Saturday, 25 January 2020

Category: Minahasa

Bupati ROR Berikan Bantuan dan Serap Aspirasi Masyarakat

Setelah giat pengangkatan eceng gondok pada jumat 24 januari 2020, Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR), melaksanakan berbagai kegiatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati ROR melayat di rumah duka atas meninggalnya alm. Netty Langi dalam keluarga Korompia langi dikecamatan kakas, bupati menyerahkan diakonia dan akte kematian kepada keluarga.

Setelah itu, bupati melanjutkan kegiatan penandatanganan prasasti, dan peresmian gedung GBI Mahanaim Sonder dibawah pimpinan Pdt. Vinsensius Sambur, SS, M.Th, dan Gembala Ibu Pdt. Lee Hee Suk.

Kemudian menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Keluarga Rondonuwu – Kalalo, yang diterima langsung oleh bapak Yan Rondonuwu berupa uang 10 juta, dan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Dinas Sosial berupa perangkat kebutuhan sehari hari berupa konfor gas, elpigi, kasur dan perangkat rumah tangga ,di desa Tincep.

Lalu dilanjutkan dengan melayat ke rumah duka di desa tincep, dan melihat langsung penyelesaian pembangunan pasar sonder. Setelah itu mampir di gereja Getsemani Senduk untuk melihat pembangunan pastori dan ruangan serbaguna yang baru selesai di bangun. Dan Melakukan sidak ke pompa bensin tambala.

Ini merupakan kepedulian Bupati kepada Masyarakat Minahasa, dan berusaha untuk turun langsung kelapangan bertemu dengan masyarakat, dan mendengar aspirasi masyarakat.

Yvi

Share

TP PKK Kabupaten Minahasa Angkat Eceng Gondok

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, SIP, Wakil Ketua Martina Dondokambey-Lengkong SE, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa Ir. Ellen Cumentas SPi turun langsung mengangkat eceng gondok di desa Touliang Oki Kecamatan Eris, Jumat, 24 Januari 2020

Fenny Roring menyampaikan, ini merupakan salah satu program TP-PKK yang akan dilaksanakan disepanjang tahun 2020, yaitu membersihkan eceng gondok, dan untuk pelaksanaannya melibatkan semua pengurus dan anggota TP-PKK kabupaten Minahasa.

“Kami, juga PKK Kecamatan dan desa, bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP), serta Dekranasda Kabupaten Minahasa. Inipun juga untuk mendukung Program Pemerintah kabupaten Minahasa tahun 2020 tentang Pelestarian Danau Tondano.” Ujarnya.

“Semoga apa yang telah diprogramkan dapat berjalan dengan baik, dan diharapkan akan dukungan masyarakat untuk ikut bekerja bersama dalam melestarikan danau tondano, termasuk mengangkat eceng gondok.” Harapnya.

Turut mendampingi sekaligus mengangkat eceng gondok Penjabat Sekretaris daerah Kabupaten Minahasa Ir. Ronald Sorongan MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs.Vicky Kaloh, Camat Eris Hendrik Lombogia SSos, Hukum Tua Touliang Oki Jeane Pakasi.

Yvi

Share

ASN dan THL Minahasa Berkeliaran Akan Ditindak

Polisi Pamong Praja Kabupaten Minahasa, melaksanakan Operasi Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang berkeliaran saat jam kerja.

Kepala Satuan (Kasat) Pamong Praja Kabupaten Minahasa, Meidy Rengkuan, mengatakan operasi ini sudah berjalan 2 hari ini, dan akan terus dilakukan. Katanya pada kamis 23 januari saat ditemui dikantornya.

“Apabila kami temui ada ASN dan THL berada diluar kantor pada saat jam kerja, maka kami akan menanyakan apakah ada surat tugas atau tidak, apabila tidak dapat menunjukkan surat tugas, maka kami akan memintai data bersangkutan,” ujarnya.

Menurutnya, bagi ASN dan THL yang tidak dapat menunjukkan surat tugas, maka nama yang bersangkutan akan dibacakan pada saat apel perdana awal bulan. Untuk ASN proses sesuai ketentuan, sedangkan untuk THL bisa saja dilakukan pemberhentian setelah dikoordinasikan.

Untuk operasi ini, Sat Pol PP Kabupaten Minahasa menurunkan tiga (3) regu, masing-masing 7 personil. Awal operasi ini dilakukan di Kota Tondano, dan diluar Kota Tondano dilakukan pemantauan.

Selain operasi ini, Satuan Pol PP Kabupaten Minahasa ikut membantu siswa dalam menyeberang jalan bersama Polisi Lalu Lintas, khususnya sekolah-sekolah dengan lalu lintas ramai.

Yvi

Share

Masuk Program HKTI, Benih Padi Varietas M70D Siap Dikembangkan

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, juga selaku Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Minahasa Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menerima secara simbolis Benih Padi Varietas M70D. Pada Rabu 22 Januari 2020, bertempat di Ruang Kerja Wakil Bupati Minahasa.

Penerimaan Benih Padi Varietas M70D ini dalam Program HKTI Minahasa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Universitas Negeri Manado (UNIMA) Fakultas MIPA dibawah pimpinan Dekan Dr. Anetha Tilaar MSi, dan Ketua Dewan Pakar HKTI Sulut yang juga sebagai Tenaga Ahli pertanian Prof. Dr. Orbanus Naharia, MSi dalam penanaman dan penelitian Padi Varietas M70D.

