Monday, 19 February 2018

Category: Minahasa

Laksanakan Ibadah Oikumene Bersama, JWS Berterima Kasih

Tondano, Klabatnewsok.com – Usai melaksanakan Apel Korpri, Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan ibadah Oikumene bersama Jajaran Pemerintah pada Senin 19 Februari 2018, bertempat GMIM Sentrum Tondano.

Ibadah ini dihadiri Bupati Minahasa Drs. Jantje W. Sajow, MSi, Ketua TP- PKK Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. S. W. Siagian, MA, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, SH, Forkopimda Kabupaten Minahasa, Jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, Tim Penggerak PKK KK, pengurus FKUB yang baru dilantik, serta seluruh Aparatur Sipil Negara di Minahasa.

Ibadah inipun dipimpin oleh Ketua FKUB Minahasa Pdt. Evert Tangel, STh MPdk, mengambil pembacaan alkitab yang terdapat dalam 2 Timotius 2 : 1-14 dengan judul Panggilan untuk ikut menderita.

“Marilah kita menjadi seperti Timotius, menjadi seorang muda yang memiliki iman yang kuat dan taat kepada Tuhan. Timotius melaksanakan tugasnya sebagai hamba Tuhan, dan Timotius memiliki komitmen dalam ia menjalankan tugasnya sebagai hamba Tuhan,” kata Tangel

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Minahasa Drs Jantje W. Sajow MSi, berterima kasih karena 5 tahun ini Minahasa sungguh-sungguh diberkati Tuhan karena Minahasa terhindar dari bencana alam.

“Terima kasih kepada hamba Tuhan yang sampai saat ini masih mendoakan tanah minahasa ini. Tanggal 16 Maret akan diadakan ibadah syukur akhir masa jabatan sebagai Bupati Minahasa di Taman God Bless, dan ibadah ini menjadi ucapan terima kasih kepada masyarakat yang selama ini bersama-sama membangun minahasa,” katanya.

Bupati JWS pun mengingatkan kepada semua untuk selalu berpegang teguh kepada komitmen atau bertahan dengan sikap, karena komitmen mencerminkan kualitas dari seseorang.

Diakhir sambutannya JWS juga berterima kasih kepada pengurus FKUB yang baru , dan kepada semua yang telah mengambil bagian dalam ibadah di saat ini.

Share Button

Segera Akhiri Masa Jabatan, JWS Apel Korpri Terakhir dan Berpesan Hal ini

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Apel Korpri, yang kali ini apel Korpri terakhir bagi Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow pada Senin 19 Februari 2018, di halaman Kantor Bupati Minahasa.

Apel Korpri ini yang terakhir karna Bupati JWS akan segera mengakhiri masa Jabatan pada 17 maret 2018 mendatang bersama Wakil Bupati Ivan Sarundajang yang saat ini sedang cuti karna mengikuti Pilkada Minahasa.

Hadir juga dalam Apel Korpri ini Sekretaris Daerah Jeffry R. Korengkeng SH MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. S. W. Siagian MA, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, jajaran Pejabat Pemerintah Minahasa, serta seluruh ASN se-Kab. Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Drs. Jantje W. Sajow, MSi, menyampaikan bahwa apel kali ini merupakan apel yang memiliki kesan dan makna yang mendalam karena apel kali ini merupakan apel korpri terakhir baginya dalam kapasitas sebagai Bupati Minahasa.

Apel KORPRI bertujuan untuk memperkokoh nilai-nilai nasionalisme, patriotisme dan wawasan kebangsaan bagi seluruh pegawai pemerintah khususnya di Kabupaten Minahasa, dengan nilai-nilai tersebut diharapkan KORPRI dapat menjadi pendorong tumbuhnya kesadaran sosial, jiwa kesatuan, rasa kesetiakawanan serta kebanggaan akan tugas sebagai abdi masyarakat.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pada saat ini hampir selesai melaksanakan musrenbang tingkat kecamatan, yang akan dilanjutkan dengan kegiatan forum SKPD dan seterusnya musrenbang tingkat Kabupaten, beliau berharap seluruh perangkat daerah agar hasil-hasil musrenbang tingkat kecamatan dijadikan masukan utama untuk penyusunan renacana kerja perangkat daerah tahun 2019 yang tentunya disesuaikan dengan rencana kerja perangkat daerah dan RPJMD kabupaten minahasa

Kabupaten Minahasa menjadi salah satu daerah yang melaksanakan pilkada serentak tahun 2018, sesuai tahapan komisi pemilihan umum, maka saat ini kita telah masuk dalam fase masa kampanye, untuk itu sebagai anggota KORPRI terikat dengan aturan, untuk itu beliau berharap sebagai ASN harus menaati peraturan yang ada.

