Saturday, 25 November 2017

Category: Iklan & Advertorial

Gubernur dan Bupati Hadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-14 Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan serta Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong menghadiri rapat paripurna istimewa yang digelar DPRD Minut dalam rangka hari jadi ke-14 Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Rapat paripurna dipimpin oleh ketua DPRD Berty Kapojos dan didampingi wakil ketua DPRD Denny Wowiling, Senin 20 November 2017.

Bupati dalam sambutannya memanjatkan puji syukur kehadiran Tuhan yang Maha Kuasa atas anugerah dan kasih karunia kita berada di sini untuk merayakan hari jadi ke-14 Minut dengan tema Kabupaten Minahasa Utara Kerja Bersama. Perjuangan tekad dan semangat serta kerja keras masyarakat beserta para deklarator dan pejuang pendiri Minut telah membuahkan hasil, dan kita telah rasa dan nikmati sampai saat ini.

“Berkat kegigihan kebersamaan, semangat pantang menyerah serta gagasan dan konsep serta ide, telah melahirkan Kabupaten Minahasa Utara yang telah dikenal secara nasional dan dunia internasional. Disaampaikan terima kasih kepada deklarator pejuang pendiri Kabupaten Minut, karena pengorbanan dan perjuangan, Kabupaten Minut boleh ada sampai saat ini dan sudah berusia 14 tahun,” kata Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey pada kesempatan itu menyampaikan selamat hari ulang tahun kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Minahasa Utara disertai harapan Gubernur agar di momentum bersejarah ini yang akan semakin menguat komitmen berkarya seluruh elemen masyarakat Minut untuk memberikan pengabdian terbaik bagi kemajuan dan kejayaan daerah tercinta.

“Semoga sinergitas Propinsi Sulut dan Kabupaten Minut bisa berjalan terus sehingga harapan rakyat Minut bisa terwujud dalam waktu dekat ini. Secara khusus saya memberikan apresiasi terima kasih kepada pelaku sejarah pembangunan kabupaten Minahasa Utara dari generasi ke generasi termasuk kepada bupati, wakil bupati Minut serta beserta pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda Minut, tokoh masyarakat dan agama, pimpinan partai politik, kalangan swasta dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Minut atas capaian prestasi dalam membangun daerah yang baik bangsa tercinta ini sebagaimana telah ditunjukkan selama 14 tahun ini,” kata Gubernur.

Rapat paripurna ini dihadiri Forkopimda Sulut dan Minut, para pendiri Kabupaten Minahasa Utara, mantan penjabat bupati, mantan Sekda Minut Rumambi, Ketua TP PKK Propinsi Rita Dondokambey-Tambutuan, para kepala-kepala SKPD, Dirut Bank Sulut-Go, tokoh agama dan masyarakat, camat, kumtua dan lurah se-Minut, beberapa anggota DPRD dapil Minut serta tamu undangan lainnya.(sem)

 

 

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Buka Pameran Pembangunan dalam Rangka HUT ke-14 Minahasa Utara

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan membuka pameran pembangunan dan Festival Seni Budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Minut dengan Tema Minahasa Utara Kerja Bersama, yang berlokasi di Kelurahan Sarongsong, Kecamatan Airmadidi, Kamis 16 November 2017. Pembukaan Pameran diawali dengan doa dan pembacaan Kitab Suci serta ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Bupati dan Forkopimda.

Bupati pada kesempatan itu saat membawakan sambutan mengatakan bahwa Minut daerah otonom definitif hasil pemekaran dari Kabupaten Minahasa. Minut sendiri lahir sebuah perjuangan dan pengorbanan dari warga Minahasa Utara dan perjuangan dari pendiri Minut dan hasilnya telah kita terima dan rasakan sampai saat ini.

“Perjuangan membangun Minut jangan berhenti, namun tetap digelorakan untuk menjadi Minut yang mandiri, berbudaya serta beretika, maju dan menjadi berkat bagi daerah yang lain. Warga Minut yang saya banggakan, pameran pembangunan yang kita laksanakan sekarang dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-14 Kabupaten Minahasa Utara adalah wujud partisipasi, simpati dan empati sebagai wargta untuk membangun Minut yang tercinta,” kata Bupati.

