Saturday, 25 January 2020

Category: Iklan & Advertorial

Majelis Pembimbing Cabang dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa Dilantik

Pelantikan Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Minahasa dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa masa bhakti 2019-2024, pada Selasa, 3 desember 2019, di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka beserta pengurus, dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa yang diketuai Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP, beserta pengurus masa bhakti 2019-2024.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP menyampaikan terima kasih karena sudah terpilih menjadi ka kwarcab pada musyawarah cabang ke 14 dan saat ini sudah di teguhkan. “Saya siap menjalankan amanah ini untuk lebih memajukan lagi kepanduan di kabupaten kita ini,” katanya

“Sebagaimana diketahui bahwa gerakan pramuka sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non formal merupakan bagian tak terpisahkan dari system pendidikan. Gerakan ini bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan keterampilan tinggi, sehat jasmaninya serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar” tambahnya

“Untuk merealisasikan tujuan gerakan tersebut, kami pengurus kwartir cabang akan selalu bekerja sama dan berkoordinasi dengan majelis pembimbing cabang dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan. Bimbingan dan bantuan serta arahan dari majelis pembimbing cabang sangat kami harapkan demi terbentuknya generasi yang tangguh sesuai dalam dasa darma pramuka,” pungkasnya.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Selaku Dewan Majelis Pembimbing Cabang yang baru dilantik menyampaikan dengan dilantiknya kepengurusan yang baru ini saya berharap untuk selalu merespon positif dan berpartisipasi aktif terhadap seluruh program dan kegiatan gerakan pramuka di kabupaten minahasa.

Keberadaan Majelis Pembina diharapkan menyempurnakan serta meningkatkan pendayagunaan potensi kwartir cabang, yaitu sumber daya manusia, materi pendidikan, sistem pembinaan dan manajemen organisasi, sehingga gerakan pramuka semakin mendapat perhatian dari generasi muda.

Gerakan Pramuka dinilai secara nyata mampu mencetak kaum muda cinta tanah air, berpendidikan, berwatak/berkatakter dan berbudi pekerti luhur serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.” Pungkas Bupati ROR

Turut Hadir SES Kwarda Sulut Mourits Berhandus, Mewakili kapolres Kasat Binmas Hanny Gumerung, Mewakili kejari Kasie intel Noprianto Sihombing SH MH, Mewakili Dandim 1302 Kapt Inf Yuris Sasihe selaku pasiter kodim, Mewakili ketua pengadilan negeri tondano Ibu Nani Maslukman

Advertorial

Share

Bupati Vonnie Panambunan Lepas 246 Atlet Minut Siap Berlomba di Porprov ke-X Bitung

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara melepas 246 orang atlet Kabupaten Minahasa Utara dari 22 cabang olahraga (cabor) yang akan berlomba di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-X 2019 yang dilaksanakan di Kota Bitung mulai Senin 02 Desember 2019 hingga 9 Desember 2019 mendatang.

Para atlet dan official Minut dilepas oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan di atrium kantor bupati. Senin 2 Desember 2019.

Pada kesempatan itu juga bupati mendoakan para atlet dan official yang akan berlomba di Proprov X tahun 2019 dilaksanakan di Kota Bitung, selanjutnya Bupati Vonnie Anneke Panambunan serahkan panji kepada ketua kontingen Allan Mingkid.

“Para atlet dan official percalah jika kita andalkan Tuhan dalam setiap kehidupan kita termasuk dalam perlombaan nanti maka pasti Tuhan akan menolong kita dan kita pasti menang untuk andalkanlah Tuhan,” kata bupati Panambunan seraya berharap semoga atlet-atlet Minut bisa membawa nama baik daerah ini.

Usai penyerahan perlengkapan dan keperluan para atlet, Kadis Pemuda dan Olahraga Drs Maximilian Tapada MSi kepada wartawan mengatakan untuk Porprov ke-X tahun 2019 Minut dalam 22 cabang olahraga (cabor) yang siap bertanding ini kami berharap bisa mendapat hasil yang baik dan bisa membawa nama harum Minahasa Utara.