Pada awal bulan ini pemeriksaan oleh BPK RI telah dimulai, beliau berharap seluruh perangkat daerah agar dapat kooperatif dalam menyiapkan semua administrasi dan dokmen yang akan diperiksa, agar prestasi meraih opini WTP dalam pengelolaan keuangan dapat di pertahankan.

Saat ini pula sementara dilaksanakan pengumpulan data terkait penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Dimana 2 tahun berturut-turut telah meraih prestasi sebagai daerah yang terbaik dalam penyajian laporan ini untuk tingkat provinsi Sulawesi Utara,” untuk itu kerjasama dari perangkat daerah sangat diperlukan,” tegasnya.

Di akhir masa jabatannya Minahasa tetap menorehkan prestasi, menjadi daerah pertama di Sulawesi Utara yang melaksanakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sisten akuntabilitas keuangan yang bermuara pada tersedianya dokumen Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)

Diakhir sambutannya beliau atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan rasa hormat serta ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa yang secara bersama-sama telah mewujudkan Minahasa yang sejahtera dan bermartabat. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila dalam kebersamaan selama 5 tahun ini, ada kelemahan-kelemahan bahkan kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi.

Beliau mengajak semua untuk memaknai setiap waktu yang telah dilalui, khususnya dalam pelaksanaan tugas sebagai abdi masyarakat, agar semakin hari dapat semakin dipercaya dan dihargai khususnya oleh masyarakat minahasa.

 

Share Button

Sebanyak 232 Anggota Polres Minahasa Amankan Deklarasi Kampanye Damai dan Road Show

Tondano, Klabatnewsok.com – Kepolisian Resor (Polres) Minahasa menerjunkan 232 anggota untuk pengamanan Deklarasi Kapanye Damai di Lapangan Sam Ratulangi Tondano (God Bless Minahasa), pada minggu 18/2/18.

Deklarasi Kampanye Damai tersebut dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa dan dilanjutkan dengan Road Show yang dilakukan dua pasangan calon (Paslon) yakni Ivan Sarundajang-Careigh Naicel Runtu (Ivansa-CNR) dan Royke Roring-Robby Dondokambey (RR-RD) beserta para pendukungnya.

“232 personil berjaga di lapangan Sam Ratulangi serta mengawal Road Show dua pasangan calon bersama para pendukung mengeliling Danau Tondano,” Jelas Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, SIK di damping kasubag Humas AKP Hilman Rohendi.

Lebih lanjut kata Kapolres, pengamanan ini sudah menjadi tugas kepolisian dalam rangka memberikan pelayanan, pengamanan serta kenyamanan kepada masyarakat.

“Bukan cuma saat ini kita memberikan pengamanan, tapi sampai proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa nanti,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada para pendukung agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban saat melakukan Road Show,” Para pendukung agar mematuhi semua aturan, agar tidak terjadi gesekan yang menyebabkan perkelahian antar pendukung,” tegas Pusung.

Dia juga meminta kepada kedua pasangan calon, partai pengusung agar selalu mengingatkan kepada para pendukung untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan calonnya masing-masing.

“Harus saling mengingatkan, baik dari calon, parpol pengusung serta para pendukung agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye hingga pilkada nanti. Agar supaya pilkada nanti bisa berjalan dengan aman damai dan tentram,” pungkasnya.

 

Share Button

KPU Deklarasikan Kampanye Damai Pilkada Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa pada minggu 18 februari 2018 bertempat di lapangan God Bless Minahasa (lapangan Sam Ratulangi) Tondano.

Deklarasi Kampanye Damai ini dihadiri langsung oleh Kedua Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1, Ivan Sarundajang- Careigh Naicel Runtu (Ivansa-CNR) dan Royke Roring-Robby Dondokambey (RR-RD) beserta para pendukungnya.

Dalam sambutannya Komisioner KPU Minahasa Ketua Divisi SDM dan Permas, Kristoforus Ngantung SFils, mengatakan, bahwa Pilkada serentak adalah bagian dari instrumen memperkokoh persatuan dam kesatuan bukan sebaliknya.

