan itu Bupati mengatakan penandatanganan sebagai wujud komitmen untuk menindaklanjuti atas temuan dan saran BPK, atas pengelolaan keuangan daerah oleh perangkat daerah. Bupati mengharapkan, perangkat daerah harus menindaklanjuti atas temuan BPK sehubungan pengelolaan keuangan.

“Perangkat daerah perlu memperhatikan hal ini, sebagai komitmen dalam pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan,” tutur bupati.(*)

Share

Pemerintah Pusat Terus Seriusi Infrastruktur KEK Likupang

Airmadidi,KLABATNEWS-Program nasional pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang benar-benar diseriusi pemerintah pusat. Kali ini digelar rapat pembahasan percepatan infrastruktur KEK. Rapat dipimpin Badan Pengembangan Wilayah Kementerian PUPR membahas pengembangan infrastruktur fisik di kawasan KEK.

Rakor digelar Rabu 30 Oktober 2019 di Hotel Casabaio tersebut, turut dihadiri oleh Asisten Pembangunan Drs Allan Mingkid, mewakili Pemkab Minut.

Sejumlah hal dibahas di antaranya pengembangan akses dan pengembangan akses dan pelebaran jalan, penambahan sarana prasarana, rencana pengeboran air bersih dan instalasi di tiga desa, Kinunang, Pulisan dan Marinsow pada tahun 2020. Serta rencana penyediaan home stay pada tahun 2020 di beberapa desa yang sudah diverifikasi calon penerima, pengembangan sarana dan prasarana pariwisata di pantai Paal, Pulisan dan Kinunang tahun 2020.(*)

Share

Pemkab Minut Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu, Senin (28/10) bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, di lapangan kantor bupati Minut.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Kuhu generasi muda diingatkan untuk mampu membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maximilian Tapada menyatakan peringatan Sumpah Pemuda mengingatkan perjuangan generasi muda terdahulu untuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Upacara diikuti oleh Kepala-kepala SKPD, ASN, Mahasiswa, pelajar, KNPI Minut dan masyarakat. (*)

Share

Tingkatkan Minat Baca, Perpusnas RI Gelar Safari Nasional Gerakan Membaca di Minut

Airmadidi,KLABATNEWS- Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca Di Provinsi Dan Kabupaten/Kota Tahun 2019 di tingkat Kabupaten Minahasa Utara, dengan Tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” berlangsung di Aula Unklab, Kecamatan Airmadidi, Jumat (26/10). Kegiatan ini selain untuk lebih mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat, juga sebagai upaya untuk meningkatkan gerakan membaca di tengah masyarakat Minahasa Utara.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat baca Perpustakaan Nasional RI Denny Kurniadi mewakili Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando saat menghadiri kegiatan dalam sambutannya mengatakan gerakan ini sudah dilaksanakan di beberapa daerah salah satu yang terpilih tahun ini di Minut. “Kegiatan ini untuk mendorong masyarakat gemar membaca untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Tugas kantor perpustakaan melaksanakan pembinaan dalam keperpustakaan. Perkembangan perpustakaan dari tingkat nasional sampai ke desa-desa merupakan bentuk perhatian dari pemerintah,” tuturnya.

Menurut Kurniadi gerakan nasional membudayakan gerakan membaca merupakan program perpustakaan nasional di 60 daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dan tahun ini termasuk Minut.

“Program ini bukan hanya semata-mata penyampaian membudayakan gemar membaca melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat tetapi juga program perpustakaan nasional sebagai lembaga pembina semua perpustakaan. Tetapi kita bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mencerdaskan bangsa. Sinergitas ini diharapkan mewujudkan visi-misi bersama yang akhirnya perpustakaan tempat bukan saja untuk mencari informasi tetapi tempat berdiskusi, berbagai pengalaman dan melatih keterampilan,” jelasnya seraya menambahkan bahwa undang-undang semua perpustakaan wajib mengadopsi teknologi komunikasi dan informasi.

Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan diwakili Asisten Allan Mingkid saat membuka kegiatan ini dalam sambutannya mengapresiasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menggelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dilaksanakan di Minut karena kegiatan ini merupakan bagian dari promosi perpustakaan dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar sepanjang masa. "Eksistensi perpustakaan diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Minahasa Utara," kata Mingkid saat membaca sambutan bupati.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat baca Perpustakaan Nasional RI Denny Kurniadi mengukuhkan Estrella Tacoh SE Dirut PD Pasar Minahasa Utara sebagai Bunda Baca Kabupaten Minut. Beliau menitipkan harapan agar Bunda Baca Kabupaten Minut menjadi figur yang dapat memberikan inspirasi serta membangkitkan motivasi masyarakat dalam peningkatan minat baca.

Setelah pengukuhan Bunda Baca, dilakukan pertukaran cindera mata dan kegiatan ditutup dengan talk show yang menghadirkan sejumlah nara sumber. Usai safari tersebut dilanjutkan dengan peninjauan perpustakaan UNKLAB. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Propinsi Sulut Jani Lukas, Asisten II Pemkab Minut Drs Allan Mingkid, Kadis Pendidika Minut Bernadeth Longdong SPd MPd para Staf Ahli, tokoh-tokoh masyarakat, para camat, TP-PKK, mahasiswa, perangkat desa.(*)

Share

Kapolres Minut Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Samrat 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Polres Minahasa Utara (Minut) melaksanakan apek gelar pasukan dalam rangka operasi kepolisian kewilayahan Zebra Samrat 2019 di lapangan Mapolres Minut, Rabu 23 Oktober 2019.

Inspektur Upacara Kapolres Minut AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK dan Komandan Upacara Kanit Laka lantas Ipda Irwan Tarigan SH.

Pada kesempatan itu pimpinan upacara memeriksa pasukan dan dilanjutkan dengan penyematan pita tanda operasi Zebra Samrat 2019, kepada 3 perwakilan dari Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan.

Kapolres Siagian mewakili Kapolda Sulut Irjen Pol Dr R Sigid Tri Hardjanto dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal.

“Operasi Zebra Samrat dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang ditetapkan dan guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas,” kata Siagiaan.

Acara apel gelar pasukan ini juga dirangkaikan dengan ucapan syukur atas suksesnya kegiatan Pemilu pada April 2019 lalu.

Dan ungkapan terima kasih dari Kapolres Siagian, Ketua Bawaslu Simon Awuy dan Komisioner KPU Hj. Darul Halim kepada semua pihak yang terkait, sudah bekerjasama dengan baik dalam menyukseskan Pemilu 2019.

Diketahui, jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2018 lalu berjumlah 38 kejadian. Jadi mengalami kenaikan 16 kejadian kurang lebih 72 persen dibandingkan periode sebelumnya yang berjumlah 22 kejadian.

Untuk pelanggaran lalulintas tahun 2018 berjumlah 7821 pelanggaran. Dengan jumlah tilang sebanyak 7.049 lembar dan teguran 847 lembar.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Kadis Perhubungan Berty Ngangi, Kasat Pol PP Robby Parengkuan SH, mewakili Dandim 1310 Bitung Mayor Inf. R Pusang, serta para undangan lainnya.(*)

Share

Asisten I Jane Symons Wakili Bupati Minut Lantik 3 Penjabat Hukumtua

Airmadidi,KLABATNEWS-Tiga orang penjabat hukumtua dilantik bupati Vonnie Anneke Panambunan yang diwakili Asisten I Setdakab dr Jane Symons, Selasa 22 Oktober 2019. Di kantor Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD).

Mereka masing-masing adalah Ferdy Sambiran sebagai Penjabat Hukumtua Desa Tatelu Rondor (Kecamatan Dimembe) dan Agnes Watupongoh sebagai penjabat Hukumtua Desa
Palaes Kecamatan Likupang Barat.

Penjabat Hukumtua yang baru dilantik, diharapkan dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin. “Saya harapkan agar bisa membantu dan menjalankan semua program-program pemerintah daerah,” kata Symons saat membacakan sambutan bupati.

Khususnya diharapkan agar penjabat hukumtua dapat memfasilitasi semua kegiatan agenda pemilihan hukumtua yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Saya juga meminta hukumtua harus mengantisipasi semua dinamika yang berkembang saat ini dan jaga selalu kerukunan antar warga,” kata Symons.

Pada kesempatan itu Plt Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat Desa Bobby Najoan SH mengingatkan para hukumtua untuk tetap melaksanakan tugas sesuai amanat Undang-undang dan menjaga wibawah pemerintah. "Selamat bertugas, selamat bekerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat," ucap Najoan. (*)

Share