Tuesday, 26 September 2017

Category: Minahasa

Hari ini KPU Minahasa Hadirkan Sri Nuryanti Sosialisasikan Tata Cara Pencalonan Pilkada Minahasa 2018

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Pakar Politik Lokal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) , DR. Sri Nuryanti, SIP, MA bakal membekali Pimpinan Parpol yang memiliki kursi di DPRD Minahasa, pada Selasa (26/9) di Hotel Quality, Manado.

Pakar politik lokal dengan fokus kajian agama dan politik, kepartaian dan gender tersebut, hadir memenuhi undangan KPU minahasa dalam kegiatan Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pilkada Minahasa 2018, yang juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Pemutakhiran data Pemilih kepada Stakeholder.

Diketahui Sri Nuryanti, merupakan peneliti bidang perkembangan politik lokal LIPI, juga merupakan mantan Komisioner KPU RI. Beliau akan menyampaikan materi tentang sistem Integritas Parpol dalam Tahapan Pencalonan Pilbup Minahasa.

Materi ini dianggap sangat penting bagi Pimpinan Parpol. Namun selain Parpol, KPU minahasa juga mengundang tokoh masyarakat yang telah mengkomunikasikan diri ke Kantor KPU minahasa untuk bakal menjadi kandidat di perhelatan Pilkada Minahasa, serta perwakilan beberapa ormas dan pers.

Yovi

Share Button

Polres dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tandatangan MoU Pra Penerimaan Calon Anggota Polisi 2018

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Kepolisian Resort (Polres) Minahasa bersama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) Sosialisasi penerimaan Calon Anggota Polisi tahun 2018 yang digelar pada senin 25 september bertempat diruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa.

Dalam MoU ini adalah dalam bentuk pembinaan dan pelatihan sebelum mengikuti test penerimaan, dari Polres Minahasa diwakili Kompol Alkat Karouw, sedangkan pemerintah Minahasa oleh Sekda Jefrry R Korengkeng SH M.Si, di saksikan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Drs Moudy Pangerapan MAP, dan beberapa anggota kepolisian.

Diketahui tahun depan akan ada penerimaan anggota kepolisian, dan untuk memudahkan calon peserta maka dibuatlah MoU antara Kepolisian dan Pemerintah dengan harapan calon peserta memiliki pengetahuan yang cukup, fisik yang prima dan mental yang kuat.

” Kerja sama ini di maksudkan agar pemerintah turut serta mensosialisasikan dan turut membantu hal-hal yag bersifat teknis. Dan lewat kegiatan ini masyarakat yang ingin mendaftar tidak kaget lagi, sebab kepada mereka akan di berikan pembinaan fisik dan kesehatan serta pelatihan, juga pengetahuan ,” ujar Karouw.

Lanjutnya, Untuk penerimaan ini di utamakan bagi masyarakat yang ada di pesisir, pegunungan dan pulau terluar tapi jika tidak ada maka berlaku umum.

Sementara itu Sekda Korengkeng menyambut baik atas prakarsa Polri, mereka menjemput bola. Kalau tahun-tahun sebelumnya penerimaan angggota sudah cukup baik, namun dengan adanya pra penerimaan seperti ini maka akan memudahkan masyarakat mengetahui keadaan fisiknya, pengetahuan dan juga mental.

” Umumnya peserta jatuh di psikotes atau pengetahuan dan fisik, sehingga dengan adanya sosialisasi pembinaan dan pelatihan masyarakat makin paham dan mengerti apa saja yang akan di uji dan sudah mengetahui kemampuannya, termasuk tinggi badan dan lainnya,” tutur Sekda, sambil menambahkan bahwa pemerintah sangat berterima kasih sebab saat ini adalah saat yang tepat dalam rangka mempersiapkan masyarakat yang ingin menjadi anggota Polisi.

