Tuesday, 25 June 2019

Category: Minahasa Utara

Bupati Minut dan Rombongan Kunjungi Kota Betlehem dan Turki

Bupati Vonnie Anneke Panambunan bertemu Wali Kota Beith Sahour Bapak JEHAD KHAIR pada suatu kesempatan.

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Vonnie A Panambunan melakukan kunjungan religius ke daerah Timur Tengah, Kota Betlehem dan Turki. Kunjungan bupati dan rombongan ke Timur Tengah tersebut memenuhi undangan pemerintah Kota Betlehem.

Dalam kunjungan tersebut, bupati bertemu dengan Mayor Of Beit Sahour Jehad Khair. Beith Sahour adalah salah satu kota kecil di Betlehem.
Tujuan kunjungan rohani ke negara di Timur Tengah dalam rangka studi komparasi wisata religius, mengingat  di Kota Betlehem banyak terdapat situs-situs rohani Kristen maupun Muslim.

Bahkan juga kunjungan itu dilakukan pertukaran pelajar dalam rangka pengembangan ilmu dan pengetahuan serta budaya antar daerah. Bupati merasa terharu dan bangga dengan perjalanan rohani tersebut, setelah melihat karya agung dan mulia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa seperti yang tertulis dalam kitab suci. Pemerintah Kabupaten Minut juga belajar bagaimana cara pengelolaan dan pengembangan wisata di tanah Betlehem Kota Daud, yang menjadi daya tarik dunia.

Bupati berterima kasih kepada pemerintah kota di Betlehem yang telah menerima bupati dan rombongan dengan baik dan berharap kunjungan ini akan menambah berkat Rohani bagi Minahasa Utara dan pengembangan pariwisata Minahasa Utara. Kunjungan ke Timur Tengah  akan menambah inspirasi dan kreasi dalam memajukan pembangunan Minahass Utara termasuk pengembangan lokasi wisata di Minahasa Utara.

Bupati juga mengajak wali kota di Betlehem berkunjung di Minahasa Utara dan jika tidak ada halangan, sang wali kota bersedia datang berkunjung di Minahasa Utara.

Bupati bersyukur pada Tuhan atas waktu dan kesempatan kunjungan bersama rombongan tokoh agama di tempat-tempat bersejarah secara religius dan bupati termotivasi untuk mengembangkan pariwisata di Minahasa Utara sebagi lokasi tujuan pariwisata dunia.

“Karya Tuhan sungguh luar biasa. Apa yang dicatat di kitab suci itu memang ada dan telah menjadi bagian peradaban dunia serta menjadi sejarah emas di era milenial modern ini,” kata bupati seraya berharap tanggapan positif publik atas kunjungan ini.(*)

Share

Polres Minut Gelar Donor Darah dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-73

Airmadidi,KLABATNEWS- Polres Minahasa Utara di bawah pimpinan Kapolres AKBP Jefry Siagian SIK menggelar donor darah dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-73, Jumat (21/06) digelar di aula Satya Haprabu Mapolres Minut kerjasama dengan PMI Kabupaten Minut.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yakni “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk masyarakat, Bangsa dan Negara.”

“Dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-73 tanggal 1 Juli 2019 nanti, Polres Minut menggelar sejumlah kegiatan yang positif di antaranya kegiatan donor darah ini yang sedang berlangsung,” ujar Kapolres.

Kegiatan donor darah ini lanjut Siagian merupakan hal yang positif dan ini merupakan kepedulian sosial antar sesama dan sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat.

Dalam kegiatan donor darah ini Kapolres Minut dan Ketua Bhayangkari Cabang Minut Ny Novi Jefry Siagian, serta para Kabag, Kasat, Kapolsek dan jajaran, Kasi dan Perwira serta Bhayangkari turut menyumbangkan darah.(*)

Share

Bupati VAP Lantik 102 Pejabat Pemkab Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar rolling besar-besaran, 102 pejabat dilantik oleh Plt Asisten I dr Jeane Symons mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) di aula Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rabu (19/06).

Pelantikan ini berdasarkan SK Bupati Nomor 821 BKPP/23/VI/2019 untuk 68 pejabat administrator dan SK Nomor 82/BKPP/24/VI/2019 untuk 34 pejabat fungsional.

