Monday, 16 July 2018

Category: Minahasa

PANPEL PWWM 2018 TERBENTUK

Tondano, Klabatnewsok.com – Panitia Pelaksana Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa (PWWM) 2018 resmi terbentuk dalam suatu Rapat Terpadu dengan para mantan-mantan pemegang gelar Waraney dan Wulan Minahasa pada tahun-tahun yang lampau, pada Jumat 13 Juli 2018 siang bertempat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa, Welelen Tondano.

Dalam Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Kabid Pemasaran dan Promosi Disbudpar Jimi Pinangkaan SE MSi dan Kasie Pelayanan Informasi Cecilia Sitompul SH MH ini, akhirnya mempercayakan Melisa Gerungan SPSi sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

Disamping Melisa, Rapat juga menetapkan Wulan Minahasa 2013 Friska Tani SIK sebagai Wakil Ketua Panitia, kemudian Waraney 2011 Winfrit Lakoy SSTPAr sebagai Sekretaris dan Wulan Minahasa 2010 Rezha Kaunang SAP sebagai Bendahara, serta para anggota Panitia lainnya.

Kadis Budpar Agustivo Tumundo mengatakan bahwa pembentukan Panpel PPWM 2018 ini sengaja dibentuk lebih awal, agar pihak penyelenggara dapat lebih matang mempersiapkan even tahunan andalan Pemkab Minahasa ini.

“Kepanitiaan yang dibentuk ini merupakan perpaduan unsur Pemkab, unsur pengusaha dan unsur mantan-mantan pemegang gelar Waraney dan Wulan Minahasa tahun-tahun yang lampau” kata Tumundo.

Diharapkanya agar semua personil panitia yang dipercayakan ini akan melaksanakan even ini dengan lebih baik dan terus meningkatkan mutu pelaksanaannya.

Sementara Ketua Panpel Melisa Gerungan menyampaikan apresiasi dan terim kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, dan menyatakan komitmennya untuk membuat yang terbaik dalam mengangkat citra sebagai generasi muda Minahasa yang hebat.

“Saya berterima kasih atas kepercayaan ini, dan saya bertekad akan memberikan yang terbaik baik mutu dan kualitas penyelenggaraan PWWM 2018 ini” ujar puteri tercinta Ketua KADIN Sulut Hangky Arthur Gerungan (HAG) dan mantan Ketua Komisi WKI Sinode GMIM Ny Meitha Gerungan-Walla ini.

Akhir dari pertemuan tersebut dilakukan penyerahan Surat Keputusan Panitia Pelaksana PWWM 2018 oleh Kadispar Budpar Agustivo Tumundo kepada Melisa.

Share Button

Pemerintah Minahasa Ikut HARGANAS

Manado, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kab. Minahasa Berpartisipasi dalam Acara Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXV.
Acara puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXV dilaksanakan di Kawasan Pohon Kasih Mega Mas, Manado. Sabtu, 7 Juli 2018.

Dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE. Ketua TP PKK Prov. Sulawesi Utara Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, SE, Wakil Ketua TP PKK Prov. Sulawesi Utara dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh, DEA, Ketua TP PKK Kab. Minahasa Helly Grace Mewoh-Pongoh, SE. Dan Bupati dan Walikota se-Sulawesi, serta seluruh peserta yang sudah mengambil bagian.

Tema HARGANAS ke XXV yang dilaksanakan di Sulawesi Utara adalah “Hari Keluarga Hari Kita Semua” dengan membawa tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana” Peringatan Harganas memiliki tujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta tentang penting penerapan fungsi keluarga.

Pemerintah Kabupaten Minahasa turut serta mengambil bagian dalam acara ini dengan membagikan hasil pertanian daerah Minahasa yaitu Jagung, yang telah diolah menjadi (Milu rebus) kepada para peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini secara Gratis.

Y

Share Button

DEPUTI MENTERI PARIWISATA MINTA KEMBANGKAN HOME STAY DI MINAHASA

Jakarta, Klabatnewsok.com – Deputi Menteri Pariwisata RI Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky Ratman SH MPA mengharapkan agar pemanfaatan rumah tinggal untuk dijadikan Home Stay di Minahasa terus dikembangkan bahkan ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Deputi Menpar Dadang Rizki saat menerima kunjungan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi didampingi Kasubag Perencanaan Disbudpar Claudya Mamahit ST MAP pada Rabu 4 Juli 2018 sore di Ruang Kerja Deputi Kemenpar, di sela-sela keduanya mengikuti Rakor Verifikasi Usulan DAK Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2019 yang digelar oleh Sekretariat Kemenpar di Balairung Gedung Sapta Pesona Kemenpar RI, Jakarta.

Dikatakan Dadang bahwa dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara baik wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, dipastikan sejumlah objek wisata di Minahasa akan semakin banyak dikunjungi pula oleh wisatawan tersebut.

