Monday, 25 March 2019

Category: Iklan & Advertorial

Polres-Pemkab Minut Gelar MRSF dan Minut Youth Festival

Airmadidi,KLABATNEWS-Polres Minahasa dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pemuda Olahraga menggelar kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF) dan Minut Youth Festival yang dilaksanakan di lapangan kantor bupati Minut, Sabtu 02 Maret 2019. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar, para komunitas anak-anak muda, kepolisian, pejabat dan staf Pemkab Minut dan diawali dengan jalan sehat dengan mengambil start dari zero point menuju kantor Pemkab Minut.

Sekretaris Daerah Pemkab Minut Ir Jemmy Kuhu mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan mengapresiasi akan kegiatan ini dan berharap bisa digelar tiap tahun. “Tentunya kegiatan ini bisa memberikan pengertian dan penjelasan kepada kaum milenial untuk selalu tertib dalam berlalu lintas agar angka kecelakaan di Minut bisa diminimalisir dan ditekan serta kegiatan ini juga untuk menggali akan minat dan potensi dari kaum milenial yang akan berdampak positif bagi anak-anak muda yang ada di Minut,” kata Kuhu.

Sementara itu Kadis Dispora Minut Drs Maximilian Tapada mengatakan kegiatan ini bakal dijadikan agenda rutin tahunan. “Ke depan kegiatan ini akan akan dijadikan program rutin. Kami sadari bahwa masih ada kekurangan yang perlu dibenahi. Walaupun kegiatan ini masih baru namun dapat memberikan kesan dan hiburan bagi kaum milenial,” ujar Tapada.

Kapolres Minut AKBP Jefry Siagian SIK mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya generasi milenial untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dengan slogan, “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan dan Keselamatan untuk Kemanusiaan”.

“Diharapkan dengan MRSF tahun 2019 dapat menciptakan generasi milenial yang peduli dan patuh berlalulintas serta relawan berlalulintas di Minut,” kata Siagian.

Menurut Siagian didampingi Kasat Lantas Polres Minut AKP Heriyadi Ismail SIK, selang 2018 terdapat 49 orang meninggal dunia akibat lakalantas, 57 orang luka berat dan 130 orang luka ringan. “Untuk itu generasi milenial menjadi perhatian dalam sosialisasi berlalulintas, yaitu mereka yang berusia 15 hingga 38 tahun. Sebab mereka yang rentan menjadi korban laka lantas,” tuturnya.

Kegiatan-kegiatan yang digelar safety riding dan and driving, senam kolosal milenial, atraksi marching band praja IPDN serta deklarasi dan penandatanganan deklarasi keselamatan berlalu lintas oleh seluruh peserta.

Pada kesempatan itu panitia menyiapkan berbagai macam door price bagi para peserta. Kapolres dan Sekda diberikan kesempatan untuk mengambil nomor door price dan menyerahkan hadiah. Untuk ajang Minut Youth Festival digelar Korea dance competition, free style competition, photografi competition, disc jockey competition dan parade sound system.(*)

Share

Sekda Minut Buka Festival Buah, Seni dan Budaya di Desa Batu

Likupang Selatan,KLABATNEWS– Sekertaris Daerah (Sekda) Ir Jimmy Kuhu MA Kabupaten Minahasa Utara membuka secara resmi kegiatan Festival Buah, Seni dan Budaya di Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan, Sabtu (23/2/2019).

Mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh, Ir Jimmy Kuhu MA saat membawakan sambutan menyampaikan, dirinya ditugaskan bupati untuk menghadiri undangan dalam rakaian kegiatan Festival Buah, Seni dan Budaya di Desa Batu.

Dikatakan Kuhu, Desa Batu merupakan desa kawasan agro buah yang berada di dua desa yaitu salah satunya Desa Werot.

“Kita bersyukur masyarakat sudah memberi pada pemerintah agar supaya bisa dijadikan kawasan agro wisata. Kalau tidak salah, bantuan dari pemerintah Kementrian Desa dan PDTT sekitar Rp 1,4 miliyar. Luar biasa perhatian pemerintah pusat terhadap Desa Batu, Likupang Selatan, sehingga kita bisa melihat hasilnya. Mudah-mudahan ini bisa berjalan berkesinambungan,” terang Kuhu.

