Saturday, 25 November 2017

Category: Minahasa

AKHIRI FESDATON 2017, BUPATI JWS GELAR DEMO MASAK

Tondano, Klabatnewsok.com – Penyelenggaraan Festival Danau Tondano (FESDATON) 2017 dalam rangka merayakan Hari Jadi Minahasa ke-589 dan mensukseskan Pesona Minahasa dan Pesona Indonesia yang terselenggara sejak 27 Oktober 2017 yang lalu, hari ini Jumat 24 November 2017 resmi berakhir yang ditandai dengan penyerahan Trophy dan hadiah Uang Tunai dari Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi yang didampingi oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi kepada para pemenang jenis-jenis lomba

meliputi Lomba Mujair Woku Belanga antar SKPD, Lomba Mujair Goreng antar Desa dan Kelurahan dan Lomba Nike Olahan antar Sekolah serta Lomba Kuliner antar Restoran se-Kabupaten Minahasa, bertempat di kompleks Benteng Moraya Tondano.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Demo Memasak Ikan Mujair dan Ikan Nike oleh Bupati JWS yang diliput khusus sebagai tayangan Siaran Nasional salah satu stasiun TV terkenal ini, turut dihadiri oleh Asisten I Sekda Dr Denny Mangala MSi, Asisten II Dr Wilford Siagian MA, Asisten III Hetty Rumagit SH, Inspektur Daerah Frits Muntu SSos, para Kadis, Kaban, Camat dan pejabat lainnya.

Bupati yang mengaku telah terbiasa memasak sejak masa kecil di kampung halamannya sejak dulu ini, tampak piawai mengolah masakan ikan Mujair dengan menu bumbu acar, juga mengolah adonan ikan Nike menjadi santapan masakan yang lezat.

Setelah melakukan demo masak, Bupati JWS melanjutkan demonstrasinya dengan memainkan alat musik Kolintang untuk menghibur para undangan dan hadirin yang hadir.

Bersama Tim Kolintang Pemkab Minahasa pimpinan Jaris Banua MPd yang baru saja pulang dan sukses tampil di Festival Makasar Jazz 2017 di Makasar ini, Bupati JWS memimpin tim kolintang ini dengan persembahan 5 (Lima) lagu daerah Minahasa secara berturut-turut.

Selanjutnya Bupati JWS menyerahkan Trophy dan hadiah Uang Tunai kepada para Juara Lomba-lomba dalam rangka Festival Danau Tondano yang telah berlangsung sukses pada Jumat 27 Oktober dan Selasa 14 November 2017 yang lalu.

Kadis Budpar Agustivo Tumundo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan rangkaian Fesdaton 2017, dan mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba-lomba kegiatan tersebut.

Adapun para pemenang lomba, yaitu : Lomba Memasak Mujair Woku Belanga antar SKPD, Juara I Dinas Pangan, Juara II Sekretariat DPRD, dan Juara III : Inspektorat Daerah. Untuk Lomba Memasak Mujair Goreng antar Desa/Kelurahan, Juara 1 Desa Talikuran Kecamatan Remboken, Juara 2 Desa Makalelon Kecamatan Kakas,
Juara 3 Desa Wolaang Kecamatan Langowan Timur. Sementara Lomba Memasak Nike Olahan antar Sekolah, Juara 1 SMP Negeri 2 Kakas, Juara 2 SMP Negeri 1 Langowan, dan Juara 3 SMP Negeri Remboken,

Sedangkan dalam Festival Kuliner antar Restoran se-Minahasa, dijuarai oleh Restoran HoHo Boulevard Tondano, disusul Retoran Tumou Tou Tondano sebagai Juara kedua dan Restoran Ragey Kawangkoan sebagai Juara Ketiga, yang masing-masing memperoleh Trophy Bupati JWS, Trophy Ketua TP PKK Dr Olga Sajow-Singkoh MSi, Trophy Kadis Budpar Agustivo Tumundo dan uang tunai masing-masing Rp. 5.000.000, Rp 3.000.000, dan Rp 2.000.000,-

Share Button

Panwaslu Minahasa Gelar FGD Terkait Pengawasan Partisipatif Berbasis Kearifan Lokal

Minahasa, Klabatnewsok.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa menggelar Focus Group Discussion dengan tema Desain Pengawasan Partisipatif berbasis Kearifan Lokal pada kamis 23 November 2017 bertempat di Tasikria Resort.

Focus Group Discussion (FGD) ini dipimpin oleh Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit dengan Moderator Rendy Umboh, dan selaku narasumber dan Fasilitator Johhny Suak SE MSi Direktur E-MC Sulut.

