Saturday, 25 November 2017

Category: Minahasa Utara

Sekda Minut Lantik 79 Pejabat Eselon III dan IV

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Jemmy Kuhu MA melantik 79 pejabat eselon III dan IV yang menduduki jabatan administrator dan pengawas di lingkup Pemkab Minahasa Utara, Rabu (22/11) di aula Bappelitbang,

Ke-79 pejabat yang dilantik itu terdiri dari eselon III sebanyak 23 orang, eselon IV sebanyak 48 orang dan fungsional pendidikan delapan orang, yaitu kepala sekolah dan pengawas. Mereka dilantik berdasarkan melalui SK Bupati Nomor 821/BKPP/29/XI/2017 dan 821/BKPP/30/XI/2017.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Stivy Watupongoh SIP mengatakan para pejabat administrator dan pengawas yang dilantik ini telah mendapat penilaian tim penilai kinerja kepegawaian. “Selain itu mereka telah memenuhi syarat dan dipandang cakap untuk menempati jabatan itu,” tutur Watupongoh dalam laporannya.

Sementara itu Sekda Ir Jemmy Kuhu MA mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan pelantikan ini merupakan hal yang lumrah dalam organisasi sebagai bagian pembinaan karir. “Ini bukan sekedar penempatan figur pejabat. Melainkan untuk pembenahan dan perbaikan administrasi dalam pelayanan umum,” ungkap Sekda.

Lanjut Kuhu, para pejabat yang dilantik tentunya memiliki kompetensi, moralitas, loyalitas, integritas, nilai pengabdian dan tanggung jawab. Sekda juga mengingatkan pada para pejabat yang dilantik agar menjaga netralitas PNS untuk menjamin terciptanya pelayanan yang baik. Selamat bertugas dan berkarya bagi pejabat yang baru dilantik,” kunci Kuhu.

Beberapa pejabat eselon III yang dilantik di antaranya Angelin Roringpandey sebagai Sekretaris Dinas Pangan, Ir Robert Latumeten sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Edwar Tamamilang SE menjadi Camat Wori, Poulin Puansalaing SH menjadi Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Joubert Longdong SSos menjadi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Joseph Aliks sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan.(sem)

 

Share Button

Gubernur dan Bupati Hadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-14 Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan serta Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong menghadiri rapat paripurna istimewa yang digelar DPRD Minut dalam rangka hari jadi ke-14 Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Rapat paripurna dipimpin oleh ketua DPRD Berty Kapojos dan didampingi wakil ketua DPRD Denny Wowiling, Senin 20 November 2017.

Bupati dalam sambutannya memanjatkan puji syukur kehadiran Tuhan yang Maha Kuasa atas anugerah dan kasih karunia kita berada di sini untuk merayakan hari jadi ke-14 Minut dengan tema Kabupaten Minahasa Utara Kerja Bersama. Perjuangan tekad dan semangat serta kerja keras masyarakat beserta para deklarator dan pejuang pendiri Minut telah membuahkan hasil, dan kita telah rasa dan nikmati sampai saat ini.

“Berkat kegigihan kebersamaan, semangat pantang menyerah serta gagasan dan konsep serta ide, telah melahirkan Kabupaten Minahasa Utara yang telah dikenal secara nasional dan dunia internasional. Disaampaikan terima kasih kepada deklarator pejuang pendiri Kabupaten Minut, karena pengorbanan dan perjuangan, Kabupaten Minut boleh ada sampai saat ini dan sudah berusia 14 tahun,” kata Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada kesempatan itu menyampaikan selamat hari ulang tahun kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Minahasa Utara disertai harapan Gubernur agar di momentum bersejarah ini yang akan semakin menguat komitmen berkarya seluruh elemen masyarakat Minut untuk memberikan pengabdian terbaik bagi kemajuan dan kejayaan daerah tercinta.

