Tuesday, 13 November 2018

Category: Minahasa

Bupati ROR Hadiri Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri

Jakarta, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menghadiri Pembukaan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Wakil Walikota dan Ketua DPRD Tahun 2018 di Jakarta.

Pembukaan kegiatan inipun diawali dengan Laporan Kepala Badan Pengembangan Sumber daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Kalibata Jakarta Selatan, dan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo bersama Pjb Ess I Kemendagri.

Dalam sambutannya Menteri Tjahlo Kumolo meminta  Para Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Bupati, Ketua DPRD, dalam pembekalan ini untuk memperhatikan tugas pokok, sinnergitas Forkopimda dan Pimpinann legislatif, masalah keamanan di daerah, masalah Radikallisme dan terorisme, Narkoba, serta tugas Kemendagri menyelenggarakan Pemerintahan, Otonomi daerah dan lain-lain.

Y

Share Button

Fesdaton Sukses, Bupati ROR Berharap SKPD Ada Kegiatan Skala Nasional Maupun Internasional

Tondano, Klabatnewsok.com – Festival Danau Tondano (FESDATON) 2018 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa dalam rangka Hari Jadi Minahasa Ke-590, sukses pelaksanaannya pada Jumat 9/11 dari pagi hingga malam hari di Benteng Moraya Tondano.

Kegiatan yang dibuka dengan resmi oleh Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi ini, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Dra Ny Fenny Ch Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP PKK Ny Martine Dondokambey-Lengkong, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, Pengurus DPP Kerukunan Keluarga Kawanua Joune Ganda, Tim Kementerian Pariwisata RI Wilayah Pemasaran Satu Regional III Rahma Akbari, Fitriana, dan Sukma Dewani, para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, jajaran pejabat Pemkab Minahasa dan masyarakat umum lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Royke Oktavian Roring mengatakan bahwa kita harus bangga punya potensi pariwisata yang lengkap.

“Minahasa punya Danau Tondano, memiliki pantai timur juga barat, artinya dari sisi pariwisata laut kita ada, dari sisi pariwisata danau kita ada, dari sisi pariwisata alam pun kita ada, tentunya kesemuanya ini menunjukan bahwa Minahasa miliki potensi pariwisata yang lengkap, tinggal dikembangkan. Karena itu, mari kita gali, kemas dan kita tawarkan kepada wisatawan, baik wisatawan lokal maupun yang berkunjung ke Sulut, apalagi kita diuntungakan dengan cuaca yang sejuk,” kata Bupati ROR.

Menurutnya momentum ini harus dimanfaatkan untuk mendatangkan wisatawan asing seperti wisatawan Tiongkok dan negara lain datang berkunjung di Minahasa. Tawarkan berbagai aktifitas budaya yang telah dikemas dengan apik, dan ini akan dapat menarik wisatawan masuk ke Minahasa.

Bupati ROR juga meminta kepada jajarannya khusunya para Kepala Dinas dan seluruh perangkat untuk dapat mengemas berbagai kegiatan, baik itu budaya atau destinasi budaya, karena Minahasa begitu lengkap dengan berbagai budaya.

“Saya minta seluruh SKPD tahun depan usahakan adakan kegiatan, baik itu skala nasional maupun skala internasional,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Budpar Agustivo Tumundo SE MSi dalam laporannya mengurai semua jenis kegiatan yang akan digelar seharian penuh di kompleks Benteng Moraya, dan menyampaikan terima kasih kepada semua sponsor yang turut mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan yang diawali dengan atraksi Senam Minahasa Hebat oleh 590 siswa SD, SMP dan SMA di Minahasa, dilanjutkan dengan Pergelaran Seni Budaya Minahasa berupa tampilan tarian Kabasaran dan tarian Katrili, kemudian Pentas Musik Danau Tondano dengan artis Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan Stand Up Comedy Jobe, kemudian Lomba Memancing Ikan Danau Tondano yang diawali dengan pelepasan Ikan Mujair sebanyak 590 ekor di Kolam Benteng Moraya oleh Bupati ROR, Wabup RD masing-masing bersama isteri dan Tim Kementerian Pariwisata.

Kegiatan selanjutnya berupa Lomba Musik Kolintang antar Siswa/Pelajar dan antar Grup Kolintang kategori Umum. Suasana acara menjadi lebih semarak dimana MC Joya dan pelawak Cipan terus membumbu sela-sela kegiatan tersebut lomba Kolintang ini, yang turut membuat betah Bupati ROR, Wabup RD, Sekda JRK masing-masing bersama isteri untuk menyaksikan rangkaian kegiatan ini dari pagi hingga petang hari.

