Monday, 17 December 2018

Category: Minahasa Utara

Pemkab Minut Safari Natal di GPdI Lilang Kecamatan Kema

Kema,KLABATNEWSOK.com–
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), mengawali rangkaian Safari Natal di Desa Lilang, Kecamatan Kema di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Lilang dengan ibadah Pra-Natal yang dipimpin Pendeta Judita Kawuwung, Kamis (13/12).

Bupati dalam perayaan Pra-Natal itu dalam sambutannya mengajak seluruh warga terutama rakyat di Desa Lilang Kecamatan Kema, untuk memaknai Natal dengan kasih.

“Kasih merupakan bentuk anugerah Tuhan yang nyata bagi kehidupan umat yang percaya dengan kelahiran Yesus sebagai penggenapan nubuat yang telah diberitakan melalui Alkitab Perjanjian Lama.

Kelahiran Yesus sudah dinubuatkan dan Natal harus disyukuri sebagai anugerah yang terindah dari Tuhan dan saya mengajak kepada seluruh rakyat Minahasa Utara untuk memaknai Natal dengan kedamaian dan kasih. Prinsipnya menyambut Natal, torang harus bersyukur dengan kesederhanaan,” kata bupati.

Sementara itu pada kesempatan itu juga Hukum Tua Desa Lilang Rolli Rorong mengungkapkan permintaan Jemaat GPDI Lilang kepada Ibu Bupati untuk memberikan nama terhadap gereja yang sejak dibangun belum ada penamaan. “Ibu bupati kami memohon sebagai Jemaat dan gembala GPdI untuk memberikan nama gereja ini,” ujar Rorong.

Bupati kemudian merespon positif permintaan ini dengan menamai Tiberias untuk GPdI Lilang.

Camat Kema Fredriek Tulengkey, SH pafa sambutannya menyatakan, dirinya sangat berterima kasih atas dukungan seluruh perangkat desa dan para hukum tua Kecamatan Kema teristimewa di Desa Lilang.

“Saya berterima kasih kepada semua yang mendukung kegiatan ini, terutama Hukum Tua Lilang beserta ibu serta para perangkat dan masyarakat. Tuhan memberkati kita semua,” tutup camat.

Bupati VAP secara spontan memberikan ungkapan syukur kepada jemaat dan bantuan bagi gereja.

Sementara itu Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Minut Chresto F Palandi SSTP, MSi menyebutkan pelaksanaan Safari Natal Pemkab Minut dipimpin ibu Bupati akan berlanjut hingga ke-10 Kecamatan di Minut.

“Untuk Jumat 14 Desember besok, pelaksanaan Safari Natal akan ke kecamatan Likupang Timur dan Likupang Selatan,” kata Palandi.

Hadir dalam safari Natal perdana ini Forkopimda Minut, di antaranya Kepala Kejaksan Negeri Airmadidi, Kapolres Minut, Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi, Sekda Minut Ir. Jimmy Kuhu, MA, jajaran pemkab Minut, pimpinan SKPD, pejabat eselon II dan III, Para Camat, Tokoh Masyarakat, pemerintah dan masyarakat desa Lilang.(*)

Share Button

VAP Jadi Inspektur Upacara Pada HUT Korpri Ke-47 dan Peringatan Hari Guru

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT Korpri ke-47 sekaligus memperingati Hari Guru, yang dilaksanakan di lapangan upacara kantor Pemkab Minut, Kamis (27/11).

Bupati dalam amanah menyampaikan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terjebak pada egoisme.

“Presiden Jokowi menegaskan revolusi lndustri telah membawa perubahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat tersebut harus diantisipasi ASN dengan melakukan banyak penyesuaian,” tutur Bupati saat membacakan sambutan Presiden RI.

Lanjutnya, perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.

“Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut, akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja,” jelasnya.

Untuk itu diingatkan kepada seluruh ASN lapisan pemerintahan dan sektor, agar tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-program masing-masing.

“Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” tutur Bupati.

Bupati kepada wartawan mengatakan dengan sambutan presiden bahwa ASN terlebih guru-guru harus mengabdi yang benar, mengajar yang benar agar supaya anak didik menjadi pinter.

