Friday, 17 August 2018

Category: Minahasa Utara

Kabupaten Minahasa Utara Tuan Rumah Rakornas Camat

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Kabupaten Minahasa Utara akan menjadi tuan rumah rapat koordinasi tingkat nasional (rakornas) camat regional 1. Iven yang berlangsung 29-31 Agustus 2018 ini bakal dibuka langsung Mendagri Tjahyo Kumolo.

Demi suksesnya hajatan tersebut dilaksanakan rapat persiapan di ruang rapat Asisten 1 Setsaprop Sulut Drs Edison Humiang MSi, Selasa 7 Agustus yang dihadiri Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu MA dan Asisten 1 Drs Rivini Dondokambey. Termasuk Kabag Pemerintahan Jack Paruntu SE, Kabag Humas dan Protokoler Chresto Palandi SSTP, Kabag Umum Audi Sambul SE, dan para camat se-Minut serta pejabat dari Pemkot Manado.

“Rakornas camat regional 1akan digelar di hotel Sutanraja, Desa Watutumoun 2, Kecamatan Kalawat . Dikatakan Kabag Humas Chreston Palandi, para peserta adalah camat dari 10 propinsi. "Masing-masing dari Provinsi Sulut, Gorontalo,, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Sultra, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat,” ujar Kabag Humas Minut Chresto Palandi.(*)

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Kukuhkan Paskibra 2018 Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada Peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2018, tingkat Kabupaten Minahasa Utara, yang dilaksanakan di Atrium Kantor Bupati, Rabu 15 Agustus 2018.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, dirinya bangga dan salud terhadap siswa-siswi yang  boleh dipilih menjadi Paskibra Kabupaten Minahasa Utara. “Menjadi Paskibra tentunya menjiwai semangat juang, patriotik, heroik dari pejuang yang merebut kemerdekaan. Kedisiplinan dn integritas telah ditanamkan untuk melaksanakan tugas mengibarkan bendera pada 17 Agustus 2018. Biarlah tetap kompak, ceria, harmonis dan berjiwa besar. Jangan tegang dan grogi,” ujar bupati.

Bupati tak lupa berterima kasih kepada para siswa, orangtua dan pelatih para paskibra. “Terima kasih pada pelatih, instruktur yang telah melatih Paskibra dan terima kasih juga pada orang tua yang telah merelakan anaknya dididik menjadi Paskibra, suatu kehormatan ketika anak-anak menjadi paskibra,” kata bupati.

Hadir Forkopimda, Sekda, beberapa SKPD, orangtua Paskibra, pelatih, instruktur, Purna Paskibra Indonesia Minut dan ASN.(*)

Share Button

Sekda Minut Pantau Gladi Resik Upacara Bendera dalam Memperingati HUT RI ke-73

Foto: Novel N bagian Humas

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Sekretaris Daerah Minut Ir Jemmy H Kuhu MA memantau gladi resik Pasukan Pengibar Bendera serta peserta upacara pada peringatan Dirgahayu ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018. Gladi resik digelar di lapangan kantor bupati, Rabu 15 Agustus 2018.

Pada kesempatan itu Kuhu mengatakan, gladi perlu dilakukan untuk memantau kesiapan dan persiapan upacara HUT RI. Dengan gladi, kekurangan ataupun kesiapan bisa diketahui dan segera dibenahi. Memantau kesiapan dan persiapan. Semua harus dilakukan dengan baik sehingga upacara 17 Agustus berlangsung dengan baik," kata Kuhu.

Gladi pada Rabu 15 Agustus dilakukan untuk pengecekan kesiapan pasukan pengibar bendera serta barisan peserta upacara terdiri TNI, Polri, ASN, Basarnas, Perhubungan, Sat Pol PP, DamKar, Siswa SMP dan SMA, Pramuka. maupun karang taruna.(*)

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Resmikan SMPN 1 Talawaan Jadi Sekolah Siaga Kependudukan 

Talawaan,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan meresmikan SMPN 1 Talawaan menjadi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Selasa 14 Agustus. Peresmian ini menjadikan sekolah tersebut sebagai SSK ketiga yang ada di provinsi Sulut.

Dalam sambutannya, Bupati Minut.Vonnie Anneke Panambunan meminta siswa-siswi SMPN 1 Talawaan dan juga remaja Minut umumnya menunjang penuh program sekolah siaga kependudukan. "Untuk itu para remaja harua jauhi seks bebas, menunda usia perkawinan, dan menjauhi narkoba agar ke depan menjadi generasi mudah yang benar-benar produktif dan berkualitas," imbaunya.

Peresmian SSK ini turut dihadiri kepala perwakilan BKKBN Sulut Dra Theodora Panjaitan MSc, Kadis Pendidikan Minut Drs Alfrets Pusungalaa MAP, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Minut dr Sandra Roty MKes, Camat Talawaan Johan Wewengkang SSos MKes, Kepsek SMPN 1 Talawaan bersama para guru dan orangtua siswa.(sem)

Share Button

Lomba Gerak Jalan Tingkat Kabupaten Minut Meriah

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Warga masyarakat Kabupaten Minahasa meriahkan HUT RI ke-73 dengan mengikuti lomba gerak jalan tingkat Kabupaten berlangsung meriah, yang digelar oleh Pemkab Minut dengan mengambil start dari depan Unklab menuju garis finish di depan SMPN 1 Airmadidi, Jumat 10 Agustus 2018.