Akhir dari Lomba Kolintang yang diikuti oleh 22 Grup Kolintang se-Sulut ini, dengan Tim Juri terdiri dari Drs Joppy Sajow, Ferry Darosa MPd dan Steve Tuwaidan ini, dalam kategori Siswa/Pelajar Juara I diraih oleh SMA Negeri 3 Tondano dan berhak atas Trophy Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Uang Tunai Rp 10 Juta, Juara II diraih oleh SMK Kristen 1 Tomohon dan meraih Trophy Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi dan Uang Tunai Rp 5 Juta, Juara III SMP Frater Don Bosco Manado yang meraih Trophy Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi dan Uang Tunai Rp 2,5 Juta.

Sedangkan untuk kategori umum, Juara I diraih oleh Grup Kolintang Rajawali Winangun Manado dan berhak atas Trophy Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Uang Tunai Rp 10 Juta, Juara II diraih oleh Grup Kolintang Kendis ne Talawaan Minut yang berhak atas Trophy Wakil Ketua Umum DPP KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu dan Uang Tunai Rp 5 Juta, dan Juara III direbut oleh Grup Kolintang Don Bosco Manado dan maraih Trophy Sekjen DPP KKK Ayub Junus dan Uang Tunai Rp 2,5 Juta.

Untuk Lomba Memancing Ikan diraih oleh Revly Mandolang dari Kelurahan Ranowangko yang meraih Trophy Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Uang Tunai Rp 2,5 Juta, Juara II direbut oleh Marlon Kusen dari Kelurahan Papakelan dan berhak atas Trophy Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi dan Uang Tunai Rp 1,5 Juta, dan Juara III diraih oleh Rolly Koli dari Kelurahan Katinggolan dan memperoleh Trophy Kadis Budpar Agustivo Tumundo SE MSi dan Uang Tunai Rp 1 Juta.

Adapun penyerahan hadiah Trophy dan Uang Tunai kepada semua pemenang telah dilaksanakan usai Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Halaman Kantor Bupati Minahasa oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi dan Wakil Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu yang hadir bersama isteri Ny Debby Watuliu-Dumais.

Y

Share Button

Hari Pahlawan Wabup RD Sampaikan Amanat Mensos, Sekaligus Ziarah Ke Makam Samratulangi

Tondano, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi Inspektur Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018 pada Sabtu10 November 2018 di lapangan Kantor Bupati Minahasa

Upacara ini juga dihadiri oleh Sekretaris daerah kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng MSi, Jajaran Pemkab Minahasa, TNI/Polri, Para Camat serta seluruh peserta upacara

Lewat Amanat Menteri Sosial RI yang di sampaikan oleh Wakil Bupati Minahasa, mengajak untuk Marilah Kita Panjatkan Puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat dan anugrahNya bangsa Indonesia pada hari ini memperingati hari pahlawan tahun 2018.

Setiap tahun pada tanggal 10 November indonesia memperingati Hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya,

Bulan november ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan negera kesatuan republik indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Tema hari pahlawan tahun 2019 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna dalam diri setiap insan tertanam nilai nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif dapat mengabdikan diri untuk lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

Selamat hari pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial, semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.

Kegiatan dilanjutkan dengam ziarah ke makam pahlawan Dr Sam Ratulangi, selaku inspektur Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jefry Robby Dondokambey SH MSi.

Y

Share Button

Bupati ROR Minta Anggota Dewan Agar ikut Mengawasi KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2019

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menghadiri Rapat Paripurna penandatanganan Nota Kesepakatan Umum APBD dan Prioritas dan plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2019 pada Sabtu 10 November 2018 Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Minahasa.

Hadir dalam Rapat Paripurna ini Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, Para Assisten, Inspektur, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Minahasa,
Kapolres Minahasa yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres minahasa AKP Ambo Tuwo, Dandim 1302 yang diwakili oleh Kasie Pers Kapt Inf Edwin Tatuil.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, dihadiri Wakil Ketua Ivonne D Andries SIP, Wakil Ketua Ventje Mawuntu dan dihadiri oleh Para 25 anggota DPRD Kabupaten Minahasa.

Dalam Paripurna dibacakan plafon Anggaran Sementara APBD Tahun Anggaran 2019 yang disampaikan oleh J Oklen Waleleng SH MH selaku Ketua Komisi I dan Anggota Banggar DPRD Kabupaten Minahasa .
Pembacaan Nota Kesepakatan Umum APBD antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan DPRD Kabupaten Minahasa untuk menjadi usulan APBD sementara TA 2019 dibacakan oleh Sekretaris Dewan Dr Vicky CH H.S. Tanor SPI MSi dan selanjutnya ditanda tangani oleh Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dengan Pimpinan Dewan Ketua James Rawung SH Wakil Ketua Ivonne D Andries SIP dan Wakil Ketua Ventje Mawuntu.