Jenis Padi tersebut dapat dipanen dalam jangka waktu 70 Hari, dengan indeks panen padi yang pada umumnya 300 % dapat meningkat 400% per tahun atau 4 kali panen dalam setahun dan berdasarkan penelitian produksi dapat mencapai 12 Ton per hektar.

Adapun Petani yang terpilih dalam menjalankan program ini adalah kelompok tani Minahasa. Ini berkat koordinasi dan sinergitas Ketua HKTI Minahasa Robby Dondokambey SSi, dan Sekretaris HKTI Minahasa Tito Manopo dengan Dewan Pimpinan Nasional HKTI yang diketuai Jendral TNI Purn. Moeldoko.

Wakil Bupati RD berharap dengan adanya Benih Padi Varietas M70D ini, dapat menunjang sektor pertanian yang ada di Sulawesi Utara, termasuk membantu kelangkaan pangan di Sulawesi Utara khususnya di Minahasa.

Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Yeittij Roring SP

Yvi

Share

Aster Panglima TNI Tinjau Danau Tondano

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Mendampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit Meninjau Lokasi Kegiatan Karya Bhakti Skala Besar Pengangkatan Eceng Gondok T.A 2020 Di Wilayah Kodim 1302/Minahasa, pada Selasa 21/01/2020 di kelurahan tonsaru, kecamatan tondano selatan.

Kegiatan ini bertemakan, “Melalui Kegiatan Karya Bakti Skala Besar Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Yang Kokoh Serta Terwujudnya Kemanunggalan TNI – Rakyat”

Bupati Minahasa menyampaikan apresiasi kepada TNI, atas perhatian yang besar di kabupaten minahasa, serta berterima kasih kepada Mabes TNI, karena telah menganggarkan 1 miliyar rupiah, untuk menopang program penyelamatan danau tondano.

“Atas nama pemerintah kabupaten minahasa dan seluruh warga minahasa berterima kasih kepada bapak George E. Supit dan keluarga besar TNI atas kepedulian terhadap danau Tondano” Ungkap ROR

Selanjutnya Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi mendampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit bersama Forkopimda meninjau titik titik pengangkatan eceng gondok dengan menggunakan Kapal Hessie Cruise.

Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo SSos, mengatakan, bahwa pihak TNI siap mensuport setiap Program Pemerintah Kabupaten Minahasa, termasuk menjaga kebersihan dan melestarikan danau tondano.

Pihak Kodim 1302/Minahasa siap menurunkan personil untuk ambil bagian dalam pengangkatan eceng gondok,” lewat kepedulian bapak Mayjen terhadap Danau Tondano, kami siap ikut ambil bagian menjaga dan melestarikan,” ujar Dandim.

Dalam Kegiatan tersebut Ketua KNPI Rifky Johanes Roring Beserta Pengurus, Juga ikut andil membantu mengangkat eceng gondok, dalam kepedulian penyelamatan danau tondano.

Turut Hadir Ny Ir Sandra Supit, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Joseph Robert giri, aster kasdam Kolonel.Inf Abdul Haris .SIP, Kolonel Inf Nefra Firdaus S.E., M.M, Paban IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Inf Dhanny Alkadrie, Paban V/Bahkti Ster TNI, Letkol Inf Jamaludin, Pabandya 4/Anev Bakti TNI, Ster TNI, Mayor Laut (KH) David Darius, Pabanda Kommas Ster TNI, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Kejari Minahasa Rahmat Budiman Taufani, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko, SH MH, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Ir Ronald Sorongan MSi dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Yvi

Share

Gelar Rapat Evaluasi, ROR : Utamakan Kepentingan Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan rapat koordinasi evaluasi, pada senin 20 Januari 2020, bertempat di ruang sidang kantor bupati minahasa.

Rapat ini membahas tentang evaluasi program yang sudah dijalankan di tahun 2019 dan Pemantapan Kegiatan yang akan di jalankan di tahun 2020.

“Jika masih ada kekurangan di tahun 2019 kita benahi di tahun baru ini,” kata Bupati Royke O Roring.

Bupati meminta semua jajaran untuk menjalankan program dengan sebaik mungkin, dan utamakan kepentingan masyarakat, demi terwujudnya Minahasa yang semakin hebat.

Turut hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Pj Sekretaris Daerah Kab Minahasa Ir Ronald Sorongan MSi, para Asisten bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Yvi

Share

Pelaksanaan Paskah Nasional 2020 di Stadion Maesa

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi IPU, meninjau lokasi stadion Maesa, yang direncanakan sebagai tempat pelaksanaan Paskah Nasional, pada senin 20 Januari 2020.

Bersama Bupati ikut meninjau, Sekretaris Umum Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pdt Jacky Manuputty Beserta Pengurus PGI, dan Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM.

Rombongan juga melaksanakan rapat persiapan Perayaaan Paskah Nasional, bertempat di Rudis Bupati Minahasa.

Stadion Maesa Tondano, disiapkan untuk pelaksanaan Perayaan PASKAH Nasional pada bulan April 2020 nanti.

Turut Hadir Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey Lengkong SSi, Pj Sekda Kabupaten Minahasa Ir Ronald Sorongna MSi, Anggota Dewan DPR RI, Adriana Dondokambey, juga Selaku Ketua Komisi Wanita Kaum Ibu Sinode GMIM, Bendahara Sinode GMIM Sym. Recky J. Montong, MTh, beserta Jajaran Pemkab Minahasa.

Yvi

Share