“Untuk kontingen dari Minahasa Utara sendiri terdiri dari 246 atlet dan 98 official dari 22 cabor. Target dari kami yakni 20 medali emas, tahun lalu 15 emas. Untuk peringkat tahun lalu di urutan kelima, saat ini kami targetkan urutan keempat,” harap Tapada seraya menambahkan para atlet yang mendapat medali akan diberi penghargaan berupa uang tunai sesuai prestasi yang didapat dan motto di tahun ini yakni Vidi, vini, vici, saya datang, saya lihat dan saya menang.(adv)

Share

Sekda Minut Pimpin Upacara HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional serta HUT ke-48 Korpri

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu mewakili Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan
memimpin upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional serta HUT ke-48 KORPRI. Upacara digelar di halaman kantor bupati Minut, Jumat 29 November 2019.

Upacara diikuti oleh Guru-guru PNS, pengawas sekolah, para Pejabat Pemkab Minut, Asisten, Kepala-kepala Dinas/Badan, camat dan Staf.

Sekda Kuhu saat membaca sambutan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan meminta maaf lantaran pidatonya sedikit berbeda dengan pidato menteri-menteri sebelumnya.

“Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan,” ujar Sekda.

Lanjut Kuhu, guru ingin agar anak didiknya belajar di dunia sekitar, namun kurikulum yang padat menutup pintu peluang.

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” tandas Kuhu saat membaca sambutan Mendikbud Nadiem Makarim.

Sementara itu Sekda Minut saat sampaikan sambutan
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sebagai pembina Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh Indonesia di
HUT ke-48 KORPRI, Jokowi mengingatkan adanya persaingan antarnegara di revolusi industri 4. Persaingan itulah yang sedang dihadapi oleh Indonesia.

“Persaingan antarnegara semakin sengit. Berebut teknologi dan rebut talenta hebat yang digunakan memajukan negaranya,” ucap Kuhu.

Adanya persaingan tidak harus ditakuti. Namun, Korpri harus menghadapinya dengan mengedepankan kreativitas dan kecepatan.

“Kita tidak boleh takut. Kita hadapi persaingan dengan cara terobosan baru. Kreativitas kecepatan dan inovasi adalah kunci,” ucap Kuhu.

Usai upacara digelar pelepasan balon udara dalam memperingati HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional serta HUT ke-48 KORPRI 2019.(adv)

Share

Sekda dan Kapolres Minut Pantau Pelaksanaan Pemilihan Hukumtua Serentak

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu MA, bersama Kapolres Minut AKBP Grace K.D Rahakbau SIK MSi memantau pelaksanaan pemilihan hukumtua (Pilhut) di sejumlah desa yang menggelar pilhut, Kamis 28 November 2019.

Sekda memantau Pilhut di Desa Matungkas didampingi Asisten 1 Bagian Pemerintahan dan Kesra dr Jane Symons MKes, Kadis Sosial dan PMD Bobby Najoan SH.

Terlihat juga sejumlah anggota DPRD Minahasa Utara ikut memantau jalannya Pilhut.

Sekda mengatakan, bahwa pemilihan hukumtua berjalan dengan baik dan masyarakat wajib pilih dengan antusias memberikan hak suara dan Pemilihan hukumtua berlangsung baik dan aman.

“Sesuai dengan pantauan kami di lapangan bersama dengan Kapolres, Asisten 1, Kadis Sosial serta PMD dan camat Pemilihan hukumtua di sejumlah desa di Kabupaten Minahasa Utara telah berjalan dengan baik, dan masyarakat telah menggunakan hak pilihnya,” kata Kuhu.(*)

Share

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Menerima DIPA Sebesar Rp 780 Miliar

Airmadidi,KLABATNEWS-Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Transfer Daerah 2020 kepada seluruh Kabupaten/kota se-sulawesi utara, Senin 25 November 2019 di Hotel Peninsula Manado.

APBN Tahun 2020 yang terdiri dari dana DIPA Kementerian/Lembaga, Dana Transfer dan Dana Desa yang dialokasikan untuk Provinsi Sulawesi Utara sebesar Rp 24,3 triliun.

Plt Kaban Keuangan Minahasa Utara Petrus Macarau.

Saat menyerahkan DIPA, gubernur meminta kepada seluruh wajib pajak agar taat membayar pajak.

DIPA Kabupaten Minahasa Utara sekitar Rp780 Miliar diterima Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu, MA. Minahasa Utara mewakili bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan. DIPA Minut terdiri dana insentif daerah Rp24 miliar, dana desa Rp104 miliar, dana bagi hasil pajak Rp 22 Miliar, DAU Rp 530 miliar dan DAK Rp 202 miliar.

Sekertaris daerah menyampaikan semoga dana yang alokasikan ke Minahasa Utara digunakan dengan baik untuk menunjang pembangunan daerah Kabupaten Minahasa Utara. “Syukur kepada Tuhan. Semoga dana yang ada, dapat dialokasikan dengan baik, ” kata Kuhu singkat.

