Sunday, 25 August 2019

Category: Minahasa Utara

Mishalya Ombuh Bangga jadi Pembawa Baki di Upacara HUT RI ke-74

Airmadidi-RASA bangga dan bahagia terlihat di wajah Mishalya Kirey Wilhelmina Ombuh. Pasalnya, siswi SMA Klabat Airmadidi dipercayakan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pemegang baki bendera merah putih. Tegang dengan penuh perhatian bagi siswi kelahiran 10 Agustus 2004, saat dirinya menaiki tangga podium utama menerima bendera dari Bupati Vonnie Anneke Panambunan. “Tegang tentunya, tapi tetap fokus dan perhatian. Ini semua pertolongan dan kemampuan dari Tuhan,” kata putri dari Edwin Ombuh S.Sos, MSi dan Masye Sofie Mekel.

Mishalya berterima kasih kepada Tuhan, Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan instruktur Paskibraka yang memberikan kepercayaan kepada dirinya. Bagi siswi yang bercita-ciya menjadi Pamong Praja ini mengaku bangga akan jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah. Ini akan memotivasi bagi dirinya untuk memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara. “Terima kasih para pahlawan, jasa-jasa kalian sangat besar bagi bangsa Indonesia,”kata Kirey anak kedua dari empat bersaudara.(*)

Share

Bupati VAP Inspektur Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-74

Airmadidi,KLABATNEWS-Upacara Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019 Kabupaten Minahasa Utara berlangsung sukses. Bupati Vonnie Anneke Panambunan bertindak sebagai inspektur upacara pada hari kemerdekaan RI ke-74 dengan komandan upacara Iptu Tommy dari Polres Minahasa Utara.

Upacara yang digelar di lapangan kantor bupati dihadiri Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, ketua DPRD Minahasa Utara, kajari Minahasa Utara, kapolres Minahasa Utara, ketua PN Airmadidi, mewakili Kapolresta Manado, Dandim Bitung, Dandim Manado, Danlanal Manado, Danlanud Sam Ratulangi Manado, sejumlah anggota DPRD Minahasa Utara, Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu, komisioner KPU dan Bawaslu. Pimpinan Perbankan, BPJS, LVRI, Ikatan Pendiri Minahasa Utara, pimpinan Partai Politik, mantan penjabat bupati Ruddy Umboh, pimpinan perangkat daerah, orang tua Paskibraka, ASN, wartawan dan undangan lainnya.

Peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Kopri, Satpol, Basarnas, Pramuka serta siswa SMA. Pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka. Pasukan delapan Paskibraka terdiri dari Misalya Ombuh siswi SMA Klabat Airmadidi dipercayakan pembawa baki dan bendera merah putih. Pengibar bendera yakni Jeswendy Karepoan, Bernard Malonda dan Natanael Tamara,  Injilia Wolajan, Vanesa Kilis dan Rosana James, sementara itu Komandan Kelompok 17 yakni Vicky Pangemanan serta Komandan Pasukan Paskibraka Letda Amal Supu.

Usai upacara dilanjutkan dengan toast dan resepsi kenegaraan di atrium kantor bupati. Acara resepsi dirangkaikan dengan pemasangan lilin kue HUT kemerdekaan dipimpin bupati dan didampingi Forkopimda. Selain itu penyerahan Piagam Penghargaan kepada para hukum tua dan pimpinan perusahaan swasta lunas PBB, penghargaan ASN Teladan serta hadiah pemenang sejumlah kegiatan.
Sore hari, upacara penurunan bendera dengan inspektur upacara Kajari Airmadidi Fanny Widyastuti MH.(*)

Share

Bupati Vonnie Panambunan Kukuhkan 30 Anggota Paskibraka Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan menjadi Inspektur upacara sekaligus mengukuhkan 30 Anggota pasukan Pengibaran bendera pusaka (Paskibraka) HUT kemerdekaan RI ke 74 pada tanggal 17 Agustus 2019 di Atrium kantor bupati Minahasa utara, jumat 16/8’2019.

Secara simbolis Bupati VAP memasangkan secara simbolis Pin salah satu anggota paskibraka yang akan bertugas menjadi pemimpin upacara Vicky Panambunan dari SMA N 1 Airmadidi.