Pameran saat ini lanjut bupati merupakan ajang bagi kita untuk menampilkan potensi pembangunan, serta sumber daya di Minut, selain itu juga pameran saat ini menampilkan ke publik atas capaian-capaian Minut dan sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Selaku bupati menyampaikan terima kasih kepada perangkat daerah, badan usaha milik daerah selaku usaha atau masyarakat yang telah berpartisipasi dan ikut serta dalam pameran saat ini, biarlah pameran ataupun Minut ekspose saat ini akan menjadi pemacu dan mendorong untuk kita untuk berinovasi, berkreasi dengan gerakan baru untuk kemajuan pembangunan di Minut,” jelas Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Usai dibukanya pameran oleh Bupati dan Forkopimda yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren dilanjutkan dengan meninjau stand-stand pameran yang diikuti oleh dinas, badan, kantor dan kecamatan-kecamatan serta Bank Swasta yang ada di Minut. Pada kesempatan itu juga digelar pemilihan Utu-Keke.(sem/adv)

 

 

 

Share Button

Memperingati Hari Jadi Ke – 589 Tahun, Minahasa Semakin Berubah (Advertorial)

Share Button

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Buka PORPROV Ke – IX Tahun 2017 di Kabupaten Minahasa (Advertorial)

Minahasa, KLABATNEWSOK.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE (OD) membuka secara resmi Acara Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara ke – IX tahun 2017 di Kabupaten Minahasa, pada Senin 9 oktober bertempat di Stadion Maesa Tondano.

Kegiatan akbar Porprov ke 9 ini diawali dengan Parade defile Bendera Merah Putih, Parade Perwakilan yang diikuti 15 Kabupaten/Kota dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya Oleh seluruh kontingen dan hadirin.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) selaku Ketua Umum Porprov ke – IX dalam Prakatanya mengatakan, patutlah mengucap syukur atas Hari ini atas penyertaan Tuhan, kita dapat menghadiri dan mengikuti kegiatan ini.

Pada kesempatan ini Bupati JWS juga mengatakan selaku Pemerintah memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Ketua KONI Pusat karena telah mempercayai Kabupaten Minahasa untuk menggelar kegiatan ini.” Terima kasih ini merupakan suatu kehormatan, dimana selama 16 tahun kegiatan ini akhirnya dapat di gelar, dan telah mempercayakan Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah,” katanya

Menurut JWS Momentum ini juga, dicanangkan sebagai hari kebangkitan olah raga di Sulawesi Utara.” Kami berharap dengan di gelarnya kegiatan Porprov ini dapat merangsang atlit yang nantinya berprestasi yang dapat mengharumkan nama Daerah Sulut,” katanya lagi

Sementara itu, Ketua Koni Pusat Laksamana Purn. Johny Awuy mengatakan, marilah kita memanjatkan puji dan syukur serta ridho kepada Tuhan yang maha kuasa karena telah menyertai dan merestui kegiatan ini dapat di Gelar.” Melalui kesempatan saat ini, ijinkan saya mengucapkan terimakasih karena dapat digelarnya kegiatan ini. Harapan saya semoga Porprov ke-IX bisa berlangsung sukses, sehingga menyaring atlit yang dapat mengharumkan Daerah, pada pelaksanaan PON nanti di Papua,” ujarnya

Terkait dengan kegiatan ini, Awuy yakini dapat membina mental atlit. Untuk itu beliau meminta kepada juri agar dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.” Selamat bertanding, Tuhan menyertai kita, dengan menjunjung tinggi sportifitas sehingga dapat berlangsung Fairplay atau tanpa kecurangan,” pungkasnya.

Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, mengatakan, Kiranya dengan kegiatan ini dapat membawa kita berdiri bersama dengan para atlit dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) nanti.” Kegiatan ini Adalah sarana yang dapat membangun mental dan karakter atlit, semua Jenis Cabang Olahraga diharapkan dapat menjadi sebagai pemersatu setiap daerah,” ujarnya.