“Mengingat sejumlah hotel besar masih terpusat di ibukota Manado, maka daerah lainnya seperti di Kabupaten Minahasa saya minta untuk terus dikembangkan rumah nginap Home Stay termasuk di sekitar kawasan wisata alam Danau Tondano” ungkap Dadang.

Kalau Home Stay ini ditata dan di kelola dengan baik, lanjut Dadang pasti akan turut mengembangkan kawasan sekitar objek wisata itu dan memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat di sekitarnya.

Sementara Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo mengatakan bahwa pihaknya selama ini terus mendorong upaya masyarakat yang berniat menjadikan rumah tinggalnya untuk dijadikan usaha Home Stay dalam rangka mengantisipasi semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung di Minahasa.

“Bulan lalu kami telah mengutus puluhan masyarakat pemilik rumah pribadi untuk mengikuti pelatihan pengelola Home Stay yang digelar oleh Kemenpar RI bekerja sama dengan Dispar Provinsi Sulut” urai Tumundo.

Sebagian besar peserta yang ikut, kata Tumundo adalah pemilik rumah tinggal di sekitar Danau Tondano yang berminat untuk dijadikan Home Stay.

Ditegaskan Tumundo bahwa pihaknya akan terus mendorong pihak-pihak yang berminat menjadikan rumah tinggal mereka untuk dikembangkan menjadi Home Stay.

Share Button

Mewoh Wakili Gubernur OD Resmikan Tugu Kawangkoan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa, Drs Royke H Mewoh DEA, Kamis (05/07) wakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey lakukan pentahbisan dan peresmian tugu Kawangkoan di wilayah Kabupaten Minahasa.

Turut hadiri dalam kesempatan ini Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa, Camat Kawangkoan Utara, Camat Kawangkoan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pengurus DPP Kumpulan Mapalus Kawangkoan“Kumawangkoan”, Panitia Pulang Kampung Kawangkoan Ro’ong Kalelon dan Masyarakat setempat.

Berdasarkan data dan informasi, pentahbisan tugu Kawangkoan dipimpin oleh Gembala Joike Rambitan, STh dan peresmian dilakukan Oleh Pj. Bupati Minahasa, Drs Royke H Mewoh DEA ditandai dengan Pemukulan Tetengkoren.

Pj Bupati Minahasa, Drs Royke H Mewoh DEA dalam sambutanya menyampaikan, atas nama Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey memohon maaf dikarenakan berhalang hadir. Dan atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah kabupaten minahasa kami memberikan apresiasi kepada panitia Pulang Kampung Kawangkoan dan rukun kumawangkoan yang telah berinisiatif dan berparitisipasi membangun tugu.

“Tugu ini merupakan tugu kebanggaan masyarakat kawangkoan. Ini merupakan suatu komitmen panitia untuk dapat menyelesaikan tugu sebelum pengucapan syukur kabupaten minahasa,” ucapnya.

Ini juga merupakan dukungan masyarakat kawangkoan serta Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Kumpulan Mapalus Kawangkoan terhadap pembangunan dan program pariwisata pemerintah provinsi dan kabupaten.

“Karena mengingat Destinasi yang sering di kunjungi wisatawan saat ini adalah bukit kasih kanonang sehingga para turis dapat melihat tugu ini,” jelasnya. Diakhir Sambutannya bupati menyampaikan “Selamat kepada masyarakat kawangkoan.

Share Button

Pemkab Minahasa Susun RPJMD Tahun 2018-2023

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Teknokratik, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa, tahun 2018-2023, bertempat di Mercure Convention Hall Tateli, Kecamatan Mandolang, Senin (02/07) pagi.

Acara ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, dan dihadiri Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Sekda Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi serta para Asisten Setdakab Minahasa, Ketua TP-PKK Minahasa Helly Grace Mewoh Pongoh, seluruh Kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Minahasa, serta stakeholder terkait, Tim Penyusun dan para ahli.

Kepala Bappelitbangda Minahasa Drs Donald H Wagey MBA, dalam laporannya mengatakan Murenbang Teknokratik RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 ini, dilaksanakan untuk membahas rancangan Teknokratik RPJMD Minahasa, bersama Tim Penysusun dan Perangkat Daerah, untuk memperoleh masukan dan saran sesuai tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

“Materi yang dibahas dalam kegiatan ini yakni, Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023. Musrenbang Teknokratik RPJMD Kabuaten Minahasa tahun 2018-2023 ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian pelaksanaan tahan perencanaan untuk penyusunan RPJMD 2018-2023, sesuai Permendagri RI nomor 86 tahun 2017. Musrenbang ini diharap dapat menghasilkan kesepakatan tentang rumusan yang dapat menjadi masukan,” kata Wagey.

Sementara, Pj Bupati Mewoh dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan Pemkab Minahasa, untuk merumuskan pembangunan Kabupaten Minahasa lima tahun kedepan, yang lebih terarah lagi.

