Saturday, 25 January 2020

Category: Minahasa Utara

VAP Lantik dan Kukuhkan Majelis Adat Budaya “Tonsea” Minahasa Utara

Airmadidi,KLABATNEWS — Bupati Kabupaten Minahasa Utara DR Vonnie Anneke Panambunan, S.Th.MTh (VAP) melantik dan mengukuhkan Majelis adat budaya Tonsea Minahasa Utara (MABTM) di atrium kantor Bupati Minahasa Utara, Selasa 21 Januari 2020.

Bupati usai melantik, sekaligus menyerahkan petaka MABTM kepada ketua MABTM Prof Dr Ronald Mayuntu, SH.MH.

Menariknya, pengurus Majelis adat budaya Tonsea Minahasa Utara adalah para lanjut usia yang benar-benar antusias punya keinginan yang tinggi menjaga dan melestarikan adat dan budaya Tonsea.

Bupati Minut dalam sambutannya mengatakan bahwa Adat budaya Tonsea harus dikembangkan sehingga budaya Tonsea terus dilestarikan dan nilai-nilai budaya tidak hilang.

“Saya berharap Budaya Tonsea harus terus dikembangkan dan dilestarikan,” kata Bupati VAP.

Bupati yang juga adalah pembina MABTM ucapkan selamat kepada Prof Ronald Mawuntu sebagai ketua umum adat Tonsea dan semua yang dilantik.

“Pekaleosan umbanua, wa pekaleosen se tou Tonsea wia ania, bangunlah wanua kita, dan binalah warga Tonsea di dunia ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Bupati.

Dalam menunjang program kerja MABTM Bupati menyumbangkan uang sebesar 50 juta rupiah untuk memajukan dan mengembangkan adat Tonsea.

Selain itu, Kepada semua pimpinan MABTM diberikan uang tunai 2 juta dan anggota 1 juta rupiah per orang.

(Saverius Wantania)

Share

VAP Hadiri Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM pada PN Airmadidi

Ketua pengadilan Airmadidi Mohamad Soleh, SH. MH saat sambutan zona integritas.

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara menghadiri pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Pengadilan Negeri (PN) Airmadidi, Senin 20 Januari 2020.

Launcing Penangan zona Integritas dihadiri Bupati Minahasa utara (Minut) DR Vonnie Anneke Panambunan, S.Th. M.Th (VAP)dan Forkopimda, Ketua DPRD Minut diwakili Anggota DPRD Daniel Matthew Rumumpe, Kapolres Minut diwakili Wakapolres Kompol Revly Kaunang, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos, kepala kejaksaan negeri Airmadidi diwakili Hendra Saputra SH MH (Kasi Pidsus Kejari Minut), Kepala Rutan Negeri Kelas II Manado Yosep Antonius, Pabung Minut Mayor Inf Rich Pusung, Kabag Protokol dan informasi Chresto Palandi, para Hakim, Panitera dan Staf PN Airmadidi.

Penyerahan surat keputusan Dirjen kepada Bupati Minahasa utara DR Vonnie Anneke Panambunan, STh.MTh

Dalam sambutan Ketua Pengadilan Airmadidi (KPN) Mohamad Soleh, SH. MH mengatakan, Kegiatan ini dilakukan setiap awal tahun sampai kita benar-benar mendapat perlakuan bahwa betul-betul sudah berintegritas tinggi Negeri Pengadilan Negeri Airmadidi.

“Kami sudah melaksanakan kegiatan ini sebanyak 2 kali tapi belum dapat kesempatan untuk ditinjau oleh Kementerian, baru sekarang terakreditas,” Ucap Soleh.

Lanjutnya, Hal itu harus kita canangkan setiap hari sehingga tugas kita dapat intensitas pelayanan masyarakat benar-benar kita tingkatkan dan kita laksanakan semaksimal mungkin.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara menyampaikan, paling mendasar bersama para pelaku kepentingan dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi serta komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

“Munculnya inovasi-inovasi baru dalam rangka melakukan perbaikan pelayanan di masa yang akan datang sebagai sebuah landasan yang kokoh guna mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai dengan harapan masyarakat Minahasa Utara,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu juga Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi Mohamad Soleh, Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Dandim Bitung, Ketua DPRD (diwakili) Daniel Rumumpe, Kasipidsus Hendra, kepala tahanan menandatangani piagam Zona Integritas.