Lanjut Kuhu diketahui bahwa, Festival buah, seni dan budaya ini terus ditingkatkan. “Dari ibu Bupati selalu tekankan, mengenai kearifan lokal ini harus  diangkat, tiap tahun kita laksanakan. Bukan hanya tingkat Kecamatan Likupang Selatan, mungkin se-Minahasa Utara, secara umum Kabupaten Minahasa Utara ini, selain penghasilan perkebunan dan pertanian, juga penghasil buah,” urainya.

“Oleh sebab itu kita bersyukur kepada Tuhan bahwa Minahasa Utara ini merupakan daerah penghasil buah-buah dan merupakan Kabupaten di antara dua kota, yaitu Kota Manado dan Kota Bitung. Dan kita ketahui bahwa untuk perkembangan pembangunan, sekarang menuju di Minahasa Utara,” tambah Kuhu.

Diketahui bersama tambah Kuhu bahwa Kabupaten Minahasa Utara ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang melintasi mulai dari Bandara Samratulangi, Talawaan, Tatelu, Wasian, sampai ke Likupang raya.

“Mudah-mudahan ini berjalan lancar, sehingga pertumbuhan ekonomi dari Minahasa Utara paling tinggi di Sulawesi Utara. Oleh sebab itu kami berharap kepada masyarakat, mari kita sama-sama mendukung program pemerintah, karena moto Minahasa Utara adalah mengasihi dan melayani, dan visi kita adalah agri bisnis, industri. Tempat ini merupakan tempat melewati turis-turis dari Cina, jadi kita harus jaga keamanan, kebersihan,” tutupnya.

Sementara itu, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Kasub Sri Estiningsih SE mengatakan pembangunan yang ada di Desa Batu ini merupakan bantuan dari Kementrian Desa dan PDTT.

“Pembangunan ini kami tetap ikuti terus. Ini adalah bantuan yang luar biasa dikelola Bumdesma yang belum diresmikan, tetapi telah aktif ada beberapa acara di sini. Perkembangan ini kami sampaikan kepada ibu dirjen, dan beliau apresiasi sekali. Ternyata di Desa Batu ini, dengan kepemimpinan Bupati dan jajarannya, kok ini bisa berjalan dibandingkan dengan bantuan kami di lain daerah. Kami bahagia, tenyata bantuan Kemendes yang membangun, ini istilah kami pembangunan wisata terpadu diapresiasi masyarakat dan masyarakat menerimanya dengan sangat antusias dan ini berjalan dengan luar biasa,” kata Estiningsih.

Estingsih berharap ke depannya nanti, Bupati Kabupaten Minahasa Utara dapat meneruskan kembali, agar dapat di tahun-tahun berikutnya, karena mereka tidak tahu keperluan apa lagi yang diharapkan Kabupaten Minahasa Utara.

“Karena kami, jika tidak ada yang minta, tidak akan ada turun. Jadi, barangkali Minahasa Utara dengan simulan ini, bisa mengembangkan lagi. Kami berharap bantuan pariwisata terpadu ini, di kawasan dua desa ini, menjadi penggagas untuk berkembangnya pariwisata di Desa Batu khususnya Kabupaten Minahasa Utara. Dan tadi, dapat salam dari ibu dirjen buat masyarakat Desa Batu dan tokoh-tokohnya, semoga bantuan kami ini dapat bermanfaat,” tutup Estiningsih.

Selain itu, Hukum Tua Desa Batu Jerry Sampelan mengucapkan banyak terima kasih kepada perwakilan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bupati Minahasa Utara yang diwakili Sekda dan para pejabat tamu undangan yang sudah hadir dalam pembukaan Festival Buah, Seni dan Budaya.

“Acara ini bisa terselenggara dengan baik, dan kami akan melaksanakan acara ini sampai hari Senin, dan ada beberapa atraksi yang akan kami adakan dan mohon kehadirannya bapak ibu di hari Senin,” ucap Sampelan.

Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Sampelan memohon bantuan untuk adanya pemasangan aliran listrik di kawasan wisata tersebut.