Dalam sambutan Bupati menyampaikan selamat kepada adik-adik paskibraka yang terpilih, kalian merupakan putra putri terbaik minahasa utara yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan mengemban tugas yang membanggakan ini.

“Bertugaslah dengan baik sebagai bentuk mengisi kemerdekaan di negara yang kita cintai ini, berusahalah mengembangkan jiwa kebangsaan, kebersamaan, keharmonisan ” ucap Bupati VAP.

Lanjutnya, adik-adik harus mengenal jati diri bangsa dan berperilaku sesuai dengan nilai -nilai pancasila.

Hadir dalam kegiatan ini Sekdakab Minut Ir Jemmy Kuhu, MA, Asisten 1,ll,lll, para kepala SKPD dan para orang tua dari anggota paskibraka.(*)

Berikut nama-nama 30 angota Paskibraka HUT RI ke 74 tahun 2019.
1.Vicky Panambunan SMA N 1 Airmadidi
2.Vickers Sumakul SMA N 1 Airmadidi
3.JeswendyKarepouwan SMANAirmadidi
4.Anugerah Hasanudin   666SMA N Airmadidi
5.Bernard Kolondam SMA N 1 Likupang
6.Siryon Misade SMA N 1 Airmadidi
7.Kluivert Simons SMA N Kauditan
8.Putra Tamahu. SMA N 1 Kalawat
9.Bargent Sundalangi SMA N 1 Likupang
10.Noverly Natari SMA N 1 Airmadidi
11.Real V Lahutung SMA N 1 Airmadidi
12.Agung YunantaSMA KosgoroMaumbi
13.Natanael Tamara SMA Katolik Donbosco Lembean
14.Rico Ratu SMA Katolik Donbosco Lembean
15.Vanesa Kilis SMA kema Perintis
16.Leyzar Warouw SMA N 1 Airmadidi
17.Indah Tampilang SMA N 1 Airmadidi
18.Tamiko Pangau SMA N 1 Airmadidi
19.Wihelminal P SMA N 1 Airmadidi
20.Angelina K SMA N 1 Airmadidi
21.Selvia Palit SMA N 1 Airmadidi
22.Josephine M SMA N 1 Airmadidi
23.Injilia Wolajan SMA N 1 Airmadidi
24.Mishalya Ombu SMA N 1 Airmadidi
25.Regina Manua SMA N 1 Airmadidi
26.Zefanya Sundah SMA Kristen Imanuel Laikit
27.Clarisa Pangemanan SMA N 1 Airmadidi
28.Eugenio Susilo Manado Independen School
29.Rosna James Manado Independen School
30.Lady L Lumingkewas Manado Independen School

Share

Dewan Kawasan Ekonomi Khusus Nasional Setujui Penetapan KEK Likupang Minahasa Utara

Jakarta,KLABATNEWS-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan didampingi Asisten Administrasi Pembangunan mengikuti Sidang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jalan Ali Wardhana Jakarta, Kamis 15 Agustus 2019.

Pembahasan tersebut ikut dihadiri kementerian dan lembaga terkait yakni Menteri Perindustrian, Menteri Agraria dan ATR, Kepala BKPM, Deputy Menpar Bid. PDP. Menteri Perhubungan, Menteri Perencanaan Pemb. Nasional,
Pembahasan tersebut sangat penting, karena keputusan Sidang Dewan KEK Nasional nantinya akan menyetujui Penetapan KEK Likupang untuk diproses Peraturan Pemerintah, sebagai KEK.

“Pemkab Minut sangat setuju dan serius mendukung Likupang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Ini harus dikawal dan dibahas serta didukung semua pihak. Semoga ini akan menjadi kenyataan sesuai harapan rakyat Sulut dan Minut,” kata bupati.

Dalam pembahasan tersebut, Bupati didampingi Asisten Adm. Pembangunan Drs Allan Mingkid dan Kabag Humas dan Protokol Chresto F. Palandi, SSTP MSi.(*)

Share

Camat Kauditan Buka Kegiatan Pawai Kendaraan Bocah

Kauditan,KLABATNEWS-Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Pemerintah Kecamatan Kauditan melaksanakan pawai kendaraan bocah SD, TK, Paud, kelompok bermain se-Kecamatan Kauditan, Rabu (14/08). Dengan jumlah kendaraan 230 unit.

