Monday, 22 April 2019

Category: Minahasa

Pelaksanaan UNBK di Minahasa Bergulir, Siswa-Siswi SMP Berjuang

Tondano, Klabatnewsok.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Minahasa Bergulir, Sebanyak 102 Sekolah Menengah Pertama (SMP) melaksanakan Ujian pada senin 22 April 2019.

Sekolah Dasar (SD) melaksanakan ujian ditanggal dan hari yang sama, tapi hanya SMP yang melaksanakan UNBK, dimana ujian ini juga menjadi faktor penentu lulus dan tidak lulusnya peserta didik.

Kepala Sekolah SMPN 2 Tondano, Charlota Ngangi mengatakan, bahwa pelaksanaan UNBK di sekolahnya berlangsung dengan baik dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas ujian.

” sebanyak 190 Siswa-Siswi Kami ikut dalam UNBK ini, dan kami berharap semuanya tidak ada kendala, baik jaringan internet maupun kesiapan siswa-siswi, termasuk kesehatan peserta ujian, mudah-mudahan semuanya lancar dan tidak ada kendala,” katanya.

Diakuinya apabila ada siswa-siswi yang terkendala, maka akan segera dilakukan ujian susulan setelah pelaksanaan UNBK, namun hal ini diharapkannya tidak terjadi. Adapun SMPN Kombi ikut bergabung sebanyak 22 Siswa.

Berdasarkan pantauan media ini dibeberapa sekolah, termasuk SMPN 1 Tondano yang dipimpin Kepala Sekolah Meily Paoki, SMPN 6 Kepala Sekolah Joula Adam, pelaksanaan Ujian berjalan baik. Untuk SMPN 1 Tondano sebanyak 357 Siswa Siswi ikut Ujian ini, dan sebanyak 50 Siswa SMPN 6 Tondano.

Sejumlah Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa ikut membuka kegiatan UNBK ini, Sekda Jeffry Robby Korengkeng di SMPN 1 Tondano dan Asisten III Hetty Rumagit di SMPN 2 Tondano.

Untuk UNBK SMP dilaksanakan selama 4 hari dan dibagi 3 sesi perhari, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

YVI

Share

Bupati ROR Hadiri Kegiatan HUT Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi Menghadiri Kegiatan Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Ke 44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Sabtu 20 April 2019. Di Gedung Taater Seni dan Pertunjukan Sasono Lagen Budoyo, Jakarta Timur.

Kegiatan dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O E Kandouw, Ibu Tuti Sutiawati Try Sutrisno, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Ketua DPR RI, Ketua Pembina Yayasan Harapan Kita, Direktur Utama TMII Tanribali Tamo, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Ketua TP-PKK Sulut, Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Pejabat Kementrian beserta Bupati/Walikota Se-Prov Sulut dan Tamu Undangan.

Sebelum Acara Puncak TMII, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi Juga menyempatkan diri untuk menghadiri kegiatan Nusantara Expo Tahun 2019 di TMII di Sasana Kriya, Bupati Juga menyampaikan atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Minahasa Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” Kiranya, peringatan ini akan semakin mempererat ikatan tali silaturahmi dan persaudaraan kita semua.” Katanya

Bupati juga mengambil Foto Bersama dengan para peserta tarian Maengket dari Ikatan Wulan Waraney Minahasa (IWWM) yang dipimpin langsung Karlina Brodowski-Roring dan Kadis Pariwisata, Agustifo Tumundo SE MSi Di Stand Kabupaten Minahasa.

Kegiatan ini juga di dukung Oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang di percayakan sebagai penyelenggara kegiatan HUT ke 44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dengan membuka 15 stand dari 15 kabupaten daerah, mulai dari kuliner, kerajinan, budaya, dan dalam kegiatan ini juga di ikuti semua provinsi di Indonesia yang siap mendukung kegiatan festival dan event kebudayaan nusantara yang bertajuk “Taman Mini Indonesia Indah Merupakan Rumah Budaya Bangsa Sebagai Wujud Bhinneka Tunggal Ika.

YVI

Share

Sukseskan Pemilu Bupati ROR dan Wabup RD Menyalurkan Hak Suara

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) menyalurkan Hak Suara pemilihan Presiden – Wakil Presiden, DPRRI, DPDRI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten pada rabu 17 April 2019.

Bupati ROR Bersama keluarga menyalurkan hak suara di Desa Leilem Kecamatan Sonder, Sedangkan Wabup RD Menyalurkan Hak Suaranya di Desa Sawangan Kecamatan Tombulu.

Dalam setiap kesempatan Bupati ROR dan Wabup RD, sering menghimbau khususnya masyarakat Minahasa, untuk menyalurkan hak suaranya atau tidak Golput, karna ini mengenai 5 tahun masa depan Rakyat Indonesia.