Beberapa tahun kedepan menurut Dondokambey, Sulut akan menghadapi kegiatan Asean Games dan PON di Papua, untuk itu dengan adanya kegiatan ini dapat membuat atlit Sulut untuk dapat mempersiapkan diri.

” Saya berharap setiap Kabupaten/Kota dapat membina para Atlit. Inilah warna-warna yang dapat membawa kita dalam persatuan untuk daerah tercinta Sulawesi Utara,” kata Dondokambey sambil membuka secara resmi kegiatan PORPROV ke – IX tahun 2017

Dalam kesempatan ini juga, Pemerintah Provinsi Sulut akan memberikan apresiasi dan uang tunai bagi Kabupaten/Kota yang juara, yakni Juara 1 Sebesar Rp. 10 Milyard, Juara 2. Rp. 5 Milyard dan Juara 3. Rp. 2,5 Milyard, juga bagi Kabupaten Yang sudah berpartisipasi masing-masing mendapat 1Milyar untuk pembinaan atlit.

Yovi

Share Button

Pemkab Minut Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Pemkab Minut melalui Dinas Pendidikan Minut mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) tujuan  Satu desa satu taman bacaan masyarakat (TBM), kegiatan digelar di Pendopo Pemkab Minut sejak Jumat 6/10 hingga 7/10.

Pencanangan oleh Bupati yang diwakili asisten 1 Rivino Dondokambey bersama Dirjen PAUD dan Dikmas yang diwakili Dr Abdul Kahar MPd dan Kadis Pendidikan Lily Lengkong, kepala badan BP PAUD provinsi Sulut dra Mike Tumbol MPd, Dewan Pendidikan Minut.

Dirjen Paud dan Dikmas diwakili Dr Abdul Kahat MPd dalam sambutannya mengatakan ini bukan kebetulan kali ini ditunjuk Minut sebagai kabupaten 40 dari 46 kabupaten seluruh Indonesia yang melakukan pencanangan dan itu bukan random yang kita pilih tetapi tentunya ada kriteria. “Kriteria yang pertama adalah Minut dalam hal ini Pemkab Minut telah berhasil menurunkan buta aksara atau menuntaskan aksara di Minut ini. Salah satu dari 6 kabupaten di Sulut ada Minut,” kata Kahar.

Ia mengajak kepada pemerintah daerah bahwa buta aksara sudah selesai dalam artian baca tulis hitung masyarakat kita sudah diselesaikan dengan tuntas tetapi kalau kita mengacu pada forum ekonomi dunia, dia menetapkan bahwa kalau masyarakat dunia ingin menjadi survaif dalam hidup di era global saat ini paling tidak ada literasi untuk dibekali kepada masyarakatnya.

“Ada enam komponen dalam literasi dasar ini, yaitu kemampuan baca-tulis-berhitung, sains, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), keuangan, budaya, dan kewarganegaraan,” jelas Kahar.

Sebelumnya Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan yang diwakili Rivino Dondokambey dalam sambutannya mengatakan pencanangan ini dalam upaya untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat dengan tujuan agar masyarakay dapat memperoleh informasi dan mengakses bahan bacaan dibutuhkan serta dapat dimanfaatkan untuk meningkat kualitas hidup.

“GIM gerakan membangun budaya, membaca secara lintas sektoral dengan melibatkan lembaga swasta, organisasi sosial, masyarakat keagamaan, kepemudaan, profesi, satuan pendidik, anak usia dini, taman bacaan masyarakat dan forum-forum, yang menjadi mitra dinas pendidikan,” jelas Dondokambey.

Usai pencanangan pemberian donasi buku rp 5 juta, kepada 7 taman bacaan masyarakat (TBM) dan penyerahan trofi pemenang lomba Baca puisi SD SMP, cerita rakyat guru TK-kelompok bermain SD SMP, mewarnai tingkat TK/kelompok bermain.

