Monday, 16 July 2018

Category: Iklan & Advertorial

Kapolres Minut Pimpin HUT ke-72 Bhayangkara, Dihadiri Bupati Vonnie Panambunan 

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Kapolres Kabupaten Minahada Utara AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH memimpin upacara peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Mapolres Minut, Rabu 11 Juli 2018 dan dihadiri Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan bersama jajarannya.

Pada kesempatan itu Pattiwael  membacakan amanat Presiden Jokowi yang meminta seluruh jajaran Polri untuk terus meningkatkan kinerjanha, terutama memantapkan soliditas internal dan profesionalisme.

“Pertama terus tingkatkan kinerja, terutama memantapkan soliditas internal dan profesionalisme untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks,” kata Kapolres.

Selain itu, Polri diminta memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada, terutama dalam penegakan hukum. Serta menegaskan, penegakan hukum harus dilakukan secara profesional, transparan, dan berkeadilan. Polri harus membuang budaya koruptif, hindari tindakan berlebihan, serta meningkatkan kepercayaan publik.

“Kedepankan langkah-langkah pencegahan, lakukan tindakan humanis dalam menangani segala permasalahan sosial yang timbul,” imbuh Kapolres Minut ini.

Usai upacara Bupati Minut Vonnie Panambunan dalam sambutannya  mengatakan sangat percaya polisi selalu sukses dan maju, khususnya Polres Minut di mana pimpinan Polres Minut mampu membantu pemerintah.

“Banyak kegiatan Kapolres Minut yang bersentuhan dengan sosial, sehingga kami berharap Kapolres tidak kemana-mana, dan saya berdoa Kapolres bisa menjadi Kapolda Sulut nantinya, agar berbagai kegiatan kemanusiaan  bisa terus terealisasi,” jelas Panambunan.

Dalam peringatan tersebut Bupati dan Kapolres Minut memberikan hadiah sekaligus piala bergilir kepada para pemenang lomba, sepak bola, volly Putra dan Putri, serta Desa Kamtibmas yang digelar sejak 23 Mei sampai 11 Juli 2018.(*)

Pemenang Lomba HUT Bhayangkara ke-72

1.Bola Volli Putri
-Juara 1 Kecamatan Dimembe
-Juara 2 Kecamatan Kauditan
-Juara 3 Kecamatan Airmadidi

-Bola Volli Putra
-Juara 1 Kecamatan Dimembe
-Juara 2 Kecamatan Kauditan
-Juara 3 Kecamatan Airmadidi

2.Sepak Bola
-Juara 1 PS Kema
-Juara 2 PS Armada Kema
-Juara 3 Putra Klabat FC Airmadidi

3.Lomba Kamtibmas
-Juara 1 Desa Sawangan
-Juara 2 Desa Paslaten
-Juara 3 Desa Pinili

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Sampaikan Pengajuan Ranperda LPJ APBD 2017 

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-DPRD Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar rapat paripurna tentang pengajuan ranperda tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD untuk Tahun Anggaran 2017 Pemkab Minut yang disampaikan Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, Senin 9 Juli 2018, di kantor DPRD Minut.

Seluruh fraksi menerima dan menyetujui pengajuan ranperda untuk dibahas ke tahap berikutnya. Dalam pemandangan umum fraksi-fraksi, adapun beberapa catatan yang disampaikan yakni, Fraksi Gerindra yang dibacakan Nona Rimporok meminta penyelesaian terkait musibah banjir di Kelurahan Airmadidi Atas dan Kelurahan Airmadidi Bawah.

Sementara Fraksi Golkar disampaikan Elia Tooy, meminta Bupati melakukan evaluasi dan pengawasan berdasarkan prosedur pelaksanaan dana DAK apakah sudah diinput melalui online monitoring sistem perbendaharaan dan anggaran negara yang batas waktunya sampai 23 Juli. “Kalau sudah batas waktu tidak diinput maka proses kegiatan dana DAK hangus, agar pengalaman tahun lalu dana APBD 31 miliar rupiah dimanfaatkan untuk menanggulangi dana DAK karena kelalaian SKPD masing-masing yang menyebabkan dibiayai dana DAU 31 miliar,” tutur Tooy.