Dilanjutkan dengan menunjukkan ruang persidangan ramah anak yang tujuannya meminimalisir dampak psikologis pada anak yang tersangkut kasus pidana.

Setelah itu, KPN Airmadidi menyerahkan surat keputusan Dirjen Badan Peradilan Umum kepada Bupati Minut dan Ketua DPRD Minut.

KPN juga menyampaikan, PN Airmadidi memiliki sistem pengawasan dan penanganan pengaduan secara elektronik dalam rangka keterbukaan informasi publik,  memiliki website atau situs resmi yang setiap saat dapat diakses oleh masyarakat.

“Untuk tilang, masyarakat tidak perlu antri lagi di pengadilan mencari nomor kendaraan yang ditilang dan nominal dendanya, tapi tinggal klik melalui website maka akan muncul nomor kendaraan dan denda,” ucap Soleh.(*)

Share

VAP Dampingi Menristek Resmikan PLTMH 20 KVA di Desa Tatelu

Dimembe,KLABATNEWS- Menristek RI
Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, PH.D didampingi
Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) DR Vonnie Anneke Panambunan (VAP) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minut, Jumat 17 Januari 2020.

Prof Bambang Brodjonegoro mengapresiasi akan temuan pembangkit listrik yang berkapasitas 20.000 Watt (20 KVA) bisa dimanfaatkan masyarakat banyak. “Penemuan alat ini oleh putra daerah sudah dipatenkan, dan masuk produksi dalam negeri. Sehingga untuk ke depan bisa dipasarkan atau diekspor keluar negeri,” kata Kemenristek.

Kemenristek mengakui, listrik yang dihasilkan oleh kekuatan debit air yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) relatif tergolong temuan baru, teknologi berbasis turbin ulir yang dibuat atau ditemukan oleh DR Tineke Saroinsong SST, M.Eng merupakan program pengembangan teknologi industri dibiayai oleh Kementrian Riset dan Teknologi, bekerjasama dengan pendidikan tinggi (Kemenristek Dikti). “Ciptaan teknologi sangat cocok di daerah-daerah irigasi, kemampuan debit air yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Hasil temuan ini bisa dimanfaatkan bukan hanya masyarakat Minahasa Utara atau di Sulawesi Utara, akan tetapi bisa di daerah lain,” tutur mantan Mentri Keuangan RI ini.

Pada kesempatan itu juga bupati Minut, Vonnie A. Panambunan (VAP) menyatakan ikut mengapresiasi hasil temuan pembangkit listrik yang dibangun di Desa Tatelu. Demikian teknologi listrik yang dihasilkan diakuinya sangat membantu dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Tentunya masyarakat yang ada di sekitar pembangkit listrik bisa terbantu dengan keberadaan bendungan ini. Saya sarankan agar masyarakat ikut menjaga dan merawat lokasi ini,” kata Panambunan.

Sementara Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Dr Tineke Saroinsong SST M.Eng mengatakan, keberadaan alat ini juga sudah dihitung kekuatan debit airnya bisa dimanfaatkan dalam kondisi kemarau panjang. Bahwa temuan ini merupakan hasil kerjasama Politeknik Negeri Manado dengan Kemenristek (Kemenristek-Dikti).
Total biaya pembangunan bendungan listrik berkapasitas 20 KVA diakuinya menelan anggaran Rp700-an juta. “Total anggaran Rp740 juta. Sedangkan biaya untuk pembuatan turbin saja seharga Rp250 juta,” tutur Kepala P3M Politeknik Manado.(*)

Share

KPU Minut Gelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan di Desa Lembean

Lembean,KLABATNEWS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Lembean, Kecamatan Kauditan dan dibuka Penjabat Hukumtua Desa Lembean Drs Ventje Pangkerego, Rabu 15 Januari 2020.