Bupati Minahasa dalam Sambutannya menyampaikan apresiasi kepada anggota Dewan yang terhormat yang telah menunjukkan prestasi yang begitu besar serta pengabdian dan dedikasi yang tinggi dimana dalam mengakomodir berbagi aspirasi dan kebutuhan masyarakat minahasa.

“Dewan yang terhormat telah menuntaskan serta memberikan masukan maupun solusi serta kritikan yang berdampak bagi kemajuan kabupaten Minahasa, Hal ini pula tercermin dari selesainya rancangan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2019 yang bisa disepakati dan ditanda tangani pada rapat paripurna saat ini,” ujarnya

Lanjutnya, Formulasi tersebut mencerminkan kepekaan dari segenap anggota dewan yang terhormat dalam mewadahi kecenderungan dan dinamika masyarakat yang ada ditanah toar lumimuut.

Hal ini juga menunjukan kualitas dan kapabilitas intelektuan, Visi dan kejelian dewan yang terhormat dalam mewujudkan dan mengantisipasi proses kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan yang akan dilaksanakan menuju minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera.

Merupakan tantangan untuk memaksimalkan kinerja pemerintah daerah sehingga sinergitas program dan kegiatan Pemerintah daerah dan lembaga perwakilan rakyat yang terhormat harus berorientasi pada memperlengkapi masyarakat Kabupaten Minahasa menuju pada tataran kemandirian yang kokoh kesejahteraan yang adil serta sikap mental yang demokrasi.

Kesuksesan yang dicapai tidak akan membuat kita terlena dan berpuas diri karena bentangan tugas dan pekerjaan begitu banyak yang memerlukan kerja keras dari kita semua termasuk didalamnya pembahasan rancangan APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2019.

“Bekerjasama dan Komitmen dari kita semua menjadi kunci kesejahteraan bagi masyarakat minahasa tercinta, untuk itu saya mengajak para anggota dewan yang terhormat dapat mengawasi dan mengawal KUA PPAS agar sesuai mekanisme dan ketentuan perundang undangan yang berlaku karena KUA PPAS merupakan dasar untuk kita membahas RAPBD Tahun anggaran 2019.” Pungkasnya

Y

Share Button

LOMBA KOLINTANG FESDATON 2018 SEGERA BERGULIR

Tondano, KLABATNEWSOK.COM – Lomba Musik Kolintang dalam rangka Festival Danau Tondano (FESDATON) 2018 yang digelar dalam memeriahkan Hari Jadi Minahasa ke-590 bakal diikuti oleh puluhan Grup Kolintang dari berbagai daerah di Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi menyampaikan hal tersebut setelah pelaksanaan Technical Meeting Lomba Kolintang pada Rabu 7/11 di Kantor Dinas Budpar Minahasa, Tondano siang tadi.

Dikatakan Tumundo bahwa prinsipnya pihaknya sudah siap menggelar Lomba Musik Kolintang pada Fesdaton 2018 pada Jumat 9/11 nanti di Benteng Moraya Tondano.

Lomba Kolintang yang akan memperebutkan Trophy Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi untuk kategori Pelajar, dan Trophy Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Wakil Ketua Umum KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu untuk kategori Umum, dengan hadiah Uang Tunai sejumlah Rp 35 Juta.

Disamping itu, menurut Tumundo akan dilakukan juga Lomba Memancing Ikan Danau Tondano di Kolam Benteng Moraya memperebutkan Trophy Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa.

Ditambahkan Tumundo, mengawali kegiatan Fesdaton nanti akan digelar atraksi Senam Minahasa Hebat secara masal, dilanjutkan dengan Pergelaran Seni dan Budaya Minahasa, kemudian Pentas Musik Danau Tondano dengan menampilkan grup vokal Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan artis Stand Up Comedy Jobe.

Sementara Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Dra Letty Purukan menambahkan bahwa dalam Lomba Musik Kolintang tiap Regu akan membawakan Lagu Wajib “Mars Minahasa” dalam bentuk instrumentalia, dan Lagu Bebas Non Asmara dengan vokalis.

Sedangkan dalam Lomba Memancing Ikan, menurut Purukan akan diawali dengan pelepasan 590 ekor ikan sebagai simbol usia Kabupaten Minahasa yang telah berusia 590, dengan kategori peserta terbuka untuk umum dengan hadiah Trophy dan Uang Tunai.