Fraksi Demokrat oleh Stevanus Prasetyo meminta pemerintah perlu menyikapi secara serius tentang tunjangan kesehatan dari tenaga fungsional dokter yang bertugas di Minahasa Utara yang sangat kecil dibandingkan dengan daerah lain serta memperhatikan pengangkatan tenaga ASN guru yang berasal dari masyarakat Minahasa Utara di mana pada saat ini semakin berkurang, karena telah memasuki masa pensiun sementara tidak ada pengangkatan ASN fungsional guru, ditakutkan apabila ini terus menerus berlangsung maka guru-guru yang mengajar di Minut mayoritas penduduk dari luar daerah.

Untuk Fraksi Hanura yang dibacakan Sonya Nanalis mempertanyakan tentang pemberian bonus untuk atlet yang mengikuti Porprov 2017 di mana sampai saat ini tidak terealisasi, kedua rehabilitasi jalan aspal Airmadidi Atas dan Airmadidi Bawah yang sudah bertahun-tahun dibiarkan namun dicabut kembali.

Dari Fraksi RKI oleh Denny Sompie menanyakan dana silpa APBD tahun 2017 agar bisa dibelanjakan untuk kepentingan publik yakni untuk bantuan untuk usaha mikro kecil menengah bagi masyarakat pesisir dan kepulauan yang sangat membutuhkan, pembangunan sarana pendidikan daerah pesisir dan kepulauan, pembangunan jalan pariwisata yang ada di daerah Kecamatan Likupang khususnya di Desa Kalinaung dan Desa Kinunang, pembangunan jalan pariwisata di Desa Sindang Kecamatan Likupang Timur, tempat pembuangan sampah di Likupang.

Atas pandangan umum dari Fraksi-fraksi, untuk dari F-Gerindra bupati mengatakan akan segera diselesaikan. Dari F-Golkar menurut bupati dana DAK untuk yang sudah dikontrak sudah dilaporkan dan diinput, pada saat ini masih ada dana DAK yang masih diproses, jika selesai akan segera dilaporkan. Dana DAK yang tidak terbayar tahun 2016 telah diganti oleh Kementerian Keuangan pada tahun 2017 dan sudah digunakan pada APBD- Perubahan 2017.

Jawaban untuk Fraksi-Demokrat bupati menginginkan gaji dokter tinggi, tapi semua disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. “Untuk pengangkatan ASN guru diatur oleh pemerintah pusat, seandainya ada pengangkatan guru, pasti saya akan nomor satukan masyarakat Minahasa Utara,” kata bupati Minut ini.

Atas pandangan umum Fraksi-Hanura bupati mengatakan bonus atlet tinggal menunggu perlengkapan dokumen dan rehabilitasi jalan untuk wilayah Airmadidi, akan cari tahu dulu lokasinya di mana.

Dari Fraksi-RKI bupati pun menanggapi hal ini dan akan memperhatikan kebutuhan masyarakat pesisir dan kepulauan, serta tempat pembuangan sampah sudah dibeli tanahnya, tinggal tempat sampahnya akan segera dibangun.(*)

Share Button

Pemkab Minut Raih Opini WTP

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2017. Senin 4 Juni 2018 yang diterima Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu dan Ketua DPRD Berty Kapojos SSos. Opini WTP ketiga kalinya ini akan membuat pengelolaan dan pencatatan keuangan Pemkab lebih diperketat.

Dikatakan Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu MA, prestasi WTP yang ketiga kalinya ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa. “Kalau satu atau dua kali WTP sudah luar biasa tapi ini sudah ketiga kalinya berarti sangat atau di atas luar biasa,” kata Sekda di kantor BPK Sulut.

“Ini menjadi pemacu bagi kita untuk lebih baik dalam pengelolaan dan pencatatan keuangan pemerintah kabupaten. Kita ke depannya akan lebih ketat supaya bisa terus meraih WTP di tahun-tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu ketua DPRD Berty Kapojos mengatakan pihaknya sangat bangga dengan apa yang diraih oleh Minut kali ini. “Kita akan terus bersama-sama dengan eksekutif mengawal pengelolaan keuangan daerah. Memang ada beberapa catatan dan kita diberi waktu 60 hari untuk menindaklanjuti,” ujarnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Muliaman Purba pada kegiatan itu mengatakan bahwa opini WTP yang telah diterima para kepala daerah harus dijadikan motivasi. Terutama dalam mewujudkan administrasi keuangan agar lebih baik.