Sementara itu Plt Kaban Keuangan Minahasa Utara, Petrus Macarau mengatakan untuk DIPA Minut tahun anggaran 2020 sebesar Rp Rp 780 miliar, terdiri dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 202 miliar yang terbagi DAK fisik Rp 134 miliar untuk pendidikan, kesehatan, sanitasi dan infrastruktur. Sedangkan DAK non fisik sebesar Rp 68 miliar.

Kemudian dana alokasi umum (DAU) Rp 530 miliar, dana bagi hasil Rp 22 miliar, ungkap Macarau, (27/11).

Sementara untuk dana desa pada 2020 berjumlah Rp 104 miliar dan dana insentif daerah (DID) sebesar Rp 24 miliar.

“Untuk DID tahun 2020 turun dari sebelumnya 2019 sebesar Rp 26 miliar,” paparnya. Menurutnya semua anggaran ini akan dipergunakan untuk pembangunan, pelayanan dan pemerintahan tahun 2020.(*)

Share

Bupati VAP Buka Bimtek Tata Cara Penyusunan Regulasi tentang Kewenangan Desa

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Vonnie Anneke Panambunan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata cara penyusunan regulasi (aturan-aturan) tentang Kewenangan Desa digelar Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat Desa Minahada Utara, Senin 25 November 2019.

Dalam sambutannya mengatakan lewat bimtek ini, kumtua bisa mengetahui apa yang menjadi kewenangan desa. “Kumtua dan perangkat desa serta BPD diharapkan dapat membangun desa dengan tulus dan benar-benar mengabdi untuk masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya karena di setiap desa mendapat dana hingga miliaran, jangan sampai salah gunakan.

“Hati-hati kumtua, jangan salah gunakan dana desa. Jangan sampai berhadapan dengan aparat hukum,” tegasnya bupati.

Ia juga menegaskan kepada hukumtua dan BPD yang hadir untuk saling koordinasi demi memajukan desa masing-masing. “Terus kembangkan potensi desa dan wajib jaga kamtibmas. Apalagi desa yang akan menggelar pemilihan hukumtua, wajib sukseskan pesta demokrasi ini. Agar masyarakat terus hidup aman dan nyaman,” tutur VAP.

Ditambahkan Kepala Dinas Sosial PMD Minut Bobby Najoan SH, kewenangan desa itu menjadi wajib bagi desa, karena ada perintah undang-undang.

Turut hadir, Kepala Bappelitbang Arnolus Didi Wolajan, Kadis PTSP Jack Paruntu, Ketua IPMU Denny Wowiling MSi, seluruh kumtua dan BPD se-Minut.(adv)

Share

Bupati Vonnie Panambunan Hadiri Misa Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menghadiri perayaan ekaristi Hari Raya Yesus Kristus Raja Semesta Alam yang dipimpin Uskup Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.S.C, yang dilaksanakan di lapangan kantor Pemkab Minut, Minggu 24 November 2019.

Bupati pada kesempatan itu sebelum berkat pengutusan oleh Uskup menyampaikan selamat merayakan hari raya Kristus Raja Semesta Alam
Katolik Kevikepan Tonsea 2019 di mana Dalam Cahaya Kristus Raja Semesta Alam, Umat Katolik kevikepan Tonsea meningkatkan persekutuan yang menghidupkan, memberdayakan dan memandirikan.

“Saya mengucapkan selamat kepada umat Katolik Kevikepan Tonsea umat dari Minahasa Utara dan Bitung yang telah merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam di tempat ini lapangan kantor Pemkab Minut. Saya percaya pada saat ini terjadi mujizat di Pemkab Minahasa Utara karena tempat ini telah diadakan perayaan besar,” kata bupati dalam sambutannya seraya menambahkan bahwa tanah Minahasa Utara selalu diberkati Tuhan.

Pada kesempatan itu juga bupati memberikan bantuan dana kepada panitia dan membantu umat terlebih khusus kepada lansia dan suster-suster serta memohon berkat dari Uskup.

Tampak hadir dalam perayaan itu Kapolres Minut AKBP Rahakbau, Asisten 1 Pemkab Minut dr Jane Symons, Joune Ganda, Pemerintah Propinsi Sulawesi, para suster dan pastor di KevikepanTonsea, sebagian umat katolik se-Kevikepan Tonsea.(*)

Share