Tema sosialisasi kali ini yakni Syarat Minimal dan Persebaran Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Serta Tahapan dan Jadwal Pilkada Tahun 2020. Pembawa materi Ketua KPU Minut Stella Martina Runtu dan diikuti oleh perangkat dan warga Desa Lembean.

Penjabat hukumtua Desa Lembean Drs Ventje Pangkerego mengatakan kiranya perangkat desa dan warga yang mengikuti sosialisasi ini dapat mendengarkan dan memahami dengan sebaik-baiknya materi-materi yang disampaikan. “Tugas kita selanjutnya setelah mengikuti sosialisasi ini yakni bisa sampaikan kepada keluarga kita dan masyarakat di jaga masing-masing,” kata Pangkerego.

Sementara itu Ketua KPU Minut Stella Martina Runtu saat memberikan materi mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini sebelumnya sudah disampaikan kepada Pemkab dan camat-camat akan dilaksanakan sosialisasi di desa-desa dan kelurahan. “Kami serentak turun di minggu-minggu ini dan ada lima tim turun di setiap kecamatan, di seluruh desa-desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara dalam kegiatan tahapan sosialisasi,” kata Runtu.

Runtu pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada perangkat desa dan warga desa yang telah berpartisipasi dan menyukseskan pileg dan pilpres pada Pemilu 17 April 2019 lalu. “Sekali lagi kami dari KPU Minut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan warga Desa Lembean yang telah menyukseskan pemilu 2019,” kata Runtu.

Share

Kaban Keuangan: Realisasi Pajak Capai 100 Persen

Kepala Badan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara Petrus Macarau

Airmadidi,KLABATNEWS-Kinerja Badan Keuangan Minahasa Utara, dalam menggenjot realisasi pajak daerah patut diacungi jempol. Buktinya hingga penghujung tahun 2019, realisasi pajak daerah mencapai 113 persen atau Rp 63,6 Milyar lebih dari Rp 56,1 Milyar lebih yang ditargetkan. Capaian ini tak lepas dari kerja keras dan komitmen kepala badan keuangan, Petrus Macarau bersama personilnya dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari sektor pajak untuk kelangsungan pembangunan daerah.

Kepala Badan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara Petrus Macarau mengatakan, capaian ini merupakan sejarah karena sepanjang berdirinya Minahasa Utara, baru kali ini realisasi pajak daerah mencapai 113 persen. Capaian ini menurutnya tak lepas dari kerja keras seluruh personil badan keuangan khususnya bidang pendaftaran dan pendataan pajak badan keuangan Minahasa Utara yang di gawangi Meiske Pantouw.

Ini sudah menjadi kewajiban kami untuk mengumpulkan pajak dan retribusi daerah demi kelangsungan pembangunan Minahasa Utara. Untuk itu kami patut merasa bangga karena baru kali realisasi pajak dan retribusi daerah bisa mencapai 113 persen.” kata Macarau.

Macarau menjelaskan, berdasarkan data realisasi pajak daerah per tanggal 31 Desember 2019, pajak hotel realisasinya mencapai 116,14 persen atau Rp 2.264.575.151 Milyar dari Rp 1.950.000.000 Milyar yang di targetkan. Begitu juga dengan pajak restoran dan rumah makan yang capaiannya 121,65 persen atau Rp 5.419.580.403 Milyar dari target Rp 4.455.000.000. Milyar Sedangkan realisasi pajak hiburan yang ditargetkan Rp 116.000.000 Juta realisasi Rp 135.209.979 Juta atau 116,56 persen.

Sedangkan pajak reklame yang ditargetkan Rp 1.756.929.405 Milyar realisasi Rp 1.804.804.826 Milyar atau 102,72 persen. Untuk pajak penerangan jalan target Rp 13.317.941.056 Milyar realisasi Rp 14.860.083.287 Milyar atau 111,58 persen. Pajak mineral bukan logam dan batuan target pendapatan Rp 2.077.867.000 Milyar realisasi Rp 2.098.599.800 Milyar atau 101,00 persen. Pajak air tanah, ditargetkan Rp 550.000.000 Juta realisasi Rp 576.163.337 Juta atau 104,76 persen.