“Jangan mudah puas. Pengelolaan keuangan harus tetap dimaksimalkan dengan mengacu pada prinsip dan asas pengelolaan keuangan,” pungkasnya seraya menambahkan, bagi daerah yang belum meraih opini WTP, harus tetap berupaya menyajikan administrasi keuangan yang baik.

Sementara itu Gubernur Olly Dondikambey memberikan apresiasi kepada daerah-daerah yang telah berhasil meraih opini WTP. “Saya bersyukur karena hampir semua kabupaten dan kota meraih opini WTP dari BPK RI perwakilan Sulut,” kata Gubernur.

Gubernur juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk selalu memenuhi semua saran dari BPK agar pengelolaan keuangan berjalan optimal. “Kita telah mendengar apa yang dikatakan BPK, untuk itu kita harus mengerjakannya dan terus memperbaiki LKPD,” urai Dondokambey.(*)

Share Button

Minahasa Utara Terima Penghargaan UHC JKN-KIS dari Presiden Jokowi

Jakarta,KLABATNEWSOK.com-Kabupaten Minahasa Utara Minahasa Utara (Minut) menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award, yang diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Mei 2018 kepada bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP).

Penghargaan diberikan Presiden Jokowi atas komitmen Bupati Minut dalam mengelolah Kartu Indonesia Sehat (KIS) bekerjasama dengan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi rakyat Minut. “Syaratnya minimal 95 persen masyarakat yang memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS), terlampaui. Minut justru mencapai 95,8 persen. Ini yang diapresiasi pemerintah pusat yakni Presiden Joko Widodo,” kata Kadis Kesehatan Minut Dr. Rina Widayati M.Kes didampingi Kabag Humas Pemkab Minut Chresto F Palandi SSTP,MSi.

Sementara itu Bupati Minahasa Utara, Vonnie Anneke Panambunan mengatakan Minut patut bersyukur dan berbangga karena JKN-KIS ini mendapat alokasi anggaran dari APBD kabupaten Minut serta APBN, sehingga dapat menjangkau masyarakat kurang mampu untuk ditanggung setelah menjadi peserta JKN-KIS, bahkan masyarakat untuk kategori mampu di Minut, ternyata memiliki kesadaran tinggi untuk menjadi peserta JKN-KIS Mandiri.

“Faktor-faktor inilah yang mengangkat Minut dapat mencapai angka 95,8 persen dari jumlah penduduk merupakan peserta JKN KIS baik Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Non PBI, terima kasih rakyat Minut, terima kasih semua pihak yang telah bekerja dengan baik. Bahkan penghargaan ini tak lepas dari kerjasama yang baik BPJS Cabang Manado, BPJS  Pelayanan Airmadidi, Dinas Kesehatan Minut,” kata bupati seperti dituturnkan Palandi.

Selanjutnya bupati berpesan kepada warga Minut, untuk tetap mempertahankan keberhasilan yang telah menuai prestasi di tingkat Nasional ini. “Kerja keras dan kerja bersama ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kedepan presentase semakin meningkat. Kesehatan adalah hal yang penting, karena hanya SDM yang sehatlah yang mampu memberikan kontribusi optimal bagi pembangunan daerah. Sehingga Minut pasti semakin diberkati,” kata VAP.

Kabag Humas juga menyebutkan Minut sangat berbangga sebab dari 15 kabupaten/kota se-Sulut hanya ada 7 yang terpilih dan Minut masuk menjadi salah satunya. “Ini adalah kebanggaan, sebab untuk Sulut sendiri dari 15 kabupaten/kota hanya 7 kabupaten/kota yang menerima award dari presiden,” tutur mantan Camat Likupang Selatan ini.

Penyerahan penghargaan secara simbolis oleh presiden Jokowi di Istana negara sekira pukul 13.00 WIB dilanjutkan penyerahan untuk seluruh provinsi dan kahupaten/kota di Hotel Grand Mercure pada pukul 16.00 WIB oleh Mendagri, dilanjutkan dengan buka puasa bersama.(*/adv)

Share Button

Ketua TP PKK Sulut Hadiri Peringatan HKG ke-46 di Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir Rita Dondokambey-Tambuntuan didampingi Ketua Pembina TP PKK Minut Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan membuka kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HGK) PKK ke-46 tingkat Kabupaten Minahasa Utara yang digelar di atrium kantor Pemkab Minut Senin 7 Mei 2018. Untuk laporan panitia oleh ketua TP PKK Minut Diana dondokambey sedangkan Pembacaan singkat sejarah singkat TP PKK oleh wakil ketua TP PKK Minut PKK.