Para peserta gerak jalan mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, SMA, SMK, PKK, karang taruna serta tak ketinggalan para SKPD-SKPD dan umum dengan total jumlah sebanyak 254 peserta.

Peserta gerak jalan dilepas oleh Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu dan diterima bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan didampingi kepala-kepala SKPD, para asisten dan staf ahli di garis finish.

Bupati pun memberikan hormat dan tepuk tangan kepada peserta sesampai di panggung penghormatan. Bupati juga tak segan-segan berfoto bersama dengan peserta di depan panggung penghormatan.(sem)

Share Button

Bupati VAP Terima 136 Mahasiswa KKN Unima

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) menerima 136 mahasiswa KKN Infrastruktur Universitas Negeri Manado (Unima) di Atrium Kantor Bupati, Senin 6 Agustus 2018. Mahasiswa KKN tersebut akan disebar di 7 kecamatan 13 desa dan kelurahan selama 3 minggu dalam pengabdian pada masyarakat.

KKN yang mengusung tema, Unima Membangun Negeri tersebut dipimpin dosen pembimbing DR J Ngangi dan diterima langsung bupati, Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu MA dan perangkat daerah.

Bupati Vonnie A Panambunan berterima kasih atas kehadiran dari civitas akademika Unima yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Kehadiran mahasiswa Unima dengan berbagai disiplin ilmu, tentunya akan memberikan nilai tambah bagi pembangunan masyarakat. “Selamat datang, selamat berkarya dan mengabdi bagi Minahasa Utara. Aktualisasikan ilmu di kampus untuk negeri dan bangun masyarakat menjadi lebih baik,” kata bupati.

Di sela-sela sambutan, bupati menguji mahasiswa untuk menyampaikan 5 Sila Pancasila serta isi teks Proklamasi Kemerdekaan RI. Bukan hanya mahasiswa yang diuji bupati, kepala bagian dan camat pun dites menyampaikan ke lima Sila Pancasila dan teks proklamasi. Kabag Humas dan Protokol Chresto Palandi SSTP MSi bisa menerima tantangan untuk menyampaikan isi teks proklamasi kemerdekaan RI dan berhasil dengan sempurna. Bupati juga memberikan bantuan Rp15 juta kepada mahasiswa KKN. “Selama KKN Unima, baru di Minahasa Utara ada bantuan seperti ini,” kata Ngangi.(*)

Share Button

Bupati Minut Vonnie Panambunan Kunjungi Lokasi Pembangunan SMPN 1 Airmadidi 

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan tampaknya arif dan bijaksana menghadapi berbagai koreksi masyarakat, atas pemindahan SMP Negeri 1 Airmadidi, Senin 6 Agustus 2018 bupati meninjau langsung sekolah tersebut.

Menurut Bupati alasan direlokasinya sekolah tersebut yakni untuk pengembangan sekolah dan kualitas pendidikan SMP Negeri 1 Airmadidi. “Sangat tidak mungkin sekolah akan bersampingan maupun berdekatan dengan rumah sakit, yang merawat orang sakit yang memiliki virus maupun bakteri,” katanya.

Di rumah sakit lanjut bupati terdapat bahan-bahan berbahaya maupun obat-obat serta limbah-limbah rumah sakit yang membahayakan  kesehatan anak-anak sekolah. “Di rumah sakit berbau obat-obat maupun limbah rumah sakit. Belum lagi berbau formalin maupun lainnya yang mengganggu kesehatan murid-murid,” jelas Panambunan.

Untuk itu bupati mengajak semua pihak harus menyadari atas rencana relokasi SMPN 1 Airmadidi yang pada dasarnya alasan kesehatan generasi penerus bangsa. Direlokasi berarti untuk membangun lebih baik lagi. "Pilih mana, mau hidup sehat atau yang lain. Pemerintah hanya berorientasi kesehatan bukan orientasi lain," tutur Bupati Vonnie Anneke Panambunan yang diaminkan Kabag Humas Dan Protokol Setdakab Chresto F Palandi SSTP, MS.

Bupati pada dasarnya menyadari dan memaklumi alasan masyarakat yang ingin SMP Negeri 1 Airmadidi tidak dipindahkan. Panambunan melanjutkan, dipindahkan juga SMP tersebut, dengan alasan untuk pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis untuk menjadi rumah sakit yang makin baik dan lebih baik.

“Mari kita dukung pengembangan rumah sakit menjadi lebih baik dan lengkap untuk melayani kesehatan masyarakat Minahasa Utara. Kesehatan dan pendidikan harus bangun bersama-sama tanpa mengabaikan yang lain,” kata bupati.(*)

Share Button