Thursday, 23 May 2019

Category: Iklan & Advertorial

Bupati VAP Ikuti Rakor High Level Meeting

Manado,KLABATNEWS-Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Senin 20 Mei 2019, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulut. Rakor tersebut dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey dihadiri bupati dan walikota se-Sulut serta sejumlah pelaku usaha dan para pakar ekonomi Sulut.

Dalam rapat tersebut, dibahas juga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, penandatanganan roadmap pengendalian inflasi daerah Sulut tahun 2019-2021, serta pencanangan program Barito 4.0 dengan tim penggerak PKK.

Bupati Vonnie A. Panambunan dalam rakor inflasi didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Allan Mingkid dan Kabag Humas dan Protolol Chresto Palandi SSTP MSi.

Bupati dalam pertemuan tersebut ikut memaparkan kondisi daerah serta ketersediaan serta harga bahan pokok di Minahasa Utara jelang hari raya idul fitri. “Semua masih tersedia,” kata bupati dalam rakor tersebut.(*)

Share

Peringatan Harkitnas ke-111 di Minut, Kajari : Bangkit untuk Bersatu Kebangkitan untuk Persatuan

Airmadidi,KLABATNEWS-Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di Kabupaten Minahasa Utara sukses digelar di lapangan kantor bupati Minut, Senin 20 Mei 2019. Kajari Rustiningsih SH MSi bertindak sebagai inspektur upacara dengan komandan upacara Iptu Stanley Rimbing, Kapolsek Airmadidi dan diikuti TNI, Polri, Basarnas, Siswa, Aparatur Sipil Negara ( ASN). Harkitnas 2019 mengambil tema Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan Untuk Persatuan. Upacara dirangkaikan dengam apel Korpri Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Inspektur Upacara Rustiningsih SH MSi membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika  RI  Rudiantara mengatakan, dalam sumpah palapa ada teks yang tertulis Amukti Palapa dan para ahli sepakat, Amukti Palapa yang berarti sesuatu  yang berkaitan dengan kesenangan diri Mahapatih Gajah Mada yang artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasnya sebelum mempersatukan Nusantara.

“Peringatan Harkitnas ke-111 Tahun, 20 Mei 2019 sangat relevan dengan teks sumpah palapa. Situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi dengan menginspirasikan pilihan yang berbeda dalam pemilu, namun semua pilihan kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan pemilu berjalan dengan baik dan lancar berkat pengorbanan yang mulia dari semua anak bangsa, untuk menjaga kelancaran dan kejujuran  proses pemilu,” kata Rustiningsih.

Lanjutanya telah satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organiasasi Budi Oetomo. “Sangat relevan tema yang disematkan Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan Untuk Persatuan. Bangsa ini adalah bangsa yang besar yang telah mampu menjaga semangat persatuan selama berabad-abadal, kuncinya adalah gotong royong. Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua,” kata Irup membacakan amanat Menkominfo RI.

Dilanjutkan Rustiningsih, biarlah semangat persatuan tetap menyebar di seluruh nusantara, seperti ungkapan kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh daerah, suku adat dan budaya di Indonesia. Seperti pidato Presiden RI Joko Widodo, dari tanah Minang diimbau dengan petuah Barek somo dipikua, sagolek pangkek, dari Bumi Angin Mamiri, kita bersama-sama belajar Reso temma-ngingi namo lamo, naletei, pammase dewata, pepatah sunda Secangreud pageuh, sagolek pangkek, dari Bumi Gora kita diminta Bareng Bejukung, Bareng Bebosa, dari Benua Banjar kita bersama-bersama menjunjung Waja Sampai Keputing, semua menganjurkan bekerja secara gotong royong.