Pada Pada kesempatan itu bupati Minut Vonnie Panambunan dalam sambutannya menyampaikan salut.dan berterima kasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Rita Tambuntuan karena bisa hadir di Minahasa Utara dalam peringatan HKG di Minut.

“Melalui momentum HKG ini hendaknya dapat memotivasi dan menggelorakan semangat bagi kader PKK agar selalu giat melaksanakan pengabdian serta tugas dan fungsinya. Biarlah dharma bhakti serta pengabdian dan pelayanan tetal ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dan pada umumnya lebih baik lagi,” kata bupati Minut.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Rita Tambuntuan mengatakan pada hakekatnya kebijakan yaitu kebaikan kita, tenggang tasa kita terhadap orang lain dan lingkungan kita yang sama-sama hidup di dunia di negara Indonesia tercinta. Tema central HKG tahun 2018 ini kali ini Kerukunan Dalam Keluarga Dalam Lingkungan Mewujudkan Indonesia Damai.

“Tema tersebut mengandung makna melalui momentum HKG ini diharapkan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang di semua tingkatan senantiasa bahu membahu dan segenap komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman kesadaran warga di Indonesia bahwa kondisi aman nyaman dan damai di negara kita ini pada dasarnya dimulai di lingkungan kita masing-masing,” kata Tambuntuan

Lanjutnya makna lebih mendalam dari HKG juga mengingatkan kepada kita semua warga PKK warga dan lingkungan kita harus jadi benteng utama untuk terciptanya kondisi masyarakat yang aman dan damai.

“Jika dapat kondisi nyaman dan damai di masyarakat, maka kondisi aman.di Indonesia juhga dapat kita wujudkan. Dalam kaitan saya dapat memberikan contoh nyata seraya mengingatkan pada kita semua bahwa saat ini kita hidup pada era demokrasi dan secara bersamaan, dan arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Segala macam informasi dan berita tidak ada lagi sekatnya dan sangat berbagai informasi itu dapat masuk ke semua anggota keluarga kita,” jelas ketua TP PKK Provinsi Sulut.

Acara dilanjutkan dengan pemasangan lilin HUT HKG ke-46 oleh ketua TP PKK Provinsi Sulut bersama ketua pembina TP PKK Minut didampingi ketua TP PKK Minut. Peringatan ini dimeriahkan oleh tarian Katrilia dari SDN Airmadidi, pemain kolintang dari SMPN Treman.

Kegiatan ini dihadiri para ketua dan pengurus TP PKK Kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan,.Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu, kepala-kepala SKPD, para camat.

Peringatan HKG ini turur digelar lomba busana kebaya antar kecamatan dan sebagai pemenang lomba juara 1 Ketua TP PKK Kecamatan Kema atau istri dari Camat Kema.(sem)

Share Button

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Minahasa Berlangsung Khidmat

Minahasa, Klabatnewsok.com – Upacara Bendera dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Minahasa berlangsung Khidmat pada rabu 2 mei 2018 bertempat di Taman God Bless Minahasa (Lapangan Sam Ratulangi) Tondano.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bertindak selaku pembina upacara, dan penaikkan sang Saka Merah Putih dipercayakan kepada Paskibraka tahun 2017.

Kegiatan inipun dirangkaikan dengan Penyerahan surat keputusan kenaikkan pangkat, dan Pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN), yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw.

Juga penandatanganan MOU bersama dengan pihak yang berkompeten dan Subsisdi Gas 5,5 kg setengah harga kepada Guru, penyerahan hadiah kepada siswa berprestasi dan lain lain.

Dalam sambutannya Gubernur OD, mengatakan patut berbangga dan bersyukur dapat melaksanakan upacara memperingati Hardiknas di Kabupaten Minahasa,” Tekad bagi kami Pemerintah Propinsi Sulut, dicanangkan pendidikan agar para siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan, untuk itu kompetensi guru harus ditingkatkan,” katanya.