“Hari ini merupakan kebahagiaan bagi rakyat Indonesia juga Minahasa. Karena suara yang kita berikan dapat menentukan jalannya pembangunan di Indonesia untuk 5 tahun kedepan,” senada ROR-RD.

Memastikan berjalan dengan baik penyelenggaraan Pemilu 2019, maka Pemerintah Minahasa yang dikomandoi Bupati Minahasa melaksanakan pemantauan langsung di beberapa TPS dan dibagi beberapa Tim.

YVI

Share

Bupati ROR dan Forkopimda Pantau Kesiapan Pemilu

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring.M.Si, bersama Forkopimda meninjau persiapan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2019 di sejumlah TPS di Kabupaten Minahasa, pada selasa 16 April.

Selain meninjau situasi keamanan dan kerertiban, Bupati dan rombongan juga langsung mengecek kesiapan tempat pemungutan suara (TPS).

Sedikitnya 17 lokasi TPS di kunjungi Bupati bersama Forkopimda, diantaranya, Touliang oki, Kolongan, Kinaleosan, Makalisung, Rumbia, Liba, Lemoh, Pinasungkulan, Kumu, Teling, Poopo, Ranowangko, Borgo, Mokupa, Tateli, Kalasey 1, Sea, Warembungan.

“Kita bersyukur seluruh tahapan pemilu di Kabupaten Minahasa berjalan lancar. Hari ini terpantau semua persiapan sudah dimatangkan,” jelas bupati

Bupati mengajak seluruh masyarakat pemilih untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Pemilu esok.” mari kita sama-sama datang ke TPS, dan gunakan hak pilih kita, untuk masa depan bangsa,” Pungkas Bupati R0R

Pada saat di Desa Rumbia Bupati ROR sempat bernostalgia di monumen LATSITARDA NUSANTARA VII Tahun 1987 Satgas Macan dan meninjau Bangunan sekolah dan rumah ibadah yang dibangun saat kegiatan dimaksud, dan saat itu beliau masih sebagai mahasiswa di Fakultas Teknik Unsrat.

Turut serta dalam Rombongan, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang.SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf.Slamet Raharjo.M.Si, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman.SH.M.Kn, Kepala Pengadilan ST. Iko Sudjatmiko,SH, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh dan Anggota Erwien Sumampouw, Assisten Pemerintahan dan kesra Dr.Denny Mangala M.Si, Kasat Pol PP, Meydi Rengkuan.SH.MAP, Kabag Humas dan Protokol Moudy L Pangerapan,MAP, Kasub Protokol Ariel Wowor,SIP.

YVI

Share

Pemerintah Minahasa Rencanakan Pemberian Langsung Akte Kelahiran

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Perlindungan dan Kesejahteraan Anak Provinsi Sulawesi Utara, pada Senin,15 April 2019
Di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi, menyampaikan Terima Kasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Biro Kesra Setdaprov Sulawesi Utara kerjasama dengan TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara yang telah memilih Kabupaten Minahasa untuk menjadi tempat pelaksanaan Rapat Koordinasi Penguatan Perlindungan dan Kesejahteraan Anak.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita dalam menopang bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang ada di Kabupaten Minahasa.” Katanya.

Lanjutnya, Kedepan sedang di upayakan program dan kegiatan unggulan lainnya Pemerintah Kabupaten Minahasa yaitu Penyerahan akta kelahiran secara langsung kepada anggota keluarga yang baru melahirkan.

” Saya berharap para peserta dapat mengikuti semua materi yang diberikan Narasumber dengan baik sehingga dapat memperkaya pengetahuan kita dalam Upaya Penguatan Perlindungan dan Kesejahteraan Anak.” Pungkasnya.

Dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M. Roring-Lamanauw, SIP, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Mars selaku narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Utara Ir. Mieke Pangkong, MSi selaku narasumber, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie Kalalo, M.Sc, PH selaku Narasumber, Mewakili Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara dr. Preysi S. Siby MSi selaku narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Minahasa S. Debby Bukara, SE, MSi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Royke Kaloh, SH, Pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulawesi Utara, Pengurus dan Anggota TP-PKK Kabupaten Minahasa, Forum Anak, LSM, Unsur Pelajar, Lembaga pemerhati Anak, Guru-Guru, dan OPD Terkait sebagai peserta kegiatan.

YVI

Share

Pergeseran Pasukan dan Doa Bersama Wujudkan Pemilu Aman

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi Mengikuti “Apel Pergeseran Pasukan dan Doa Bersama” Dalam Rangka Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2019 dan untuk mewujudkan pilpres dan pileg yang aman dan damai di tanah Minahasa, pada Senin, 15 April 2019 di Lapangan Polres Minahasa.