“Harapan saya mereka lebih baik lagi mengajar. Jangan sampai murid lebih pintar dibandingkan guru,” tutur Panambunan.(*)

Share Button

APBD 2019 Kabupaten Minut Disahkan

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-akhirnya APBD 2019 Kabupaten Minahasa Utara disahkan di dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara di kantor DPRD Tumatenden Minahasa Utara, jumat, 30/11/2018, setelah dua hari berturut-turut ditunda.

Sidang Paripurna dipimpin ketua DPRD Minut Berty Kapojos SSos didampingi Wakil Ketua Drs Denny Wowiling MSi dihadiri Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan, S.Th, Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu MA, Forkopimda, para anggota DPRD Minut, kepala-kepala SKPD dan jajaran.

Anggaran Belanja dan Pendapatan daerah tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara :
1. Pendapatan Rp. 910.469.764.134,-
2. Belanja Rp.919.719.794.134,-
3. Pembiayaan Rp.9.250.000.000,-

Pendapat akhir dari Fraksi adalah menerima dan menyetujui APBD 2019 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah. Namun ada catatan-catatan yaitu meminta pemerintah kabupaten Minahasa Utara :

*Partai PDIP.
1. Memerintahkan Dinas Tenaga Kerja dan UKM UMKM untuk segera menyerahkan dan menyalurkan bantuan UKM APBD induk Tahun Anggaran 2018 dan APBDP Tahun Anggaran 2018 agar diterima oleh masyarakat Minut.
2. Menganggarkan pembebasan lahan untuk ganti untung pelebaran jalan ruas Tatelu Kolongan dan siap untuk dilakukan pembayaran sebesar 7 miliar rupiah, mendukung KEK pariwisata di Likupang.
3. Menganggarkan pembebasan lahan Dinas Perhubungan dan Dinas Pangan dengan catatan harus dilaporkan kepada Badan anggaran bahwa lokasi tersebut bukan aset daerah.
4. Memerintahkan kepada Dinas Sosial PMD dalam memberikan bantuan sosial dan hibah harus terlampir By name by address dalam buku APBD Minahasa Utara sebelum dievaluasi pemerintah provinsi Sulut.
5. Menindaklanjuti jawaban tertulis yang diminta fraksi baik dalam pemandangan umum maupun pendapat akhir fraksi yang selama ini belum pernah dijawab setiap kali pertanyaan kepada SKPD terkait.

* Partai Gerindra.
1. Dalam penyerapan APBD tahun 2019 guna pembayaran tanah Kantor Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara agar dapat memperhatikan status tanah tersebut diharapkan membayar tanah yang tidak bermasalah.
2. Pembentukan Pansus aset pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di tahun 2019 dalam rangka menginventarisir keberadaan aset-aset Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.
3. Menindaklanjuti surat dari partai Gerindra tentang penggantian antar waktu anggota DPRD dan pergantian pimpinan DPRD.

*Partai Golkar.
1. Memberi apresiasi serta terima kasih kepada Bupati Minahasa Utara yang telah Menindaklanjuti aspirasi hukum tua dan perangkat desa terhadap kenaikan tunjangan.
2. Mempertanyakan terhadap kewenangan pejabat hukumtua Desa Wangurer Likupang Selatan yang mengadakan pergantian 9 perangkat desa yang menyebabkan potensi instabilitas bisa terjadi, untuk dievaluasi.

*Partai Demokrat
1.Pembiayaan kantor Dinas Pangan dan Dinas Perhubungan harus ada surat keterangan dari APBD bahwa lokasi tersebut bukan aset daerah dan surat tidak bermasalah dari pemerintah setempat.
2. Para Camat agar lebih meningkatkan fungsi pengawasan kinerja terhadap pemerintah Desa, karena ada beberapa desa yang masih melakukan pungutan administrasi dalam rangka kepengurusan surat-surat keterangan, seperti surat keterangan usaha atau surat keterangan rekomendasi atau surat pengantar lainnya yang menurut pemerintah desa berdasarkan peraturan desa. Sebab yang namanya pungutan sudah diatur dalam Perda retribusi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang secara otomatis Perdes tentang pungutan yang ada di desa sudah tidak berlaku lagi karena sudah disupport lewat dana desa dan ADD. Jadi, jika masih ada pungutan yang ada di desa berdasarkan perdes kami Fraksi Partai Demokrat menganggap itu adalah pungutan liar atau pungli.
3. Pembentukan Pansus aset pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di tahun 2019 2019 untuk menginventarisir dan mengkreasikan keberadaan aset pemerintah daerah yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati VAP dalam sambutan mengucap syukur kepada Tuhan karena masih diberkati sampai saat ini. Mengapresiasi semua fraksi yang telah menyetujui rancangan peraturan APBD perubahan dan menerima semua kritik dan saran untuk kemajuan Minahasa utara.

