Tuesday, 26 September 2017

Category: Minahasa Utara

Pemkab Minut Terima Penghargaan LPPD 2016 dan 4 Buah Mobil Sampah dari Gubernur Sulut

Manado,KLABATNEWSOK.com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Ir Ir Jemmy Kuhu menerima penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2016 dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan menerima Bantuan 4 Buah Mobil Sampah (Ambrol) saat upacara pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) ke-53 Provinsi Sulawesi Utara di Gelanggang Olahraga Robert Wolter Monginsidi KONI Sario Manado Sabtu ( 23/09/2017).

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengatakan seiring dengan pertambahan usia proses pembangunan  di Sulut semakin berkualitas dan berkuantitas yang muaranya pada terciptanya masyarakat  yang sejahtera ini perlu untuk terus digaungkan dan menjadi pemahaman serta kebanggaan bersama seluruh masyarakat  bahwa Provinsi yang kita cintai, karena daerah  Nyiur Melambai penuh dengan segudang keunggulan yang mampu memberikan kontribusi yang sangat besar bagi proses pembangunan bangsa di berbagai sektor. Saya optimis kedepan Sulut akan mencapai target dengan menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

“Saya yakin dengan masyarakat yang begitu antusias menyambut era baru di sulut maka target menekan angka kemiskinan hingga 6 persen sekian dan pengangguran 7 persen, akan tercapai,” kata Olly.

Orang nomor satu dan juga Gubernur pilihan rakyat Sulut ini juga menargetkan program yang diprioritaskan hingga akhir 2017 adalah pembebasan lahan.

“Tahun ini pembebasan lahan tuntas, maka tahun 2018 pembangunan infrastruktur yang telah disiapkan sudah berjalan,"kata Olly. Sambil mencontohkan pembangunan ring road dan jalan alternatif serta pembangunan kota baru di Manado,” jelas Gubernur.

“Dan ini bukan semata-mata karena daerah ini memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah karena letaknya yang strategis sebagai pintu gerbang di Kawasan Pasifik namun, lebih karena masyarakat daerah ini adalah masyarakat yang parsipatif serta senantiasa kokoh dalam menjaga kerukunan dan kedamaian daerah sebagai syarat dasar bagi bergulirnya roda pembangunan bangsa di daerah ini,” ujar Gubermur.

“Untuk kita harus lebih siap dan bekerja keras bersama-sama menghadapi tantangan kedepan untuk menuju Sulut Hebat,” tutup Gubernur.

Gubernur juga memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh rakyat Sulut terlebih khusus kepada Bupati dan Walikota selaku pemimpin di daerah karena telah bersinergi sehingga pembangunan disegala bidang dapat terlaksana, dan dalam kesempatan tersebut diberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang berprestas tentang LPPD 2016.

Adapun urutan peringkat dan Skor dalam LPPD Tahun 2016 adalah
1. Kabupaten Minahasa 31683
2. Kota Kotamobagu 31373
3. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan 30966
4. Kota Bitung 30824
5. Minahasa Tenggara 30411
6. Kabupaten Minut 30224

Pada kesembatan tersebut juga diberikan penghargaan kenaikan pangkat kepada Kepala Bagian Kerjasama Fery Jones Sangian dari  golongan pangkat IVa ke IVb dan juga diberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada  pegawai yang telah mengabdi  selama 10 Tahun, yaitu Kasubag Penerima Tamu Victor Arthur dari Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik dan 30 Tahun masing-masing kepada Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sulut Farly Kotambunan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut Mieke Pangkong dan Penghargaan Kemudahan Pelayanan Perizinan Perumahan yang diberikan Menteri PUPR kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulut Happy T. R Korah serta Dinas Pajak dan Retribusi  Sulut Olvie Ateng mendapat penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dengan Program Samsat Online.

Selain itu juga Gubernur menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pengelolaan sampah kepada tujuh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara<br>
Turut hadir Ketua TP.-PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr Kartika Devi Kandouw -Tanos MARS, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen SE MS bersama Ketua Dharma Wanita Sulut Ivonne Silangen -Lombok, Forkopimda Sulut, Bupati dan Walikota, Pejabat dilingkup Pemprov Sulut dan Tamu Undangan.( Humas Pemprov Sulut /*)

Share Button

PMI Minut Gelar Donor Darah

Kalawat,KLABATNEWSOK.com-Wakil Bupati Minahasa Utara Ir Joppi Lengkong sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Minahasa Utara membuka aksi sosial donor darah sukarela Selasa (19/9) di Desa Kolongan Tetempangan, Kecamatan Kalawat.

Acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari PMI ke-72 pada 17 September, dalam acara sekaligus juga dirangkaikan dengan peresmian ruangan kantor Bumdes Desa Koltem serta deklarasi pencanangan stop buang air besar sembarangan (BABS) yang merupakan desa ke -21.

Wabup dalam sambutannya mengapresiasi pemerintah desa Koltem yang telah berupaya&nbsp; menjadi pelopor aksi kemanusiaan donor darah sekaligus juga mendeklarasikan stop BABS. “Salah satu perwujudan iman yang saling mengasihi adalah dengan menjadi pendonor sukarela. Dengan jumlah jiwa sekitar 200 ribu jiwa, maka Kabupaten Minut memerlukan kurang lebih 300 sampai 350 kantong darah. Darah setetes saja dapat menyelamatkan jiwa orang lain, apalagi 250cc, jumlah yang dimbil ini tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan pendonor, karena dengan konsumsi makanan yang baik pasti akan cepat tergantikan,” ujar Lengkong didampingi Wakil Ketua PMI Minut Dra Hanny Tambani M.Si.

Terkait Bumdes di Desa Koltem Wabup berharap agar dikelola dengan baik karena di dalamnya terdapat penyertaan modal dari dandes. “Kiranya usaha pengelolaan sampah yang dilaksanakan oleh pengurus BUMDES dapat dikelola dengan baik agar bisa berkembang, karena sarana dan prasarana sudah sangat lengkap. Dengan demikian masyarakat bisa memperoleh manfaat dalam kegitan ini,” tutur Lengkong.

Usai sambutan Wakil Bupati kemudian melakukan pengguntingan pita untuk ruang kantor BUMDES, pembukaan selubung papan nama stop BABS, kemudian meninjau kegiatan donor. Sebanyak kurang lebih 100 kantong darah berisi 250 cc dari 10 jaga terkumpul dalam aksi sosial ini.
Sebelum acara dimulai didahului dengan ibadah yang dipimpin oleh Pendeta pelayanan Jemaat GMIM Kanaan Asabri Pdt. Dondokambey Panambunan MTH. Acara ini di dukung oleh para dokter dan petugas medis dari Puskesmas Kolongan serta tenaga PMI Minut.(sem)

Share Button

Gubernur Sulut Ziarah di Makam HV Worang

Kema,KLABATNEWSOK.com- Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Sulut Periode 1967-1978 Almarhum HV Worang Selasa (19/9) di Desa Tontalete, Kecamatan Kema. Ziarah ini dilakukan dalam rangka HUT Provinsi Sulut ke-53.

Dalam ziarah tersebut Gubernur Dondokambey didampingi oleh Sekdaprov Edwin Silangen serta beberapa pejabat, eselon II provinsi.

Upacara hening cipta mendoakan arwah almarhum mantan Gubernur HV Worang dipimpin langsung oleh gubernur dengan peserta upacara para pejabat eselon II Provinsi Sulut dan Kabupaten Minut, para hukum tua Kecamatan Kema.

“Untuk mengenang jasa mantan gubernur periode 1967-1978 Almarhum HV Worang marilah kita mendoakan arwah beliau dan juga agar teladan yang ditinggalkan dapat kita ikuti,” ujar Dondokambey mengajak berdoa.

Gubernur kemudian meletakkan karangan bunga serta menabur bunga di makam HV Worang didampingi perwakilan keluarga yaitu istri mantan Gubernur Almarhum HV Worang Ibu Henny Worang Tompunu dan anak ke-2 almarhum Worang Richard Worang.

Turut hadir dalam ziarah ini mewakili Pemkab Minut Sekdakab Ir Jemmy Kuhu, Camat Kauditan Ventje Warouw, Camat Kema Alfrets Pusunggula SSTP MAP, Sekcam Kema Richard Dondokambey SSTP tokoh masyarakat dan undangan.

Usai upacara ziarah di makam Almarhum HV Worang, Gubernur Dondokambey, Sekprov dan rombongan pejabat dijamu oleh Keluarga Ibu Henny Worang Tompunu di kediamannnya Desa Tontalete Kecamatan Kema.(sem)

Share Button

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Minut Bentuk Empat Pojok Baca 

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-sebagai upaya meningkatkan minat baca di masyarakat pedesaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan membentuk empat pojok baca. Masing-masing di kantor Desa Serey dan kantor Desa Termal Kecamatan Likupang Barat, kantor Camat Wori dan kantor Kecamatan Likupang Timur.