Untuk pajak sarang burung walet ditargetkan Rp 30.000.000 Juta realisasi Rp 30.119.000 Juta atau 100,40 persen. Begitu juga dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang ditargetkan Rp 4.800.000.000 Milyar realisasi Rp 4.835.659.438 Milyar atau 116,55 persen. Sementara Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) merupakan sumber pendapatan terbesar dari sektor pajak, buktinya yang ditargetkan Rp 27.100.501.015 Milyar realisasi Rp 31.584.599.027 Milyar atau 116,55 persen.

Terkait realisasi ini, Kepala Bidang (Kabid) pendaftaran dan pendataan pajak, Meiske Pantouw menyampaikan terima kasih kepada seluruh wajib pajak di Minahasa Utara yang sudah menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak. Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak sangat diharapkan sehingga tahun 2020 ini, pendapatan daerah dari sektor pajak akan lebih meningkat.

“Kami mengapreseasi kepada seluruh wajib pajak yang sudah menunaikan kewajibannya membayar pajak sehingga pendapatan daerah dari sektor pajak bisa mencapai 100 persen lebih di tahun 2019. Kami sangat optimis pendapatan daerah dari sektor pajak akan lebih meningkat di tahun 2020 ini.”ujar Pantouw.

Ia menghimbau agar tahun 2020 ini kesadaran masyarakat untuk membayar pajak akan lebih ditingkatkan sehingga pendapatan dari sektor pajak akan lebih meningkat demi mendongkrat laju pembangunan daerah.

(Saverius Wantania)

Share

Awal Tahun Bupati VAP Gelar Rolling Pejabat Pemkab Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minahasa Utara DR (H.C) Vonnie Anneke Panambunan, S.Th.M.Th (VAP) melantik 157 jajarannya terdiri dari pejabat eselon ll, lll, lV, kepala sekolah dan kepala Puskesmas, Selasa 7 Januari 2020.

Bupati VAP melalui Asisten 2 Drs Allan Mingkid melantik 11 pejabat Eselon ll Berdasarkan Surat keputusan Bupati Minut nomor:821/BKPP/39/X4-2019 di Aula kantor BKPP Minahasa Utara, 7 Januari 2020.

Mingkid mewaki bupati menyampaikan, acara pelantikan pejabat ini dimaksudkan untuk menghindari kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Dalam jabatan baru merupakan hal yang biasa pada bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai sebagai bagian dari upaya pencegahan dan peningkatan kinerja terutama dari sudut kepentingan organisasi,” kata Mingkid.

Lanjut Mingkid pengangkatan sumpah dan janji serta melantik 55 eselon III, 75 eselon IV, 13 fungsional kepsek dan 4 kepala puskesmas, berdasarakan Surat keputusan Bupati Minut Nomor: 821/BKPP/40/XII-2019, Nomor: 821/BKPP/41/XII-2019, Nomor:821/BKPP/42/XII-2019 fungsional Kepala sekolah, dan Nomor:821/BKPP/43/XII-2019 Kepala puskesmas.

Bupati mengingatkan juga, dalam melaksanakan tugas menjaga dan mempertahankan integritas loyalitas dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab, serta memberikan pengertian motivasi dan keteladanan tentang pentingnya disiplin kerja.

“Dalam melaksanakan tugas harus selalu melakukan identifikasi masalah dan alternatif pemecahannya serta menentukan alternatif terbaik berdasarkan asumsi-asumsi yang objektif dan logis,” tutur Mingkid seraya menambahkan bahkan dalam meningkatkan kinerja pribadi unit kerja maupun keseluruhan organisasi termasuk di dalamnya menjalankan tugas-tugasnya atau mendorong suatu cara kerja baru yang inovatif dan kreatif.
(Saverius Wantania)

Nama-nama pejabat eselon ll yang dilantik :

1.Petrus Macarau SE jabatan lama sekertaris Dinas kearsipan, jabatan baru Kaban Keuangan.