“Tidak semua tuntutan dan keinginan masyarakat dapat dipenuhi serta diakomodir. Akan tetapi keterbatasan ini akan menjadikan semangat kami untuk bekerja sehingga mempercepat percepatan pembangunan untuk membangun Minut. Agar ke depan bisa lebih baik lagi,” paparnya.(*)

Share Button

VAP Buka Sosialisasi Reformasi Birokrasi dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara

Kalawat,KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui inspektorat Minut menggelar sosialisasi reformasi birokrasi dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur sipil negara (LHKASN) dilaksanakan di Hotel Sutan Raja, Watutumou 2, Kecamatan Kalawat, Selasa 27/11/2018.

Kegiatan ini dibuka Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP), dalam sambutannya bupati mengatakan, melalui sosialisasi ini akan menciptakan birokrasi pemerintahan di Minahasa Utara yang profesional, efektif dan efisien, dan bebas KKN sebagaimana tujuan reformasi birokrasi.

“Saya mengharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialiasasi ini dengan baik agar birokrasi di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara semakim hari semakin baik,” kata bupati.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini yakni Naptalina Sipayung SH MAP Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III, Herlin Sukmawati Sekertaris Pimpinan pada Deputi RB dan Fungsional umum tertentu (Fungwas) menyampaikan bahwa kewajiban para Pegawai Negeri Sipil untuk lebih transparan terhadap harta kekayaan yang dimiliki sebagai pembuktian Fakta Integritas dalam mewujudkan clean governance (pemerintahan yang bersih).

“LHKASN diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian LHKASN di lingkungan Instansi Pemerintah. Untuk pelaksanaan LHKASN di daerah diharapkan masing-masing pemerintah daerah mampu menuangkan dalam peraturan-peraturan yang mampu menjadi pedoman dalam pelaksanaan LHKASN di masing-masing daerah. Pelaporan LHKASN dilaksanakan 1 (satu) bulan setelah menjabat atau berhenti dari jabatan (promosi/pensiun) dan 3 (tiga) bulan setelah kebijakan ditetapkan. LHKASN adalah dokumen penyampian daftar seluruh harta kekayaan ASN beserta pasangan dan anak yang masih menjadi tanggungan dan dituangkan ke dalam Formulir LHKASN yang telah ditetapkan oleh Menteri PAN dan RB. Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) wajib ikut serta mengawal pelaksanaan pelaporan LHKASN agar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu untuk meningkatkan mutu pembinaan dan pengawasan Inspektorat Provinsi Bali sedang menjajaki untuk menjalin kerjasama dengan pihak Aparat Penegak Hukum (APH), agar tercipta tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” Sipayung.

Adapun Kebijakan yang perlu ditetapkan oleh Pimpinan Instansi Pemerintahan adalah:

• Menetapkan Wajib Lapor Kekayaan bagi pejabat yang memangku jabatan strategis dan rawan KKN, para pengelola anggaran dan panitia pengadaan barang dan jasa untuk menyampaikan LHKPN kepada KPK;
• Menetapkan Wajib Lapor Kekayaan kepada seluruh pegawai ASN selain yang telah ditetapkan sebagai wajib lapor LHKPN untuk menyampaikan LHKASN kepada pimpinan instansi pemerintah
• Mengoptimalkan Peran APIP

Tampak hadir dalam sosialisasi Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu, MA, para kepala perangkat daerah, Eselon lll, Eselon lV.(*)

Share Button

Bupati Minut Vonnie Panambunan Buka Festival Budaya dan Pameran Pembangunan 

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara membuka Festival Budaya dan Pembukaan Pameran Pembangunan dalam rangka HUT Minut ke-15, Senin (26/11) yang digelar di Lapangan depan RSUD Maria Walanda Maramis.

