Sunday, 25 August 2019

Category: Minahasa

Dra Fenny Lumanauw Terpilih Secara Aklamasi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa Periode 2019-2024

Tondano, Klabatnewsok.com – Dra Fenny Ch. M Roring Lumanauw SIP, Terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa, dalam Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Minahasa tahun 2019, pada
Kamis 22 Agustus 2019, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa

Dihadiri PLH Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, SIP, Wakil Ketua Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Adolof Dompas, SPd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs. Riviva Maringka, MSi, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Minahasa Dr. Vicky Tanor, S.Pi, MSi, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa, serta seluruh peserta musyawarah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, SIP terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa masa bakti 2019-2024, dan terpilih secara aklamasi, dipilih langsung oleh ketua-ketua Ranting Pramuka Se-Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Wakil Ketua Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Adolof Dompas SPd, menyampaikan bahwa Musyawarah ini sudah melalui tahapan dan proses yang sesuai dengan aturan berlaku.

“Yang mengatur juga tentang masa bakti kepengurusan.
Dalam musyawarah ini memuat tiga poin penting yaitu Laporan pengurus yang lama, Penyusunan program-program yang akan dilaksanakan Pengurus Kwartir Cabang yang baru, Proses Pemilihan Kepengurusan dan Kak Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa masa bakti 2019-2024.

Beliau mengapresiasi Pelaksanaan musyawarah yang sudah berjalan dengan baik, juga apresiasi kepada Pemerintah yang sudah banyak memberi bantuan

“Proses selanjutnya yang akan kita lakukan yaitu melantik kepengurusan yang sudah terpilih.
Tentunya Peran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan untuk menopang kami, dalam kapasitas Pemerintah sebagai Majelis Pembimbing.

“Kwarcab Gerakan Pramuka Minahasa selama ini sudah baik tetapi harapan kami akan lebih baik lagi dibawah pimpinan Kak Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, SIP, mari kita bersama-sama menata kehidupan organisasi Gerakan Pramuka Minahasa ini dengan baik.” Katanya.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh PLH sekretaris daerah Kabupaten Minahasa,” atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat atas terselenggaranya musyawarah cabang gerakan pramuka Minahasa tahun 2019. Seperti halnya dengan organisasi lainnya, musyawarah cabang gerakan pramuka Minahasa tahun 2019 ini merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi.

Dalam membahas program kerja, diperlukan kesungguhan dan keaktifan peserta musyawarah untuk melahirkan program-program yang akan dilaksanakan oleh pengurus periode mendatang. Serta mampu memotivasi pemberdayaan anggota dalam kehidupan masyarakat di berbagai bidang. Baik agama, ekonomi, pendidikan, politik dan lain sebagainya.

Pramuka harus lebih meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi efektif dengan masyarakat maupun pemerintah daerah, sehingga semua program yang dijalankan organisasi ini dapat disinergikan dengan kebijakan pemerintah.

Sinergi ini tentunya akan membawa kita semakin kompak dalam membangun ke arah yang kita inginkan. Karena itu kami berharap program kerja yang akan disusun nantinya harus kuat, mantap serta mempunyai perencanaan yang matang. Selaku pemerintah Kabupaten Minahasa kami berpesan agar Muscab ini dapat berjalan dengan baik dan berlandaskan Asas demokrasi.

“Hindari hal-hal yang dapat memecah belah organisasi, Bangunlah komunikasi yang baik antara seluruh peserta, mari bersatu untuk membangun tanah Minahasa pramuka dengan potensi, kreativitas dan inovasi yang dimiliki adalah kekuatan besar dalam pembangunan daerah.”

” Mari kita saling merangkul agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa mampu berjalan maksimal, serta pramuka dapat menjadi mitra pemerintah untuk sama-sama berperan aktif mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera, serta dalam kebersamaan yang selalu siap sedia membangun Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Pungkasnya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa masa bakti 2019-2024 Kak Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, SIP menyampaikan Apresiasi dan Terima kasih kepada kepemimpinan dan kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Minahasa sebelumnya,” apa yang sudah dilakukan oleh Pengurus sebelumnya akan dilanjutkan lagi, dan program-program yang disusun akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.” Ujarnya.

YVI

Share

Tindaklanjut Beberapa Kerjasama, Bupati ROR Hadiri Undangan Konjen Amerika Serikat

Surabaya, Klabatnewsok.com-Tindaklanjut Kerjasama Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi, menghadiri undangan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, pada kamis 22 Agustus 2019.

Pertemuan ini terkait penyampaian rencana tindak lanjut beberapa kerjasama (Proclaim of Friendship), antara lain dengan Negara Bagian Cecil County, New Hampshire, dan Maryland di bidang Kesehatan, Pengolahan sampah.