” Ikrar pasangan calon pada saat ini dalam Deklarasi Kampanye Damai, haruslah menjadi ikrar bagi tim kampanye dan pendukung, dengan harapan terwujudnya rakyat minahasa yang aman, sejahtera dan jaya, Kasih Setia Tuhan senantiasa menyertai,” katanya sambil menyerukan salam “Payangka”.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara, juga selaku Sekretaris KPU Minahasa Dr Meidy Malonda MAP, mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara berdasarkan undang-undang dan edaran KPU Pusat, khususnya Kabupaten Kota dan Provinsi yang melaksanakan Pilkada.

Kegiatan dilanjutkan dengan Doa oleh para Pemimpin Agama yang ada di Kabupaten Minahasa. Sementara itu, Orasi oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi oleh Komisioner KPU Dra Wiesje Wilar MSi, mengatakan, untuk stop kampanye sara, Politisasi Sara, Hoax dan money politik.

Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit, dalam orasinya mengatakan, patut bersyukur kepada Tuhan sehingga dapat dikumpulkam ditempat ini untuk dapat melaksanakan kampanye yang aman dan damai.

Rumagit meminta kepada Paslon untuk dapat mematuhi aturan seperti, tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) namun masih tidak dipatuhi, untuk itu dihimbau untuk memperingati pendukungnya.

“Hentikan hoax, hentikan Politik Uang, mari santun berkampanye dan menyatakan pendapat, jangan menyebarkan berita hoax karna dapat dipidana 6 tahun atau menjanjikan atau memberikan uang akan dipidana 3 sampai 6 tahun penjara dan denda sampai 200 juta rupiah, jika terbukti maka akan Paslon dapat didiskualifikasi. Mari sama sama wujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas,” tegasnya.

Tambahnya, Elemen masyarakat diminta berpartisipasi aktif dalam mengawasi Pilkada, sehingga dapat berjalan aman, damai dan bersih, kredibel dan tidak ada kecurangan.

Sambutaan KPU Sulut oleh Vivi George, mengajak untuk sukseskan Pilkada di Minahasa,” mari berkampanye sampai 23 juni mendatang, setelah memasuki masa tenang, pastikan 27 juni 2018 berada di TPS,” pintanya.

Kegiatan dilanjutkan pembacaan ikrar dan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai, pelepasan balon dan burung merpati, serta Roadshow yang dilepas oleh Mewakili Bupati Minahasa Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi, dan Komisioner KPU Dicky Paseki SH MH.

Hadir dalam kegiatan ini Komisioner KPU Minahasa, Lord Ch Malonda SPd, Panwaslu Minahasa Erwien Sumampouw, Rendy Umboh, Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama, Kapoltabes Manado, Kapolres Tomohon, pimpinan Partai Golkar, PKPI, Nasdem, PDIP, Hanura, Demokrat dan Gerindra, Tokoh Agama dan undangan lainnya.

Yovi

Share Button

Besok, Paslon RR-RD dan Ivansa-CNR Deklarasi Damai dan Road Show

Tondano, Klabatnewsok.com – Usai ditetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Royke Roring dan Robby Dondokambey (RR-RD) serta Ivan Sarundajang dan Careig Naichel Runtu (Ivansa-CNR) dijadwalkan besok minggu 18/2/18 akan melaksanakan deklarasi kampanye damai.

Deklarasi Kampanye Damai ini akan digelar di Lapangan God Bless Minahasa (Lapangan Sam Ratulangi) Tondano, pada pukul 15.00 wita, hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Minahasa Ketua Divisi SDM dan Permas, Kristoforus Ngantung SFil diruang kerjanya tadi sabtu 17/2/18.

Menurut Ngantung hal ini dilakukan berdasarkan petunjuk KPU Pusat, dimana deklarasi damai ini dilaksanakan serentak di Seluruh Indonesia, khususnya daerah yang akan melaksanakan Pilkada.

Dijelaskannya pula bahwa selain sesuai petunjuk Teknis KPU Pusat, ada beberapa agenda yang akan disatukan dalam kegiatan tersebut, namun intinya adalah melaksanakan ikrar kampanye damai dari kedua Paslon.

Yang juga tidak kalah penting, jelas Ngantung, bahwa usai deklarasi akan dilanjutkan dengan road show kampanye damai.

Yovi

Share Button

Bupati JWS Lantik Pengurus FKUB dan Dirut PDAM

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) lantik Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Minahasa (FKUB) periode 2018-2022 dan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pada kamis 15/2/18 bertempat diruang sidang Bupati Minahasa.