“Semoga sinergitas Propinsi Sulut dan Kabupaten Minut bisa berjalan terus sehingga harapan rakyat Minut bisa terwujud dalam waktu dekat ini. Secara khusus saya memberikan apresiasi terima kasih kepada pelaku sejarah pembangunan kabupaten Minahasa Utara dari generasi ke generasi termasuk kepada bupati, wakil bupati Minut serta beserta pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda Minut, tokoh masyarakat dan agama, pimpinan partai politik, kalangan swasta dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Minut atas capaian prestasi dalam membangun daerah yang baik bangsa tercinta ini sebagaimana telah ditunjukkan selama 14 tahun ini,” kata Gubernur.

Rapat paripurna ini dihadiri Forkopimda Sulut dan Minut, para pendiri Kabupaten Minahasa Utara, mantan penjabat bupati, mantan Sekda Minut Rumambi, Ketua TP PKK Propinsi Rita Dondokambey-Tambutuan, para kepala-kepala SKPD, Dirut Bank Sulut-Go, tokoh agama dan masyarakat, camat, kumtua dan lurah se-Minut, beberapa anggota DPRD dapil Minut serta tamu undangan lainnya.(sem)

 

 

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Buka Pameran Pembangunan dalam Rangka HUT ke-14 Minahasa Utara

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan membuka pameran pembangunan dan Festival Seni Budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Minut dengan Tema Minahasa Utara Kerja Bersama, yang berlokasi di Kelurahan Sarongsong, Kecamatan Airmadidi, Kamis 16 November 2017. Pembukaan Pameran diawali dengan doa dan pembacaan Kitab Suci serta ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Bupati dan Forkopimda.

Bupati pada kesempatan itu saat membawakan sambutan mengatakan bahwa Minut daerah otonom definitif hasil pemekaran dari Kabupaten Minahasa. Minut sendiri lahir sebuah perjuangan dan pengorbanan dari warga Minahasa Utara dan perjuangan dari pendiri Minut dan hasilnya telah kita terima dan rasakan sampai saat ini.

“Perjuangan membangun Minut jangan berhenti, namun tetap digelorakan untuk menjadi Minut yang mandiri, berbudaya serta beretika, maju dan menjadi berkat bagi daerah yang lain. Warga Minut yang saya banggakan, pameran pembangunan yang kita laksanakan sekarang dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-14 Kabupaten Minahasa Utara adalah wujud partisipasi, simpati dan empati sebagai wargta untuk membangun Minut yang tercinta,” kata Bupati.

Pameran saat ini lanjut bupati merupakan ajang bagi kita untuk menampilkan potensi pembangunan, serta sumber daya di Minut, selain itu juga pameran saat ini menampilkan ke publik atas capaian-capaian Minut dan sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Selaku bupati menyampaikan terima kasih kepada perangkat daerah, badan usaha milik daerah selaku usaha atau masyarakat yang telah berpartisipasi dan ikut serta dalam pameran saat ini, biarlah pameran ataupun Minut ekspose saat ini akan menjadi pemacu dan mendorong untuk kita untuk berinovasi, berkreasi dengan gerakan baru untuk kemajuan pembangunan di Minut,” jelas Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Usai dibukanya pameran oleh Bupati dan Forkopimda yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren dilanjutkan dengan meninjau stand-stand pameran yang diikuti oleh dinas, badan, kantor dan kecamatan-kecamatan serta Bank Swasta yang ada di Minut. Pada kesempatan itu juga digelar pemilihan Utu-Keke.(sem/adv)

 

 

 

Share Button

Sekda Minut Jemmy Kuhu Buka Pemilihan ASN Teladan Tahun 2017

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Sekretaris Daerah Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu MA membuka pemilihan Aparatur Sipil Negara teladan tahun 2017 di aula Bappelitbang, Selasa (14/11). Kegiatan yang diadakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Minut ini diikuti 31 ASN perwakilan perangkat daerah di lingkup Pemkab.

Pada pembukaan tersebut, Sekda yang mewakili Bupati Vonnie Panambunan berkesempatan membuka naskah soal ujian didampingi Asisten II Setdakab Drs Allan Mingkid dan Sekretaris BKPP Tommy Dolongseda SSos.