Pencanangan GIM turut dimeriahkan Tarian maengket pelajar SMP, gerak dan lagu Paud, Tumatenden dari SMP2 Airmadidi, katrili, pembacaan puisi oleh pengawas sekolah, drum band dan kolintang.(sem)

Share Button

TNI Manunggal Membangun Desa di Makalisung Kema

Kema,KLABATNEWS.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menjadi Inspektur Upacara sekaligus membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100, dengan komandan upacara Komandan (Dan) Satuan Setingkat Kompi Kapten Infanteri M Takumansang. yang digelar di lapangan SD Makalisung, Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara, Rabu 27 September 2017. Acara yang digagas Korem 131 Santiago dan Kodim Bitung, bertemakan Percepatan Pembangunan Meningkatkan Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Rakyat.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam amanah mengatakan bahwa Tentara Nasional Indonesia khususnya Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131 Santiago dalam kegiatan manunggal membangun desa, patut diberi apresiasi dan perlu dicatat dengan tinta emas, sebagai ide brilian tentara, karena telah terjun langsung ke masyarakat dan menggugah masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

“Peran serta masyarakat membantu TNI yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) TMMD menununjukkan kemanunggalan dan sinergitas TNI dengan rakyat tetap terpelihara, dan mencerminkan adanya soliditas TNI, rakyat, Polri dalam mewujudkan masyarakat Indonesia sejahtera. TMMD telah mengembalikan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. program TMMD ini, selaras dengan program pemerintah daerah Kabupaten Minahasa Utara. Turunnya TNI untuk pembangunan pangan masyarakat, telah mendorong peningkatan kesejahteraan dan menyatukan pandangan masyarakat dengan prajurit. kebersamaan dan keakraban yang terjalin menjadi modal dalam memajukan pembangunan pedesaan,” tutur bupati.

Lanjut Panambunan kegiatan TMMD pada dasarnya untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat, yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional. “Tujuan umum TMMD yakni, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dengan kegiatan pembuatan dan perbaikan sarana prasarana umum, memelihara ketertiban dan keamanan lingkungan serta merangsang masyarakat untuk membangun desa,” jelas Bupati Vonnie A Panambunan.

Sebelumnya Dandim 1310 Bitung selaku Dansatgas TMMD Letkol Infanteri Deden Hendayana SE dalam laporannya mengatakan bahwa TMMD ke-100 tahun anggaran 2017 ini dilaksanakan selama 30 hari dari 27 September hingga 27 Oktober 2017 yang melibatkan 150 anggota satgas yang terdiri dari 15 yang bertugas di posko, 25 asistensi dan penyuluh serta Satgas prajurit TNI AD 93, 5 TNI AL, 2 TNI AU dan 10 anggota Polres Minut. Satgas ini dikomandoi seorang Dan SSK.

Satgas akan membangun jalan perkebunan di wilayah Mangket dengan panjang 1.500 meter dan lebar 6 meter dan 3 unit plate deeker. “Anggaran yang digunakan dari APBD-Perubahan Pemkab Minut dan dari Kodam XIII/Merdeka,” kata Hendayana seraya menambahkan, Satgas juga mengadakan berbagai penyuluhan, di antaranya sosialisasi tentang wawasan pembangunan, kamtibmas dan bahaya narkoba bagi generasi muda.

Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan pemberian bantuan alat pertanian dan bibit kepada petani. Digelar juga aksi social pengobatan gratis, pelayanan KB dan donor darah.

Hadir dalam acara pembukaan ini Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, Sekda Minut Ir Jemmy Kuhu, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak, Wakapolda Sulut Brigjen Polisi Charles Ngili, pejabat utama Kodam, pejabat utama Korem, pejabat provinsi, Dansat Brimobda, Forkopimda Minut dan Bitung serta para undangan lainnya.(sem)

 

Share Button

Pemkab Minut Terima Penghargaan LPPD 2016 Saat Peringatan HUT Propinsi Sulut ke-53

Manado,KLABATNEWSOK.com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Ir Ir Jemmy Kuhu menerima penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2016 dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan menerima Bantuan 4 Buah Mobil Sampah (Ambrol) saat upacara pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) ke-53 Provinsi Sulawesi Utara di Gelanggang Olahraga Robert Wolter Monginsidi KONI Sario Manado, Sabtu  23 September 2017.

