Wednesday, 1 April 2020

Category: Minahasa

Wabup RD Minta Masyarakat Waspada Saat Berikan Bantuan di Kakas

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM, Menyerahkan Bantuan Kebakaran di Desa Paslaten Kakas, pada Rabu 26 februari 2020, kepada keluarga Okem-Sakul.

Musibah kebakaran yang terjadi kemarin, hari selasa 25 februari 2020 menimpa Keluarga Okem-Sakul tepatnya di Jaga 5 Desa Paslaten Kakas Kecamatan Kakas.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menyerahkan bantuan tunai sebesar 5 juta rupiah, dan alat-alat rumah tangga.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, menyampaikan turut prihatin atas kebakaran yang terjadi, kiranya bantuan yang diberikan dapat meringankan beban yang dialami keluarga.” Kata Wabup RD.

RD juga menghimbau kepada masyarakat di Minahasa untuk memastikan semuanya aman sebelum keluar rumah. Seperti kompor pastikan sudah dimatikan, serta jangan membuang puntung rokok sembarangan, karena situasi panas terik saat ini akan dapat berakibat fatal. Kiranya kita tetap waspada,” kata RD.

Turut hadir Ass 1 Denny Mangala, Kadis sosial Royke Kaloh, Kepala BPBD Novry Lontaan, Kadis PMD Jeffry Tangkulung, Camat Kakas Veki Rombot, Kabag Kesra Meytha Aguw, Kabag Protokol Maya Kainde, Kapolsek Rural kakas IPTU Eldry Ricky Salangka.

Yvi

Danau Tondano Prioritas Pemerintah Kabupaten Minahasa

Dibawah Kepemimpinan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (RR), dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), Pemerintah Kabupaten Minahasa prioritaskan Pelestarian Danau Tondano pada tahun 2020.

Pada awal tahun 2020 telah dilakukan Upacara dalam rangka penanganan eceng gondok, dengan mengeluarkan tema Save Danau Tondano” Lumeos in Lour Tondano “, merupakan upaya Pemerintah Minahasa dalam menyelamatkan danau tondano.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa juga ikut mengambil bagian dalam pelestarian danau tondano, bersama dengan Dharma Wanita Persatuan dan Dekranasda Kabupaten Minahasa, memprogramkan pemberantasan eceng gondok tahun 2020.

Pemberantasan Eceng Gondok di Danau Tondano mendapatkan dukungan penuh dari TNI/Polri, Kejaksaan, Pengadilan, DPRD Kabupaten Minahasa, instansi Vertikal, BUMN, BUMD. Bahkan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan masuknya Danau Tondano sebagai salah satu Danau Prioritas di Republik Indonesia, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa meminta dukungan masyarakat, terlebih khusus masyarakat yang ada disekitaran Danau Tondano.

Bupati Minahasa dan Wakil Bupati Minahasa dalam setiap kesempatan, menyampaikan agar masyarakat ikut mengambil bagian dalam pelestarian danau tondano, mengingat danau tondano merupakan aset penting masyarakat Minahasa yang perlu dilestarikan.

Walaupun sudah menjadi danau prioritas oleh pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Minahasa juga melakukan lobi-lobi untuk pendanaan maupun bantuan peralatan dalam pelestarian Danau Tondano di Kementerian-Kementerian terkait.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Minahasa meminta bantuan dan support dari Kementerian Perhubungan RI, untuk dapat melengkapi sarana transportasi lingkar danau untuk menunjang pariwisata, seperti pembuatan pelabuhan/dermaga, bantuan kapal dan taxi air.

Bahkan belum lama ini Pemerintah Kabupaten Minahasa mendapatkan bantuan 1 Milyar Rupiah, yang diberikan oleh Mabes TNI, di Suport Mayjen TNI George Supit dan dikelola Kodim 1302 Minahasa untuk pengangkatan eceng gondok.

Berkat dukungan semua elemen masyarakat di Kabupaten Minahasa, termasuk dari Unsur Keagamaan yang tergabung dalam FKUB, Baik Kristen, Islam, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu, serta semua Aparatur Sipil Negara. Eceng gondok sudah mulai berangsur-angsur hilang dari Danau Tondano.

Pemerintah Minahasa berharap kerjasama yang telah terjalin selama ini untuk terus dipertahankan, dalam rangka pemberantasan eceng gondok yang semakin merajalela dengan kerja bersama semua elemen masyarakat, Sehingga kedepan Danau Tondano akan terus lestari dan dapat diwariskan kepada anak cucu.

Advertorial

Wabup RD Hadiri Upacara Adat Tulude Rukun Nusa Utara Minahasa

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menghadiri Upacara Adat Tulude Kabupaten Minahasa, oleh Rukun Nusa Utara, pada sabtu 22 Februari 2020 di Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano.