Yovi

Share Button

JWS Warning Pejabat Minahasa Saat Apel Kendis

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) melaksanakan Apel Kendaraan Dinas (Kendis) dan memperingatkan Pejabat untuk merawat dengan baik, yang digelar senin 25 september 2017 bertempat di Stadion Maesa Tondano.

Dalam apel kendis ini diikuti oleh Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa beserta dinas dan instansi terkait.

Dalam pemeriksaan Bupati memperingkatkan langsung kepada Dinas dan Instansi terkait untuk merawat kendaraan dinas yang ada karena sesuai dengan pemeriksaan dan pemantauan bupati dilapangan, didapati banyak kendaraan dinas yang tidak terawat.

“Kendaraan dinas yang masih baik akan tetap di pertahankan dan untuk kendaraan dinas yang sudah 10 tahun ke atas sudah dapat dilelang, yang diprioritaskan untuk pemegang kendaraan, dengan harapan kalau sudah dilelang pemilik dapat merawat kendaraan tersebut,” kata Bupati pada Apel Kendis tersebut.

Bupati JWS pun menjelaskan Alasan kendis dilelang mengingat biaya perawatan kendaraan yang cukup besar.” Namun kendaraan dinas kesehatan puskesmas keliling tidak akan dilelang melainkan akan diperbaiki,” pungkasnya.

Yovi

Share Button

Pemerintah Minahasa Gelar Apel Korpri Dirangkaikan Hut Provinsi Sulut

yTondano, KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Apel Korpri bulan september sekaligus dirangkaikan dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke 53 Provinsi Sulawesi Utara pada senin 25/9/17 bertempat di halaman kantor Bupati Minahasa.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr S W Siagian MA, Asisten Administrasi Hetty Rumagit SH, Jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan ASN Minahasa.

Dalam sambutan Gubernur yang di sampaikan oleh Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi mengajak semua untuk bersyukur karena atas berkat-Nya, saat ini segenap anak bangsa dari Miangas sampai Tontulow-Pinogaluman boleh bersukacita memperingati dan merayakan momentum Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ke-53.

Untuk itu beliau mengucapkan Selamat Memperingati dan Merayakan HUT ke-53 Provinsi Sulawesi Utara. Hari ini pula tepat satu tahun, tujuh bulan dan sebelas hari kepemimpinan Gubernur Sulawesi Utara dan wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Dibawah satu Visi “Terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, Berdaulat dalam politik dan perkepribadian dalam budaya” . Bermodalkan setiap keunggulan yang ada kita kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pengelolaan keuangan Tahun 2016.

Berbagai capaian tentunya menjadi syukur dan kebanggaan tersendiri bagi kita. Sebagaimana tema peringatan HUT Provinsi Tahun ini, yakni “Sulut Kerja Hebat”. Dalam konteks itulah, mari kita Kerja ! Kerja ! Kerja !. Sambil tetap menjaga sinergritas langkah dan saling bahu membahu merealisasikan berbagai agenda kerja strategis pembangunan daerah di berbagai sektor.

Akhirnya sambutannya Bupati Minahasa mengapresiasi prestasi-prestasi yang telah diraih dalam rangka HUT Provinsi Sulawesi Utara diantaranya ASN teladan Eselon IV Tingkat Provinsi atas nama Emma Sopacua.

Kemudian PBB Kabupaten Minahasa yang meraih juara III serta dalam pemilihan Nyong Noni Sulut boleh meraih wakil I Nyong Sulut, dan wakil II Noni Sulut, serta guru teladan atas nama Jhony Momongan, saat ini juga kita sementara mengikuti pameran pembangunan provinsi Sulawesi Utara, beliau berharap panitia pelaksana Kab. Minahasa boleh mengisi kegiatan-kegiatan di stand pameran.

Share Button

Youth Volleyball Tournament Against Drugs Bangkok Thailand, JWS Indonesia A Raih Prestasi

Thailand, KLABATNEWSOK.com – Meski kalah dari Club bola voli asal Malaysia yakni City Rangers Vollyball Club, dengan skor 2-1, namun JWS Indonesia A berhasil melangkah ke babak semi final Youth Volleyball Tournament Against Drugs di Kota Suphan Buri, Provinsi Suphan Buri, Bangkok, Thailand.