Kegiatan diawali dengan pembacaan surat keputusan oleh Kepala Badan Kesbangpol Jorris Gumansing untuk pelantikan FKUB sedangkan untuk Dirut PDAM dibacakan oleh Kepala BKD, Lutfi Rumate.

Bupati JWS pun melantik Pengurus FKUB yang diketuai oleh Pdt Evert Tangel beserta pengurusnya dan Dirut PDAM Arnold Frans Winowatan.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengatakan, bersyukur sudah dapat melantik pengurus FKUB dan Pimpinan PDAM,

“FKUB adalah institusi yang dibentuk oleh Pemerintah, yang mensinergikan antar umat yang beragama,” mari jalin kebersamaan, jaga persatuan, jadikanlah minahasa berkat bagi semua orang,” katanya.

“Semua sudah harmonis mari jaga dan pelihara agar Minahasa bisa menjadi contoh di Sulawesi Utara, dirikan tempat ibadah sesuai dengan aturan yang berlaku, jangan sampaj ada hal yang sebenarnya tidak memenuhi syarat sehingga menjadi masalah,” tegasnya.

Khusus Dirut PDAM Bupati JWS meminta untuk Cek aset PDAM,” mungkin ada banyak sambungan liar, lakukan operasi besar besaran agar semua tidak ada yang liar, datang dan hubungi perumahan dan faslitasi sehingga airnya sepenuhnya dikelola oleh pihak PDAM,” katanya.

” Dengan dilantiknya Dirut PDAM Harapannya masyarakat dapat memiliki air bersih, telitilah dalam bekerja, dan saya yakin Pimpinan PDAM punya kemampuan itu,” katanya sembari berpesan tempatkan untuk memberikan posisi penting di PDAM kepada yang punya komitmen bekerja.

Hadir pada pelantikan ini anggota dewan Dharma Palar, Wakapolres Minahasa Kompol Alkad Karouw, Kepala Kantor Kementerian Agama, Mewakili Dandim 1302 Minahasa, Jajaran Pejabat Pemerintah Minahasa serta undangan.

Yovi

Share Button

Polres Minahasa Siap Operasi Pekat 2018, dan Tetap Layani Masyarakat

Tondano, Klabatnewsok.com – Kepolisian Resort (Polres) Minahasa melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Pekat Samrat tahun 2018, bertempat dilapangan Mapolres Minahasa pada kamis 15/2 pukul 08.00 pagi.

Apel inipun dipimpin langsung oleh Kapolres Minahasa AKBP Chris Reinhard Pusung SIK, Komandan Apel Kanit II Satuan Reskrim Polres Minahasa IPDA Yosimata JS Manggala STk, dan selaku Perwira Upacara Kasat Narkoba AKP Drs. Frangki Ruru.

Apel inipun diikuti oleh jajaran Polres Minahasa, yang terdiri dari Satu peleton sat Lantas, satu peleton sat Sabhara, satu peleton Sat Reskrim dan Intel, Satu peleton Gabungan Staf Polres Minahasa, yang di hadiri juga oleh Waka Polres Minahasa, Para kabag, Para Kasat dan para perwira.

Dalam amanatnya Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung SIK menyampaikan bahwa pelaksanaan gelar pasukan Operasi Pekat ini, digelar secara serentak diseluruh Polda Sulut.” Apel Pekat Samrat ini dilihat sejauh mana kesiapan Polres Minahasa dalam melaksanakan Operasi Pekat Samrat 2018,” katanya.

Tambahnya, lewat melaksanakan cipta kondisi Pengamananan Pilkada Serentak tahun 2018 dengan kekuatan personil, kelengkapan peralatan dan sarana/ prasarana serta kesiapan yang terlibat sebelum melaksanakan tugas dilapangan sehingga situasi kamtibmas Polres Minahasa tetap Kondusif.

Operasi Pekat 2018 akan digelar selama 15 hari mulai tanggal 15 februari s/d 1 Maret 2018 dengan kekuatan personil 40 orang dan diimbangi oleh polsek jajaran, adapun sasaran yang akan di tindak adalah penyakit masyarakat diantaranya pelaku perjudian, preman, sajam, kejahatan jalanan dan miras yang berada diwilayah hukum Polres Minahasa

Anggota Polres Minahasa lewat Operasi Pekat Samrat 2018 dan Operasi Mantap Praja 2018, harus jalan tanpa mengabaikan Pelayanan terhadap masyarakat. Anggota harus bisa berkomunikasi dengan semua lapisan masyarakat.

Share Button