Kegiatan diadakan dalam ibadah yang dipimpin oleh Letkol Infantri Juberth Nixon Purnama STh.

Gubernur Sulawesi Utara melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Edison Humiang MSi, bersyukur dan bangga Kepada Masyarakat Nusa Utara di Kabupaten Minahasa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat yang terus melestarikan nilai – nilai Budaya didaerah Minahasa.

“Saya mengapresiasi, sekaligus mengucapkan trima kasih karena telah mendukung program Pemerintah, Khususnya dalam upaya pelestarian tradisi dan budaya sebagai aset daerah, yang merupakan bagian dari budaya nasional.”

“Mari kita Maknai acara ini sebagai momentum Untuk mengintrospeksi dan mengevaluasi diri. Baik dari segi sikap tindakan maupun memposisikan diri dalam kehidupan sosial yang harmonis, rukun, dan damai serta saling memanusiakan satu sama lain, sebagaimana jati diri masyarakat Sulawesi Utara.” Katanya.

Dihadiri Wakil Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Minahasa Ibu Marina Dondokambey-Lengkong SE, Ketua Ikatan kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Talaud, Sitaro (IKIS), Ketua Panitia Iptu Golfried Abast, Mewakili Masyarakat Adat Minahasa Dr. Nusa Lembong, Forkopimda atau yang mewakili, dan Jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa.

Yvi

Wabup RD Buka Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Wakil bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi membuka kegiatan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa tahun 2020, bertempat di ruang sidang kantor bupati Minahasa, Jumat 21 Februari 2020.

Turut hadir sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Ir. Ronald Sorongan, MSi, Dr. Bode Lumanauw, SE, MM, Dr. Femmy J. Suluh, M.Si, Dr. Sihar W. Siagiab, MA, Drs. Philep Regar, MSi, sebagai panitia seleksi, kepala BKPSDM Drs. Moudy L. Pangerapan, MAP, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa dan peserta seleksi.

Diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kabid Pengembangan SDM Albert Ombeng, S.Sos dimana ada 6 jabatan yang di rekomendasikan yaitu, Sekretaris DPRD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Kesbangpol, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial,

Wakil Bupati Minahasa dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, atau pemetaan kompetensi pegawai bagi pejabat pimpinan tinggi Pratama di Pemerintah Kabupaten Minahasa ini, dipandang penting untuk penempatan pegawai berdasarkan the right man on the right place.

Dimana ini sesuai juga dengan Undang-Undang nomor 5 Tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Menyebutkan bahwa penempatan ASN harus berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar, dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, ataupun kondisi kecacatan.

“Untuk itu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, disertai ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung pada kegiatan ini, sehingga kegiatan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa boleh terlaksana pada saat ini.” Ujarnya.

Sejalan dengan upaya membentuk sosok aparatur sipil negara yang profesional, kehadiran sebuah pemetaan kompetensi merupakan salah satu metode untuk menjembatani kesenjangan antara kemampuan riil aparatur dengan kompetensi jabatan yang disyaratkan. Untuk menjamin objektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kredibilitas hasil.

“Untuk itu saya sangat berharap, tidak ada intervensi maupun tindakan untuk mempengaruhi hasil yang akan dicapai, bahwa dalam menjalankan roda Pemerintahan sangat berharap sumberdaya manusia yang berintegritas, loyal dan memiliki kapasitas sesuai Job Descriptions untuk bersama membangun Tanah Minahasa.”

“Saya yakin potret kemampuan manajerial seseorang dapat diketahui dan diprediksi, apakah seseorang kompeten dalam mengemban jabatannya lewat kegiatan ini, sehingga akan memudahkan kami untuk penempatan jabatan.

“Doakan yang akan dikerjakan, kerjakan yang didoakan, percaya diri dan lakukan yang terbaik akan menjadi kunci sukses dalam mengikuti kegiatan ini.” Pungkasnya.

Yvi

Bupati ROR Minta Sukseskan Sensus Penduduk Secara Online

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi IPU Menerima buku Minahasa Dalam Angka tahun 2019, dan Buku Publikasi Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Minahasa, pada selasa 18/2/2020, diruang kerja bupati.

Buku ini diserahkan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa, Leopold Richard Rawung SE.