Lolosnya JWS Indonesia A ke babak semi final, dikarenakan dalam babak penyisihan, mereka berhasil menang 2 kali, dengan mengalahkan dua club asal tuan rumah Thailand yakni Chainawas Municipal School Club B dengan skor 2-0 serta Angthong Sport School Club 2-1.

Dengan demikian Club JWS Indonesia A berhasil menjadi runer up dan lolos ke babak semi final yang dilangsungkan pada hari Minggu (24/9/2017), di Chainawas Municipal School Gym, Kota Suphan Buri, Thailand. Di babak semi final JWS Indonesia A akan berhadapan dengan club tuan rumah Thailand, yaitu Kanchanapisek Wittayalai Suphanburi Club.

Sementara itu, tim JWS Indonesia B gagal melangkah ke babak semi final, setelah dalam babak penyisihan hanya berhasil menang satu kali melawan Kanchanapisek Wittayalai Suphanburi Club, dengan skor 2-1, dan kalah dua kali melawan Chainawas Municipal School Club dengan skor 0-2 serta Angthong Sport School Club dengan skor 1-2.

Pelatih JWS Indonesia Octavian, didampingi asisten pelatih Jonathan Takansenserang mengaku optimis, timnya bisa menang dalam babak semi final nanti, karena club yang akan dilawan yakni Kanchanapisek Wittayalai Suphanburi Club, dalam babak penyisihan, dikalahkan JWS Indonesia B dengan skor 2-1.

Youth Volleyball Tournament Against Drugs di Kota Suphan Buri, Provinsi Suphan Buri, Bangkok, Thailand dibuka Walikota Suphanburi Municipality, Thailand Mr Ekaphan Injaieuar, dan berlangsung hingga 24 September 2017.

Menurut Informasi Tim JWS Indonesia A berhasil memetik kemenangan, dan harus puas pada posisi kedua setelah kalah dari Tim Thailand, Charansanitwong Technology College Club pada babak Final.

 

Share Button

Khadim HUT Ke-19 Jemaat GMIM Tumpengan Sea, JWS Ingatkan Agar Tetap Semangat Melayani Tuhan

Minahasa, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Pnt Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi DMin (JWS), menjadi Khadim di ibadah Hari Ulang Tahun (HUT) ke -19 GMIM Tumpengan Sea Tumpengan Pineleng, pada Minggu 24/09/17 dan berpesan Untuk tetap semangat melayani Tuhan.

Dalam khotbahnya Bupati JWS menjelaskan maksud dari rasul Paulus dalam Kitab Kolose 4 : 7- 18 dimana pesan dari Rasul Paulus menyampaikan salam kepada kawan/teman sepelayanan yang memberi hidupnya untuk melayani dalam kebersamaan satu dengan yang lain.

Kepada jemaat Paulus meminta agar menerima teman-teman pelayanan sebagai utusan Tuhan dan mengajak untuk mengetahui bahwa mereka tidak sendiri dalam pekerjaan pelayanan. “Jemaat diminta berperan aktif menyampaikan kebenaran Firman Tuhan bahwa Yesus Kristus menyelamatkan manusia dengan sempurna, “jelasnya.

Sambil mengucapkan Selamat HUT ke 19 Jemaat GMIM Tumpengan, JWS menambahkan menjelang akhir tahun pelayanan, Pelsus agar tetap semangat dalam melayani Tuhan dimana kebersamaan adalah kunci kekuatan orang Kristen. “Betapa indahnya persekutuan umat Kristen dimana terjalin saling menyemangati, menguatkan, menghibur, menasehati, mengingatkan, menolong, menerima, menyokong, mendoakan, menyapa dan memberkati serta selalu memelihara relasi persahabatan dengan semua orang. Serta Bertumbuh bersama melewati suka dan duka, “ungkapnya.