“Sejatinya jiwa gotong royong bukanlah semangat yang sudah renta, sampai kapanpun semangat ini senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai tuntutan zaman yang erat dengan berbagai  perubahan,” kata Rustiningsih.
Usai upacara Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu mengatasnamakan Pemkab Minut menyerahkan Piagam Penghargaan bidang tindak pidana khusus atas dedikasi kinerja prestasi yang telah menyelamatkan keuangan daerah Pemkab Minut kepada kepada Kajari
Negeri Minut Rustiningsih SH MSi.
Tampak hadir Ketua DPRD Minut Berty Kapojos, Ketua PN Airmadidi, Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu MA kepala-kepala SKPD.(*)
Share

Bupati Vonnie Panambunan Berbagi Berkat saat Safari Ramadhan Pemkab Minut

Airmadidi,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yakni Bupati Vonnie Panambunan dan kepala-kepala SKPD mengawali safari ramadhan di bulan suci ramadhan 1440 Hijria, di Mesjid Al Muhajirin Kelurahan Sukur, Kecamatan Airmadidi dan mesjid Durrul Iklas Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat, Selasa 7 Mei 2019.

Bupati Vonnie Panambunan dalam sambutannya menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa, bupati juga mengajak umat agar saling hormat menghormati satu dengan yang lain dan saling memaafkan satu dengan yang lain serta saling mengasihi agar ibadah Puasa kali ini dapat diterima oleh yang Maha Besar Tuhan.

“Saya sangat bangga dengan Minahasa Utara yang saling menghargai dan mengasihi. Semoga daerah kita ini terus aman, damai dan kondusif. Bulan puasa ini adalah bulan yang suci, saya tidak bisa satu persatu mengunjungi semua masyarakat saya, tapi saya selalu berdoa supaya Tuhan tangan-Mu yang penuh kasih yang akan menjamah mereka satu per satu,” kata Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan.

Pada kesempatan itu Bupati Vonnie Panambunan menyumbang 10 Juta rupiah untuk Mesjid Al’ Muhajirin dan tak lupa juga berbagi berkat bagi umat Muslim.

Tampak hadir Kajari Minut Rustiningsih SH, Asisten I Rivini Dondokambey, Asisten II Alan Mingkid, Asisten dr. Jane Symons M.Kes, SKPD, Camat Airmadidi Alexander Warbung, Lurah Denny Piter, Kepala MUI Minut H baidowi Ipnu Hajar, Ketua DMI Minut Harsanudin WEHA.(adv)

Share

Sekda Minut Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir. Jemmy Kuhu memimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan upacara Pemkab Minut, Kamis 2 Mei 2019 dan diikuti kepala-kepala SKPD, guru-guru se-Minut dan pelajar. Gebyar hari pendidikan nasional tahun ini dengan tema “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan”.

“Hari ini Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Untuk itu, marilah kita bersama-sama bermunajat, memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya untuk kita dan seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara,” ujar Kuhu saat menyampaikan sambutan Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Muhadjir, seperti yang disampaikan Kuhu, menyampaikan pesan agar di Hardiknas ini agar para pengajar mengawasi perilaku dan sikap peserta didik di tengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat. Meski begitu, para guru juga diminta untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang berkualitas.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” ucap Kuhu membacakan pesan Muhadjir.

Muhadjir, kata Kuhu, meminta semua sekolah dan tempat pendidikan dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Dia meminta para guru bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia.

“Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat,” ucapnya.

Seusai upacara berlangsung Pemkab Minut melalui Dinas Pendidikan memberikan penghargaan kepada para guru dan pengawas yang berprestasi. Peringatan Hardiknas ditandai dengan pelepasan burung merpati juga dimeriahkan dengan penampilan dari marching band SMP Katolik Margo Lembean.(adv)

Share

Hardiknas, Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini Berlangsung Hikmat di Kabupaten Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini di Kabupaten Minahasa, pada Kamis 2 Mei 2019, di Lapangan Sam Ratulangi Tondano berlangsung penuh hikmat.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Forkopimda Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kepala-Kepala sekolah se-Kabupaten Minahasa, serta peserta upacara yang hadir.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, MSi, memberikan apresiasi kepada mereka yang baru menerima SK dan Penghargaan dalam dunia pendidikan dan kesetaraan gender. Beliau yakin dan percaya rakyat minahasa sudah mempertimbangkan kesetaraan gender,” mari kita pertahankan terus apa yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan kesetaraan gender ibu R. A. Kartini dan juga ibu Walanda Maramis.”

“Mari kita untuk lebih menghayati apa yang sudah diperjuangkan pahlawan-pahlawan kita dengan mengikuti upacara ini dengan penuh hikmat. Atas nama Bupati dan Wakil Bupati mengucapkan selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Otonomi Daerah XXIII, dan Hari Kartini.”