2.Jack Paruntu SE jabatan lama Kabag TUP, jabatan Kepala Dinas Perijinan dan Penanaman Modal satu Pintu.

3. Audy Sambul S. Sos jabatan lama kanag Umum, jabatan baru Kepala Dinas Pariwisata.

4. Olvie Kalengkongan Spd Mpd Jabatan lama Sekertaris Dinas Pendidikan, Jabatan Baru Kepala Dinas Pendidikan.

5. Drs. Alpret Pusungulaa MAP jabatan lama Kabag Pemerintahan, jabatan baru Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

6. Styvi Watupongoh SIP jabatan lama sekertaris BKPP dan jabatan baru sebagai Kaban BKPP.

7. Bobby Nayoan SH Jabatan lama kabag Hukum, jabatan baru Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

8. Plt Duddy Fatah SH jabatan Funsional bagian Hukum, jabatan baru Kadis Pendudukan dan catatan sipil.

9. Dr Femmy Pangkerego, ME jabatan kepala dinas perindustrian, jabatan baru kepala dinas kearsipan.

10. Hany Tambani, S.Sos.M.Si jabatan lama kepala dinas perhubungan, jabatan baru Staf ahli pemerintahan.

11. dr Lili Lengkong, M.kes Jabatan kepala dinas pendidikan, jabatan baru Staf Ahli kemasyarakatan.

Share

Bupati Minut Lantik 26 Hukumtua Terpilih

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan mengambil sumpah atau janji dan melantik 23 hukumtua periode 2020 s/d 2025 dan 3 hukumtua Antar Waktu periode s/d Mei 2020, atrium kantor Pemkab Minut Rabu 7 Januari 2020.

Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya mengatakan, selamat kepada hukum tua terpilih dan ini semua karena perkenaan dari Tuhan untuk menjadi
hukum tua dan oleh pilihan masyarakat.

“Setelah dilantik jadi hukumtua jangan menjadi sombong dan jangan hanya melayani masyarakat yang memilih saja tapi layani semua masyarakat,” kata bupati.

Tampak hadir Asisten I dr Jane Symons, Asisten Kapolres, Kajari, Asisten 2 Allan Mingkid, Asisten III para pejabat Pemkab Minut, keluarga dari hukumtua yang dilantik.

Nama-nama hukumtua periode 2020 s/d 2025 :

1. Desa Kauditan 1 (Nancy H Worung BSc)
2. Desa Kolongan (Johanis Yoseph Wangania)
3. Desa Watutumou (Ir Silvana P Rotinsulu MSi)
4. Desa Teep Warisa (Fiersen Mersi Mamahit)
5. Desa Matungkas (Novieta M Tangkudung)
6. Desa Klabat (Drs Vecky Pinontoan)
7. Desa Pinilih (Fredrik Nock Longdong)
8. Desa Tatelu Rondor (Mareyke Dungus SPd)
9. Desa Wangurer (Yeyni Rottie SH)
10. Desa Kaweruan (Alfry Tomy Natan)
11. Desa Marinsow (Gabriel Tamasengge)
12. Desa Serawet (Herry Tongkukut)
13. Desa Maen (Muhammad Idris Abasi)
14. Desa Munte (Awal Gaga)
15. Desa Palaes (Jeini Gereisye Morong SPd)
16. Desa Gangga Satu (Drs Moses Corneles)
17. Desa Gangga Dua (Hamid Sangaji)
18. Desa Mantehage/Buhias (Yonas Beret)
19. Desa Pontoh (Tutlind Piter)
20. Desa Bulo (Ivert Fendi Malinggato)
21. Desa Budo (Lisbet Lintogareng)
22. Desa Minaesa (Saprin Fana)
23. Desa Lansa (Musnoldi Sindua)
Hukumtua Antar Waktu periode Mei 2020:
1. Desa Kaima (Drs Bernadus Togas)
2. Desa Kawangkoan Baru (Antji Legesan)
3. Desa Nain Satu (Masye Soeroegalang)

Share