Dalam kesempatan ini Bupati Royke diterima langsung di Library Office Kantor Konjen Amerika di Surabaya Oleh Mark McGovern ( Consulate General) dan Andrew Kelly ( Diplomat/Chief Political/Economic Section).

Mark McGovern menyatakan bahwa akan berusaha mendukung dalam rangka memperbarui dan meningkatkan kerjasama dengan beberapa negara bagian, termasuk informasi penting harus sebagaimana disampaikan oleh Pemkab Minahasa ke Konjen US di surabaya, agar dapat dilanjutkan ke pihak pihak terkait.

Pada kesempatan tersebut, Bupati ROR menyampaikan dan melaporkan beberapa Undangan, yang telah diterima dari Maesa Amerika Terkait keikutsertaan dan partisipasi delegasi Tim Kesenian Kabupaten Minahasa yang dipimpin oleh Johanna Karlina Brodowski Roring, yang direncanakan akan mengikuti Indonesian Culiner Festival di New York dan akan menampilkan Kesenian Minahasa.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati ROR mengundang Consulat General US di Surabaya Mark McGovern untuk hadir dalam Perayaan HUT Minahasa Ke 591 pada tanggal 5 November 2019.

Hadir mendampingi Asiaten 2 Dr Wilford Siagian, Ketua IWWM Minahasa Karlina Roring, Kabag TUP Lona Wattie, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Syultje Panambunan, dan Perwakilan Tim Kesenian Minahasa.

YVI

Share

Gubernur OD Hadiri Reuni di SMAN 1 Tondano

Tondano, Klabatnewsok.com-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, hadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 SMA N 1 Tondano dan Reuni Akbar SMANTO 170 angkatan 1970- 1990, pada rabu 21 Agustus 2019, di SMA N 1 Tondano.

Hadir dalam acara ini Mayjen TNI George E Supit tamatan tahun 1981 bersama ibu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, Wakil Ketua DPRD Prov Sulut Wenny Lumentut tamatan tahun 1981, Kepala SMA N 1 Tondano Jeanny SV Lily Nelwan tamatan 1983, LetKol CAJ Romel Kairupan selaku Ketua Panitia dan tamatan 1981, Plh Sekda Kab Minahasa Frits Muntu SSos, Kadis Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, Kaban Kesbangpol Drs Jorry Gumansing, Ka BPP Retda Joudy Kapoyos SH MAP, Kabag Humas dan Protokol SetdaKab Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi SPd MM, mewakili Dandim 1302 Minahasa Pelda Johny Bura Danramil Tondano, mewakili kapolres, Lurah Rinegetan Johny Senewe SE serta para alumni dan guru bersama siswa.

Acara diawali lagu Indonesia Raya, Ucapan selamat datang Ketua Panitia Letkol Corp Ajudan Jendral (CAJ) Romel Kairupan, penampilan tarian Uka-uka dari Ikatan Waraney Wulan Minahasa yang akan langsung menuju Surabaya selesai penampilan, dan juga Ibadah yang dipimpin Pdt Jemmy Matheos STh, puji-pujian dari Kepala sekolah bersama guru dan pujian beberapa angkatan,

Dalam prakata Bupati Minahasa yang diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Minahasa Dr Arody Tangkere MAP yang diberikan tugas karna juga merupakan salah satu alumni SMA N 1 Tondano, menyampaikan apresiasi atas sekolah ini yang sudah melahirkan lulusan berprestasi dan berkontribusi di tanah Minahasa.

“Momentum HUT ke 60 SMA N 1 Tondano dan Reuni Akbar SMANTO 170, menjadi wadah perjumpaan sekaligus forum komunikasi dan sharing pengalaman, untuk kemajuan bersama dimana kiranya mampu menjadi mitra kerja Pemkab Minahasa, untuk mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil, dan sejahtera.” Katanya.

Dalam kegiatan inipun dilantunkan lagu “Kau dan Aku Satu, serta Kisah Kasih di Sekolah”. Kemudian dilanjutkan dengan berbagai persembahan seni musik tarian dan penyerahan hadiah Scout Kompetition Pramuka Tingkat SMP dan SMA.

YVI

Share

Maya Kainde Kabag Humas da Protokol Minahasa Tatap Muka Dengan Wartawan

Tondano, Klabatnewsok.com – Maya Marina Kainde, SH, MAP, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa, tatap muka bersama Wartawan Biro Minahasa, pada Rabu 21 Agustus 2019, diRuang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Tatap muka diawali dengan Perkenalan Kabag Maya Kainde, SH, MAP sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa yang baru.

Selanjutnya beliau menyampaikan kepada wartawan bahwa kehadiran dalam tiap kegiatan Pemerintah/Pimpinan harus diperhatikan karena merupakan syarat untuk memperoleh Invoice advetorial.

Diharapkannya pula untuk Pemberitaan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan agar tetap berjalan dengan baik.