Selaku Pemerintah Bupati JWS juga menyampaikan terima kasih atas dukungan jemaat dan masyarakat yang diberikan kepada Pemkab Minahasa saat ini dan mengingatkan bahwa Tahun depan 2018 Minahasa akan menggelar Pilkada. “Saat ini sudah masuk dalam Tahapan pilkada oleh karena itu mari kita jaga keamanan dan ketertiban agar proses pemilihan dapat berlangsung dengan baik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam ibadah HUT ke-19 Jemaat GMIM Tumpengan Kadis Ketahanan Pangan Ir. Wenny Talumewo, Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy Pangerapan MAP, Camat Pineleng Jonly Harry Wua, Ketua BPMJ Tumpengan, Kumtua Sea, Pelayan Khusus serta jemaat setempat tamu dan undangan lainnya.

Share Button

Kabupaten Minahasa Terima Penghargaan LPPD Terbaik Se- Sulut Tahun 2016

Manado, KLABATNEWSOK.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) menerima penghargaan atas prestasi terbaik atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( LPPD) tahun 2016, yang diserahkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE pada sabtu 23/9/17 dilapangan GOR RW Monginsidi Sario Manado

Pemberian penghargaan ini merupakan tindak lanjut atas surat edaran bernomor 005./2.612/sek.prov sulut tentang pemberian penghargaan bagi kabupaten Minahasa atas prestasi terbaik atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( LPPD) tahun 2016.

Penyerahan Piagam Penghargaan LPPD bagi Kabupaten dan Kota se Sulut di lakukan dalam Apel memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ke -53 .

Gubernur OD dalam sambutannya mengatakan Semoga dengan ketambahan umur ini progres pembangunan Sulawesi Utara akan lebih berkualitas, dan Berkuantitas yang muaranya terciptanya masyarakat Sulut yang sejahtera.

“Provinsi Sulawesi Utara adalah daerah yang mepunyai potensi segudang keunggulan dan mampu memberikan kontribusi besar bagi pembangunan diberbagai sektor, dan semua bukan semata karena sulut mempunyai potensi Sumber daya alam yang besar namun karena masyarakat daerah ini adalah masyarakat partisipatif, serta kokoh dalam menjaga kerukunan dan kedamaian daerah,” ujar OD.

” Hari ini genap satu tahun tujuh bulan sebelas hari kami memimpin Sulut, dibawa satu visi terwujudnya sulut yang berdikari dalam ekonomi berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya.” Katanya.

Lanjutnya, dengan bermodalkan setiap keunggulan yang ada termasuk dukungan komponen masyarakat sehingga dalam kurun waktu Pemerintah Provinsi Sulut mampu memperoleh capaian positif diantaranya WTP dari BPK RI tahun 2016.

Pertumbuhan Ekonomi Sulut triwulan II sebesar 5,80 persen, tingkat Inflasi triwulan dua tahun 2017 3.59 persen, angka kemiskinan mengalami penurunan menjadi 8,1 persen, tingkat pengangguran terbuka 6,12 persen serta upah minimum provinsi Sulut 2017 sebesar 2,598,000 yang merupakan tertinggi ketiga secara Nasional.

Sementara Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, usai kegiatan upacara mengatakan sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraih Kabupaten Minahasa sehingga dapat meraih predikat sangat tinggi dalam LPPD tahun 2016 ini.

Adapun Kabupaten/Kota lainnya yang menerima penghargaan LPPD Tahun 2016 dengan urutan adalah, Kabupaten Minahasa 3.1683, Kota Kotamobagu 31373, Kabupaten Bolaang Mongondow selatan 30966, Kota Bitung 30824, Minahasa tenggara 30411, Kabupaten Minut 3.0224.

Ikut mendamping Bupati JWS saat penerimaan Piagam penghargaan LPPD ini, Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, Sekretaris Daerah Jefry Robby Korengkeng, para Asisten, Kepala Badan, Kepala Bagian dan Pejabat lainnya.

 

Share Button