“Kiranya semangat perjuangan para pendahulu kita dapat kita lanjutkan demi Mewujudkan apa yang kita harapkan yaitu Minahasa Semakin Hebat, Sulut semakin Hebat serta Indonesia Hebat dan semakin sejahtera.”

Sebelumnya Bupati ROR membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019 di dalamnya kita diajak untuk bersyukur, karna bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (PEMILU) serentak tanggak 17 April 2019 yang lalu.

“Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam PEMILU harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan.”

Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Sebagaimana telah di sampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Selanjutnya Bupati ROR membacakan Amanat Menteri dalam Negeri pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII tanggal 25 April 2019. Tema Otonomi Daerah tahun ini adalah “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif

” tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat. Disamping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan data saing dengan mempertahankan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Sebelum sambutan-sambutan, Bupati ROR menyerahkan piagam penghargaan UNBK Mandiri, Sekolah Model, Sekolah Rujukan, Sekolah terakreditasi, Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi, serta Penyerahan SK Pensiun, dan SK CPNS secara simbolis.

(Advertorial)

Share

Bupati Minut Diundang ke Istana Ketemu Presiden Jokowi

Jakarta,KLABATNEWS-Bupati Vonnie Anneke Panambunan bersama Gubernur Olly Dondokambey SE serta bupati wali kota se Sulut diundang khusus Presiden RI Ir. Joko Widodo, Senin sore 22 April 2019.
Dalam pertemuan tersebut, presiden berjanji akan menggenjot pembangunan infrastruktur di Sulut termasuk di Minahasa Utara.
Presiden juga mengingatkan pemerintah daerah harus fokus pada pelayanan dasar, pendidikan dan kesehatan. Presiden berpesan untuk membangun daerah sesuai keunggulan potensi masing-masing daerah.
Bupati Vonnie Anneke Panambunan ikut  memaparkan program-program dan progres pembangunan Minahasa Utara di hadapan presiden Jokowi. “Apa yang menjadi kebutuham pembangunan, itu yang disampaikan kepada presiden,” kata bupati didampingi Kabag Humas dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi di istana kepresidenan di Jakarta.(*)
Share

Bupati Minut Bersyukur Bisa Kunjungi Warga Pulau Bangka

Airmadidi,KLABATNEWS-Setelah mengunjungi warga Pulau Nain dan Pulau Mantehage Kecamatan Wori beberapa waktu lalu, kini giliran warga desa di Pulau Bangka Kecamatan Likupang Timur dikunjungi Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Jumat 12 April 2019.
Dengan menumpang perahu motor, bupati bersilaturahmi dengan warga Libas,  Kahuku dan Lihunu di Pulau Bangka.
Beranjak dari Hotel Casabaio Likupang, bupati dan rombongan melintasi lautan sekira 30 menit dan tiba di Desa Kahuku Pulau Bangka.
Senang dan bahagia terlihat di wajah warga Pulau Bangka. Dikunjungi bupati, warga pulau sangat antusias memberi salam dan berjabattangan dengan bupati.
Bupati juga sempat melayat di rumah duka di desa Lihunu dan menyampaikan turut berdukacita.
Dalam kunjungan di Pulau terluar, bupati bersyukur bisa bertemu dengan warga pulau dan bupati berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan warga atas kepemimpinan di Minahasa Utara.
Bupati juga menghimbau warga dan mengajak untuk berpartisipasi dalam pemilu 17 April 2019 dengan datang di TPS dan menyalurkan suara sesuai pilihan hati masing-masing, dan menghimbau juga wajib pilih untuk tidak golput namun sukseskan pemilu, dengan menjaga keamanan, persatuan dan kesatuan masyarakat.
“Marilah kita sukseskan pemilu dan janganlah kita golput namun pilihlah sesuai pilihan hati masing-masing,” kata bupati diaminkan Kabag Humas dan Protokol Chresto F Palandi, SSTP MSi.
Mengelilingi desa kepulauan, bupati dibonceng dengan sepeda motor dan mendapat sambutan baik dari masyarakat.(*)
Sumber: foto/@riosupit
Share