Bupati ROR meminta kepada masyarakat Minahasa untuk menyukseskan sensus penduduk secara online, dan minta sebarkan informasi ini kepada orang-orang di sekitar kita agar dapat melakukan sensus penduduk secara online dengan cara:

1. Siapkan Dokumen Kependudukan seperti : KTP-el, KK, Akta Nikah/Cerai dan dokumen kependudukan lainnya jika diperlukan.
2. Siapkan HP/PC/Tablet/Laptop yang sudah terkoneksi ke Internet, buka laman *sensus.bps.go.id*
Masukan NIK dan NO KK
Jika benar, maka system akan menampilkan seluruh data anggota keluarga sesuai dengan KK.
3. Periksalah data setiap anggota anggota Keluarga.
4. Perbaharui data setiap anggota keluarga, seperti nama lengkap, pekerjaan, alamat dll.
5. Tambahkan Anggota keluarga baru, jika belum terdaftar, seperti bayi yang baru lahir.
7. Hapus anggota keluarga, yang seharusnya sudah tidak terdaftar, seperti anggota keluarga yang telah meninggal dunia.
8. Perbaharui data tempat tinggal, seperti luas lantai terluas, daya listrik, kepemilikan, dll.
9. Simpan data.
10. Selesai

Yvi

Wabup RD Uji Coba Tanam Padi M70D

Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RD), melakukan penanaman Padi M70D, dengan Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Kecamatan Kakas Barat Senin 17 Februari 2020, di Desa Touliang, Kecamatan Kakas Barat.

Kegiatan ini lewat program Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Minahasa, bekerjasama dengan Universitas Negeri Manado (Unima) Fakultas MIPA.

Wakil Bupati Robby Dondokambey yang juga Ketua HKTI Minahasa, mengapresiasi program HKTI Pusat dan Provinsi, yang telah membantu pemerintah dan masyarakat Minahasa khususnya dibidang pertanian, untuk mewujudkan swasembada pangan.

Adapun petani yang terpilih dalam menjalankan program ini, adalah kelompok tani yang ada di Minahasa.” Kiranya dengan adanya Padi M70D ini dapat turut mensejahterakan kehidupan petani yang ada di Minahasa.” Ujarnya.

Menurut Sekretaris HKTI Minahasa, Tito Manopo, padi varietas M70D ini merupakan hasil penelitian oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia pusat, yang diketuai Jendral TNI Purn Moeldoko. Ini merupakan sinergitas HKTI pusat, provinsi dan kabupaten, dalam rangka menunjang sektor pertanian yang ada di kabupaten Minahasa.

Kadis Pertanian Minahasa, Yeittij Roring, SP mengatakan, penanaman padi M70D merupakan salah satu program Pemkab dari pemerintah Provinsi lewat Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK).

” Program ini merupakan sinergitas dari Pemkab Minahasa lewat dinas pertanian, Pemprov Sulut bekerjasama dengan HKTI dan Fakultas MIPA Unima, dalam rangka mengentaskan kemiskinan.” Ujarnya.

Ketua Dewan Pakar HKTI Sulut, Prof. DR. Orbanus Naharia, MSi, mengatakan program ini dalam rangka tahap uji coba yang dilakukan di beberapa daerah. Diantaranya Minahasa Utara, Kotamobagu, Bolaang Mongondow, Minahasa, Minsel dan Tomohon.

Namun menurutnya, padi jenis ini belum di tanam secara besar besaran, tapi ini masih tahap uji coba. Disisi lain padi jenis ini mempunyai keunggulan yakni meningkatkan hasil produksi dan hemat waktu, karena 70 hari sudah bisa di panen. Sedangkan jenis yang lain masa panennya bisa lebih dari 100 hari.

Yvi

Bupati Minahasa Terima Piagam Penghargaan K3

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, mendapatkan Piagam Penghargaan dari Gubernur Sulawesi Utara atas Prestasi dalam Membina Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019 dengan Baik, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara, pada Senin 17 Februari 2020.

Dalam Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah yang disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE.

Sambutannya Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang di tandai dengan adanya inovasi, otomatisasi, super computer, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital.

Kementrian ketenagakerjaan mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” sebagai tema pokok bulan K3 Tahun 2020.

“Jangan Sampai problem K3 hanya diingat dan di bahas saat terjadi kasus kecelakaan, atau musibah di tempat kerja. Jangan sampai kita baru peduli soal K3 ketika ada gugatan dari masyarakat, ataupun keluarga. Ini soal nyawa dan kesehatan manusia. Safety adalah yang utama. Put Safety First, karena uang bisa dicari, karir bisa di kejar, namun keselamatan dan kesehatan sama sekali tak tergantikan.”

“Untuk itu, saya mengharapkan kepada semua pihak untuk ikut mengawal, agar program dan strategi nasional K3 tersebut dapat berjalan dengan efektif. Saya juga mengharapkan agar semua pihak dapat melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 dilingkungan masing-masing, hal ini agar budaya K3 berbasis teknologi informasi benar-benar terwujud di tanah air.” Pungkasnya.

Turut hadir Forum koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Bupati Bolmong, Bupati Sitaro, Walikota Tomohon, Walikota Manado, Jajaran Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara, Para Pimpinan Asosiasi Pengusaha Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota
Para Pimpinan Serikat Pekerja/Buruh Tingkat Propinsi Kabupaten/Kota.

Yvi