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengatakan seiring dengan pertambahan usia proses pembangunan  di Sulut semakin berkualitas dan berkuantitas yang muaranya pada terciptanya masyarakat  yang sejahtera ini perlu untuk terus digaungkan dan menjadi pemahaman serta kebanggaan bersama seluruh masyarakat  bahwa Provinsi yang kita cintai, karena daerah  Nyiur Melambai penuh dengan segudang keunggulan yang mampu memberikan kontribusi yang sangat besar bagi proses pembangunan bangsa di berbagai sektor. Saya optimis kedepan Sulut akan mencapai target dengan menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

“Saya yakin dengan masyarakat yang begitu antusias menyambut era baru di sulut maka target menekan angka kemiskinan hingga 6 persen sekian dan pengangguran 7 persen, akan tercapai,” kata Olly.

Orang nomor satu dan juga Gubernur pilihan rakyat Sulut ini juga menargetkan program yang diprioritaskan hingga akhir 2017 adalah pembebasan lahan.

“Tahun ini pembebasan lahan tuntas, maka tahun 2018 pembangunan infrastruktur yang telah disiapkan sudah berjalan,"kata Olly. Sambil mencontohkan pembangunan ring road dan jalan alternatif serta pembangunan kota baru di Manado,” jelas Gubernur.

“Dan ini bukan semata-mata karena daerah ini memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah karena letaknya yang strategis sebagai pintu gerbang di Kawasan Pasifik namun, lebih karena masyarakat daerah ini adalah masyarakat yang parsipatif serta senantiasa kokoh dalam menjaga kerukunan dan kedamaian daerah sebagai syarat dasar bagi bergulirnya roda pembangunan bangsa di daerah ini,” ujar Gubermur.

“Untuk kita harus lebih siap dan bekerja keras bersama-sama menghadapi tantangan kedepan untuk menuju Sulut Hebat,” tutup Gubernur.

Gubernur juga memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh rakyat Sulut terlebih khusus kepada Bupati dan Walikota selaku pemimpin di daerah karena telah bersinergi sehingga pembangunan disegala bidang dapat terlaksana, dan dalam kesempatan tersebut diberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang berprestas tentang LPPD 2016.

Adapun urutan peringkat dan Skor dalam LPPD Tahun 2016 adalah
1. Kabupaten Minahasa 31683
2. Kota Kotamobagu 31373
3. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan 30966
4. Kota Bitung 30824
5. Minahasa Tenggara 30411
6. Kabupaten Minut 30224

Pada kesembatan tersebut juga diberikan penghargaan kenaikan pangkat kepada Kepala Bagian Kerjasama Fery Jones Sangian dari  golongan pangkat IVa ke IVb dan juga diberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada  pegawai yang telah mengabdi  selama 10 Tahun, yaitu Kasubag Penerima Tamu Victor Arthur dari Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik dan 30 Tahun masing-masing kepada Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sulut Farly Kotambunan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut Mieke Pangkong dan Penghargaan Kemudahan Pelayanan Perizinan Perumahan yang diberikan Menteri PUPR kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulut Happy T. R Korah serta Dinas Pajak dan Retribusi  Sulut Olvie Ateng mendapat penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dengan Program Samsat Online.

Selain itu juga Gubernur menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pengelolaan sampah kepada tujuh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara<br>
Turut hadir Ketua TP.-PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr Kartika Devi Kandouw -Tanos MARS, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen SE MS bersama Ketua Dharma Wanita Sulut Ivonne Silangen -Lombok, Forkopimda Sulut, Bupati dan Walikota, Pejabat dilingkup Pemprov Sulut dan Tamu Undangan.( Humas Pemprov Sulut /*)

Share Button