Turut hadir Kapolres Minahasa AKBP Denny Irawan Situmorang, SIK, Mewakili Dandim 1302 Kasdim Mayor Inf Feky Welang, Wakil Ketua DPRD Kab. Minahasa Ivonne Andries SIP, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko SH MH, Perwakilan dari Komisioner Bawaslu Minahasa Erwin Sumampouw, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R Korengkeng SH, M.Si, Jajaran Pemkab Minahasa, FKUB Minahasa, Tokoh-tokoh Agama Se-Kab. Minahasa dan Tokoh-tokoh Masyarakat, Segenap Anggota TNI-Polri.

Dalam amanat Kapolres Minahasa Menyampaikan Mari kita sama sama menjaga keamanan dan kenyamanan dalam menghadapi pemilu tahun 2019, kiranya ini bisa menjadi momentum untuk memantapkan kembali komitmen bersama mensukseskan pemilu tahun 2019 melalui upaya bersama menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.

Usai Apel, Kemudian dilanjutkan dengan Doa Berantai oleh Tokoh-tokoh Agama di Kabupaten Minahasa.

“segala sesuatu jika kita lalui dengan doa, semua akan berjalan lancar dan aman, tinggal dua hari lagi kita akan memasuki pesta demokrasi, kita yakin bahwa pelaksanaan pemilu di kabupaten Minahasa akan berlangsung aman dan damai, juga mari kita doakan pemilu di provinsi Sulut dan Negara kita Republik indonesia kiranya berjalan aman dan damai, untuk kemajuan bangsa indonesia kedepan, saya mengajak kita untuk menciptakan suasana aman dan damai dan kondusif serta mari memotivasi masyarakat untuk menuju ke tempat pemungutan suara.”

“Kiranya tidak ada yang golput, sebab satu suara kita sangat menentukan arah pembangunan di kabupaten Minahasa kedepan, dan Mari kita sama-sama memaknai dan menghayati minggu sengsara menjelang jumat agung dan paskah Yesus Kristus,” Kata Bupati ROR

Usai Membawakan Sambutan, Bupati Minahasa secara Simbolis melepas Burung Merpati pertanda Indonesia Tetap dijaga oleh Tuhan dan pertanda bahwa kesetiaan kita semua Warga NKRI untuk Pemilu Damai 2019.

YVI

Share

Bupati ROR Hadiri Misa Minggu Palem di Gereja Katolik Kristus Raja Lemoh

Tombariri Timur, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menghadiri misa di Gereja Katolik Kristus Raja Lemoh di Desa Lemoh kecamatan tombariri, pada minggu pagi 14 April 2019.

Misa yang di pimpin oleh Pastor Danny Surentu, PR. ini sekaligus ibadah perayaan minggu palem bagi Umat Katholik. dalam kesempatan tersebut Bupati minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si juga menerima doa berkat dari Pastor Danny.

Dalam sambutannya bupati minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si mengatakan sangat bersyukur karena atas perkenanan Tuhan Yang Maha Esa sehingga boleh merayakan misa minggu palem bersama sama dengan jemaat gereja katolik Kristus Raja di desa lemoh, Bupati juga berterima kasih kepada masyarakat khususnya di desa lemoh raya karena telah mempercayakan beliau bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si untuk memimpin Kabupaten Minahasa periode 2018 – 2023.

Bupati juga memaparkan program – program pencapaian Pemerintah Kabupaten Minahasa di bawa pimpinan beliau dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si diantaranya; BPJS kesehatan yang sudah mencapai 102 persen, pemberian santunan duka sebesar Rp.2.500.000, kenaikan gaji guru honorer sebesar 300 persen, pemberian bantuan seragam sekolah bagi siswa baru SD dan SMP.

Pemberian kenaikan gaji perangkat desa, dan pemberian BPJS ketenaga kerjaan yang merupakan program sinergitas antara pemimpin pusat melalui Presiden Ir. Joko Widodo dan pemerintah provinsi Sulawesi utara melalui Gubernur Olly Dondokambey, SE serta Pemkab Minahasa.

Dalam kesempatan tersebut juga bupati menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat minahasa untuk mensukseskan pemilu pada tanggal 17 april nanti bupati juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dan tidak golput serta menjaga keamanan dalam pemilu.

Dalam kesempatan tersebut juga bupati minahasa memberikan sumbangan pembangunan sebesar Rp.50.000.000 untuk gereja katolik Kristus Raja di desa lemoh.

Dan pada ibadah minggu 14 April 2019 di Gereja se Kabupaten Minahasa dibacakan Himbauan Bupati Minahasa tentang pelaksanaan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 oleh Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa serta menyerahkan Dana Hibah

Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Prov. Sulut Lucia Taroreh, ST , jajaran pemerintah kabupaten minahasa, camat tombariri timur Herlyana Rori, SE, ketua dewan pastoral stasi raja lemoh Gabriel Terok, Hukum Tua Desa Lemoh Bapak Ilidius Walewangko, S.Sos, Hukum Tua Desa Lemoh Uner Ibu Jeane Walewangko, ST.

YVI

Share