“Kami telah mengajukan permohonan propasal kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk jalur kawasan ini atau yang menghubungkan Desa Batu dan Sarawet, dimohon dipasang tiang listrik karena di sini masih pakai genset dan dimohon agar bisa membantu untuk kelancaran tugu kawasan yang kita saksikan pada hari ini,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Festival Buah, Seni dan Budaya tersebut antara lain, mewakili Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Sri Estiningsih SE, Sekda Minut Ir Jimmy Kuhu MA, Kadis Kebudayaan Propinsi Sulut Ferry Sangian, Kadis Dinsos dan PMD Bobby Nayoan SH, Kadis Pariwisata dr Sandra Roti, Waaster Dam XIII/Mdk Letkol Inf Juberth Nixon Purnama STh, Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto, Camat Likupang Selatan Adrian Walandouw, Ketua Panitia, insan pers dan warga masyarakata Desa Batu dan sekitarnya.(*)

Share

Bupati VAP Rayakan 3 Tahun Pimpin Minut dan Resmikan Pembangunan RSUD Walanda Maramis 

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) meresmikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis, Senin 18 Februari 2019. Peresmian RSUD tersebut menjadi momentum spesial bagi bupati dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Pasalnya peresmian itu, bertepatan  3 tahun kepemimpinan Bupati Vonnie A. Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong. Panambunan dan Lengkong yang dilantik Gubernur Olly Dondokambey SE atas nama Menteri Dalam Negeri pada 17 Februari 2016 lalu di Guest House Bumi Beringin Manado.

Bangunan RSUD yang diresmikan yakni Instalasi Bedah Sentral (IBS), Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU). Sebelum pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, dilakukan ibadah peresmian sekaligus syukuran HUT Ke-3 Kepemimpinan Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati.

Momentum bahagia tersebut lebih lengkap saat bupati memasang dan meniup lilin hari ulang tahun kepemimpinan dan menerima suapan kue ulang tahun dari lansia, pejabat dan tim Jonathan Ministry serta lainnya.

“Terima kasih atas kesempatan dan karunia Tuhan, yang boleh menjaga kepemimpinan pemerintahan di Minahasa Utara sampai usia 3 tahun. Memasuki usia keempat tahun, biarlah penyertaan kasih Tuhan memimpin Minahasa Utara,” ujar bupati.

Hadir dalam acara peresmian dan syukuran HUT kepemimpinan yakni Kajari Airmadidi, perwakilan Polres Minahasa Utara, sekretaris daerah dan kepala perangkat daerah serta staf.(*)

Share

Kenal Pamit Kapolres Minut

Bupati Minahasa Utara dalam sambutannya mengatakan bersyukur bapak Alfaris sangat banyak membantu dalam membangun Minahasa Utara, tidak bisa membalas kebaikannya tetapi bupati percaya dalam doa, Tuhan selalu memberkati di tempat yang baru.

“Pasti sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, di mana kita berada mata Tuhan tertuju, pasti Tuhan memberkatimu bersama keluarga. terima kasih banyak, doa saya selalu menyertai bapak,” kata Panambunan.

Lanjut bupati, Kapolres yang lama ini bekerja dengan sungguh-sungguh, takut akan Tuhan setia sampai mati kepada Tuhan, maka engkau akan mendapat mahkota yang setia dan kau akan diberkati Tuhan. “Saya tidak bisa berkata-kata, hanya percaya Bapak pasti diberkati, selamat bertugas di tempat yang baru,” ungkap urai bupati.

Tak lupa juga Bupati VAP mengucapkan selamat datang kepada Kapolres yang baru AKBP Jefry RP Siagian bersama istri, sekaligus meminta kerja sama yang baik untuk membangun Minahasa Utara menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Terlebih saat masuk dalam masa pemilihan umum, mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu 2019 pada 17 April.

”Terkait politik di Sulawesi Utara, Minahasa Utara politiknya sangat tinggi sekali, saya minta Kapolres yang baru mengawal dan membantu suksesnya pemilu 2019,″ tutur Bupati Vonnie Panambunan.

AKBP Alfaris Patiwael dalam sambutan mengatakan, Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh adalah guru spiritual saya, banyak hal bermanfaat yang sudah ditularkan kepada saya, terutama meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kiranya hubungan kerjasama Polres Minut dan pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara akan berlanjut terus dengan kapolres yang baru,” kata Patiwael.

Terpisah, saat diwawancarai media, Kapolres Siagian mengatakan, memulai aktifitasnya di Polres Minut, dia akan fokus dulu pada Pemilu 17 April 2019.