Pembukaan kegiatan ini diawali dengan ibadah syukur.

Kegiatan dilanjutkan parade seni dan budaya dengan penampilan kelompok tarian Tumatenden, Lili Royor Desa Paslaten, Lembean, Kaasar dan Desa Tumaluntung, atraksi Kolone senapan Brimob Polda Sulut binaan Kapolda Sulut Bambang Waskito, atraksi tarian dari Tim Kumantar dari Polda Sulut binaan Ibu Ruthy Bambang Waskito, grup tari cuci tangan dari perawat-perawat RSUD MW Maramis.

Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya mengatakan belum terlambat untuk mengucapkan selamat hari jadi kabupaten Minut yang ke-15.

“Bagi kita semua semoga Minut diberkati Tuhan, kabupaten Minahasa Utara banyak potensi di bidang seni tari dan budaya yang menjadi modal dan daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara. Potensi kekayaan wisata alam indah dan mempesona yang membentang di Minut memang perlu didukung dengan seni dan tari di daerah sebagai pelengkap keindahan. Parade ini akan membuktikan bahwa Minut merupakan daerah lumbung seni dan budaya yang menjadi kebanggaan Minut,” kata bupati.

Parade budaya dan pembukaan pameran pembangunan lanjut bupati merupakan suatu rangkaian acara promosi pembangunan serta pencapaian kabupaten Minut yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan.

“Pameran pembangunan adalah sarana promosi kemajuan pembangunan Minut dan biarlah pameran yang menampilkan capaian prestasi serta kebanggaan Minut tetap dipertahankan, dipelihara dan selanjutnya mencapai hasil paripurna. Marilah kita jaga bersama keamanan dan kenyamanan sampai pameran ini selesai, jagalah persatuan dan kesatuan sesama warga Minut,” harap bupati.

Tampak hadir Ibu Kapolda Sulut Ruthi Bambang Waskito, Kapolres Minut, Kajari Minut Rustiningsih, Sekda Ir Jemmy Kuhu dan seluruh perangkat daerah serta ASN Minut.(sem)

Share Button

Umat Katolik Paroki Lembean-Kema Rayakan Kristus Raja Semesta Alam

Kema,KLABATNEWSOK.com-Umat katolik Paroki St. Fransiskus-Xaverius Kema bersama Paroki St. Paulus Lembean merayakan hari raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam di gereja paroki St. Fransiskus-Xaverius
Kema, Minggu (25/11).

Perayaan mulia ini diawali dengan perarakan Kristus Hidup per wilayah rohani dimulai dari kompleks persekolahan Katolik Kema menuju gereja paroki Kema. Dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi yang menjadi selebran utama Pastor Paroki Lembean dan Kema yakni Pastor Wens Mawikere Pr didampingi pastor Maurit Lensun Pr dan Pastor Alex Sondakh Pr.

Bacaan pertama dari Nubuat Daniel (7:13-14), Mazmur Tanggapan PS. 837 (Mzm 93 : 1ab. 1c-2.5) Bacaan kedua dari Kitab Wahyu (1:5-8), Bacaan Injil Yohanes (18:33-37).

Pastor Wens Mawikere Pr dalam homili mengatakan mengakhiri tahun liturgi pada puncak di mana Tuhan Yesus sebagai raja Alfa dan Omega, maka tadi juga dalam pembacaan Injil Tuhan Yesus sendiri mengakui bahwa Dia Raja, tapi kerajaan-Nya bukan dari dunia ini kerajaa-Nya dari atas, karena itu juga umat boleh memetik kesan dari perayaan besar ini, yang juga pada kesempatan ini sebagai umat katolik di depan raja semesta alam, mengajal umat bertekad untuk tetap setia kepada Raja yang sudah menuntun kita sepanjang tahun liturgi ini.

“Minggu depan sudah tahun liturgi gereja yang baru dimulai dengan masa adven, masa pra-Natal. Para Kristus Raja dari rasul-rasul rosario mahkotailah apa yang sudah kamu berikan di depan Bunda Maria saat bulan Rosario lalu dan kini hatimu akan dirajai oleh putranya sebagai raja yang hidup penguasa alam semesta dan kerajaan yang sungguh hadir saat di dunia walaupun dalam bentuk tanda-tanda kerajaan,” kata Pastor Mawikere.