Dalam pengantarnya Johhny Suak mengatakan pemilihan tema untuk penyelenggara Panwaslu saat ini sangatlah cerdas yaitu” Bersama rakyat awasi Pemilu”, Artinya mengajak rakyat untuk ikut dalam mengawasi Pemilu, jadi hasil Pemilu adalah berkat sumbangsih dari masyarakat yang ikut mengawasi Pemilu untuk dapat berjalan dengan baik.

“Tugas berat kita adalah Kecurangan money politik yang sangatlah luar biasa, Minahasa harus berlangsung tanpa money politik, dan apabila money politik berlangsung, berarti Pengawasan Partisipatif tidak berfungsi,” ujarnya.

Suak juga menjelaskan bahwa Pengawasan itu artinya adalah Mengamati, memeriksa, mengkaji, menilai. Sedangkan untuk pengawasan terbagi dua, yaitu, Pengawasan pencegahan dan pengawasan penindakan.

“Pengawasan Partisipatif memang harus dilakukan oleh masyarakat, sehingga lewat pengawasan ini bisa dilakukan pencegahan. Jadi pengawasan Pencegahan dilakukan oleh masyarakat sedangkan untuk pengawasan penindakan adalah domain Panwas dan Bawaslu,” jelasnya.

Ditambahnya, Partisipatif masyarakat terbagi 3, yakni, pelibatan partisipatif politik yang tidak bisa jadi pemantau politik. Partisipatif pemilih pelibatan masyarakat untuk melibatkan Pemilih lainnya. Serta partisipasi pengawasan Pemilu.

Dijelaskanlah pula bahwa Pengawas Pemilu dalam hal ini Panwaslu Minahasa harus mampu Membangun kepercayaan baik itu kepercayaan dari Parpol, Penyelenggara dan Pemerintah. Taat dalam peraturan, serta Kerja keras untuk mampu menjadi penghubung terkait Pemilu.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit, mengatakan, untuk memaksimalkan kinerja Panwas nanti maka akan dilakukan gerakan moral dan turun langsung ke jalan,” kami akan turun langsung untuk dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam hal pengawasan,” ujarnya.

Rumagit pun berharap lewat FGD ini, informasi dapat diteruskan kepada masyarakat, khususnya kepada pengawas partisipatif, sehingga pemilu dapat terlaksana sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Anggota Panwaslu Minahasa Rendy Umboh serta diskusi oleh para peserta dengan pihak Panwaslu terkait permasalahan dan penanganannya, kegiatan ini turut dihadiri Kalangan Pers, Pegiat Pemantau Pemilu, Ormas Pemuda dan Organisasi kemahasiswaan.

Yovi

Share Button

Bupati JWS Adakan Tatap Muka Bersama Wakapolda Sulut, ini Program Kerjasama Polri Dengan Pemkab Minahasa

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) bersama jajaran melakukan Pertemuan tatap muka bersama Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen Drs. Johanis Asadoma M.Hum pada rabu 22 november 2017 bertempat ruang sidang kantor Bupati Minahasa

Kedatangan Wakapolda Sulawesi Utara Brigjen Pol Drs Johanis Asadoma MHum beserta jajaran Kepolisian Daerah Manado diantaranya Direktur Binwas, Kabid Kesehatan dan Kabid Tahanan dan Barang bukti, Turut hadir juga Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung beserta jajaran, Perwakilan Dandim, dan Jajaran Pemerintah Minahasa.

Dalam sambutan Wakapolda mengatakan bahwa dirinya Perlu turun ke lapangan guna melihat langsung kondisi lapangan, fasilitas, serta kerja sama lapangan di wilayah Kepolisian Polda Sulut.

Beliu juga memberikan apresiasi atas Perhatian pemerintah Minahasa terhadap dunia olahraga yang sangat luar biasa. Diapun berharap Para atlit yang bersaing dalam mengharumkan nama bangsa langsung di angkat menjadi pegawai maupun anggota TNI dan Polri.

Asadoma juga mengatakan bahwa Hubungan Polri dengan Pemda dibutuhkan kerjasama yang baik untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif, karna tanpa dukungan stakeholder yang ada, Polri belum mampu menciptakan kamtibmas yang kondusif.

Adapun beberapa pembahasan yang menjadi permasalahan yang perlu ditanggulangi dan menjadi program utama Polri khususnya di Minahasa yakni,

Miras
Cara memerangi miras :
1. Kampanye mengenai bahaya miras (cap tikus, dll.) agar peredaran miras serta konsumsi miras di masyarakat dapat berkurang.

Narkoba
Cara mengatasi narkoba adalah dengan cara membentengi peredaran narkoba dari keluarga sendiri

Radikalisme
Waspada terhadap bahaya radikalisme serta mengawasi setiap orang asing yang datang, apabila ada hal yang mencurigakan untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib setempat.
Menjaga pergaulan masyarakat agar tidak menyinggung serta menyentuh hal yang bersangkutan dengan perbedaan agama yang dapat memicu konflik .