Diharapkannya, kiranya kegiatan ini mendapatkan dukungan dari semua pihak dan mengundang masyarakat Minahasa untuk hadir menyaksikan bersama.

Y

Share Button

Bupati ROR Sampaikan KUA PPAS Tahun Anggaran 2019

Minahasa, Klabatnewsok.com – Rapat Paripurna, Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2019 pada Rabu 7 November 2018, bertempat di Kantor DPRD Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O. Roring, MSi Mengajak semua untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Maha Besar Tuhan karena atas berkatNya semua dapat terkumpul melaksanakan Rapat Paripurna penyampaian KUA PPAS.

“Saya memberikan Apresiasi kepada pimpinan dan anggota dewan atas dukungan dan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Minahasa dalam membangun Kabupaten Minahasa.” Katanya.

Bupati ROR menyampaikan nota pengantar KUA dan PPAS APBD Tahun 2019 yaitu berdasarkan pada Peraturan Mentri Dalam Negeri Republi Indonesia No. 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan RKPD Pasal 8 Ayat 4 yang secara khusus mengatur bahwa dalam hal daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2018 dan/atau tahun 2019 maka penyusunan RKPD tahun 2019 dan RKPD Perubahan Tahun 2019 memperhatikan Visi, Misi dan program kepala daerah terpilih.

“Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka dapat kami sampaikan bahwa KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2019 ini berdasarkan arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD, RPJMD Provinsi, program prioritas nasional serta undang-undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, yang mengamanatkan bahwa pemerintah daerah melaksanakan bidang kewenangan berdasarkan pada urusan wajib dan urusan pilihan, serta pelaksanaan urus penunjang.”Jelasnya.

Diapun mengatakan RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2019 ini dalam penyusunan berpedoman pada arah kebijakan dan strategi pembangunan yang digaris dalam RPJMN 2015-2019.

RKPD ini juga merupakan penjabaran dari pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015-2019. RPMJD Kabupaten Minahasa memiliki tema Sesuai visi kami yakni mewujudkan minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Tambahnya diperlukan penegasan terhadap upaya-upaya umum yang akan dilaksanakan, yang akan mendasari gerak langkah pemerintah Kabupaten Minahasa selama periode 2019.

ROR pun menjelaskan garis besar kebijakam umum dalam penyusunan KUA APBD Kabupaten.Minahasa tahun anggaran 2019. Dan mengenai masalah-masalah mendasar yang diperkirakan akan menjadi tantangan pada pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2019. Termasuk ringkasan pendapatan belanja dan pembiayaan daerah tahun anggaran 2019.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, dan dihadiri Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Asisten 1 Dr. Denny Mangala, MSi, Asisten 2 Dr. S. W. Siagian, MA, Kapolsek Toulimambot, Danramil Tondano Pelda Jhony Bura, Anggota DPRD, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Camat.

Y

Share Button

Ditengah Kesibukkan Bupati ROR Melayat Meninggalnya Pastor Johanis Lasut

Minahasa, Klabatnewsok.com – Ditengah agenda Kegiatan yang padat dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke- 590, Bupati Minahasa Ir Royke Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi melayat duka di Desa Lolah – Tombariri, Tepatnya di Gereja Katolik Maria Ratu Pencinta Damai Lolah, atas Meninggalnya Pastor Johanis Herman Lasut, PR.

ROR-RD tiba Sekitar Pukul 22.30 Senin (05/11/2018) setelah menghadiri acara penutupan Pameran Minahasa Expo di Kompleks Stadion Maesa Tondano.

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa atas nama Keluarga Roring – Lumanauw, dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSI Keluarga Dondokambey – Lengkong, Serta Sekretaris Daerah Jefrry Korengkeng SH MSi Keluarga Korengkeng – Warouw dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Turut Berduka cita Atas Meninggalnya Pastor Johanis Herman Lasut, PR.”Kiranya keluarga yang di tinggalkan di berikan kekuatan dan penghiburan dari Tuhan,” katanya.

Pada kesempatan ini juga Bupati ROR Sekaligus dengan penyerahan Program Bantuan duka dari Pemkab Minahasa sebesar 2.5 Juta bagi Keluarga terkena duka di Minahasa. Pastor Johanis Herman Lasut, PR meninggal dunia dalam usia 70 tahun 3 bulan di RS Gunung Maria Tomohon.

Jenazah akan di makamkan Selasa (06/11/2018). misa requiem akan dipimpin oleh Uskup Manado MGR Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC.
Sesudah itu dilanjutkan dengan pemakaman di taman pekuburan seminari Kakaskasen Tomohon.

Y

Share Button