”Saat ini saya fokus dulu melihat kesiapan Polres dalam mengamankan kegiatan pilpres, saya akan banyak berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan Stakeholder lainnya supaya Pilpres ke depan bisa berjalan dengan baik,” pungkas Siagian.

Acara ini dihadiri ketua DPRD Minut Berty Kapojos, Kepala pengadilan Minut Nova Loura Sasube SH MH, perwakilan dari kejari Minut, Kodim1310 Bitung, Asisten 1 Minut Rivino Dondokambey, Staf ahli, jajaran Kepala SKPD minahasa utara.(*)

Share

Pejabat Pemkab Minut Tandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kerja di Hadapan VAP

Airmadidi,KLABATNEWS-Kepala perangkat daerah menandatangani pakta integritas dan perjanjian kinerja di hadapan Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP), penandatanganan dilakukan di ruang rapat Bappelitbang Minahasa Utara, 30 Januari 2019.

Penandatanganan pakta intgritas dan perjanjjan kinerja dimulai Sekreraris Daerah Ir Jemmy H Kuhu MA dan selanjutnya diikuti para staf ahli, asisten, kepala perangkat daerah, kepala bagian, dan camat.

Bupati pada kesempatan itu di hadapan pejabat Pemkab Minut mengatakan, pakta integritas bukan hanya sekadar ditandatangani, namun harus dilaksanakan sesuai dengan koridor yang ada. Dalam melaksanakan target kerja, kepala perangkat daerah harus berintegritas, jujur, disiplin dan loyal kepada pimpinan.

“Pakta integritas dan perjanjian kinerja adalah janji kerja  yang harus dilaksanakan untuk pelayanan kepada masyarakat. Setiap kerja tentunya harus menghasilkan pelayanan yang maksimal untuk rakyat,” kata bupati yang dibenarkan Kepala Bagian Humas Dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi.(adv)

Share

Bupati Minut Vonnie Panambunan Kampanye Aksi Pencegahan DBD

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) melakukan kunjungan kerja di Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat, Selasa 29 Januari 2019. Kunjungan tersebut dalam rangka kampanye aksi pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disponsori Dinas kesehatan Minahasa Utara.

Selain melihat kegiatan fogging, bupati juga ikut menabur Abate di sejumlah tempat penampungan air dan melihat kebersihan lingkungan SD Inpres Watutumou dan sejumlah rumah warga.

Usai di Watutumou, bupati melanjutkan kunjungan di Kelurahan Airmadidi Atas melihat kegiatan fogging dan pemberian Abate di tempat penampungan air masyarakat.

Bupati mengatakan, kesehatan mutlak dijaga dan dipelihara kebersihan lingkungan masing-masing. Pencegahan DBD adalah tanggung jawab bersama, sebab itu bupati mengajak semua warga menjaga kebersihan dan kesehatan. “Ayo jaga kebersihan dan berantas DBD,” kata bupati didampingi Kabag Humas dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi.(*)

Share

Bupati VAP Serahkan Alat Mesin Pertanian pada Kelompok Tani Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Vonnie Anneke Panambunan menyerahkan alat mesin pertanian kepada kelompok-kelompok tani Minahasa Utara, Kamis 24 Januari 2019. Penyerahan mesin pertanian dilakukan di lapangan depan RSUD Maria Walanda Maramis dan disaksikan para petani dan pejabat Pemkab Minahasa Utara.

Bantuan alat mesin pertanian yang diserahkan yakni 45 alat tanam kedele dan jagung, 10 Cultivator atau traktor pembuat bedengan, 6 power threser pemipil jagung, 5 hand spreiyer serta bantuan bibit kedele, jagung, padi dan melon.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, alat mesin pertanian adalah bantuan pemerintah yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya oleh kelompok tani. Mesin pertanian ini gunanya untuk membantu petani dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Gunakan dengan sebaik-baiknya dan pelihara dengan baik agar jangan rusak,” kata bupati dan diaminkan Kabag Humas dan Protokol Chresto F. Palandi, SSTP, MSi.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan yakni, asisten II dan asisten III, Kadis Pertanian, Camat Airmadidi dan Kalawat serta kelompok tani se-Minahasa utara.(*)

Share