Kecelakaan lalu lintas
Penyebab utamanya adalah ketidak taatan terhadap aturan yang ada. Pembinaan keluarga dapat membantu dalam melindungi saudara dari pelanggaran terhadap aturan berlalu lintas.

Sesuai dengan MOU , polri wajib mengawasi penggunaan/pemanfaatan dana desa.
Kerjasama dengan para Camat sangat diharapkan dalam pengawasan mengenai penggunaan/pemanfaatan dana desa.

Harapan dengan adanya kerjasama antara Polri bersama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa dapat memerangi permasalahan yang bernuansa kriminalitas yang ada di kabupaten minahasa. Serta bantuan langsung masyarakat sangat diharapkan guna menjaga kamtibmas.

Share Button

Akankah Longkutoy Dampingi JWS Pada Pilkada Minahasa

Minahasa, Klabatnewsok.com – Ada yang menarik saat pemasukkan Curriculum Vitae untuk Pilkada Minahasa periode 2018-2023 pada selasa 21 november 2017 bertempat di kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Minahasa Utara.

Hal yang menarik bahwa terdapat sejumlah bakal Calon Wakil Bupati yang ingin berdampingan dengan incumbent JWS untuk dapat melanjutkan kepemimpinan untuk lima tahun berikutnya di Minahasa.

Salah satunya adalah mantan Birokrat handal asal Langowan, yakni, Robby Longkutoy yang bahkan juga mantan Wakil Bupati Yahukimo Papua dari PDIP.

memang dari segi pengalaman sosok Longkutoy sudah tidak diragukan lagi, bahkan beliau sudah aral melintang dalam birokrasi dan sempat menduduki berbagai jabatan strategis dalam pemerintahan.

Keinginan beliau untuk membangun daerah sangatlah besar, bahkan saat masih menjabat sebagai Wakil Bupati Yahukimo Papua, beliau sudah pernah menyampaikan keinginannya tersebut kepada media liputan Minahasa.

Dan demi memperjelas komitmennya ini, dirinya telah melakukan sosialisasi dan memasang baliho hampir setiap sudut di Daerah Kabupaten Minahasa.

Memang sejauh ini, yang akan mendampingi JWS nanti belum ditetapkan, begitu pula dengan JWS sendiri yang belum memiliki SK untuk maju pada Pilkada Minahasa 2018 nanti dari PDIP.

Akankah Longkutoy berpasangan dengan JWS?, penjaringan Partai Demokrasi Indonesia Perjuanganlah yang akan menentukannya.

Yovi

Share Button

Masukkan CV di Hari Yang Sama Dengan JWS, JRK Siap Besarkan Partai Jika Dipercayakan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Salah satu Bakal Calon Wakil Bupati Minahasa periode 2018-2023 yang digadang dapat mendampingi incumbent JWS, telah memasukkan Curriculum Vitae atau Data pribadi dalam hal ini Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi (JRK), pada selasa 21 November 2017 bertempat di kantor DPD PDIP Minahasa Utara.

Kedatangan Sekda JRK juga layaknya Bakal Calon Bupati JWS mendapat dukungan oleh para Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP Minahasa, juga rombongan Ka’Ampit Ni JWS yang diketuai oleh Robert Tengkel dan Aliansi Wartawan Minahasa yang diketuai oleh Jeffry Uno.

Saat ditanyakan kenapa mau maju dalam bursa pencalonan Bakal Calon Wakil Bupati untuk berpasangan dengan Bakal Calon Bupati JWS pada Pilkada 2018-2023 dari PDIP, JRK menjawab dengan tegas sudah saatnya membangun dan membantu Bupati JWS melanjutkan kepemimpinan.

Hal ini dikatakannya bukan karna beliau belum berbuat, namun JRK selaku Sekda juga telah mengambil bagian dalam pembangunan yang telah dilakukan dibawah kepemimpinan Bupati JWS saat ini di Minahasa, namun dirinya akan mencoba membangun lewat jalur politik.

“Saya rasa saya sudah cukup aral melintang dalam dunia birokrat, saat ini saya siap membangun Minahasa lewat jalur politik, dan kenapa saya ingin mencalonkan diri bersama Bupati JWS, karna beliau punya visi dan misi yang jelas dan punya kemauan membangun,” tegasnya.

JRK juga berkomitmen akan membesarkan partai Demokrasi Indonesia Perjuangan jika nantinya dirinya dipercayakan menjadi calon wakil bupati Minahasa nantinya,” dengan kedatangan saya ketempat ini merupakan salah satu komitmen, apabila dipercayakan saya akan ikut membesarkan partai,” ujarnya.