Umat sekalian lanjutnya saat membacakan doa Bapa Kami pada ayat ketiga, umat mengucapkan datanglah Kerajaan-Mu, Rajailah kami umat-Mu. Kalau ungkapan datanglah kerajaan-Mu berarti satu suasana Allah meraja bahwa di sana ada kebenaran, keadilan, kesucian, rahmat, damai sejahtera dan cinta kasih, itulah yang diungkapkan juga dalam prefasi dalam hari raya ini.

Satu kerajaan yang sangat ideal walaupun secara bertanda torang sudah alami di sini dan selaku pelaku hadirnya kerajaan Allah, di mana ada kasih, damai, kerja sama, di mana ada persatuan, di mana yang didengungkan oleh sinode pada tahun Yubelium ini di sana mengandung cinta kasih yang kita ejawantakan dalam hidup ini. Kalau dewasa ini juga masyarakat Indonesia banyak ditandai dengan hal-hal yang bertentangan dengan kerajaan Allah, korupsi, rekayasa, penipuan berita hoax yang disebarluaskan sangat memecah belah masyarakat dan tidak juga mustahil memecah bela umat. Hari ini di depan Kristus Raja kita juga mendoakan pemerintah RI ini menghadapi pemilihan presiden dan pemilihan wakil-wakil masyarakat di dewan, hendaknya hal-hal yang saya sebutkan tadi bertentangan dengan kerajaan Allah yang dibawa Tuhan Yesus kita tepis keluar sejauh-jauhnya, agar supaya di kehidupan ini yang rentan penggodaan tantangan dan perjuangan, kita dibantu oleh Kristus King of King raja atas segala raja, penguasa atas segala penguasa, baik di dunia ini di surga dan di bawah bumi, Kristus inilah yang kita sembah," tutur Mawikere seraya menambahkan bahwa tema oleh panitia Tuhan Yesus Kristus Raja Semesta Alam, rajailah hati kami semua mampukanlah kami semua untuk menghadirkan tanda kerajaan-Mu di dalam keluarga, kelompok basis umat wilayah rohani di dalam stasi paroki, keuskupan, di dalam kelompok kategorial, di dalam persekolahan dan di dalam masyarakat.

“Saya kira kalau kita menginginkan satu kedamaian, persatuan, memajukan keadilan dan kesejahteraan sekaligus serta kebenaran, kesucian dan rahmat saya kira hati kita sangat berkenan pada Dia yang kita sembah secara khusus hari ini. Umat katolik yang tercakup dalam paroki yang baru St. Fransiskus-Xaverius Kema, tunjukkanlah supaya umat Katolik berada di baris depan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Wakil dari Kristus Raja adalah pemerintah yang pasti juga dengan sepenuh hati menginginkan setiap insan masyarakat di Indonesia ini boleh aman, merasakan keadilan, kedamaian kesejahteraan, mendekati masyarakat adil dan makmur yang kita boleh berikan secara nyata sebagai anggota umat masyarakat sebagai umat Katolik bekerja sama dengan pemerintah, di tingkat kecamatan, tingkat desa, di tingkat Kelurahan, jaga, paroki, stasi, wilayah rohani ada keluarga, sambil kita membenah diri sebagai umat Katolik sejati sekaligus kita tampil sebagai warga Indonesia yang sejati. Seperti juga banyak tokoh Katolik termasuk Monsinyur Sugyo Pranoto 100% Katolik 100% Indonesia, di sana kita bisa ejawantakan supaya umat Katolik memberikan kontribusi yang nyata dalam level pemerintahan,” harap Mawikere.

Tambah pastor visi Keuskupan Manado untuk 15 tahun ke depan berdasarkan hasil sinode dengan tiga tahapan Renstra dengan tahun 2019 Dalam Terang Sabda Allah Persekutuan Umat Katolik Keuskupan Manado Mengembagkan Jati Diri dan Martabatnya untuk Menyinari Kehidupan Bersama di Tengah Dunia ini.

“Semoga Kristus Raja yang kita rayakan hari ini menjiwai hati kita semua termasuk juga menjiwai dan merajai hati pemerintah Republik ini,” jelas Pastor Paroki St. Fransiskus-Xaverius Kema.