Kepada wartawan, Kuhu mengatakan seleksi ASN teladan tingkat pemkab ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-14 Kabupaten Minahasa Utara. “Mudah-mudahan dari seleksi ini didapat ASN terbaik. ASN yang terbaik akan dipersiapkan untuk mengikuti pemilihan ASN terbaik tingkat propinsi tahun depan,” kata Sekda.

Lewat pemilihan ini, lanjut Sekda, juga akan menjadi cerminan bagi setiap perangkat daerah supaya mampu memberi contoh dan disiplin. Bukan hanya kepada ASN tapi juga kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala BKPP Styvi Watupongoh melalui melalui Kabid Perencanaan dan Pembinaan aparatur Donal Tintingon SSTP mengatakan proses pemilihan ini berlangsung selama dua hari. Di mana hari pertama berupa ujian tertulis dan ujian hari kedua pada Kamis besok dalam bentuk presentasi karya ilmiah dan wawancara.

“Tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan ASN Minut yang profesional, bersih dari unsur KKN, disiplin dan trampil. Sehingga bisa menjadi teladan bagi sesama ASN dan masyarakat,” tuturnya.(sem)

Share Button

60 ASN Jalani Assesment

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Minut melaksanakan uji kompetensi dengan metode assesment center bagi pejabat tinggi pratama dan administrator di Hotel Sutanraja, Selasa (07/11).

Kegiatan yang diikuti 60 ASN Pemkab Minut tersebut dibuka langsung Sekda Ir Jemmy Kuhu MA mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Dalam sambutannya Kuhu mengatakan bahwa Uji kompetensi ini sangat penting untuk mengetahui keberadaan pegawai. “Sehingga di saat membutuhkan SDM aparatur yang berkualitas maka sudah tersedia data tentang pejabat yang kompetensinya memadai,” ujarnya.

Lebih lanjut Sekda berharap para ASN yang mengikuti uji kompetensi dengan sungguh-sungguh dan mencurahkan kemampuan yang dimiliki semaksimal mungkin.

Sementara dalam laporannya, Kepala BKPP Styvi Watupongoh SIP mengatakan ke-60 peserta uji kompetensi terdiri dari satu orang pimpinan tinggi pratama dan 59 administrator.

“Kegiatan ini berlangsung empat hari sampai Jumat. Di hari pertama dilakukan uji tertulis dan karya ilmiah dilanjutkan wawancanra dan psikologi di hari terakhir akan ada diskusi menyangkut studi kasus,” terang Watupongoh sembari menambahkan tim assesor dipimpin Dr Ferdinand Taruh.(sem)

Share Button

Panitia Pemilihan P/KB Sinode GMIM Dilantik 

Dimembe,KLABATNEWSOK.com-Bertempat di Jemaat GMIM Sentrum Tatelu, Warukapas Wilayah Tatelu dilantik Panitia pemilihan pengurus Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM periode 2018-2022. sebelum pelantikan dilaksanakan ibadah, Minggu (5/11) Jam 10.00 WITA dipimpin Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Pnt Ir Stefanus BAN Liow.

Dalam khotbahnya Pnt Stefanus Liow mengingatkan bahwa sebagai pelayan untuk senantiasa bekerja dalam Tuhan sekalipun menderita, mengalami pergumulan, tantangan dan pencobaan karena pasti ada sukacita iman. Jadilah kita orang-orang bertanggung jawab dan saling memberdayakan satu sama yang lain.

“Pengorbanan dalam pelayanan adalah konsekwensi yang harus lakukan, karena kita telah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Secara khusus kepada panitia agar segala sesuatu harus disiapkan dari awal untuk kesuksesan rapat pemilihan Calon Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2018-2022 di Jemaat GMIM Sentrum Warukapas Tatelu pada bulan Maret 2018 sesuai penetapan BPMS GMIM dan berdasarkan hasil sidang majelis sinode tahunan 2017 di wilayah Tanawangko harus siap korban waktu, tenaga, pikiran bahkan materi sekalipun untuk kepelayanan gereja,” tutur Liow.