Pawai kendaraan ini dibuka langsung oleh Camat Kauditan Martho Rasubala dengan mengambil start dari depan kompleks Persekolahan Universitas Klabat dengan melewati jalan Minawerot, Watudambo, Pimpin Kema, Tontalete dan finish di panggung penghormatan Desa Kauditan 1.

Menurut Camat Kauditan Martho Rasubala kegiatan pawai kendaraan bocah ini untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-74. “Untuk memupuk rasa kecintaan kepada NKRI, semangat persatuan dan kesatuan serta menanamkan semangat kebangsaan Indonesia kepada anak-anak sejak dini,” kata Camat.(*)

Share

Bupati Minut Hadiri Kenal Pamit Kejari Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menghadiri acara kenal pamit kepala kejaksaan negeri Minahasa Utara dari Ibu Rustiningsih SH MSi kepada Ibu Fanny Widyastuti SH MH yang dilaksanakan di atrium kantor Pemkab Minut, Rabu (14/08).

Setelah bertugas selama dua tahun sembilan bulan bertugas di Minut, Rustiningsih mengaku bersyukur Tuhan berkenan memberi tugas. “Saya berterima kasih bupati Minut Vonnie Panambunan dan jajaran Pemkab Minut. Forkopimda yang mendukung tugas saya. Saya mohon diri dan mohon dukungan doa di tempat tugas yang baru sebagai Kajari Kudus,” tutur Rustiningsih.

Sementara Kajari Minut yang baru Fanny Widyastuti SH MH mengaku ini tugas pertamanya di luar Jawa. “Saya sudah di briefing Kejati, untuk meningkatkan pelayanan publik dengan membangun sarana prasarana. Mari kita sama-sama memajukan pelayanan. Saya harap kita semua saling mendukung dan membantu,” kata Widyastuti.

Sementara itu bupati, menyampaikan permohonan maaf apabila jajaran Pemkab Minut ada kesalahan, dan bupati juga mengucap terima kasih kepada ibu Rustiningsih yang telah bekerja dengan baik di Kabupaten Minahasa Utara. “Terima kasih banyak Ibu Rustiningsih yang telah bekerja di Minut dan tak saya mohon maaf apabila ada kekurangan dari kami dan jajaran Pemkab Minut selama ini. Dan selamat datang kepada Ibu Fanny Widyastuti SH MH kajari yang baru,” kata bupati. (*)

 

Share

Sekda Minut Hadiri Launching Festival Desa Wisata Nusantara di Jakarta

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Vonnie Anneke Panambunan diwakili Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu, MA menghadiri launching festival Desa Wisata Nusantara yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan tersebut digagas Direktorat Jenderal Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendes PDTT).

Acara yang dihadiri oleh para gubernur, bupati, Kepala Dinas PMD dan Pariwisata se-Indonesia ini merupakan kebijakan pemerintah pusat guna terwujudnya pemanfaatan dana desa yang tepat guna dan sasaran.

Perlu diketahui bahwa pada Tahun 2019 sudah 2764 Desa Wisata dan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi telah mengembangkan 157 desa untuk dijadikan desa wisata berstandar internasional.

Festival Desa Wisata bertujuan untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri dan berdaulat, Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Peningkatan Kualitas Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa, dan Peningkatan Kesempatan Kerja Masyarakat Desa.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mitra kementerian, para gubernur dan bupati yang telah membantu keberhasilan pelaksanaan program kami di daerah masing-masing terutama melalui dana desa dan target RPJM Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi telah melampaui target yang telah ditentukan.

Pada kesempatan itu pula, Eko Putro Sanjojo, mohon pamit dihadapan para gubernur dan bupati karena masa jabatannya sudah hampir berakhir dan beliau juga menyampaikan bahwa InsyaAllah tahun depan jumlah ADD akan semakin besar guna pemerataan pembangunan di desa.

Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu, mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan hadir pada acara launching tersebut didampingi Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Minahasa Utara, Bobby N, SH menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Desa atas capaian target yang begitu besar dan sukses dalam melaksanakan program pembangunan di sektor perdesaan.(*)

Share