Share Button

Mayjen Pusung Resmikan Sanggar Winetin Paslaten dan Buka Festival Tamporok

Kauditan,KLABATNEWSOK.com-Mayjen TNI (purn) Loudewyck Pusung didampingi ibu dr Matilda Pusung-Mangindaan, Camat Kauditan Martho Rasubala, Hukumtua Desa Paslaten Oktavian Langelo meresmikan Sanggar Winetin Desa Paslaten, Kecamatan Kauditan dan membuka Festival Tamporok, Sabtu (24/11) di bangsal sanggar Winetin.

Pusung saat meresmikan sanggar dan membuka festival Tamporok ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan tetengkoren.

Kegiatan diawali dengan budaya kerja sama pemerintah Paslaten, pengurus Sanggar dan Dewan Kesenian Minut ini diawali dengan atraksi Marching Band SMP Margo Lembean, kemudian penanaman pohon cempaka dan wandeeran di kawasan pancuran.

Dilanjutkan dengan pertunjukan Tarian Kenari sebagai pembuka prosesi adat untuk ‘meneek wia leesal nee raee’ atau peresmian, kemudian ibadah syukur pentahbisan pembangunan sanggar Winetin yang dipimpin Pdt Sulfanova Kandijoh-Sondakh.

Pembina Sanggar Winetin Paslaten Mayjen TNI AD (purn) Loudewyck Pusung saat diwawancarai wartawan mengatakan kurang lebih enam bulan yang lalu Pusung menantang anak-anak muda Desa Paslaten untuk memajukan budaya Desa Paslaten khususnya dan umumnya Minut dan Sulut. Kemudian  ibu Lydia Katuuk Bs Psy Sekretaris Sanggar menyanggupi itu.

“Dan mereka saya berikan kolintang dan beri waktu tiga bulan untuk berlatih dan ternyata itu bisa, kemudian ibu Lidia memiliki ide-ide yang brilian, ia (Lidia, red) menyarankan untuk buat sanggar dan berkembang lagi kita akan membuat galeri batik dan itu sudah saya aplikasikan dan tindaklanjuti memanggil 5 orang dari Desa Paslaten untuk dididik di Jakarta pada dua minggu lalu. Dan hasilnya mereka sudah bisa membuat batik,” katanya.

Untuk kolintang lanjut Pusung berobsesi untuk bersama-sama kolintang lainnya yang ada di Indonesia akan mencoba mengangkat kolintang ini ke unesco agar kolintang ini diakui oleh dunia sebagai alat musik tradisional dari Minut, Sulut, Indonesia.

“Itu bukan hanya rencana tetapi kita bersyukur bahwa dua minggu yang lalu ibu Lidia Katuuk Sekretaris Sanggar sudah dipanggil perwakilan Unesco yang ada di Jakarta dan ini sudah ada titik terang dan mereka sudah negosiasi mulai diundang Unesco kemungkinan bulan April mereka akan ke gedung putih untuk mempertunjukan kolintang dan paling pokok perkembangan pariwisata di Manado luar biasa, bagi saya itu peluang,” kata mantan Asisten Operasi Panglima TNI ini.

Sementara itu Camat Kauditan Martho Rasubala dalam sambutannya mengatakan sekarang sudah dibangun bangsal yang representatif dikelola oleh sanggar Winetin untuk kemakmuran, keberhasilan, kesejahteraan masyarakat Desa Paslaten.

“Sesuai dengan motto Pemkab Minut mengasihi, melayani, mensejahterakan, dan torang memberikan apresiasi kepada Mayjen (purn) Loudewyck Pusung dan keluarga yang peduli akan budaya dan kesejahteraan warga,” kata Rasubalah.

Usai peresmian, diadakan pertunjukan Kolintang Kolosal Sanggar, parade Rera wo Taretumou Duta Budaya Minut, perlombaan Lili Royor, penampilan Grup Kolintang Kids Coach Ambro, Penampilan Grup Kolintang Winetin Kids dan Winetin Sekami didampingi pelatih Reymond Katuuk, Lomba Tetambaken, atraksi Tari Lenso kolaborasi Kolintang dan Vocal Pembina Sanggar Winetin Paslaten.( )

Share Button