Dari 68 pejabat administrasi yang dilantik tujuh di antaranya adalah camat.  Ketujuh camat yang dirolling tersebut yaitu Alexander Warbung dari Camat Airmadidi menjadi Camat Kalawat. Sekretaris Bappelitbang Vandi Posumah menjadi Camat Likupang Timur, Adrian Walansendouw didefinifkan menjadi Camat Likupang Selatan, Vicky Luntungan Kabid Dinas P3A menjadi Camat Airmadidi, Donald Tintingon Perencanaan dan Pembinaan Aparatur di BKPP menjadi Camat Talawaan.

Sekcam Likupang Barat Sweingly Tankainginan naik menjadi Camat Likupang Barat. Kemudian Sekcam Dimembe Ansye Dengah diangkat menjadi Camat Dimembe menggantikan Marco Karongkong.

Mantan Camat Camat Likupang Barat Alfons Tintingon menjadi Kabid di Dinas Pemuda dan Olahraga. Johan Wewengkang mantan Camat Kalawat menjadi Sekretaris Pemuda dan Olahraga. Sedangkan Marco Karongkong menjadi Sekretaris Pol PP dan Damkar.

Dalam sambutannya Asisten I mengungkapkan mutasi jabatan atau perpindahan tempat kerja merupakan suatu hal yang sangat wajar.

“Hal ini utamanya dilakukan dalam rangka memberikan penyegaran yang sangat diperlukan guna menciptakan dan menjaga pola kerja yang lebih efisien, efektif dan tepat guna,” kata Symons.

Symons mengingatkan agar pejabat yang dilantik harus memahami tugas, fungsi dan tanggung jawab yang dipercayakan. Kedisplinan juga memiliki penting dalam kedudukan keberhasilan dalam kerja.

“Untuk itulah harapan saya kepada saudara yang dilantik pada hari ini dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dab setiap saat mencermati perubahan sesuai tuntutan jaman. Di mana pejabat struktural merupakan bagian dari pelayanan dalam masyarakat. Top manager harus menyerap, mengayomi setiap masukan dan aspirasi bawahan,” jelasnya.

Sementara itu diungkap Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Styvi Watupongoh bahwa 102 pejabat yang dilantik terdiri dari 34 pejabat Administrator, 34 pengawas, 26 fungsional kepala sekolah, dan 8 fungsional pengawas.(*)

Share

Bimtek Pengelolaan Barang dan Launching Aplikasi AGIS Minut,

Airmadidi,KLABATNEWS-Badan Keuangan menggelar bimbingan teknis pengelolaan barang milik daerah tahun 2019 dan Launching Asset Geographic Information System Kabupaten Minahada Utara (AGIS Minut) Serta simda BMD online di Hotel Sutan Raja Watutumou 2 Minut, Selasa 18/6/2019.

Bimtek dibuka oleh Bupati Minahasa Utara melalui Sekertaris daerah Ir Jemmy Kuhu, MA didampingi kepala badan keuangan Minut Petrus Macarau, SE dihadiri sekertaris badan pengembangan SDM privinsi Sulut Paulus Tamaka dan perwakilan BPKP Sulut Abdul Rahim Fahmi.

Dalam sambutan bupati, Kuhu menyampaikan, Pengelolaan aset merupakan salah satu unsur penting yang menjadi landasan dalam penyusunan laporan keuangan daerah, karena itu pengelolaan harus dilakukan secara baik, tertib dan sistemtis.

Pemerintah perlu mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola aset daerah sesuai dengan peraturan, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, agar laporan keuangan menuju good goverment.

” Para pengurus barang merupakan ujung tombak dalam pengelolaan aset negara, lakukanlah pengelolaan aset daerah secara baik dan benar,”ucap Kuhu.

Kaban keuangan menambahkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan SDM pengurus penyimpan barang terhadap pengelolaan barang milik daerah dalam laporan pertanggungjawaban dan mekanisme pengelolaan barang menggunakan aplikasi SIMDA BMD serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman pengurus dan penyimpan tentang sistem penerapan dan penggunaan SIMDA BMD yang berbasis Akrual.