Sementara itu Ketua Umum Panitia Pelaksana Rapat Pemilihan Calon Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2018-2022 Pnt Ir Joppi Lengkong yang juga Wabup Minut mengungkapkan puji syukur kepada Tuhan seraya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan. “Saya mengajak seluruh jajaran panitia, Pelsus dan anggota jemaat untuk kerja bersama untuk kesuksesan hajatan sinodal tersebut,” kata Pnt Ir Joppi Lengkong suami tercinta Pnt Ibu Jeivi Lengkong Wijaya,STh yang juga Asisten Bendahara Komisi P/KB Sinode GMIM.

Usai ibadah, pelantikan dilanjutkan rapat perdana dipimpin Pnt Stefanus Liow dan Pnt Ir Joppi Lengkong didampingi Ketua BPMW Tatelu Pdt Frits Arthur Kelung MTh, Ketua Komisi P/KB GMIM Wilayah Tatelu Pnt Aron Wagey SIK selaku Ketua Harian Panitia Pelaksana.(sem)

Share Button

Bupati Minut Buka Apel Siaga dan Bersih-bersih Sungai di Sarawet

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan membuka apel siaga dan bersih-bersih sungai di Desa Sarawet, Kecamatan Likupang Timur, Sabtu (04/11).

Kegiatan ini diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Utara dalam rangka Gerakan Nasional Pengurangan Risiko Bencana Melalui Sekolah Sungai.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan Vonnie Anneke Panambunan mengatakan pencegahan atau penanggulangan bencana sesuai amanat undang-undang nomor 24 tahun 2007, menjadi suatu agenda pembangunan yang melibatkan seluruh elemen, baik pemerintah, dunia usaha dan juga masyarakat.

“Saya merasa bangga sekali kepada BNPB banyak perhatian pada Minut di dalam pencegahan bencana yang ada di Minut. Saya menyampaikan terima kasih kepada Ibu Prasinta Dewi yang sudah membuang waktu untuk datang di Desa Sarawet dan memberi arahan kepada masyarakat untuk bersama-sama membantu gotong royong mengurangi bencana yang ada di tempat ini,” katanya.

Panambunan juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Pasalnya berdasarkan data bencana dari tahun 2002 hingga tahun 2016 terjadi peningkatan kejadian bencana dari tahun ke tahun terus meningkat. Di mana hampir 90 persen kejadian bencana merupakan bencana hidro-meteorologis atau yang terkait air dan cuaca. Seperti banjir, kekeringan, kebakaran hutan, longsor dan gelombang pasang.

“Saya harapkan kepada masyarakat Minut sadar akan Lingkungan jangan membakar rumput yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan, dan juga kita harus melihat banjir waktu di Manado pada beberapa tahun lalu yang mengakibatkan kerugian materi. Marilah kita jaga lingkungan atau sungai di sekitar kita. Jangan membuang sampah di sungai,” imbau bupati.

Sementara itu Kepala BNPB RI yang diwakili oleh Direktur Logistik Prasinta Dewi MAP menjelaskan BNPB melaksanakan pengurangan bencana ini dengan konsep eco-system base. Yaitu pengurangan bencana dengan memperhatikan ekosistem dan penyerapan air. “Kita tahu salah satu ancaman daerah Minut adalah banjir. Pemerintah tidak bisa sendirian untuk pengurangan resiko bencana. Kita harapkan masyarakat dan dunia usaha untuk terlihat dalam pengurangan resiko bencana,” kata Prasinta.

Caranya, lanjut Prasinta adalah melalui sekolah sungai dan sekolah laut dan laut. “Kami sudah melatih kader untuk sebagai penggerak atau champion di daerahnya. Di mana mereka yang nantinya mengajak masyarakat untuk menjaga sungai, minimal mengurangi risiko banjir,” tandasnya.

Rangkaian kegiatan diisi dengan penyerahan paket bantuan logistic kepada warga dan penanaman bibit pohon.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu MA, Asisten I Drs Rivino Dondokambey, Asisten II Drs Allan Mingkid sejumlah kepala perangkat daerah, anggota DPRD Minut Sarhan Antili SE, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael, Kapolsek Likupang, Danramil Likupang, Camat Likupang Timur Dony Rondonuwu, pemerintah dan masyarakat Desa Sarawet dan Desa Batu.(sem)

 

Share Button