“Musrenbang ini untuk merancang pembangunan daerah, merangkap pembangunan sumber daya manusia, dalam rangka menghadapi pembangunan kedepan, agar mengalami kemajuan. Untuk itu kami mengarapkan program-program yang nantinya disusun ini, benar-benar dapat direalisasikan masing-masing SKPD yang ada,” kata Mewoh.

Lanjut dirinya mengatakan, RPJMD Minahasa 2018-2023 ini tentunya akan juga disesuaikan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa terpilih, periode 2018-2023, dan juga diselaraskan atau disinergikan dengan program nasional dan provinsi Sulawesi Utara.

“Penyusunan RPJMD ini, selain diselaraskan dengan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih, juga bersinergi antara program Pusat, Provinsi dan Kabupaten, sebab ada pula program-program yang tidak bisa dijangkau dengan anggaran daerah, tapi harus dibantu dengan anggaran Pusat maupun Provinsi. Yang pasti, dengan adanya Musrenbang ini, Bupati dan Wakil Bupati terpilih sudah ada pijakan untuk pembangunan dan membantu untuk menyusun APBD tipa tahun selama lima tahun kedepan,” pungkas Mewoh.

Y

Share Button

Pemerintah Minahasa Gelar Bimtek Perencanaan Pembangunan

Mandolang, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan teknis perencanaan pembangunan daerah, pada jumat 29 juni 2018 di mercure hotel manado tateli beach resort.

Dihadiri pjb. Bupati Minahasa Drs. Royke Herkules Mewoh, DEA, sekretaris Daerah Minahasa J. R. Korengkeng, SH, MSi. kepala badan Bapelitdangda Drs. Hanes Donald E Wagey, MBA dan seluruh kepala SKPD, Camat, dan kepala bagian sekab Minahasa.

Diawali deng laporan yang disampaikan oleh sekretaris bapelitbangda Jemmy Tuwo,SH. Dengan narasumber Bapak Harris Muda Nasution Selaku Tenaga Ahli Kemendagri Bina Pembangunan Daerah.

Sambutan pj. Bupati Minahasa menyampaikan bimbingan teknis penyusunan renstra dan renja perangkat daerah kabupaten minahasa merupakan wadah pembekalan teknis bagi aparat penyusun renstra dan renja perangkat daerah, agar dapat tersusun dengan baik disetiap perangkat daerah berdasarkan aturan yang berlaku.

Diharapkan kegiatan bimtek ini dapat memberikan pemahaman dan pengertian bagi para kepala perangkat daerah serta bagi penyusun renstra dan renja sesuai dengan amanat kemendagri no.86 tahun 2017 sehingga dapat menghasilkan dan tersedianya dokumen renstra dan renja yang akan digunakan untuk menopang RPJMD kabupaten minahasa periode 2019-2023.

Diakhir sambutan, Pjb. Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua elemen yang telah membantu dan menyukseskan pilkada yang dilaksanakan di kabupaten minahasa. Pjb Bupati juga Membuka secara resmi kegiatan bimtek perencanaan pembangunan daerah.

Y

Share Button

Pemerintah Minahasa Laporkan Pilkada Kepada Kemendagri

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Video Confrence dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam rangka laporan tentang Pilkada serentak khususnya yang di laksanakan di Kabupaten Minahasa.

Dihadiri Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh, DEA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kab. Minahasa DR. Denny Mangala, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Dolfie Kasenda, M.Sc, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs. Jorry Gumansing, Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs. Moudy L. Pangerapan, MAP, Kepala Bagian Pemerintahan dan Administrasi Kewilayahan David Mangundap, SE.

Video Confrence dilaksanakan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa, pada Kamis 28 Juni 2018. Dalam Video Confrence penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh,DEA, memberikan laporan kepada Kepala Pusat Data dan Informasi Setjen Kementrian dalam Negeri Asmawa Tosepu, AP, M,Si.

Dalam laporannya Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh, DEA. Menyampaikan informasi tentang perolehan hasil pilkada dan situasi setelah pilkada dilaksanakan. Pelaksanaan pilkada Kabupaten Minahasa berlangsung dalam keadaan aman dan terkendali, masyarakat yang berpartisipasi dalam pilkada sangat antusias dan sekitar kurang lebih 90%. Pilkada kemarin berlangsung aman dan tertib.

Calon no 1 memperoleh kurang lebih 34,98% suara dan Calon no 2 memperoleh kurang lebih 65,02% suara. DPT yang menggunakan suara kurang lebih 251.450. Dan data suara yang rusak masih sementara di rekapitulasi tetapi data yang ada sekarang sekitar kurang lebih 201.000.

Pilkada kemarin, sudah sesuai dengan ketentuan dan keterkaitan semua aparat sudah sangat baik, karena memang koordinasi antara aparat TNI, POLRI, PANWAS, maupun KPU, pemerintah ataupun Masyarakat sudah sangat baik.

Y

Share Button