Sunday, 24 February 2019

Category: Minahasa Utara

Pemkab Minut dan Polres Gelar Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional

Airmadidi,KLABATNEWS-Asisten Administrasi Umum dr Jeane Symons MKes mewakili Bupati Minut Vonnie A. Panambunan, membuka kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 tingkat Minahasa Utara di Zero Point Sukur-Matungkas.

Acara yang digagas Kapolres AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK dan Pemkab Minut, ikut dihadiri  ibu-ibu Bhayangkari Polres Minut,  anggota Polres Minut, pejabat dan ASN Pemkab Minut, siswa SD-SMA serta masyarakat.

Usai sambutan bupati, Kapolres Minut memimpin acara deklarasi peduli sampah dan dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan. “Peduli sampah harus dimulai dari niat yg tulus dengan cara mengurangi membuag sampah sembarangan. Gerakan ini harus digelorakan terus supaya kepedulian terhadap tidak membuang sampah sembarangan tetap ada. Janganlah membuang sampah sembrangan,” kata Symons.

Terpisah, Kapolres AKBP Jefri RP Siagian SIK mengatakan, peringatan ini biarlah menjadi penyemangat untuk mengurangi membuang sampah sembarangan. Pisahkan sampah basah dan kering serta buanglah sampah pada tempatnya,” kata Siagian didampingi Sekretaris Dinas LH Minut Fredrik Tulengkey, SH.(*)

Bupati Minut Vonnie Panambunan Ikuti Rakorev RKPD 2018

Manado,KLABATNEWS-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi evaluasi (Rakorev) Hasil Pelaksanaan RKPD Tahun 2018 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara, Kamis 21 Februari 2019 di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Manado.

Rakorev yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey SE dihadiri Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, perwakilan Forkopimda Sulut,  bupati, wali kota, perwakilan instansi vertikal, Sekprov Edwin Silangen serta pimpinan Bappelitbang se-Sulut serta undangan lainnya.

Dalam presentasi di hadapan peserta rakorev Panambunan mengatakan, realisasi belanja 2018 berjumlah Rp900,4 miliar.  Bidang infrastrukrur kata Panambunan, 1194,69 km jalan kabupaten kondisi baik. Jembatan pada jalan nasional ada 19 unit kondisi baik, jembatan pada jalan nasional 19 unit kondisi baik, jembatan pada jalan kabupaten 72 unit kondisi baik. “Selain itu, pembangunan bidang kesehatan, pangan, pertanian, pertumbuhan ekonomi bergerak naik kemajuannya dri tahun sebelumnya. Semua capaian ini karena ada dukungan dari masyarakat Minahasa Utara,” kata Panambunan.

Sementara itu,  Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutan mengajak bupati, wali kota untuk bersama-sama membangun Sulawesi Utara yang juga menjadi tanggung jawab dan pekerjaan bersama. Pembangunan infrastruktur nasional di Sulut  yang sudah selesai nantinya akan memberi manfaat bagi masyrakat. “Saya beri apresiasi kepada wali kota dan bupati yang hadir dan marilah kita bersama-sama membangun Sulawesi Utara,” kata Dondokambey.(*)

DPRD Halmahera Selatan Berkunjung di Minut, Pelajari Perda tentang Perangkat Desa

Airmadidi,KLABATNEWS-DPRD Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara (Malut) berkunjung di Kabupaten Minahasa Utara, Rabu 20 Februari 2019. Tim yang dipimpin H Asnawi Lagalante diterima Asisten Administrasi Umum Drs Rivino Dondokambey, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos dan PMD) Desa Bobby Najoan SH dan staf ahli Sammy Rompis SSTP di kantor Dinsos dan PMD. Kedatangan 15 personil dari tanah Malut tersebut untuk mempelajari peraturan daerah tentang Perangkat Desa.

Asnawi mengatakan, pihaknya datang ke Minahasa Utara untuk mempelajari Perda tentang perangkat desa sesuai penerapan undang-undang tentang desa. Di dalamnya perlu mempelajari proses pemilihan dan pengangkatan hukumtua atau kepala desa serta pengangkatan perangkat desa. Dipilihnya Minahasa Utara karena karakter geografis daerah Minahasa Utara sama dengan Malut.

“Dalam rangka pembahasan perda perangkat desa perlu membandingkan dan mempelajari di Minahasa Utara,” katanya.

Terpisah,  Drs Rivino Dondokambey dan Bobby Najoan menyambut dengan baik kedatangan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan. Kata Dondokambey, Pemkab Minut akan menggelar pemilihan hukum tua setelah gelaran pemilu, dan saat ini desa yang akan menggelar pemilihan hukum tua dipercayakan kepada penjabat kumtua.  “Semoga kunjungan ini akan memberi manfaat bagi kedua daerah,” kata Dondokambey diaminkan Najoan.(sem)

BKPP Minut Ikut Awasi Apel Pagi ASN Setda

Airmadidi,KLABATNEWS-Disiplin mutlak dan wajib dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa kompromi. Apel pagi pukul 08.00 Wita Senin sampai Kamis dan setiap Jumat pukul 07.00 WITA harus diikuti ASN sekretariat daerah (Setda) dengan dikuti finger absen atau absen sidik jari.