Selanjutnya disampaikan pula dalam Pembuatan Berita, jangan hanya di copy-paste dari rilis yang diberikan bagian humas dan Protokol, sebagai wartawan harus mampu membuat berita dengan baik.

Juga dihimbaunya kepada teman-teman media agar dapat bersama-sama dengan pemerintah, menopang segala program dan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati.

” Sudah menjadi tupoksi kita bagian Humas dan Protokol melalui Media untuk mempublikasikan setiap kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Minahasa,”

” untuk itu mari kita bersinergi bersama, dukungan, topangan dan kerjasama dari teman-teman media sangatlah dibutuhkan dalam pelaksanakan tugas keseharian dalam rangka mewujudkan Minahasa yang semakin hebat kedepannya.” Pungkasnya.

Kegiatan berlanjut dengan perkenalan dari tiap-tiap wartawan dengan Kepala Bagian Humas Protokol Setdakab Minahasa.

YVI

Share

Wabup RD Ikut Rapat Kerja Nasional APKASI di Bali

Bali, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM didampingi Istri Wakil Ketua TP-PKK Ny. Martina Dondokambey Lengkong menghadiri Acara Rapat Kerja Nasional, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), pada rabu-hingga jumat 21 -23 Agustus 2019, yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Kegiatan Rakernas Apkasi 2019 bersamaan dengan Apkasi Smart Regency Expo dan Forum 2019 dengan tema “Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik” yang dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bapak Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA.

Dalam Sambutan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sekaligus Membuka Acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), menyampaikan bahwa pelayanan menjadi yang paling penting.

“Indonesia Ekonominya tergantung dari investasi, Export dan Konsamption, investasi Export kita tahu bersama dunia lagi tertekan, negara besar contohnya amerika yang tadinya mempromosikan open market sekarang menjadi salah satu negara yang protektif yang diikuti oleh negara negara besar lainnya, salah satunya indonesia pengexport kelapa sawit terbesar.”

“Satu satunya yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita adalah meningkatkan infestasi dan konsumsi dalam negeri, tanpa investasi akan sulit ekonomi dari desa untuk berkembang,”

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berhasil mengumpulkan 128 bupati dan perusahaan yang terkait berhasil mendapatkan komite investmen sebesar 47 triliun.

“Tapi sayangnya terealisasi 27 triliun terkendala masalah perijinan di daerah daerah. Mayoritas dari desa desa kita sekarang dan tergantung dari komoditas dan harus lebih fokus lagi sesuai skala ekonomi besar dan terintegrasi secara vertikal tanpa itu masyarakat indonesia akan miskin.” Katanya

Lanjutnya, Ada satu program yang dinamakan Prokades Program ini didukung oleh 19 kementerian dengan melibatkan dunia usaha dan perbankan itu juga Satu satunya yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Mudah mudahan rapat kerja ini bisa membuahkan pemikiran pemikiran yang membantu percepatan pertumbuhan dikabupaten kabupaten dan juga di desa desa.” Harapnya.

Selanjutnya Menteri Desa langsung membuka kegiatan di tandai dengan Pemukulan Gong.

Kegiatan ini di hadiri oleh Sekjen kementerian dalam negeri, Wakil gubernur bali, Dirjen PPMD kementerian desa, Ketua umum apkasi yang adalah Bupati Bayuwangi H. Abdullah Azwar Anas, M.Si, Ketua dewan pembina Apkasi, dan Bupati Seluruh Indonesia Selaku Anggota Apkasi Revolusi industri, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dan dari pihak Buka Lapak.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Apkasi dan Pihak Buka Lapak. Apkasi akan terus mendorong Pemda agar mengganti dengan yang berbasis teknologi informasi. Tujuannya, agar produk-produk unggulan mereka bisa dijual, digunakan, sehingga menjadi cara dari daerah untuk menghadapi tumbuhnya model-model pemasaran baru.

“Karena tidak bisa lagi sekarang kepala daerah bersama dinas UMKM angkut-angkut pameran-pameran pindah sana pindah sini. Kalau tidak dibarengi dengan yang online selain yang offline ini maka kita akan tertinggal jauh,” ungkap Ketua Umum Apkasi.

Sejumlah agenda akan dibahas di antaranya soal program kerja Apkasi yang bakal diselaraskan dengan visi besar pemerintah pusat terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM), dan menyusun rekomendasi terkait dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas), salah satu yang utama adalah bagaimana agar daerah semakin berkembang, termasuk SDM-nya sesuai arah besar kebijakan Presiden Jokowi dalam lima tahun ke depan.

“Intinya agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) semua daerah naik, kualitas SDM yang merata, tidak hanya unggul di kota-kota besar saja,” ungkap Plt Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas.