“Pojok baca ini dalam rangka perluasan akses perpustakaan bagi bagi masyarakat di desa-desa yang jauh dari lokasi perpustakaan daerah. Dan inj sudah mulai sejak Agustus,” kata Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Minut Drs Maximelian Tapada MSi, Senin 18 September 2017.

Menariknya pembemtukan pojok baca tetsebut tidak memiliki anggaran melainkan inisiatif dari dinas. Malah sudah ada 5 tenaga sukarela yang siap mengelolah pojok baca tanpa digaji. “Program ini tak ada direnja sehingga tak anggarannya. Tapi ini bentuk inisiatif dari dinas supaya ke depannya menjadi program tetap namun untuk penyaluran buku menggunakan kendaraan perpustakaan keliling yang anggaran operasionalnya memang tertata,” jelas Tapada.

Ke depannya lanjut Tapada akan dibuka sentra perpustakaan di desa-desa dimana penyaluran bukunya dilakukan secara bergiliran. &quot;Buku-buku yang disalurkan disesuaikan dengan kondisi daerah. Misalnya di Likupang lebih banyak didrop buku-buku tentang perikanan. Dan ternyata minat baca warga daerah pelosok termasuk tinggi. Buktinya setiap kali perpustakaan keliling datang, warga dan anak-anak sekolah langsung datang berbondong-bondong membaca buku,&quot; tutur mantan kadis pendidikan dan olahraga Minut ini.(sem)

Share Button

Kontingen Taekwondo Minut Ikut Kejuaraan Paku Alam Cup Yogyakarta 

Airmadidi,KLABATNEWSOK,com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga Toar Richard Sendouw SP MSi melepas kontingen taekwondo Minahasa Utara, di kantor Bappelitbang, Senin 18 September 2017.

12 atlet taekwondo dan 5 orang official ini akan mengikuti lomba Paku Alam Cup di Yogyakarta dari tanggal 23-24 September 2017.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Pemuda dan Olahraga Minut mengatakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara berbangga dengan keikutsertaan perhimpunan Universal Taekwondo Indonesia professional Kabupaten Minut dalam kegiatan kejuaraan internasional Paku Alam Cup 2017 di Yogyakarta.

“Hal ini menandakan bahwa bahwa Minut telah mengambil bagian, semoga dengan persiapan latihan, pembinaan fisik dan mental yang telah dilakukan selama ini, akan membuahkan hasil yang baik dan maksimal bertandinglah dengan sungguh-sungguh, karena hasil tidak akan pernah mengkhianati kerja keras. Dalam setiap kompetisi olahraga, selain kemampuan fisik dan teknis, hal penting harus dimiliki adalah kemampuan mental, serta rasa percaya diri, agar kemampuan fisik dan teknik yang dimiliki semakin dioptimalkan,” kata Bupati.

Lanjutnya atlit yang dipilih adalah atlit yang didapat dari hasil seleksi yang ketat, atlit yang ada saat ini adalah mereka yang terbaik. Kehadiran kontingen Minut ajang ini, adalah mewakili daerah masyarakat Minut, sehingga anggota kontingen harus mampu menjaga kekompakan dan menjaga nama baik Minut selama pertandingan berlangsung.

“Pengembangan olahraga taekwondo dirasa penting, karena memiliki manfaat bagi pengembangan diri, kesehatan dan prestasi daerah. Kejuaraan ini tidak hanya akan mengejar prestasi, namun setidaknya ikut mempromosikan daerah Kabupaten Minut di daerah lain,” jelas Bupati.(sem)

Share Button

Armada Damkar Minut Tersisa Tiga Unit

Ilustrasi.

Airmadidi, KLABATNEWSOK.com-Idealnya setiap kecamatan di Minut terdapat satu armada pemadam kebakaran yang stand-by untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di masing-masing kecamatan. Namun kenyataannya saat ini dari lima armada yang ada hanya tiga unit yang masih beroperasi secara efektif.

“Armada yang ada berjumlah lima unit. Tapi yang bisa beroperasi dengan efektif sisa tiga unit. Dua lainnya cuma difungsikan sebagai pembawa air karena daya semprotnya sudah lemah,” ujar Kasatpol PP dan Kebakaran Kabupaten Minahasa Utara Theodore Lumingkewas MM, Rabu (13/09).

Dikatakannya, Prosedur Operasi Standar Satpol PP dan Kebakaran adalah dalam waktu 15 menit sudah tiba di lokasi kebakaran. Sehingga idealnya di setiap kecamatan tersedia 1 unit damkar. “Kami sudah pernah coba, waktu tempuh armada dari Airmadidi ke Likupang bisa capai 45 menit. Tentunya ini tak efektif. Jadi memang perlu setiap kecamatan ada armada,” kata Lumingkewas sembari menambahkan pihaknya telah mengajukan bantuan penambahan armada ke Kemendagri.