Selasa 19 Februari 2019, pukul 08.00 Wita Badan Kepegawaian serta Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Minahasa Utara ikut mengawasi kegiatan apel ASN Setda yang diikuti para asisten, para staf ahli bupati, para kepala bagian, kasubag dan staf pelaksana. Hal ini dibuktikan Selasa 19 Februari 2019, tim BKPP dipimpin kepala BKPP Styvi Watupongoh SIP mengawasi dan mengambil absen peserta apel setda.

Kepala BKPP Styvi Watupongoh SIP mengatakan, inspeksi mendadak (sidak) sebagai bentuk pengawasan kedisiplinan ASN dalam kerja termasuk mengikuti apel pagi. “Disiplin wajib dilakukan ASN. Apel kerja pagi adalah bagian disiplin,” ujar Watupongoh dan diaminkan Kabid Disiplin dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara Asriyadi Lalompoh SSTP
saat melakukan sidak.

Lalompoh menambahkan disiplin adalah bagian dari hidup yang menyenangkan. “Jadikan disiplin apel pagi sebagai hobi,” kata Lalompoh mantan Kasubag TUP.(*)

Bupati VAP Rayakan 3 Tahun Pimpin Minut dan Resmikan Pembangunan RSUD Walanda Maramis 

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) meresmikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis, Senin 18 Februari 2019. Peresmian RSUD tersebut menjadi momentum spesial bagi bupati dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Pasalnya peresmian itu, bertepatan  3 tahun kepemimpinan Bupati Vonnie A. Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong. Panambunan dan Lengkong yang dilantik Gubernur Olly Dondokambey SE atas nama Menteri Dalam Negeri pada 17 Februari 2016 lalu di Guest House Bumi Beringin Manado.

Bangunan RSUD yang diresmikan yakni Instalasi Bedah Sentral (IBS), Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU). Sebelum pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, dilakukan ibadah peresmian sekaligus syukuran HUT Ke-3 Kepemimpinan Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati.

Momentum bahagia tersebut lebih lengkap saat bupati memasang dan meniup lilin hari ulang tahun kepemimpinan dan menerima suapan kue ulang tahun dari lansia, pejabat dan tim Jonathan Ministry serta lainnya.

“Terima kasih atas kesempatan dan karunia Tuhan, yang boleh menjaga kepemimpinan pemerintahan di Minahasa Utara sampai usia 3 tahun. Memasuki usia keempat tahun, biarlah penyertaan kasih Tuhan memimpin Minahasa Utara,” ujar bupati.

Hadir dalam acara peresmian dan syukuran HUT kepemimpinan yakni Kajari Airmadidi, perwakilan Polres Minahasa Utara, sekretaris daerah dan kepala perangkat daerah serta staf.(*)

VAP Hadiri Pencanangan Zona Integritas di PN Airmadidi

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Senin 18 Februari 2019 menghadiri pencanangan Zona Integritas ( ZI) di Pengadilan Negeri Airmadidi.

Dalam acara tersebut, bupati ikut menandatangani deklarasi serta mendukung ZI tersebut, sebagai semangat mendukung gerakan pelayanan publik yang maksimal dan wilayah bebas korupsi. “Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara salut dengan gerakan ini sebagai upaya penciptaan layan publik yang baik dan memuaska  masyarakat,” kata bupati didampingi Kabag Humas Dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi.

Penandatangnan gerakan Zona Integritas diawali Ketua PN Airmadidi Nova Laura Sasube Sh MH dan diikutii Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Ketus DPRD Berty Kapojos, Kajari Airmadidi, perwakilan Polres Minut, Perwakilan Dandim Bitung dan Kepala Rutan Kelas II  Manado. “Pemerintah Kabupaten  Minahasa Utara siap mendukung gerakan ini,” tambah bupati.(*)

VAP Berharap Kepala SKPD Serius dan Sungguh-Sungguh dengan Pemeriksaan BPK-RI

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) berharap, kepala perangkat daerah serius dan sungguh-sungguh dengan pemeriksaan BPK RI. Jika ada berkas yang perlu dilengkapi segera disiapkan. Hal ini dikatakan bupati melalui Kabag Humas dan Prokoler Pemkab Minut, Chresto F Palandi, SSTP, MSi di kantornya Selasa (12/02).

“Perangkat daerah harus kooperatif dengan pemeriksaan BPK. Berkas SPJ harus disiapkan dan berkoordinasi dengan Dinas Keuangan serta inspektorat,” ujar bupati pekan lalu.

Bupati menambahkan, kepala perangkat daerah beserta staf perlu  berkoordinasi terus dan bersinergi sehingga pemeriksaan berkas keuangan berjalan dengan baik. “Berkoordinasi itu penting, dalam rangka melengkapi berkas yang dibutuhkan BPK,” kata Panambunan melalui Kabag Humas dan Protokol Chresto F Palandi, SSTP, MSi.(*)