Kepala Bidang Aset Minahasa utara Jurike Wenas, SH, MH

Pemahaman tentang penerapan penyusutan barang milik daerah, penyusunan kembali inventaris aset yang ada di tiap-tiap daerah, menyusun usulan penghapusan barang milik daerah serta pemahaman terhadap mekanisme pembuatan laporan persediaan.

“Aset barang Minut tercatat sangat besar padahal banyak barang rusak. ini perlu ada penghapusan sehingga meminimalisir inventaris yang ada namun sesuai dengan aturan yang ada,” ucap Macarau.

Kepala bidang Aset Jurike Wenas, SH, MH yang merupakan penggagas proyek perubahan AGIS Minut menjelaskan melalui AGIS Minut, terinventarisasi dan tervalidasi data aset tanah serta adanya peta digital aset tanah yang dapat digunakan oleh berbagai pihak untuk pembangunan dan dapat mengkoreksi data KIB A aset tanah yang ada di SIMDA BMD dan dapat sebagai bahan perbaikan.

” Informasi data aset tanah Minut secara akurat kita dapat melihatnya dalam situs wwww.agisminut.id, baik data, lokasi serta ukurannya,”ungkap Wenas

Peserta Bimtek diikuti oleh pengurus barang dan pembantu pengurus barang pengguna perangkat daerah Minahasa Utara.

Share

VAP Canangkan Taman Keanekaragaman Hayati di Pinilih

Dimembe,KLABATNEWSOK.com-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Utara Hidup lakukan terobosan brilian. DLH membuat Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) di Desa Pinilih Kecamatan Dimembe. Taman Kehati dicanangkan Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Jumat 14 Juni 2019 di Pinilih sehubungan dengan Hari Keanekaragaman Hayati se-dunia yang memiliki tema Jaga Keseimbangan Keanekaragaman Hayati untuk Kesimbangan Hidup.

Peringatan Hari Kehati Sedunia dan pencanangan lokasi taman Kehati dihadiri Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu, MA, Akademisi Unsrat DR Max Rembang, perwakilan DLH Prov. Silut,  mahasiswa Unsrat Manado, Plt Kadis LH Berty Ngangi, Camat Dimembe Marco Karongkong serta Kumtua Pinilih.

Pencanangan taman Kehati sekaligus dengan penyerahan kendaraan roda tiga dan penanaman pohon.
Menurut bupati,  hari keaneragaman hayati sedunia diperingati sebagai momentum bagi kita, untuk menjaga keanekaragaman hayati untuk keseimbangan hidup. Peringatan ini dirangkaikan  dengan pembuatan taman  keanekaragaman  hayati yang disingkat taman Kehati. “Marilah kita jaga dan lestarikan keanekaragaman hayati,” kata bupati.(van)

Share

Komplotan Pencuri Sapi Diringkus Polsek Dimembe

Dimembe,KLABATNEWS-Dalang dari banyaknya kasus pencurian sapi di Minahasa Utara (Minut) akhirnya terkuak.

Selasa (11/6/2019), Polsek Dimembe berhasil meringkus 7 pelaku komplotan pencuri sapi, di sejumlah tempat di Kecamatan Dimembe, Talawaan dan Kalawat.

Ketujuh pelaku masing-masing Fitri Rumondor (49) beralamat di Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken yang adalah residivis kasus yang sama, Piter Paduli (33) alamat Desa Lopana 1 Kecamatan Amurang Timur Minahasa Selatan (Minsel), Suprianto Ambalao alias Opal (27) alamat Desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat Minut juga residivis, Fadly Parengan alias Adi (24) alamat Desa Paniki Atas Kecamatan Talawaan Minut, David Sirap alias Eyes (25) alamat Desa Koltem Kecamatan Kalawat Minut, Vera Runtu (35) alamat Desa Kawangkoan Baru dan Riswanto Gole Alias Ade (35) alamat Kelurahan Singkil I lingkungan VI Kecamatan Mapanget yang berperan sebagai penadah.

Selain mereka bertujuh, ada lagi satu pelaku yang masih buronan yaitu Maikel Kaeng alamat Kelurahan Taas Kecamatan Tikala yang bertindak sebagai penadah hasil curian.