“Sebagai perkembangan peradaban modern telah kita rasakan dampaknya pada berbagai sendi kehidupan yang menjadikan perubahan semakin cepat. Perkembangan tersebut membawa konsekuensi meningkatnya tuntutan akuntabilitas dan transparansi kepada pemerintah daerah serta responsif yang tinggi dan cepat terhadap perubahan.”

Di sisi lain, pemerintah daerah masih menghadapi permasalahan keterbatasan sumber daya manusia, anggaran dan permasalahan lainnya.

Kegiatan Rakernas Apkasi 2019 bersamaan dengan Apkasi Smart Regency Expo dan Forum 2019 dengan tema “Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik” yang dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Bapak Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA.

Tanggapan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey mengatakan, Kabupaten Minahasa siap menyelaraskan program pembangunan SDM terintegrasi, yang dimulai mulai dari pendidikan, kesehatan serta peningkatan kualitas dimana kita memberikan kemudahan akses pendidikan dan berkarakter Pancasila untuk mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju.

Wabup juga mengatakan semua hal itu harus dilakukan secara terpadu, Dimana pemerintah provinsi sebagai pemegang kewenangannya. Demikian pula kesehatan ibu dan anak, misalnya untuk penurunan stunting, harus menjadi program bersama dengan berpijak pada kearifan pangan lokal.

Dalam hal ini Terkait peningkatan kualitas pendidik, dimana Apkasi sudah mendukung, sesuai dengan ide Kemendikbud agar menyediakan dana alokasi umum (DAU) untuk gaji guru honorer asalkan diperhitungkan cermat sehingga tidak mengganggu program lain di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sebagian juga dibiayai DAU, sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

Kegiatan dilanjutkan denga peninjauan stand.

Share

Bupati ROR Sambangi Mabes Polri

Tondano, Klabatnewsok.com- Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menghadiri undangan Asisten Logistik Mabes Polri dalam rangka rapat tindak lanjut penyelesaian Tukar Menukar Aset antara Pemkab dan Polres Minahasa, yang diterima langsung oleh Karo Faskon Brigjen Pol Drs. Alfons Toluhula MH.

Rapat dilaksanakan dilantai IV biro faskon mabes polri, rapat tersebut dipimpin langsung oleh karo faskon mabes polri, dimana dalam pernyataan pembukaan disampaikan bahwa mabes polri akan menfasilitasi untuk percepatan administrasi tukar menukar aset antara pemkab dan polres minahasa, dengan demikian untuk proses selanjutnya baik pemkab dan polres minahasa akan melengkapi administrasi yang dibutuhkan.

Dalam rapat tersebut bupati minahasa memberikan apresiasi kepada Bapak Kapolri lewat aslog faskon yg telah mengagendakan rapat, dan telah menyampaikan hal hal prinsip terkait proses penyelesaian administrasi tukar menukar aset antara pemkab dan polres minahasa, untuk lokasi tanah pemkab yang digunakan sebagai mapolres minahasa yang berada di belakang kantor bupati minahasa.

Dalam rapat tersebut dihadiri kabag Invent Biro Faskon AKBP Andi Aziz Nizar, Karo Log Polda Sulut Kombes Ahmad Husni, Ketua DPRD James Rawung SH, Asisten 1 Minahasa Dr Denny Mangala, Perwakilan KPKNL Wilayah Manado Ahmad Endang, Agus Budi Utomo perwakilan DJKN Kementerian Keuangan, Jajaran Biro Faskon Mabes Polri, Kabid Aset John Pantow, IPTU Robertus Sunu Kasubag Hukum Polres Minahasa

YVI

Share

Tim Stranas KPK RI Sambangi Kabupaten Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menerima Kunjungan Tim Stranas Pencegahan Korupsi Komisi Pencegahan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, pada selasa, 20 Agustus 2019, di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa

Dihadiri Inspektur Daerah Kabupaten Minahasa Ir. Teddy Kamagi, Ketua Tim Stranas Pencegahan Korupsi KPK RI Dr. Audy Wuisang, melibatkan Instansi terkait dalam rangka pencegahan Korupsi Secara terintegrasi, Inspektorat Daerah Kabupaten Minahasa sebagai penghubung antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan KPK RI (melalui asmin MCP), BKPSDM Kabupaten Minahasa untuk sistem Merit, UKPBJ setdakab Minahasa untuk pengadaan barang dan jasa.

Maksud Kedatangan Tim Stranas Pencegahan Korupsi KPK RI ini adalah untuk verifikasi faktual pelaksanaan aksi pencegahan korupsi, Serta dalam rangka tindak lanjut Koordinasi, monitoring dan verifikasi target capaian Triwulan pertama (B03) dan kedua (B06) Untuk aksi pencegahan korupsi pada pengadaan barang dan jasa, manajemen anti suap dan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi melalui sistem merit, maka dilaksanakan diskusi bersama Tim Stranas pencegahan korupsi KPK republik Indonesia.

YVI

Share