Gubernur OD juga pada tahun 2018 ini akan menerapkan aplikasi pengajaran kepada guru guru, agar bisa belajar dan download bagaimana cara mengajar lewat handphone, dan bahkan Gubernur OD akan memberikan handphone bagi Guru yang tidak punya.

” Sangat penting ditingkatkan bagi siswa, yaitu mata pelajaran Matematika, fisika, kimia dan biologi, agar kedepan pendidikan lebih bermanfaat bagi anak didik, untuk itu penghargaan juga kita harus tingkatkan,” ujarnya.

Diapun menegaskan bahwa Pemerintah akan membiayai penuh atas prestasi, untuk membawa sulawesi utara lebih hebat kedepan,” kita siapkan jangan sampai Sulawesi Utara dinikmati bukan putra putri kita,” tegasnya.

“Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Propinsi Sulut dalam memajukan dunia pendidikan maka akan dinaikkan tunjangan bagi ASN terlebih khusus Guru, termasuk bantuan subsidi setengah harga gas 5,5 Kg bagi guru, untuk itu guru harus semangat,” ujarnya sembari berterima kasih kepada Ketua PGRI Sulut Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, atas masukkan kepada Pemerintah Provinsi Sulut.

Setelah Upacara Hardiknas, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE (OD) mengajar pembelajaran Jaman Now langsung dan Via Video Conference Online 10.000 siswa SMA/SMK, mengenai pendidikan kewarganegaraan pada rabu 2 Mei 2018 bertempat di Wale Ne Tou Minahasa Tondano.

Gubernur OD Mengajar tentang 4 pilar yaitu, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan secara Live.

Pada kesempatan ini Gubernur OD menyapa semua siswa siswi SMK/SMA se- Sulawesi Utara, dan langsung memberikan materi kepada semua tentang 4 pilar Kebangsaan yang ditekankan langsung pada Pancasila.

Menurut Gubernur bahwa 4 pilar mengandung nilai-nilai kebangsaan, dimana setiap Negara punya cara dan cita-cita yang berbeda, demikian juga dengan para siswa dan siswi punya cita-cita yang berbeda

“Namun prinsip moral harus ditingkatkan, sepintar apapun kita tanpa moral dan etika maka akan hancur, untuk itu pemberian pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan sangatlah penting,” ujarnya.

Menurutnya, Memahami dan mengamalkan 4 pilar kebangsaan sangatlah penting sebagai Komitmen kebangsaan dalam menumbuh kembangkan nasionalisme,

“Kita harus memahami sekaligus mengamalkan 4 pilar, kalau tidak!, Indonesia yang lahir dari suku, agama dan golongan, akan muncul individualisme dan tidak ada lagi kebersamaan antar sesama anak bangsa,” katanya.

Dijelaskannya pula bahwa Pancasila adalah ideologi dan dasar negara, berdiri antara 3 pilar lainnya, Pancasila adalah sebagai sumber segala sumber hukum, untuk itu pahami dan maknai pancasila sebagai bingkai pemersatu.

Hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, Forkopimda Sulut, Forkopimda Minahasa, Jajaran Pejabat Pemprov Sulut dan Minahasa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Undangan, Siswa dan Siswi Se- Kabupaten Minahasa.(Advertorial).

Share Button

Bupati Minut Resmikan Dua Gedung RSUD Maria Walanda Maramis

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan meresmikan pembangunan gedung rawat inap AK dan C serta rehab gedung poliklinik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis, Rabu 25 April 2018.

Sebagai tanda diresmikannya penggunaan gedung ini bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan menandatangani prasasti dan sekaligus mendampingi Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI), Dr Adi Suryanto melakukan pengguntingan pita. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan rasa syukur atas peningkatan fasilitas yang ada di RSUD Maria Walanda Maramis.

“Rumah Sakit ini tadinya hanya merupakan rumah sakit tempat bersalin, bahkan anak kedua saya lahir di sini. Olehnya saya bersyukur atas selesainya pembangunan gedung ini sehingga rumah sakit ini menjadi semakin lengkap. Semoga rumah sakit ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga Minahasa Utara, sehingga fasilitas pelayanan di sini dapat dirasakan,” kata bupati.(sem)

Share Button