Sedangkan untuk ketersediaan hidran, Lumingkewas mengatakan sudah ada di beberapa titik. Antara lain di perum Asabri Desa Kolongan Tetempangan, Desa Kawiley, Desa Kauditan dan sejumlah perusahaan yang tersebar di Minut.(sem)

Share Button

Pencanangan Tahun Yubileum 150 Tahun di Stasi St. Fransiskus-Xaverius Kema

Kema,KLABATNEWSOK.com-Kamis (14/09) di Stasi St. Fransiskus Xaverius Kema, Paroki St. Paulus Lembean, Uskup Manado Mgr. Rolly Untu, MSC didampingi pastor Paroki Lembean Wenseslaus Mawikere Pr bersama para pastores lainnya mencanangkan tahun Yubileum 150 tahun kembalinya Gereja Katolik di wilayah Keuskupan Manado, 150 tahun tersebut akan diperingati pada 14 September 2018,
Jadi pencanangannya dimulai 1 tahun sebelumnya dan berarti juga umat katolik Keuskupan Manado memiliki masa 1 tahun persiapan.

Sebagai ucapan syukur gereja Katolik Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC menyelenggarakan perayaan ekaristi sekaligus gereja menggelar pesta Salib Suci Tuhan.

Sebelum Perayaan Ekaristi, diakan kegiatan prosesi Salib pada pukul 05.00 WITA pagi dengan dua rombongan perarakan. Umat dari stasi Waleo, Lilang, Lansot dan Kema mengambil start dari Desa Lansot sedangkan umat dari Tontalete sampai Tumaluntung prosesi salib dari depan Gereja Katolik Tontalete menuju gereja katolik Kema dengan mengarak obor serta salib yang dipakai 25 tahun lalu pada peringatan 125 tahun. Dan digelar penciuman salib oleh umat.

Setelah prosesi salib, pada pukul 06.30 umat menyambut Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC dan diawali dengan penciuman salib oleh uskup Untu. Setelah itu, ketua stasi Kema ibu Julita Youke Karuntu menyambut Uskup ditandai dengan  pengalungan bunga, selanjutnya Uskup bersama-sama dengan umat menuju Gereja Katolik.

Pada Perayaan Ekaristi dengan bacaan pertama dari Kitab Bilangan 21:4-9, Mazmur Aku Wartakan karya agung-Mu, Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan, Bacaan Kedua Filipi 2:6-11, dan bacaan Injil Yohanes 3:13-17.

Uskup Untu dalam homilinya menjelaskan bahwa salib suci ini merupakan salib suci Tuhan dan mengajak umat untuk selalu menghayati dan memaknai salib dalam kehidupannya masing-masing dan dalam. “Prosesi salib membawa pesan bagi umat bahwa salib bukan hanya diarak di jalan-jalan namun salib suci ini membawa pesan keselamatan bagi dunia dan bagi diri kita masing-masing. Saya mengajak umat Katolik untuk bersyukur atas peristiwa iman lewat masuknya kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado,” kata Uskup Rolly.

Sementara itu sebelum menerima berkat dalam perayaan ekaristi, camat Kema Drs. Alfrets Pusungulaa dalam sambutannya menghimbau umat dan undangan agar tetap berpegang teguh pada nilai-nilai iman di tengah kemajuan teknologi dan tantangan zaman karena banyak berita-berita hoax yang bisa mengacaukan bangsa Indonesia. “Pencanangan tahun Yubelium merupakan kegiatan yang sangat penting, kami sebagai pemerintah kecamatan kema sangat bersyukur dan bangga kegiatan ini dipusatkan di Kecamatan Kema, ini menunjukkan bahwa kita melaksanakan kerja sama yang baik dan sinergi membawa masyarakat yang religi. Salib suci ini juga telah membawa keselamatan bagi kita semua,” tutur Camat Kema ini.

Usai Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara Pencanangan Yubileum 150 tahun masuknya Gereja Katolik di wilayah Keuskupan Manado. Dalam acara tersebut uskup Rolly membuka pencanangan dengan mengetuk “tetengkoren” diiringi bunyi sirene dan pembukaan baliho. Kemudian diadakan pelepasan balon gas sebanyak 63 buah yang menjadi lambang dari 63 paroki yang ada di wilayah Keuskupan Manado.(sem)

Share Button