Dirinyapun yakin akan mendapatkan dukungan masyarakat, karna sudah berbuat dan punya banyak pengalaman,” sebagai birokrat saya pasti dapat dukungan, juga dari dapil 3 banyak dukungan , saya bahkan diminta para pensiunan untuk dapat maju pada Pilkada Minahasa,” katanya.

Selain itu, JRK juga mengatakan bahwa dirinya telah mendapat dukungan dari PAC untuk maju,” tidak harus saya, banyak juga yang punya potensi, namun jika saya, maka kita lihat nanti, saya akan lakukan yang terbaik,” pungkasnya.

Yovi

Share Button

Resmi Masukkan CV, Bupati JWS Siap Tidak Maju Jika Tidak Lewat PDIP

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) resmi memasukkan Curriculum Vitae (CV) atau Data Pribadi untuk pencalonan Bupati Minahasa periode 2018-2023, bertempat di kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Minahasa Utara pada selasa 21 november 2017.

Pemasukkan CV Bupati JWS diterima langsung oleh Sekertaris DPD PDIP Frangky Wongkar SH juga selaku Kordinator Tim DPD PDIP.

Dalam prakatanya Wongkar mengatakan bahwa pemasukkan CV ini sudah berdasarkan hasil rapat dan pleno partai, dan pihak partai telah melakukan survei yang telah dilakukan lembaga survei yang dapat dipertanggungjawabkan, dan setelah pemasukkan CV ini, bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati akan diundang dalam waktu dekat dan akan segera dilakukan fit and propertest.

“Untuk itu kami selaku pengurus DPD PDIP meminta agar semua pengurus DPC harus solid, dan kemungkinan para Calon akan diundang pada jumat atau sabtu pekan ini untuk datang lagi ke kantor DPD,” ujarnya.

Sementara itu Bupati JWS dalam konferensi Pers mengatakan, bahwa dirinya yakin akan diusung oleh Partai yang berlambang Banteng moncong putih ini, karna dirinya telah melakukan survei secara pribadi dan hasilnya memuaskan.

“Saya yakin saya akan dipilih partai karna saya telah membesarkan nama partai di Minahasa, selain itu saya optimis menang, karna saya yakin partai tidak mau kalah demikian juga dengan saya,” tegasnya.

Saat ditanyakan terkait dengan seleksi yang telah dilakukan oleh partai yang artinya ada keraguan oleh partai sehingga dilakukan jaringan serta kesiapan dalam menghadapi Pilkada di Minahasa nanti.

“Saya rasa ini merupakan komitmen partai yang tidak mau salah Memilih pemimpinnya di Minahasa, karena suara dan Power ada di Minahasa, untuk itu harus ada strategi yang bagus untuk menang, jadi saya rasa seleksi ini saat baik,” ujarnya.

Dikatakan juga oleh Bupati JWS bahwa dirinya tidak akan maju apabila survei berada di bawah 40%, dan juga jika PDIP tidak memilih dia menjadi calon Bupati Kabupaten Minahasa maka dirinya tidak akan maju mencalonkan diri lagi.

Yovi

Share Button

Pemerintah Minahasa Gelar Kegiatan Fasilitasi Pengembangan E-Goverment

Tondano, KLABATNEWSOK.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Bagian Infrastruktur menggelar kegiatan Fasilitasi Pengembangan E-Goverment di Kabupaten Minahasa Tahun 2017 pada Selasa 21 November di Balai pertemuan Umum Kelurahan Wawalintouan Tondano.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan pembangunan DR S.W Siagian, MA dan dihadiri oleh kepala dinas komunikasi dan informasi Ir Dolfie Kasenda MSi yang juga sebagai narasumber, kepala bagian infrastruktur Setdakab Minahasa Ricky H R Laloan SH serta para peserta utusan SKPD dan Kecamatan Se-Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan pembangunan, mengatakan pemanfaatan teknologi digital dalam hal ini teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,

Juga untuk meningkatkan efisiensi,efektifitas,transparansi dan akuntabilitas kinerja pelayanan dan program pemerintah,bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini menurutnya Sesuai inpres no.03 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government memiliki 4 tahap yakni persiapan,pematangan,pemantapan dan pemanfaatan.

“Pengembangan e-government merupakan sebuah proses panjang yang harus dikelola secara berkesinambungan, bukan sebuah proses yang instant. Perencanaan yang menyeluruh diperlukan diawal agar pembangunan e-government dapat berjalan sesuai tujuan. Tidak pula hanya pengembangan infrastruktur dan aplikasi saja, tetapi juga menyangkut faktor lainnya seperti SDM, kebijakan dan data,” pungkasnya.

Yovi

Share Button