Kapolsek Dimembe AKP Edi Susanto SSos mengatakan, pelaku Opal dan Vera berstatus sebagai suami istri.

Menurut Edi Susanto, aparat melakukan pengejaran terhadap tersangka, berdasarkan laporan warga bernama Abigael Dungus warga Desa Laikit Kecamatan Dimembe yang pada Senin (10/6/2019) kehilangan sapi miliknya ketika diikat di perkebunan desa.

“Dari hasil pengembangan Sat Reskrim Polsek Dimembe, maka dikantongi delapan identitas pelaku. Sehingga pengejaranpun langsung dilakukan di alamat masing-masing,” ujar Edi yang memimpin langsung pengejaran tersangka.

Dalam melakukan aksi, komplotan ini menggunakan mobil sewaan, melakukan survei dan mengeksekusi target dengan cara mengikat kaki sapi dan langsung dimuat hidup.

“Ada juga sapi dipotong-potong lalu dimuat. Saat beraksi, mereka seringkali membagi tiga kelompok Fadly, David dan Vera, Opal dan Piter kemudian Piter dan Fitri menggunakan kendaraan,” terang Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Iwan Toani SH.

Usai sapi berhasil dicuri, pelaku menghubungi Riswanto Gole Alias Ade dan Maikel Kaeng sebagai penadah.

Dari pengakuan komplotan ini ada lima belas ekor sapi yang sudah mereka curi dari berbagai tempat, diantaranya untuk Minut di Desa Klabat, Laikit, Paniki Atas, Watutumou, Maumbi, Wusa, Werot, Kauditan, dan Tongkaina.

Untuk wilayah Manado yaitu di Kelurahan Bailang, Paniki Bawah, dan Tongkaina.

Untuk wilayah Minahasa ada di wilayah Warembungan Kecamatan Pineleng, Amurang Minsel dan Kelurahan Kumeresot Kota Bitung.

“Sapi dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp2.5 juta sampai dengan Rp6.5 juta. Hasil penjualan sapi ini dibagi rata setiap anggota komplotan,” tutup Edi.(*)

Share

Bupati Minut Pimpin Apel Perdana Usai Libur Idul Fitri

Airmadidi,KLABATNEWS-Usai sudah libur cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijiriah di tahun 2019. Kini Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mulai kerja, dan diawali dengan apel kerja yang dipimpin langsung Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Senin 10 Juni 2019 di Pendopo kantor bupati. Apel pagi  diikuti Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu MA, para staf ahli bupati, para asisten, kepala perangkat daerah dan staf pelaksana.
Usai apel,  bupati, sekretaris daerah dan kepala perangkat daerah berjabat tangan dengan ASN yang beragama muslim di lingkup Pemkab Minahasa Utara, sebagai wujud silaturahmi kebersamaan dan persaudaraan sesama keluarga besar ASN Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam amanat apel, bupati menyampaikan selamat hari raya idul fitri bagi ASN muslim, selamat bersuka cita di hari kemenangan dan senantiasa diberi kekuatan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. “Walaupun sudah lewat, saya menyampaikan selamat hari raya idul fitri bagi teman-teman ASN muslim,” kata Panambunan.

Panambunan dalam kesempatan itu memanjatkan syukur dan mengajak ASN bersyukur pada Tuhan dengan prestasi opini WTP ke-4 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tahun anggaran 2018. “Ini prestasi kita semua dan tingkatkan prestasi yang ada untuk tahun anggaran 2019. Target kita semua adalah WTP ke-5 tahun depan,” katanya.

Bupati meminta ASN dan masyarakat untuk tetap jaga kebersamaan, jaga persaudaran serta jaga rasa kekeluargaan sesama warga Minahasa Utara. Ciptakan Minahasa Utara daerah kondusif, aman dan nyaman. Jauhilah Minut dari aksi terorisme, radikalisme dan hoax serta ujaran ataupun pesan kebencian kepada sesama masyarakat maupun kepada pemerintah. “Jagalah semangat kebersamaan, terima kasih warga Minahasa Utara, TNI dan Polri yang telah jaga keamanan  dan ketentraman sampai saat ini,” kata Panambunan.(humas minut)

Share